Pantai Mutiara Serdang Bedagai – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Mutiara Serdang Bedagai

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Mutiara salah satu pantai pasir putih yang menawan di Serdang Bedagai. Pantai yang cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga dan pecinta fotografi.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Medan merupakan salah satu kota yang masyhur di daerah Sumatera bagian utara. Pesona yang ditawarkan kota ini sangatlah banyak sehingga mampu memikat hati para wisatawan. Pesona tersebut berupa adat istiadat, wisata budaya setempat, wisata kuliner khas, dan juga wisata alam maupun bahari yang dapat dengan mudah untuk ditemui.

Danau Toba merupakan salah satu ikon dari Kota Medan. Danau ini sebagai salah satu dari sekian banyak objek wisata bahari yang sangat memukau di Kota Medan. Contoh lainnya dari wisata bahari yang terdapat di kota ini yaitu Pantai Mutiara. Dengan keberadaannya ini, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengunjunginya.

Pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari pengunjung lokal maupun mancanegara berbondong-bondong untuk menikmati keindahan pantai ini. Para wisatawan biasa memenuhi lokasi pantai ketika libur akhir pekan atau liburan panjang telah tiba. Hal ini dilakukan untuk melepas penat setelah sekian lama bekerja dan tentunya ingin mencari udara segar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mutiara

Daya Tarik Pantai Mutiara
Image Credit: Facebook.com @alriizki

Sebuah tempat wisata sudah pasti memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini berfungsi untuk menarik minat kunjung para wisatawan. Seperti halnya dengan Pantai Mutiara yang terletak di Sumatera Utara pun juga memiliki daya tarik tersendiri. Di antara daya tarik pantai ini yaitu:

1. Keanekaragaman Jenis Mangrove

Berwisata di suatu pantai maka sudah bukan menjadi hal asing lagi ketika para wisatawan mendapati banyaknya tumbuhan khas pantai. Apalagi kalau bukan tumbuhan mangrove? Tumbuhan mangrove yang hidup di tempat ini sangatlah banyak. Bahkan mangrove yang ada di sini juga memiliki keanekaragaman yang sangatlah banyak.

Tumbuhan mangrive sendiri mempunyai manfaat yang sangat berdampak bagi penduduk yang tinggal di sekitar pantai. Pasalnya tumbuhan mangrove ini dapat mencegah terjadinya abrasi air laut yang tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Selain dapat ditemukan berbagai jenis pohon mangrove, di tempat ini juga ditemukan beberapa tumbuhan lainnya.

Tumbuhan tersebut di antaranya yaitu pohon kelapa yang nyiurnya melambai-lambai sepanjang pantai. Pohon kelapa pun juga memiliki fungsi yaitu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk diambil buahnya. Hasil pemetikan buah tersebut kemudian dijual di sekitar pantai dalam bentuk minuman yang segar, es kelapa muda.

Selain kedua pohon khas pantai, ada juga beberapa pohon yang tumbuh subur di pantai ini. Hal ini tentunya untuk mendukung keasrian pantai dan juga kesejukannya. Pemerintah setempat pun terus menggencarkan para wisatawan maupun masyarakat setempat untuk turut serta dalam melestarikan alam.

2. Masih Sangat Natural

Berkunjung ke suatu tempat wisata alam maupun bahari pasti ada satu hal yang didamba-dambakan oleh para wisatawan, yaitu keasriannya ataupun alamnya yang natural. Pantai ini terkenal masih asri karena masih dijaga dan juga dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat. Hal ini pun juga didukung dengan kondisi pantai yang memang masih asri.

Keadaan pantai yang menjadikannya terlihat asri yaitu adanya pepohonan yang tumbuh di pesisir, lautnya yang sangat jernih, batu karangnya yang berdiri kokoh, dan juga pasirnya yang berwarna putih.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Mutiara

Alamat Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps (Surya Gani)

Bagi yang merencanakan untuk berkunjung sekaligus berwisata di daerah Sumatera Utara, maka jangan lupa untuk mampir ke Pantai Mutiara ini. Keberadaan dari pantai ini tentunya di daerah Sumatera Utara yang lebih tepatnya yaitu di Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Untuk dapat sampai di lokasi pantai ini maka Anda harus mengetahui rute yang tepat. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Medan. Waktu tempuh antara Kota Medan dengan pantai ini yaitu sekitar 45 menit saja. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini maka bisa melewati simpang tiga Perbaungan menuju arah Deli Serdang atau melalui Kabupaten Deli Serdang.

Setelah mengetahui keberadaan dan rute yang harus ditempuh menuju lokasi ini, maka sudah pasti ketika Anda sampai di kawasan pintu masuk pantai akan dikenakan biaya. Anda tidak perlu risau karena harga tiket masuk pantai ini sangat bersahabat dan juga ramah di kantong. Cukup dengan nominal Rp 8.000 maka Anda sudah diperkenankan untuk memasuki kawasan pantai ini.

Selain dikenakan biaya tiket masuk, para wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah. Harga tiket parkir juga berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan. Untuk motor dikenakan biaya Rp 2.000 saja dan untuk mobil Rp 5.000 saja. Para wisatawan dapat berkunjung ke tempat ini kapan saja ranbgm

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Mutiara

Aktivitas di Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps (Okfian Al Masri Tanjung)

Setelah para wisatawan sampai di lokasi tujuan dengan selamat, pastinya Anda semua sudah tidak sabar untuk melakukan berbagai kegiatan di pantai ini. Atau mungkin kegiatan seru di pantai ini sudah Anda siapkan dari sebelum berlibur di pantai ini. Berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini yaitu:

1. Berenang

Kawasan wisata Pantai Mutiara memang merupakan salah satu wisata yang berbasis bahari. Karena hal tersebut maka sudah dapat dipastikan bagi Anda yang berwisata di tempat ini, maka dapat bermain air. Bisa dengan berenang atau hanya sekedar menyebur sebentar atau bahkan sekedar bermain percikan air.

Anda dapat berenang di pantai ini sepuas hati dan secapeknya sambal menikmati segarnya air pantai ini maupun keindahan alam yang disuguhkan. Ketika berenang Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah puas bermain dengan air, maka jangan lupa untuk membilas badan. Tak perlu risau karena di tempat ini terdapat toilet umum.

2. Bermain Pasir

Keistimewaan pantai ini yaitu memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan dan juga seru ketika para wisatawan bermain di atas pasir tersebut. Apalagi jika anak-anak yang disuguhi pasir putih ini. Pasir ini bisa digunakan untuk membuat istana pasir maupun yang lainnya menurut kesukaan masing-masing para wisatawan.

3. Bersantai

Bagi yang berlibur ke Pantai Mutiara dengan tujuan sekedar untuk melepas penat, maka tidak ada salahnya. Di pantai ini sudah disediakan gazebo yang cukup nyaman untuk tempat bercengkerama, berdiskusi, maupun bersantai saja dengan suguhan indahnya panorama pantai yang telah disuguhkan tepat di depan mata.

4. Berfoto dengan Sunset atau Sunrise

Semakin sore Anda di pantai, maka semakin takjub juga akan keindahanNya. Selain sore, indahnya pagi ini juga tidak kalah menariknya. Banyak para wisatawan yang senang berburu sunset maupun sunrise. Berfoto ketika sunset atau sunrise tiba seakan-akan menghasilkan sebuah gambar yang sangat eksotis dengan latar yang blacklight juga.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Mutiara

Penginapan Terdekat dari Pantai Mutiara
Image Credit: Agoda.com

1. The Lively Hotel Kualanamu Medan

Rekomendasi penginapan pertama di daerah Serdang Bedagai yaitu The Lively Hotel Kualanamu Medan. Hotel ini termasuk hotel yang sangat murah dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Harga sewa kamar per satu malam yaitu hanya dipatok dengan harga kurang lebih sekitar Rp 150.000 saja.

Keunggulan dan juga fasilitas yang tersedia di sini yaitu adanya tempat parkir, sarapan, wifi gratis, kamar yang ber-AC, serta lingkungannya juga termasuk kawasan bebas asap rokok.

2. OYO 1947 Woong Rame Resort & Restaurant

Rekomendasi penginapan selanjutnya yaitu OYO 1947 Woong Rame Resort & Restaurant yang juga cukup murah selain penginapan pertama tadi. Harga sewa kamar per malam juga relatif murah dengan patokan harga yang tidak sampai dengan Rp 200.000 saja. Fasilitas yang populer dari penginapan ini yaitu adanya tempat parkir, wifi gratis dan juga ruangan yang ber-AC.

3. Hotel Bidadari

Penginapan terakhir yang direkomendasikan bagi Anda yaitu Hotel Bidadari. Penawaran harga terbaik hotel ini yaitu Rp 155.000 saja. Berbagai fasilitas yang disediakan di antaranya yaitu tempat parkir, wifi gratis, restoran yang menjual makanan dan minuman, dan juga ruangan yang ber-AC.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mutiara Serdang Bedagai

Fasilitas di Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps (Tin Pin)

Hal yang tidak boleh terlewatkan dari suatu objek wisata yaitu keberadaan fasilitas yang ada. Untuk fasilitas di Pantai Mutiara ini masih terus dilakukan perbaikan dan juga penambahan. Hal ini dilakukan tentu dengan sebuah tujuan agar para wisatawan dapat terus berwisata dengan nyaman dan juga sebagai bentuk usaha untuk memberikan yang terbaik.

Di antara fasilitas di pantai ini yang tentunya dapat Anda temukan ketika berkunjung ke tempat ini yaitu seperti adanya lahan parkir yang memadai. Meski terlihat sepele, akan tetapi jika tanpa ada lahan parkir sudah dapat dipastikan pengkondisian kendaraan para wisatawan akan sangat berantakan. Dengan dibantu warga setempat maka kendaraan akan ditata rapi di lahan parkir yang telah disediakan.

Fasilitas lain yang dapat Anda temui di kawasan pantai ini yaitu gazebo. Karena tujuan utama liburan adalah untuk bersantai, maka dibangunlah beberapa gazebo di sepanjang pesisir pantai. Di gazebo ini tentu para wisatawan dapat duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai yang tentunya sangat indah.

Fasilitas kali ini juga tidak asing ditemukan di kawasan pantai dan bahkan seperti menjadi hal pokok yang harus ada. Fasilitas ini yaitu toilet atau kamar mandi. Bagi para wisatawan yang berenang maupun sekedar bermain air di pantai ini tentu saja ingin membilas badannya setelah puas bermain-main. Maka tak usah khawatir karena di pantai ini tersedia berbagai toilet yang siap untuk disewakan.

Selanjutnya yaitu adanya tempat atau warung makan. Para wisatawan yang telah puas bermain seharian tentu saja akan merasakan perut yang mulai keroncongan. Akan tetapi rasa khawatir Anda dapat segera ditepis dengan adanya warung atau tempat makan yang tersedia di sekitar pantai ini.

Keberadaan warung atau tempat makan ini dengan menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Bagi para wisatawan yang masih ingin berada di sekitar pantai ataupun ingin berwisata di daerah ini hingga hari esok, maka jangan khawatir. Karena di sekitar pantai ini dapat Anda temukan berbagai penginapan dengan harga yang relatif terjangkau.

Itulah sedikit gambaran ataupun ulasan singkat mengenai Pantai Mutiara yang terletak di Serdang Bedagai. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, jangan kupa untuk memasukkan pantai ini ke daftar liburan Anda. Selamat bersenang-senang!

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending