Pantai Lovina Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Lovina Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Lovina salah satu wisata pantai cantik dan unik di Buleleng, Bali yang wajib Anda jelajahi. Pantai berpasir yang populer untuk kegiatan diving dan snorkling bersama Lumba-Lumba ataupun berkeliling dengan perahu.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng, Bali; Map: Cek Lokasi

Ketika mengunjungi Bali, Anda tentu ingin menikmati pemandangan alam yang asri dan indah. Pantai bisa menjadi pilihan yang tepat karena landskap dan udaranya yang segar. Salah satu pantai di Bali yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Pantai Lovina.

Pantai ini terkenal karena keindahan alamnya dan belum banyak diekspos oleh wisatawan, sehingga masih asri dan tidak banyak pengunjung yang datang. Jika Anda ingin masuk ke tempat wisata yang masih sepi agar bisa menikmatinya secara maksimal, maka datanglah ke pantai yang satu ini.

Selain alamnya yang indah, keunggulan lain yang membuat pantai ini menjadi terkenal adalah adanya berbagai fasilitas menarik yang tersedia. Kalau Anda berniat kesana dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa fakta dan informasi mengenainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lovina

Daya Tarik Pantai Lovina
Image Credit: Twitter.com @kumendan007

1. Hadirnya Lumba-Lumba

Tidak semua pantai memiliki biota laut yang bisa dilihat secara langsung, berbeda dengan pantai ini karena Anda bisa melihat lumba-lumba bermain dan berkejaran dari pesisir pantai. Untuk melihatnya, Anda perlu datang di waktu yang tepat ketika laut sedang pasang.

Anda bisa melihat lumba-lumba dengan duduk di taman-taman yang telah disediakan oleh penduduk sekitar, sehingga tidak kepanasan. Sembari menunggu, di Pantai Lovina Anda juga bisa melihat masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Pasir Berwarna Hitam

Berbeda dengan pantai pada umumnya, pasir yang ada di pantai ini memiliki warna hitam yang pekat. Warna hitam tersebut merupakan warna alami pasir dan tanah yang ada di sekitar wilayah pantai, sehingga menghasilkan panorama yang cantik.

Selain itu, keadaan alam disana juga masih sangat alami, sehingga Anda bisa merasakan dengan maksimal sejuknya udara dan indahnya pemandangan alam. Tidak ada sampah yang bertebaran atau wisatawan lain yang bergerumbul dan mengganggu pemandangan.

3. Pemandangan yang Indah

Landskap pantai tidak hanya berupa pesisir yang kosong dan hamparan laut, melainkan juga aktivitas masyarakat sekitar yang memanfaatkan pantai tersebut untuk mencari ikan dan kegiatan lainnya. Di Pantai Lovina Anda bisa menyaksikan pemandangan yang apik dari campuran keindahan alam dan kesibukan manusia.

Pemandangan tersebut diikuti dengan ombak tenang yang bisa Anda gunakan sebagai media bermain. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengajak keluarga dan anak-anak ke tempat ini, sebab kemungkinan hanyut dan terbawa arus cukup kecil.

Daya Tarik dari Pantai Lovina
Image Credit: Twitter.com @indo_picture

4. Naik Perahu

Perahu yang ada di sekitar pantai tidak hanya digunakan untuk mencari ikan saja, beberapa disewakan kepada pengunjung untuk digunakan sebagai media menikmati pemandangan laut. Anda juga bisa menyewa perahu-perahu tersebut untuk melihat lumba-lumba dengan lebih dekat,

Karena Anda menyewa perahu, tentunya ada budget yang perlu dipersiapkan. Namun jangan khawatir, harga sewa perahu tidak mahal dan bisa digunakan lebih dari satu orang. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga menikmati segarnya ombak dan angin laut langsung dari atas perahu.

5. Pusat Makanan Laut

Di Pantai Lovina Anda bisa menikmati berbagai hidangan laut yang memiliki rasa enak, sebab ikan dimasak langsung setelah ditangkap. Rasanya tentu lengkap jika berwisata sembari menikmati wisata kuliner yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

Makanan yang menjadi olahan unggulan di pantai ini adalah ikan bakar tanjung alam, kemudian sop dan ikan bakar. Semua makanan tersebut menggunakan rempah dan resep masyarakat sekitar, sehingga menghasilkan rasa otentik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

6. Spot Melihat Sunrise Terbaik

Ingin ke pantai dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah di Bali? Maka datang ke pantai ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan datang di awal waktu, yakni di jam setengah 6 pagi atau jam 6, Anda bisa menyaksikan matahari terbit yang cantik.

Jika sedang beruntung, Anda bahkan bisa melihat lumba-lumba menyembul di permukaan air ketika matahari sedang terbit. Ini tentu menjadi pemandangan langka yang tidak bisa Anda temukan di pantai lain di wilayah kota Bali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Lovina

Alamat Pantai Lovina
Image Credit: Google Maps (Tadas Uždavinys)

Pantai cantik ini terletak di pesisir utara dari Pulau Bali, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Buleleng. Jika Anda datang dari arah Singaraja, maka Anda hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencapai pantai ini, sebab jaraknya hanya 10 kilometer saja.

Pantai ini dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk, sehingga Anda bisa menemukan rutenya dengan mudah. Jika datang dari pelabuhan tersebut, hanya dalam waktu satu setengah jam Anda sudah bisa menikmati keindahan dan angin segar di pantainya.

Ada banyak rute yang bisa Anda gunakan untuk mengakses pantai ini, Anda juga bisa menggunakan Maps guna menemukan lokasi pantai dengan lebih akurat. Rute pertama yang bisa dicoba adalah melewati kawasan Bedugul, sebab disana Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bali dengan harga terjangkau.

Untuk menikmati pemandangan dan keindahan di pantai ini, Anda tidak perlu membayar tiket apapun, dalam artian Anda bisa masuk secara gratis. Di Bali, masuk ke pantai memang tidak dipungut biaya, sehingga ini bisa menjadi cara untuk menghemat pengeluaran.

Namun Anda tetap harus membayar biaya retribusi untuk parkir di Pantai Lovina, sebab kendaraan Anda akan dijaga secara khusus. Untuk mobil, Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja, sedangkan untuk roda dua, biaya yang perlu Anda keluarkan adalah 5 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lovina

Aktivitas di Pantai Lovina
Image Credit: Facebook.com @tati.noviani

1. Memancing di Tengah Laut

Jika ingin mendapatkan ikan yang segar, jangan ragu untuk memancing di tengah laut menggunakan kapal yang disewakan oleh masyarakat sekitar. Untuk alat pancingnya, Anda bisa menyewa di tempat yang disediakan. Masyarakat sekitar akan memandu Anda menuju tempat-tempat dimana ikan banyak berkumpul.

2. Melakukan Snorkeling

Pantai ini tidak hanya cantik di bagian pesisirnya saja, di bawah air pantai ini juga memiliki pemandangan yang cantik. Anda bisa melakukan snorkeling untuk melihat biota bawah laut, dari hewan-hewan endemic hingga terumbu karang. Tersedia penyewaan peralatan snorkeling disana, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir.

3. Menikmati Matahari Terbit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Anda datang pagi ke Pantai Lovina Anda bisa menikmati matahari terbit yang cantik. Warna langit akan keemasan dengan semburat pantulan berwarna sama di bagian air lautnya. Setelah menikmati matahari terbit, Anda bisa menikmati makanan khas di pantai tersebut.

4. Melihat Lumba-Lumba

Lumba-lumba menjadi atraksi utama dari pantai yang ada di dekat Gilimanuk ini. Anda bisa melihat lumba-lumba langsung dari arah pantai atau dengan mengendarai perahu yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Lumba-lumba di pantai ini masih liar, jadi Anda tidak bisa menyentuhnya.

5. Menikmati Pemandangan

Anda bisa menikmati pemandangan yang indah di pantai ini sembari mengabadikannya dalam bentuk foto. Banyak spot foto yang cantik dan sayang untuk Anda lewatkan, apalagi jika Anda memiliki minat dalam aspek fotografi.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Lovina

Penginapan Pantai Lovina
Image Credit: Pegipegi.com

1. Puri Bali Hotel

Merupakan hotel yang dekat dengan Pantai Lovina dan bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung dan wisatawan. Hotel ini mendapatkan review yang baik dari pengunjung sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas unggulan di hotel ini adalah restoran yang menyediakan makanan khas Bali.

2. Lovina Live

Jika ingin menginap di hotel dengan fasilitas yang lengkap, Anda bisa datang dan menginap di Lovine Life. Hotel yang dekat dengan pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, dari restoran, pusat kebugaran, taman, hingga pilihan kamar yang beragam. Untuk Anda yang ingin menginap di hotel yang tidak jauh dari pantai, maka Lovina Life menjadi pilihan yang tepat.

3. Hotel Suma

Dengan menginap di Hotel Suma, Anda tidak perlu menempuh jarak yang jauh ke pantai-pantai yang ada di sekitarnya, dari Lovina sampai Banyualit. Keunggulan dari hotel ini adalah harganya yang terjangkau namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap, sehingga cocok untuk wisatawan yang memiliki budget minimalis.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Lovina Bali

Fasilitas Pantai Lovina
Image Credit: Instagram.com @kusumastutie.galuh

Membahas mengenai fasilitas, Pantai Lovina sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Penginapan bisa Anda temukan tidak jauh dari lokasi pantai, membuat wisatawan tidak perlu berjalan jauh hanya untuk sampai ke pantai.

Fasilitas umum seperti kamar mandi dan tempat ibadah juga tersedia, meski minimalis dan seadanya. Anda yang lapar ketika berwisata ke pantai ini, bisa menikmati berbagai macam makanan di warung dekat pantai atau di restoran hotel tempat Anda menginap.

Fasilitas tambahan yang mungkin menarik untuk Anda masuki adalah tempat hiburan yang berada tidak jauh dari pantai. Tempat hiburan ini baik berupa kafe atau bar, bisa Anda temukan buka di siang hari atau malam hari.

Demikianlah penjelasan mengenai wisata di Pantai Lovina, semoga bisa menambah pengetahuan Anda bagi yang hendak kesana. Pantai ini cocok untuk berwisata ringan sembari menikmati keindahan khas Pulau Bali.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending