Pulau Derawan Berau – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Derawan Berau – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Derawan salah satu wisata bahari andalan Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan yang memiliki keindahan alam yang memukau, terutama taman bawah lautnya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Derawan Berau, Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Derawan Berau menjadi destinasi wisata incaran para wisatawan. Pulau ini merupakan pijakan wisata pertama para wisatawan di Kabupaten Berau karena lokasinya yang tak jauh dari Dermaga Tanjung Batu. Pulau ini sangat populer dengan Taman Bawah Lautnya yang menawan hati para wisatawan yang berkunjung, terutama wisatawan mancanegara.

Keindahan pesona alam yang ditawarkan pulau ini tidak ada duanya. Karena pesonanya yang menghipnotis semua orang, pulau satu ini dicalonkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Pulau ini terkenal dengan beberapa penginapannya yang terapung di atas air. Cottage apung tersebut dibanderol dengan tarif menengah ke bawah sehingga banyak wisatawan tertarik.

Menariknya lagi, jika Anda memilih untuk menginap di cottage apung tersebut, Anda akan dihampiri oleh sekumpulan penyu yang biasanya mencari makan pada pagi hari sekitar pukul 06.00 di pinggir cottage tempat Anda menginap. Pulau Derawan ini sangat cocok untuk Anda pecinta pemandangan bawah laut karena air laut disini sebening kaca. Pulau cantik satu ini tak pernah sepi dari wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kepulauan Derawan

Daya Tarik Kepulauan Derawan
Image Credit: Instagram.com @pesonesia24

Pulau ini mempunyai daya tariknya sendiri sehingga tidak kalah menariknya dari objek wisata bahari lainnya. Karena banyak keunggulan yang dimiliki Pulau Derawan, UNESCO menganggap pulau ini sebagai objek wisata bahari kelas dunia. Para wisatawan lokal maupun mancanegara tak pernah luput untuk memasukkan pulau satu ini ke dalam list tempat wisata bahari yang wajib dikunjungi.

1. Taman Bawah Laut Kelas Dunia

Pulau ini populer dengan keindahan taman bawah lautnya. Terumbu karang yang mempesona, ikan-ikan yang tak terhitung jumlahnya, padang lamun yang tergolong subur, hingga hutan mangrove yang asri dan terjaga. Terdapat 870 jenis ikan berupa kuda laut kerdil, 460 jenis karang, bahkan pari manta raksasa yang tentunya akan membuat Anda terpukau.

2. Memiliki Konsep Wisata yang Berbeda

Yang membuat para wisatawan terkagum-kagum dengan pulau ini yaitu keindahan pemandangan wisatanya yang ditata sedemikian rupa dengan konsep yang berbeda dengan tempat wisata bahari lainnya. Yang mana tempat wisata bahari yang lain menawarkan penginapan yang terletak di atas tebing pinggir pantai, tempat wisata ini menawarkan penginapan apung di atas perairan laut.

3. Wisata Bahari yang Tidak Merogoh Kocek Terlalu Dalam

Tidak seperti wisata bahari lainnya yang membutuhkan budget besar, berwisata di pulau ini cocok untuk Anda yang sedang berhemat. Dengan budget minimalis, Anda akan mendapatkan pesona alam yang sangat memanjakan mata.

Disini Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan sepanjang sejarah hidup Anda. Meskipun berada di luar pulau Jawa, namun Anda tidak akan merasa kecewa setelah pulang dari sini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Derawan

Lokasi Pulau Derawan
Image Credit: Instagram.com @leonardocivile

Pulau Derawan merupakan pulau cantik dengan sejuta keindahan pesona wisata baharinya. Terletak di luar Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meskipun lokasinya jauh dan di luar Pulau Jawa, Anda tidak perlu cemas karena Anda tetap dapat menikmati pengalaman berkesan dan istimewa di pulau satu ini. Anda dapat menuju ke pulau ini melalui jalur darat maupun jalur udara.

Kedua jalur tersebut dapat ditempuh dengan pemberangkatan dari Balikpapan atau Samarinda. Jika ingin berangkat dari Balikpapan, Anda dapat naik pesawat dan mendarat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Sedangkan, jika ingin berangkat dari Samarinda, Anda dapat naik pesawat dan mendarat di Bandar Udara Temindung Samarinda. Waktu tempuh dari Bandara Soetta sekitar 2 jam. Melalui jalur darat, berangkat dari Balikpapan atau Samarinda, Anda dapat memesan travel untuk menuju Kabupaten Berau (Tanjung Redeb).

Waktu tempuh perjalanan via jalur darat adalah sekitar 12-15 jam. Kondisi jalur darat menuju Kabupaten Berau sudah termasuk baik. Disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri supaya tidak kelaparan dan kehausan selama perjalanan.

Melalui jalur udara, Anda dapat naik pesawat menuju ke Bandara Kalimarau (Kabupaten Berau). Berbagai maskapai seperti Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Batik Air, dan lain sebagainya dapat Anda pilih menyesuaikan budget. Dari Bandara Kalimarau, Anda dapat memesan travel menuju Tanjung Batu lalu menyeberang ke Pulau Derawan dengan menggunakan kapal cepat.

Perjalanan Anda melalui jalur udara ini membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar hampir 8 jam. Dari Bandara Balikpapan atau Samarinda menuju Bandara Kalimarau adalah 1 jam. Kemudian perjalanan travel dari Bandara Kalimarau menuju Tanjung Batu sekitar 2,5-3,5 jam. Kemudian menyeberang ke pulau dari Dermaga Tanjung Batu ke dermaga pulau adalah sekitar 30-45 menit.

Biaya Wisata ke Pulau Derawan Berau

Biaya Wisata Pulau Derawan Berau
Image Credit: Instagram.com @anis_s15

Biaya maskapai berbeda-beda, disesuaikan dengan ketentuan masing-masing maskapai. Jika Anda menggunakan jalur darat menuju Kabupaten Berau, biaya travel dari Balikpapan atau Samarinda yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp 300-000 – Rp 350.000 per orang.

Kemudian, jika menggunakan jalur udara, biaya travel dari Bandara Kalimarau menuju Tanjung Batu adalah sekitar Rp 75.000. Biaya penyeberangan ke pulau dari Dermaga Tanjung Batu menggunakan speedboat yang berisi 4-5 orang adalah sekitar Rp 100.000 sekali jalan.

Sedangkan biaya sewa kapal cepat yang berisi rombongan maksimal 20 orang untuk menuju ke dermaga pulau adalah sekitar Rp 3.900.000. Biaya tiket pesawat dari Jakarta-Berau sekitar Rp 1juta – Rp 2 juta rupiah. Untuk biaya penginapan/ cottage di pulau yaitu sekitar Rp 100.000 – Rp600.000 per malam.

Sedangkan untuk biaya homestay adalah sekitar Rp 150.000 per malam. Biaya sewa alat snorkeling adalah Rp 50.000 per hari. Biaya makan sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000 per hari. Biaya sewa sepeda adalah Rp 10.000 per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Derawan

Aktivitas di Pulau Derawan
Image Credit: Instagram.com @anis_s15

1. Merasakan Suasana Bawah Laut Dengan Menyelam

Bagi Anda yang mempunyai hobi snorkeling dan diving, pulau ini menawarkan sensasi bawah lautnya yang mempesona. Penyelam kelas internasional banyak yang memilih pulau ini untuk memanjakan hobinya. Ada beberapa poin penyelam yang paling terkenal di pulau ini seperti Old Piezk, Shark Point, Snapper Point, Coral Point, Coral Garden, Blue Triggel Wall, dan Tuturuga Point.

2. Berkeliling Pulau Dengan Menggunakan Kapal

Apabila Anda tidak ingin menyelam, Anda juga dapat berkeliling Kepulauan Derawan dengan menggunakan kapal. Menariknya, Anda dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan ikan dari atas kapal. Ikan-ikan akan saling meloncat untuk berebut makanan yang Anda berikan. Tentunya pengalaman menyenangkan ini akan membuat Anda lepas dari berbagai beban dan penat yang Anda rasakan.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset di Pinggir Pantai

Dengan luas pulau 44,60 hektar ini, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan pantai dan pasir putihnya yang masih asri saja, namun Anda dapat berduduk santai di pinggir pantai menanti hadirnya sunrise maupun sunset. Anda tidak akan kesepian karena banyak warga Suku Bajau yang juga menghabiskan waktu luangnya untuk bersantai menikmati sunrise dan sunset yang cantik.

4. Bermain Dengan Fasilitas Wahana Air yang Ditawarkan

Anda tidak hanya dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving saja, namun Anda juga dapat bermain dengan fasilitas wahana air yang ditawarkan oleh pengelola pulau ini. Anda dapat merasakan sensasi bermain wahana banana boat, kano, perahu layar dan juga permainan air yang lain. Anda akan merasa puas dan bahagia dengan adanya fasilitas wahana air yang ditawarkan.

5. Berburu Spot Foto yang Menarik

Pulau satu ini memiliki banyak spot foto yang tidak akan membuat Anda berpaling. Setiap sudutnya mempunyai keindahan yang lain daripada yang lain. Konsep yang ditawarkan pulau ini pun sangat menarik sehingga hasil foto Anda akan terlihat sangat cantik dengan nuansa alamnya yang kental. Teman-teman Anda pun akan banyak yang penasaran dengan tempat ini setelah melihat foto Anda.

6. Menginap di Water Cottage

Pulau Derawan menyuguhkan beragam hal menarik yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Sensasi menginap di cottage dengan tarif Rp 150.000 – Rp 700.000 ini akan membuat Anda takjub sekaligus deg-degan karena lokasinya di atas air laut. Penginapan disini memberikan pemandangan yang tidak biasa, yaitu pemandangan laut lepas ketika Anda membuka pintu kamar Anda.

7. Menikmati Sajian Kuliner Unik

Pulau ini mempunyai beragam sajian kuliner khas laut yang unik. Kuliner paling terkenal di pulau ini adalah Tehe-tehe, Kima-kima dan Elai. Tehe-tehe adalah beras ketan yang dibalut dengan cangkang landak laut. Kima-kima adalah makanan yang dibuat dari kerang laut dan dikeringkan seperti ikan asin. Kemudian Elai merupakan buah-buahan khas pulau ini yang bentuk dan dagingnya mirip durian.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Derawan

Penginapan di Sekitar Pulau Derawan
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Lapauta Derawan Resort & Restaurant

Penginapan dengan lokasinya yang berada di pinggir laut ini memiliki fasilitas yang lengkap. Harga kamar disini mulai dari Rp 400.000 per malam.

2. Derawan Dive Resort

Harga kamar di penginapan ini mulai dari Rp 660.000 per malam. Lokasinya sangat menarik karena mengapung di atas air laut. Fasilitas disini sudah sangat lengkap.

3. Fisheries Eco Villa

Penginapan ini juga terletak mengapung di atas air dan nuansanya serba kayu. Anda yang suka dengan nuansa kamar serba kayu bisa memilih penginapan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Derawan Berau

Fasilitas di Pulau Derawan Berau
Image Credit: Google Maps (Joko Yuwono)

Pulau ini tidak hanya menawarkan pesona pemandangan alamnya yang mempesona, pengelola pulau ini telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai bagi para wisatawan. Anda dapat menyewa speedboat dan menyewa mobil antar jemput PP dari Bandara Kalimarau ke Dermaga Tanjung Batu.

Persewaan alat snorkeling, diving, wahana watersports seperti banana boat juga tersedia di pulau ini. Tersedia juga fasilitas lain seperti kamar mandi, toilet, rumah ibadah, tempat parkir kendaraan, dermaga dan juga warung makan.

Untuk Anda yang ingin menginap juga banyak tersedia penginapan di sekitar pulau ini. Anda dapat memilih penginapan yang dirasa nyaman dan sesuai dengan budget Anda.

Demikian informasi mengenai wisata Pulau Derawan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika liburan tiba. Ada banyakj kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan disini. Selain itu, ada banyak penginapan yang ada di sekitar pulau serta fasilitas yang memadai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending