Pantai Pemuteran, Spot Favorit untuk Menikmati Sunset & Sunrise di Buleleng

Pantai Pemuteran, Spot Favorit untuk Menikmati Sunset & Sunrise di Buleleng
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal karena objek wisatanya yang beragam dan eksotis. Tidak hanya itu, keindahan yang ditawarkan pun tidak sekedar wacana saja. Misalnya Pantai Pemuteran yang familiar sebagai destinasi wisata alam di Bali yang bisa memberikan kedamaian dan ketenangan kepada para pengunjung.

Pantai ini memiliki kondisi dasar laut yang unik karena keberadaan kuil. Tentu saja kuil yang ada di dasar laut ini menjadi karya seni yang begitu menakjubkan. Perpaduan keindahan alam dan juga buatan manusia inilah yang menyita banyak perhatian pengunjung. Tak heran jika di akhir pekan tiba, banyak wisatawan datang ke tempat wisata hits di Bali ini.

Destinasi ini pernah menarik perhatian warga Indonesia di tahun 2010 atau tepatnya saat penemuan kuil tersebar. Salah seorang fotografer asal Inggris memotretnya dan membagikannya ke dunia maya. Hasil gambar yang terlihat adalah reruntuhan kuil yang letaknya ada di dasar laut.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Pemuteran

Daya Tarik Pantai Pemuteran
Image Credit: Google Maps Ruth

1. Pemandangan yang Begitu Eksotis

Banyak sekali daya tarik yang akan Anda temukan saat berada di objek wisata hits di Bali ini. Salah satunya adalah pemandangan yang sangat eksotis. Jadi bagi yang berkunjung ke Pantai Pemuteran, Anda akan menemukan pemandangan yang menakjubkan berupa hamparan pasir berwarna hitam sedikit mengkilat. Sungguh pemandangan ini sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya pemandangannya saja, Anda juga bisa merasakan udara yang benar-benar segar dan bebas dari polusi. Pada saat berada di pantai yang indah dan cantik ini, pemandangannya sangat menakjubkan sehingga semua penat menjadi hilang seketika. Sudah bisa dipastikan jika kamu akan nyaman bila menjadi pengunjung di tempat wisata ini.

2. Keberadaan Terumbu Karang

Selain itu, keberadaan terumbu karang membuat Pantai Pemuteran terlihat begitu cantik. Terumbu karang yang ada disini begitu lengkap bahkan bisa memuaskan para pengunjung yang melihatnya. Tercatat ada 80% terumbu karang di Indonesia yang bisa Anda lihat di tempat ini.

Ini dikarenakan kondisi air lautnya yang masih sangat jernih dan lingkungannya pun benar-benar terjaga. Jadi tak heran jika terumbu karang di pantai ini masih sangat lengkap. Pihak pengelola menjaga dan melestarikan terumbu karang dengan sebaik mungkin. Dikabarkan pada tahun 2003 silam, terumbu karang di pantai ini mendapatkan penghargaan.

3. Sunset dan Sunrise yang Indah

Sepertinya keindahan alam yang ditawarkan Pantai Pemuteran ini tidak ada habisnya. Tidak hanya pemandangannya saja yang indah, sunset dan sunrise disini pun sangat indah. Pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda. Selain cantik, kondisinya pun unik dan sangat mengena bagi orang-orang yang melihatnya.

Tidak hanya wisatawan local saja, keindahan ini pun menjadi buruan wisatawan dari mancanegara. Karena pesonanya yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Dijamin, siapapun yang melihatnya pasti tertarik untuk melihat kecantikan tersebut lagi dan lagi. Anda bisa saksikan keindahan tersebut atau abadikan lewat foto.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Pemuteran
Image Credit: Google Maps Nadia Zobrist

Bagi yang ingin berwisata ke Pantai Pemuteran, pastinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat dan rute menuju lokasinya. Pantai hits ini berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Tentunya letak dari pantai ini strategis dan bisa dijangkau dengan mudah baik menggunakan kendaraan mobil maupun motor.

Lebih tepatnya, lokasi pantai ini ada di Desa Pemuteran yang merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Buleleng. Jika Anda saat ini berada di kota Denpasar, maka untuk bisa tiba ke lokasi wisata ini, jarak yang ditempuh adalah 200 km. Sedangkan waktu tempuhnya kurang lebih 4 jam. Jadi siapkan waktu yang cukup bila ingin berlibur ke tempat ini.

Bila melalui jalur Denpasar, silahkan ambil rute ke Gilimanuk baru setelah itu Singaraja. Jika ingin tiba dengan cepat dan posisi Anda berada di Pulau Jawa, menyebranglah ke Pelabuhan Gilimanuk. Setelah sampai ke pelabuhan, Anda sudah bisa tiba ke lokasi pantai yang cantik ini hanya dalam 1 jam saja.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Pemuteran

Harga Tiket Masuk Pantai Pemuteran
Image Credit: Google Maps Deborah Apgaua

Bila Anda ingin berlibur ke Pantai Pemuteran tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Karena harga tiket masuknya hanya 0 alias gratis. Harga ini tentu saja sangat murah jika dibandingkan dengan apa yang akan Anda dapatkan saat berada di tempat wisata ini. Keindahan yang luar biasa akan membuat semua pengunjung sulit untuk melupakannya begitu saja.

Tentunya meski harga masuk ke dalam objek wisata gratis, Anda tetap harus bawa dompet. Karena berbagai aktivitas di pantai akan membutuhkan uang misalnya saja spa atau mencicipi kuliner di pantai. Atau jika ingin menginap, silahkan bayar penginapan tersebut. Bagi yang ingin menginap dibutuhkan kocek mulai dari 500 ribu rupiah saja.

Aktivitas yang Seru di Pantai Pemuteran

Aktivitas Seru Pantai Pemuteran
Image Credit: Google Maps S K B

1. Melihat Penangkaran Penyu

Kegiatan yang kerap dilakukan di pantai adalah diving dan snorkeling. Tapi di Pantai Pemuteran ini, Anda bisa melakukan aktivitas lain misalnya saja melihat penangkaran penyu. Anda bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara merawat hewan penyu. Tentu saja ada pemandu dari pengelola pantai yang akan menemani Anda.

Pantai yang eksotis ini tidak hanya memberikan keindahan alam saja, tapi banyak edukasi yang bisa didapatkan. Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti melepas penyu ke lautan yang biasanya dilakukan warga di sekitar pantai. Silahkan ikuti kegiatan tersebut. Hanya saja kegiatan melepas penyu ini teragenda sehingga tidak setiap hari dilakukan.

2. Menyelam

Selain itu, aktivitas kedua yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Pantai Pemuteran yang popular dengan terumbu karangnya ini adalah menyelam. Ini adalah aktivitas yang wajib Anda lakukan. Bagi yang ingin melihat keindahan terumbu karang, silahkan menyelam terlebih dahulu hingga ke dasar laut dan menjumpai terumbu karang yang indah.

Ada banyak hal yang akan Anda temukan mulai dari ikan kecil, terumbu karang serta banyak lagi yang lain. Semua keindahan siap menyambut penyelam yang datang. Apalagi di pantai ini juga terdapat kuil yang merupakan bekas sejarah. Ini tentu akan membuat kegiatan menyelam penuh dengan pengalaman sebab banyak keindahan yang akan Anda temukan.

3. Rileksasi

Setelah puas bermain dengan penyu atau menyelam hingga ke dasar laut, maka ini saatnya Anda berileksasi di pinggir Pantai Pemuteran. Kegiatan bersantai sangat ditunggu pengunjung wisata. Karena kegiatan ini dapat melepas penat para pengunjung yang sudah lelah bekerja seharian penuh. Semuanya terbayar dengan keindahan pantai.

Apalagi saat bersantai nanti, Anda akan ditemani angina yang sejuk, warna pasir hitam kecokelatan pun menambah keindahan view yang ada di pantai ini. Tentu waktu bersantai Anda akan terasa mengesankan. Anda juga boleh melakukan kegiatan lain seperti bermain voli, pasir, berjemur atau bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Pantai

Fasilitas Pantai Pemuteran
Image Credit: Google Maps Ni Luh Putu Hendiliana Dewi

Anda akan menemukan fasilitas mulai dari area parkir. Jadi parkir di sekitar Pantai Pemuteran benar-benar luas. Itu artinya bagi yang membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat sudah tidak perlu memikirkan tempat untuk memarkirkan kendaraan. Bagi yang ingin parkir nanti jangan lupa siapkan kocek untuk membayar biaya retribusi parkirnya.

Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas lain seperti penginapan atau hotel. Bahkan di dekat pantai juga terdapat vila dan penginapan mewah lainnya. Ini tentu akan memudahkan para pengunjung wisata. Keindahan alamnya pun membuat kegiatan diving dan snorkeling bisa dilakukan di pantai ini. Tempat penyewaan alat diving dan snorkeling pun tersedia dsini.

Dan fasilitas terakhir adalah terdapat banyak restoran, café, bar yang siap melayani para pengunjung yang datang. Nah bagi yang membutuhkan kamar mandi dan mushola, disini juga sudah tersedia. Semuanya sudah ada sehingga para pengunjung dipastikan akan merasa nyaman saat berada di pantai yang cantik ini.

Pantai Pemuteran adalah objek wisata alam yang banyak didatangi pengunjung wisata karena keindahan alamnya yang benar-benar terjaga. Keindahan alam yang penuh dengan pesona ini menjadikan pantai di Bali menjadi lokasi yang tepat untuk berlibur. Menariknya lagi terdapat terumbu karang dan sisa-sisa kuil yang menambah keunikan pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending