Pantai Greweng Gunung Kidul, Wisata Pantai Dengan Gua Eksotis

Pantai Greweng Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Greweng salah satu objek wisata bahari favorit di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja. Pantai cantik ini memiliki gua unik, tebing karang kokoh, hamparan pasir lembut dan menjadi lokasi camping yang populer.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Terdapat banyak pantai di area Gunung Kidul, Yogyakarta yang masih terlihat alami dan tidak terlalu banyak orang menjamahnya. Dengan begitu, tempat-tempat tersebut seringkali disebut dengan pantai “perawan” karena memang masih alami. Salah satu dari beberapa tempat tersebut yaitu Pantai Greweng yang ada di daerah Girisubu.

Terdapat banyak sekali kenampakan alam yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang berkunjung ke objek wisata ini. Dengan alamnya yang masih terjaga dan bersih dari berbagai hal yang merusak keindahan, pengunjung pun akan merasakan sensasi berbeda. Seolah mereka berada di tempat mempesona bak serpihan surga yang ada di dunia.

Pasir yang ada di pantai ini nampak putih bersih, semakin menambah daya tarik tempat tersebut. Selain itu, ada juga gua yang tak jauh berada di area pasir tersebut. Bentukan lokasi ini juga relatif tertutup karena deretan karang yang seolah menutupi area pantai. MEski begitu, tempat ini tetap memiliki beragam pesona yang layak dijajal ketika berkunjung ke area pantai selatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Greweng

Daya Tarik Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @travellerkaskus

1. Deretan Karang yang Menyelubunginya

Mungkin inilah yang menjadi fokus utama para pengunjung ketika pertama kali mampir ke Pantai Greweng. Bebatuan karang yang memang menjadi ciri khas kawasan selatan Yogyakarta ini juga banyak terdapat di pantai tersebut. Uniknya, kawasan ini seolah seperti diselubungi oleh karang-karang tersebut dan nampak layaknya tempat tersembunyi.

Walaupun begitu, masih terdapat celah antara kedua deretan karang yang hampir menyatu menutupi tempat ini. Celah tersebut cukup lebar sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Wisatawan tetap dapat menikmati indahnya lautan yang ada di selatan jawa tersebut. Ombak-ombak juga menghampiri walau tidak terlalu ramai dan besar layaknya tempat-tempat yang lain.

Di bagian atas bukit-bukit karst tersebut nampak hijau karena ditumbuhi vegetasi alam. Hal ini juga menambak daya tarik karena jika dilihat nampak lebih indah dan eksotik. Tak jarang orang rela jauh-jauh datang ke sini dari berbagai tempat asal mereka untuk sekadar melihat secara langsung dan mengabadikannya melalui potret foto yang diambil.

2. Goa Eksotik nan Unik

Di tempat tersebut juga bisa ditemukan beberapa goa yang terbentuk dari karang-karang yang mengitarinya. Beberapa gua tersebut nampak unik dan apik untuk ditelusuri lebih lanjut oleh para pengunjung. Meskipun tidak terlalu dalam dan relatif hanya memiliki kedalaman yang pendek, namun keberadaannya tetap bisa dijadikan spot foto yang apik.

Oleh sebab itulah beberapa dari wisatawan Pantai Greweng ini sengaja menyediakan perlengkapan yang cukup untuk melakukan aktivitas fotografi. Goa-goa tersebut terlihat menjanjikan untuk dijadikan objek yang tepat.

Daya Tarik Greweng
Image Credit: Facebook.com @jogya

3. Kondisi Alam yang Menenangkan

Tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara ini masih memiliki kondisi alam yang bersih dan nampak belum dijamah oleh manusia. Oleh sebab itulah sebutan objek wisata tersebut yakni “Pantai Perawan”. Seolah-olah pantai tersebut masih suci dan tidak pernah diubah-ubah oleh tangan manusia.

Dengan fakta tersebut, suasana di sana terasa menenangkan. Pengunjung bisa merasakan desiran angin yang menerpa kulit-kulit tubuh dan menghamburkan pasir yang ada di sana. Hal ini memberikan kesan yang semakin syahdu dan menyegarkan pikiran siapapun yang sekadar rehat ataupun berjalan-jalan kecil mengitarinya.

Panorama alam yang disajikan juga menjadi daya tarik lain dari tempat tersebut. Hal itu dikarenakan pantai yang satu ini nampak kecil namun memiliki area pasir yang cukup besar. Kawasan pasir putihnya memang luas karena menjorok ke dalam.

Lautan biru yang sangat cantik seperti berpadu apik dengan cakrawala yang menaunginya. Meskipun tidak banyak sudut pandang yang bisa diperoleh oleh para wisatawan, akan tetapi view di sana tetap saja apik dan sangat rugi jika tidak dicoba untuk dijelajahi lebih lanjut lagi.

Pantai Greweng seolah menjadi tujuan yang cocok bagi mereka yang mencari kawasan untuk menenangkan diri ataupun menjernihkan pikiran dari berbagai hal yang membuat penat. Tak jarang orang datang ke sana karena ingin mencari sebuah suasana baru dari area Gunung Kidul yang memang kaya akan objek wisata pantainya.

Bentukan pantainya juga landai sehingga tidak sulit bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan menyusurinya. Pengunjung bisa melakukannya dengan kaki telanjang karena sensasi kulit ketika langsung menyentuh lembutnya pasir menjadi sesuatu yang mengesankan.

Sesuatu yang menjadikan kunjungan ke sana semakin menarik adalah jalur yang harus dilalui ketika ingin mencapai lokasinya. Pepohonan yang tumbuh rindang ditemani dengan bebatuan karang memang menjadi kenampakan yang akan seringkali dilihat. Meskipun kelihatan sederhana, akan tetapi wisatawan akan merasa terbayarkan jerih payah yang dikeluarkan begitu sampai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Greweng

Alamat Pantai Greweng
Image Credit: Google Maps (Muhamad Faisol)

Lokasi pantai ini berada di sisi timur dua pantai indah lainnya, yaitu Pantai Jungwok dan Wediombo. Ketiga pantai tersebut memang tidak terpaut jauh dan cukup dekat. Sehingga, pengunjung juga seringkali menjelajahi semua objek tersebut, karena sudah kalang basah berada di sana merasa rugi jika tidak sekalian mencobanya.

Berada di dusun Jepitu, tepatnya Desa Pendowo, Pantai Greweng ini tidak sulit untuk ditemukan. Dari arah Wonosari, Yogyakarta, ambil arah timur tepat menuju ke pasar. Setelah melewatinya, terdapat pertigaan dan ambil arah kanan yang ditunjukkan oleh papan jalanan menuju ke Pantai Baron.

Lewati jalur itu sejauh kurang lebih 10 kilometer menuju pertigaan yang mengarahkan ke pantai Wediombo. Lurus terus hingga melewati Pasar Jepitu, dan akan menemui pertigaan lagi. Ambil arah kanan dan sampai di kawasan parkir wisata pantai Wediombo. Kendaraan harus diparkirkan di sana.

Pengunjung perlu berjalan kaki mengikuti arah yang menunjukkan pantai tersebut. Arah itu sama jika ingin ke Jungwok. Setelah beberapa lama berjalan, akan ditemui lagi pertigaan namun berukuran kecil. Ambil arah kiri untuk sama. Total lama perjalanan dari area parkir ini sekitar 20 menit saja.

Sesuatu yang menjadikan kunjungkan ke tempat ini yaitu, pengunjung membeli tiket masuknya sepaket dengan beberapa pantai di sebelahnya seperti Pantai Wediombo. Cukup membayar 5 ribu rupiah saja, maka dapat dengan bebas menikmati seluruh area tersebut. Namun, jika ingin camping di sana juga harus menambah biaya, tetapi untuk tarif parkirnya saja.

Biaya parkir di Pantai Greweng ini hanya 3.000 untuk mobil dan 2.000 bagi pengunjung yang memakai kendaraan roda dua. Akan tetapi, jika hendak mendirikan tenda untuk berkemah, maka tarif tersebut akan naik. Bagi pengunjung dengan kendaraan bermotor, harus membayar biaya yang sama dengan tiket masuk. Sementara yang membawa mobil membayar dua kali lipatnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Greweng

Aktivitas di Pantai Greweng
Image Credit: Facebook.com @wisataistimewa

1. Memancing dari Tebing

Walaupun berada di tepian laut, akan tetapi pengunjung bisa melakukan pemancingan di sekitarnya. Adanya bebatuan karang yang menjulang mengelilingi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi wisatawan melakukan penangkapan ikan. Kegiatan tersebut akan terasa berbeda karena dilakukan di sebuah area pantai.

Perlu diperhatikan bahwa tidak banyak fasilitas tersedia di tempat tersebut. Itulah sebabnya pengunjung Pantai Greweng memang harus membawa perlengkapan yang banyak jika ingin melakukan aktivitas yang satu ini. Kalaupun hasilnya nanti tidak memuaskan, namun setidaknya hal itu dapat menjadi keseruan tersendiri yang dilakukan bersama relasi yang diajak.

2. Camping di Pinggir Pantai

Sama seperti pantai yang ada di dekatnya, di sini pengunjung juga bisa melakukan kemah untuk bermalam. Dikarenakan belum ada banyak penginapan, maka hal ini juga menjadi alternatif yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

3. Menikmati Sunset yang Indah

Di Pantai Greweng juga menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati momen ketika matahari tenggelam. Hal ini sangat indah karena langit yang sedang berwarna-warna karena gradasi apiknya berpadu dengan birunya air laut yang memantulkannya dan ditambah dengan hiasan alam yang menakjubkan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. Joglo Wediombo Cottage and Resto

Penginapan ini cukup nyaman untuk dijadikan tempat bermalam. Setidaknya ada dua jenis kamar yang dapat disewa setiap malamnya oleh para pengunjung. Harga sewanya pun juga terbilang ramah bagi kantong untuk fasilitas yang memuaskan para tamunya.

Beberapa hal bisa didapatkan oleh pengunjung diantaranya Kasur empuk dengan selimut dan kursi di dalam kamarnya. Kamar mandinya juga dilengkapi dengan wastafel serta ada juga kipas angin. Restoran di dalam penginapan ini juga menjadi hal yang didapatkan untuk mengisi perut.

2. Penginapan dan Rumah Makan ROOSYTA

Tempat ini berada tidak jauh dari Pantai Greweng, bahkan bisa diakses dengan hanya berjalan kaki saja. Tamu yang datang bisa menikmati beragam hal yang ditawarkan oleh pihak pengelola penginapan ini.

Meskipun nampak sangat sederhana, akan tetapi bermalam di sana tetap menjadi alternatif yang sangat tepat untuk dipilih. Harga yang harus dibayar jika ingin sewa satu hari satu malamnya juga sangat murah. Itulah sebabnya banyak orang juga tertarik untuk menginap di tempat ini.

3. Pondok Lembah Bukit

Walaupun tempat ini nampak amat sederhana, namun tidur di sana juga terasa nyaman-nyaman saja. Hal tersebut karena kebersihannya selalu dijaga dengan baik. selain itu, tarif menginapnya juga murah, bahkan mulai dari dibawah 100 ribuan. Kamar mandi yang digunakan juga ada di dalam biliki yang ditempati, dan para tamu dapat menikmati berbagai fasilitas yang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Greweng Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @hondaistimewaid

Tempat ini masih belum ada berbagai fasilitas lengkap seperti tempat-tempat lainnya. Pun demikian, ketika pengunjung berjalan kaki menuju ke sana sudah terdapat jalan setapak yang cukup baik kondisinya. Selain itu, ada juga beberapa biliki toilet yang bisa digunakan oleh wisatawan yang membutuhkan.

Walaupun tidak terlalu banyak lampu yang menerangi tempat dan jalan sekitar pantai itu, tempat ini tetap asyik dikunjungi. Itulah sebabnya pengunjung harus mempersiapkan berbagai keperluan termasuk lampu senter jika hendak berkemah. Tetapi di sana terdapat beberapa warung makan yang siap melayani para pengunjung.

Berkunjung ke kawasan Gunung Kidul memang akan selalu membawa pengalaman menyenangkan dari sebuah liburan. Dari sekian banyak pantai di sana, Pantai Greweng dapat menjadi alternatif yang cocok. Apalagi jika datang dengan teman-teman. Akan sangat seru menikmati tempat ini seolah milik pribadi. Objek tersebut juga terbuka lebar selama seharian penuh.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending