Pantai Marina Dumai, Destinasi Wisata Pantai Indah yang Menawan Hati

Pantai Marina Dumai, Destinasi Wisata Pantai Indah yang Menawan Hati
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau; Map: Cek Lokasi

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Dumai, Kepulauan Riau. Selain jernihnya air laut yang dapat menarik perhatian banyak pengunjung, pantai ini juga memiliki beberapa keunikan lain di dalamnya. Terdapat berbagai jenis fasilitas yang lengkap dan telah tersedia di lokasi wisata ini seperti pantai lain pada umumnya.

Pantai ini dapat dijadikan salah satu solusi sebagai tempat wisata yang dapat menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas. Pantai ini juga menyediakan suasana panorama alam yang indah dengan berbagai bebatuan yang berada di sekelilingnya. Biasanya masyarakat selalu ramai datang ke pantai ketika akhir pekan, tanggal merah, ataupun musim liburan tiba.

Anda juga dapat melihat pemandangan indah dari beberapa kapal nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Terdapat pula sebagian masyarakat sekitar yang sering datang ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, dibawah ini juga akan dijelaskan secara detail informasi lengkap dari wisata pantai terkenal di Kepulauan Riau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Twitter.com @sepdum

1. Keindahan Alam

Daya tarik utama dari lokasi wisata berupa pantai tentu saja selalu terletak pada keindahan panorama alamnya. Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi pantai untuk merasakan hembusan angin sejuk dengan suara ombak yang besar. Anda juga dapat menikmati pergerakkan beberapa pohon kelapa yang menghiasi keindahan pantai ini.

Selain itu, kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Pantai Marina juga tidak kalah indah dari wisata lainnya. Terdapat banyak jenis ikan serta terumbu karang yang terawat dengan baik dalam alam bawah lautnya. Anda dapat melakukan snorkeling bersama rombongan teman untuk merasakan sendiri keadaan laut yang masih terjaga ini dan menjadikannya pengalaman yang berkesan.

2. Edukasi Wisata Kebun Binatang

Pemerintah dari Kota Dumai sendiri akan menambah sebuah kebun binatang yang berlokasi di dekat pantai sebagai wisata edukasi. Jadi, setiap pengunjung dapat berlibur dengan menikmati berbagai tempat wisata dalam satu kota saja. Kebun binatang tersebut juga akan menyediakan berbagai hewan khas Indonesia mulai dari burung hingga hewan yang berbahaya.

Lahan kebun yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini akan akan dibagi menjadi berbagai area yang bermanfaat. Diantaranya yaitu adanya area mamalia, area unggas, area hewan buas, are konservasi hingga area edukasi. Dengan adanya penambahan kebun binatang ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai berbagai hewan langka yang hidup di laut serta di darat.

3. Jernihnya Air Laut

Daya tarik yang dimiliki sebuah pantai juga terletak pada keadaan air lautnya. Pengunjung tidak akan datang ke sebuah pantai yang memiliki air laut keruh atau terdapat banyak sampah yang telah mencemari indahnya pantai. Hal ini tentu tidak berlaku bagi Pantai Marina yang memiliki air laut jernih dan bersih ini. Anda dapat menikmati kesegarannya dengan berenang di tepi pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Lukman Nulhakim)

Untuk alamatnya, lokasi wisata ini terletak di Kota Dumai. Lebih tepatnya berada di daerah Teluk Makmur dalam Kecamatan Medang Kampai. Jika mengambil jarak dari pusat kota, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer untuk sampai ke Pantai Marina. Jalan yang dilalui pun cukup bagus sehingga tidak akan terjadi resiko apapun selama berkendara.

Pantai yang memiliki luas sekitar 500 meter ini dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan dengan mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum serta online untuk mengunjungi lokasi wisata ini. Akan sangat menyenangkan jika berkunjung ke pantai bersama rombongan keluarga atau teman serta menginap di hotel selama berhari-hari.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Marina

Harga Tiket Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Budi C Dirgantara)

Tiket masuk dari Pantai Marina ini dihitung berdasarkan jenis kendaraan yang masuk saja. Biaya tiket sebesar 10 ribu rupiah bagi pengguna kendaraan roda dua dan 20 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil. Jika Anda berkunjung dengan menggunakan bus, mungkin harga tiketnya akan jauh lebih besar. Sedangkan untuk harga paket liburannya cukup bervariasi.

Jika Anda adalah warga sekitar Kota Dumai, mungkin biaya wisata ke pantai ini hanya sekitar ratusan ribu saja. Namun jika Anda berasal dari luas pulau yang harus menggunakan pesawat serta membutuhkan biaya makan dan hotel harus mempunyai dana besar. Anda akan menghabiskan uang hingga jutaan rupiah untuk paket liburan mewah tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dapat mendirikan tenda di sekitar pantai dengan bebas yang akan meminimalisir biaya. Dengan menginap di tenda, Anda tidak memerlukan lagi biaya hotel yang cukup mahal. Dalam paket liburan seperti ini hanya perlu memikirkan biaya transportasi, makan, serta penyewaan fasilitas hiburan lainnya.

Untuk jam operasionalnya sendiri, pantai ini dibuka dengan bebas tanpa batasan waktu. Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan mengunjunginya kapan saja. Anda juga tidak perlu khawatir lagi walaupun datang ke pantai terlalu pagi ataupun larut malam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Marina

Aktivitas di Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @harambeboys_

1. Olahraga di Pantai

Jika Anda berlibur bersama teman, akan sangat menyenangkan jika melakukan berbagai olahraga di sekitar Pantai Marina. Anda dapat mencoba olahraga voli ataupun sepak bola yang menyenangkan. Dengan melakukan olahraga ini liburan pun akan terasa lebih bermanfaat dan berkesan.

2. Berenang

Ketika mengunjungi pantai tentu saja memiliki tujuan utama berenang di dalamnya. Merasakan air pantai yang segar dengan deburan ombak menghadirkan sensasi yang tidak terlupakan. Anda juga dapat berenang dengan bermain selancar yang menegangkan. Namun, perhatikan pula batasan area saat berenang agar tidak terjadi resiko yang membahayakan.

3. Memancing dan Mengelilingi Pantai

Kegiatan ini wajib dilakukan ketika Anda mengunjungi pantai manapun. Memancing adalah kegiatan menarik paling bermanfaat selama liburan di pantai. Anda dapat merasakan lezatnya ikan khas yang hidup di perairan tersebut. Selain itu, Anda juga tidak akan mengeluarkan biaya yang terlalu besar dengan menikmati kelezatan ikan sebagai cemilan ataupun lauk pauk.

Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan dari Pantai Marina di Dumai ini dengan berkeliling menggunakan perahu. Anda dapat menggunakan bantuan para nelayan untuk menyewa perahu serta memperkenalkan area sekitar pantai yang belum banyak dikenal oleh wisatawan.

4. Berfoto

Di era modern ini kegiatan foto adalah aktivitas utama yang tidak boleh terlewatkan ketika sedang liburan di pantai. Anda harus memiliki waktu yang tepat untuk mendapatkan background terbaik dari beberapa foto yang diambil. Datang ke pantai di saat sunrise ataupun sunset akan menjadikan foto lebih berkelas dan membuat banyak orang tertarik untuk mengoleksinya.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Murah Pantai Marina
Image Credit: Tiket.com

1. The Zuri Dumai

Penginapan terdekat dari Pantai Marina adalah hotel berfasilitas lengkap bernama The Zuri Dumai. Anda hanya memerlukan waktu setengah jam untuk sampai di lokasi wisata dengan jarak 16 kilometer. Hotel ini terlihat sangat mewah dan memiliki desain yang menarik pada bagian restorannya. Namun, harga sewanya hanya sekitar 350 ribu rupiah permalamnya.

2. Comforta Hotel Dumai

Hotel ini juga dapat ditempuh dalam waktu setengah jam saja dengan menggunakan kendaraan menuju lokasi pantai. Anda hanya membutuhkan biaya 300 ribu rupiah untuk menyewa Comforta Hotel Dumai. Hotel besar ini juga memiliki desain bangunan yang elegan dan berkelas serta fasilitas yang lengkap.

3. Sonaview Hotel

Hotel ini memiliki keindahan tersendiri dimana dapat menikmati suasana kota dan laut dari lantai atasnya. Hotel yang memiliki fasilitas lengkap ini juga memiliki harga sewa sekitar 300 ribu rupiah saja untuk setiap malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina Dumai

Fasilitas di Pantai Marina Dumai
Image Credit: Google Maps (Nazaruddin Sahar)

Fasilitas pertama yang dimiliki Pantai Marina ini yakni tersedianya area parkir yang sangat luas. Area tersebut dapat menampung hingga ratusan motor dan mobil. Anda dapat dengan leluasa memarkirkan kendaraan dengan aman dan tenang selama menikmati liburan. Maka dari itu, warga setempat memberikan ketentuan biaya parkir bagi setiap pengunjung.

Selain itu, terdapat pula puluhan gazebo bernama Pondok Kayu yang telah dibangun oleh pemuda setempat. Pondok Kayu ini berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para wisatawan dari lelahnya perjalanan yang telah dilalui. Pondok Kayu juga dapat digunakan untuk tempat makan keluarga sambil menikmati hembusan angin pantai yang sejuk.

Terakhir, wisata pantai ini juga telah dilengkapi dengan beberapa warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman baik itu berupa cemilan ataupun masakan tradisional. Dari setiap warung juga telah tersedia beberapa meja dan kursi untuk bersantai.

Itulah beberapa informasi seputar Pantai Marina yang sangat indah dan terkenal di Dumai. Anda harus mencoba datang ke lokasi ini ketika sedang berkunjung ke Kepulauan Riau. Anda juga dapat memperkenalkan keindahannya dengan berbagi foto di sosial media yang menjadikan wisata ini semakin dikenal hingga tingkat internasional.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending