20 Pantai Pasir Putih Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

20 Pantai Pasir Putih Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia memiliki pantai pasir putih yang menawan tersebar di seluruh pulau. Inilah daftar pantai pasir putih terindah dan eksotis yang menarik untuk Anda jelajahi saat liburan.

Indonesia memiliki aneka ragam wisata alam yang sangat indah dan melimpah. Keindahan wisata alam di Indonesia sangat terkenal hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, banyak turis asing yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata untuk berlibur, honeymoon, ataupun mempelajari keanekaragaman alam di Indonesia.

Indonesia memiliki banyak wisata alam seperti pantai yang menjadi destinasi favorit turis lokal maupun mancanegara. Pantai pasir putih mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Pantai dengan hamparan pasir putih dapat Anda temukan di beberapa daerah. Berikut daftar rekomendasi pantai pasir putih populer di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Savanna, Malang

Pantai Savanna, Malang
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Pantai yang berlokasi di Malang ini memiliki padang savanna yang sangat luas. Pantai ini juga dikelilingi bukit-bukit mungil yang semakin menambah keindahan pantai pasir putih ini. Pantai ini merupakan bagian dari Clungup Mangrove Concervation sehingga Anda akan menjumpai hutan bakau di pantai ini.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini maka Anda juga dapat mengunjungi beberapa pantai terdekat lainnya seperti Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Watu Pecah, dan Pantai Tiga Warna yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Savanna ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur.

2. Pantai Remen, Tuban

Pantai Remen
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pantai ini merupakan pantai yang satu-satunya memiliki pasir putih di Tuban. Pada bagian bibir pantai dihiasi oleh pohon cemara yang membuat pantai ini terlihat semakin asri.

Terdapat kubahan buatan warga yang menjorok dan berisi air. Walaupun buatan kubahan ini terlihat alami jika dilihat sepintas. Anda dapat duduk santai bersama keluarga di area kubahan sambil melihat keindahan Pantai Remen.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur.

3. Pantai Bajul Mati, Malang

Pantai Bajul Mati, Malang
Image Credit: Instagram.com @pantaimalangraya

Pantai ini terletak di Malang Selatan dekat dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina. Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia arti dari nama pantai ini adalah pantai buaya mati. Nama “Bajul Mati” dicetuskan karena melihat bentuk pantai ini yang terlihat seperti buaya yang sedang berbaring dengan tenang di pantai.

Ombak di pantai ini sangat besar sehingga Anda tidak diperbolehkan berenang. Walaupun tidak bisa bermain air dengan puas di pantai, Anda masih bisa menikmati pemandangan yang indah dari Pantai Bajul Mati. Anda dapat mengunjungi muara sungai yang masih berada di area Pantai Bajul Mati apabila ingin bermain air dengan aman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

4. Pantai Prigi, Trenggalek

Pantai Prigi, Trenggalek
Image Credit: Pantainesia.com

Jika Anda berkunjung ke daerah Trenggalek maka sempatkanlah untuk berkunjung ke Pantai Prigi dengan pasir putihnya yang mempesona. Hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit dari pusat Kota Trenggalek untuk dapat mengunjungi tempat ini.

Selain menjadi destinasi wisata, pantai ini juga menjadi Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI). Pantai ini juga dihiasi dengan pohon kelapa yang menghiasi sepanjang pantai. Anda juga dapat bermain wahana air seperti banana boat disini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Kec. Watulimo, Kab.Trenggalek, Jawa Timur.

5. Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini sering dipadati oleh turis lokal maupun mancanegara karena keunikannya. Selain pasir putih yang dimilikinya, pantai ini juga terkenal akan gradasi warna air pantainya yang berwarna biru ke hijau yang akan memanjakan mata Anda.

Selain itu, perjalanan menuju pantai ini tidak akan mengecewakan liburan Anda. Di sepanjang jalan Anda dapat melihat Clungup Mangrove Concervation yang sangat menarik untuk dipandang. Setelah itu Anda harus mendaki bukit untuk dapat mencapai pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

6. Pantai Watukarung, Pacitan

Pantai Watukarung, Pacitan
Image Credit: Facebook.com @pacitan-paradise-of-java

Pantai Watukarung terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok bila bermain selancar.

Anda juga dapat memancing di pantai ini. Anda dapat menyewa perahu nelayan atau hanya menggunakan tebing yang ada di tepi pantai. Lokasinya juga mudah dijangkau dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota untuk dapat mencapai pantai ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo
Image Credit: Twitter.com @assyifaannas

Pantai yang terletak di Situbondo ini memiliki ombak yang sangat tenang. Oleh karena itu, banyak orang yang mengunjungi pantai ini untuk mendapatkan sensasi bermain di pantai yang berbeda. Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan sehingga udara terasa sejuk dan pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Jika beruntung, Anda dapat melihat kera hitam yang berkeliaran di pantai. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari Surabaya untuk dapat mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pandansari, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo, Jawa Timur.

8. Pantai Parbaba, Samosir

Pantai Parbaba, Samosir
Image Credit: Instagram.com @dbsiahaan

Jika Anda sedang berlibur ke Danau Toba maka pastikan untuk mengunjungi Pantai Parbaba karena berada di lokasi yang sama. Selain memiliki pasir putih, pantai ini juga memiliki banyak pohon besar yang dapat Anda gunakan sebagai tempat berteduh sambil duduk santai bersama keluarga.

Pantai ini sangat cocok bila digunakan untuk bermain voli. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat seringkali mengadakan kompetisi voli pantai di Pantai Parbaba. Jika beruntung maka Anda dapat menyaksikan kompetisi voli pantai disana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parbaba Dolok, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Pantai Pasir Putih Karangasem, Bali

Pantai Pasir Putih Karangasem, Bali
Image Credit: Google Maps (I Gusti Ayu Indyastuti)

Bali memang memiliki beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi. Selain Pantai Kuta yang sangat terkenal, Anda juga bisa mampir ke Pantai Pasir Putih Karangasem yang tidak kalah indahnya. Pantai ini tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang di Bali.

Anda juga bisa snorkeling di pantai. Terdapat banyak ikan unik yang hidup di pantai ini. Walaupun Anda tidak bisa berselancar karena ombaknya tidak terlalu besar, Pantai Pasir Putih Karangasem masih dapat memuaskan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

10. Pantai Lhok Mee, Aceh Besar

Pantai Lhok Mee, Aceh Besar
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Lhok Mee terletak di Aceh dan sangat terkenal akan keindahan pasir putihnya. Pantai peninggalan Kerajaan Lamuri ini berjarak 35 km dari pusat Kota Aceh. Keunikan dari pantai ini adalah Anda dapat menyaksikan berbagai macam biota laut tanpa harus menyelam. Hal ini disebabkan oleh beningnya air Pantai Lhok Mee.

Bagi Anda yang gemar memancoing maka Anda bisa merasakan pengalaman memancing yang berbeda di pantai ini. Wisatawan dapat memancing di atas pohon yang berada di permukaan laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Aceh.

11. Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar

Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar
Image Credit: Twitter.com @rizhal046

Pantai ini berada di Blitar, Jawa Timur. Gordo Mayit memiliki arti “Bau Mayat”. Walaupun terdengar menakutkan, pantai ini indah dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga disaat liburan.

Pantai ini juga tidak begitu ramai pengunjung sehingga Anda dapat menikmati kesunyian pantai di tempat ini. Ditemani dengan lembutnya pasir putih akan membuat liburan Anda menjadi menyenangkan di Pantai Pasetran Gondo Mayit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur.

12. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar, Pacitan
Image Credit: Instagram.com @aditjangkung

Kabupaten Pacitan juga memiliki pantai pasir putih yang indah yaitu Pantai Klayar. Pantai ini cukup terkenal akan pasir putih dengan ombaknya yang besar.

Tiket masuk ke pantai ini juga murah sehingga sangat cocok bila Anda memiliki dana liburan yang sedikit. Walaupun Anda tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya yang besar, Anda masih bisa melihat berbagai wahana menarik seperti atraksi air mancur, ATV, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

13. Pantai Anyer, Serang

Pantai Anyer
Image Credit: Ksmtour.com

Berada di ujung barat Pulau Jawa menjadikan Pantai Anyer sebagai tempat yang cocok untuk melihat sunset. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta tidak perlu jauh-jauh bila ingin ke pantai karena jarak Pantai Anyer dengan Jakarta cukup dekat.

Ombak di pantai ini sangat bersahabat sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya. Hampir setiap hari pantai ini selalu dipenuhi oleh turis lokal maupun mancanegara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Anyer, Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten.

14. Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang

Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang
Image Credit: Facebook.com @pesonapandeglang

Pantai ini terletak di Banten dan memiliki pasir putih yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya. Bagi Anda yang berada di Jakarta cukup melewati tol Tangerang-Merak untuk dapat berlibur di pantai ini.

Banyak pengunjung yang berpendapat bahwa liburan di Pantai Tanjung Lesung seperti berlibur di pantai Bali. Anda juga dapat menyelam bila ingin menikmati keindahan bawah laut pantai ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten.

15. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah
Image Credit: Pegipegi.com

Jika Anda adalah warga Banyuwangi pasti familiar dengan Pantai Pulau Merah. Pantai ini memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Pantai ini juga sangat cocok bagi Anda yang baru belajar bermain selancar karena tidak memiliki banyak batu karang.

Lokasi pantai ini juga berdekatan dengan Desa Nelayan. Anda dapat menginap atau sekedar mengunjungi tempat ini untuk melihat kehidupan para nelayan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

16. Pantai Gatra, Malang

Pantai Gatra, Malang
Image Credit: Twitter.com @starindotravel

Pantai ini berada di Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Anda dapat melihat pemandangan yang elok dan ikonik di kawasan pantai ini.

Hamparan pasir putih yang indah ditemani udara yang sangat sejuk sangat cocok untuk menemani liburan Anda. Selain itu, air dari pantai ini juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat beberapa biota laut yang ada.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sitiharjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

17. Pantai Mbehi, Malang

Pantai Mbehi, Malang
Image Credit: Twitter.com @uklamuklam

Pantai ini memiliki nama yang unik dan menarik sehingga membuat banyak orang penasaran. Pantai ini juga dihiasi pasir putih dengan beberapa pepohonan yang rindang. Anda juga dapat mengunjungi kawah yang unik di pantai ini.

Pantai ini kurang begitu terekspos sehingga tidak mudah untuk mencarinya. Anda dapat bertanya pada warga sekitar Desa Bandungrejo untuk mencari lokasi pantai ini.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

18. Pantai Kondang Merak, Malang

Pantai Kondang Merak, Malang
Image Credit: Facebook.com @malangmboiscom

Pantai ini memiliki nama yang unik. Asal usul dari nama Kondang Merak berasal dari salah satu masyarakat setempat yang melihat merak minum air dari pantai ini.

Ombak yang tidak terlalu tinggi dan hamparan pasir putih yang luas semakin memperindah pantai ini. Anda juga dapat melihat ganggang laut dan koral di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

19. Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Pantai Batu Hiu, Pangandaran
Image Credit: Twitter.com @beautiful_pnd

Nama “Batu Hiu” berasal dari batu yang berbentuk sirip hiu yang ada di pantai ini. Pantai ini memiliki beberapa spot foto yang bagus bagi Anda yang gemar fotografi.

Anginnya yang sejuk dan pasir putih yang lembut dapat Anda rasakan bila berlibur di pantai ini. Terdapat beberapa warung sekitar yang menyajikan makanan laut yang sedap.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

20. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Facebook.com @travelokaid

Pantai cantik ini berada di Sukabumi. Pantai dengan pasir putih ini memiliki aneka ragam biota laut yang menarik untuk Anda eksplor.

Anda juga dapat menemukan beberapa peninggalan Belanda di pantai ini. Suasana nyaman akan dapat Anda rasakan bila berlibur di Pantai Ujung Genteng.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Itulah deretan pantai pasir putih terindah di Indonesia yang bisa menjadi destinasi pilihan Anda untuk berlibur. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati bila bermain air di pantai dan tetap jaga kelestarian lingkungannya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending