Pantai Tanjung Setia Lampung, Pantai Cantik & Ombaknya Incaran Peselancar

Pantai Tanjung Setia Lampung, Pantai Cantik & Ombaknya Incaran Peselancar

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Tanjung Setia salah satu wisata pantai yang indah di Lampung Barat. Pantai ini populer karena ombaknya yang cocok untuk kegiatan surfing dan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Setia, Kec. Pesisir Barat, Kab. Lampung Barat, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Setia yang cantik pasti akan di sukai oleh para peselancar ini berada di daerah Lampung, Pulau Sumatera. Mungkin menurut Anda hanya pulau Bali yang memiliki banyak pesona pantai yang mengagumkan.

Tanjung Setia ini berada di jalur arus Samudra Hindia yang menjadi ombak di pantai ini stabil dan cocok untuk berselancar. Pantai ini sudah banyak di kenal oleh para peselancar yang memburu ombak di tiap penjuru dunia. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona tiap pasang mata yang melihatnya.

Pantai meski sudah banyak peselancar yang mengetahui tentang pantai ini tetapi pantai ini masih tergolong sebagai pantai tersembunyi atau hidden gems. Karena jaraknya yang jauh dari pusat kota dan jarang orang yang mengetahui tentang pantai yang memiliki sejuta keindahan ini. Sehingga pantai ini masih memiliki suasana asri dan sepi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Setia

Daya Tarik Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Twitter.com @senojiwantara

1. Ombak yang Cocok untuk Selancar

Ombak yang dimiliki pantai sangat cocok untuk para peselancar mencari ombak yang menantang untuk di taklukan. Untuk hal ini pasti peselancar sudah tau tentang cantik ombak di pantai ini dan mendambakan untuk ke Pantai Tanjung Setia agar bisa merasakan ombaknya.

Pantai ini memiliki ombak yang tak kalah menawan di mata peselancar dengan ombak yang ada di Bali. Hanya saja masih sedikit peselancar yang datang kesini meski sudah mengetahui tentang indahnya panorama dan keunikan ombak di pantai ini.

2. Pemandangan Sunset

Seperti pantai pada umumnya Tanjung Setia memiliki spot untuk melihat sunset. Pantai ini memiliki spot untuk melihat sunset yang tak bisa Anda lewatkan, keindahan sunset di sore. Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise saat di pagi. Kedua hal yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke pantai ini.

3. Hidden Gems

Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan hanya sedikit di datangi oleh pengunjung dan para peselancar yang ingin menaklukkan ombak. Karena hal itu pantai ini masih memiliki suasana yang asri, tenang dan bersih. Bagi Anda yang mencari ketenangan dari semua aktivitas Anda sehari-hari atau dari hiruk pikuk perkotaan.

Anda dapat menenangkan pikiran di pantai ini sembari menikmati panorama alam atau menyusuri tepian pantai. Pantai dengan keindahan alam yang masih terjaga seperti ini jarang di temui, sebenarnya pantai ini memiliki potensi untuk semakin dikenal masyarakat. Untuk Anda yang mencari objek wisata untuk menenangkan diri dan refreshing maka pantai ini wajib masuk wishlist dan Anda kunjungi.

Pantai yang berada di Lampung ini tak kalah pesona sebenarnya dengan pantai yang berada di Bali. Hal ini terjadi karena masih kurang dalam upaya memperkenalkan atau promosi tentang pantai ini kepada masyarakat luas.

Daya Tarik Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps (Pius D S)

4. Panorama Alam yang Indah

Panorama yang dimiliki Pantai Tanjung Setia ini sangat cantik mulai dari ombaknya yang menjadi incaran banyak peselancar. Keindahan pantai itu sendiri dengan pasir putih dan jernihnya air laut juga akan membuat Anda ingin berlama-lama di pantai ini.

5. Cocok untuk Memancing

Karena memiliki jalur arus Samudra Hindia maka pantai ini cocok untuk Anda yang hobi memancing. Para warga sekitar pun biasanya juga memancing di sekitar pantai, ikan blue marlin adalah salah satu ikan yang biasa di dapat oleh pemancing. Penduduk sekitar biasa menyebutnya ikan dengan ikan Iwa Tuhuk.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Setia

Alamat Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Instagram.com @dhenita_traveller

Pantai cantik ini terdapat di dekat Taman Bukit Barisan Selatan. Lebih tepatnya di desa Tanjung Setia kecamatan Pesisir Barat, kabupaten Lampung Barat. Pantai ini berjarak sekitar 273 km dari pusat kota Bandar Lampung dan menghabiskan waktu 6-7 jam waktu perjalanan.

Jika Anda datang dari Bandar Radin Inten II, langsung saja ke Terminal Rajabasa di Bandar Lampung pilih bus Krui Putra dengan tujuan Pantai Tanjung Setia. Anda akan melewati Jalan Raya Trans Sumatera dalam perjalanan Anda akan di suguhkan banyak pemandangan alam yang menarik.

Untuk biaya ke tempat ini Anda akan di kenakan Rp 8.000, namun biaya ini dapat sewaktu-waktu berubah. Jadi siapkan uang lebih saat berkunjung ke pantai cantik di Lampung ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Setia

Aktivitas di Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps (Dedi Jubaedi)

1. Pantai Idaman para Peselancar

Dengan letaknya yang berada di dekat Samudra Hindia sehingga pantai ini tipe ombak yang menjadi incaran para peselancar. Pada waktu tertentu ketinggian ombak bisa mencapai 7-10 meter dengan panjang mencapai 200 meter.

Hal ini membuat banyak orang mengatakan bahwa pantai ini memiliki ombak pantai terbaik di Lampung bahkan ada yang mengatakan bahwa ini merupakan ombak terbaik di dunia. Karena keunikannya itu pada tahun 2021 pantai ini digunakan sebagai tempat kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro 2021.

Ada bagian-bagian tempat selancar dan memiliki ketinggian yang berbeda, berikut beberapa bagian tempat untuk berselancar:

  • Ujung Bocor atau Karang Nimbor

Ombak yang ada di tempat ini mirip dengan yang ada di Uluwatu, Bali yang memiliki ombak tinggi dan panjang.

  • Way Jambu

Peselancar biasa menyebutnya dengan Pipeline sedangkan nelayan lokal biasa menyebutnya Setan Sejati. Bagian ini memiliki ombak yang ganas dan menjadi tempat favorit para peselancar.

  • Jimmu

Bagian ini memiliki ombak yang sangat indah, menyenangkan jika berselancar di bagian ini karena Anda juga bisa menikmati kecantikan Pantai Tanjung Setia.

2. Snorkeling

Untuk yang memiliki hobi snorkeling di pantai ini Anda juga menghabiskan waktu dengan menjalani hobi yang sukai ini. Pantai ini memiliki keindahan dasar laut yang dapat Anda telusuri dan kagumi.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Menikmati indah dan suasana saat tenggelamnya sang surya di saat senja dapat menjadi pilihan aktivitas Anda, sembari bersantai di tepi pantai. Anda juga bisa mengabadikan momen ini sebagai kenang-kenangan yang akan membuat Anda kembali ke pantai ini.

4. Voli Pantai Bersama Teman

Bermain voli pantai di sekitar pantai juga bisa menjadi pilihan aktivitas Anda untuk menghabiskan waktu. Bercengkrama dengan teman, saudara dan keluarga sembari bermain bersama akan memberikan kenangan yang indah dan akan mengingatkan Anda dengan pantai ini.

Aktivitas Tanjung Setia
Image Credit: Instagram.com @envdnti_

5. Belajar Surfing

Bagi Anda yang ingin belajar selancar Anda dapat mencoba dan belajar di pantai ini, tentunya Anda harus menyewa guide untuk mengajari. Ombak di pantai ini juga cocok untuk Anda yang belajar selancar hal ini akan memberikan pengalaman baru bagi Anda.

6. Bersantai di Tepi Pantai

Suasana pantai yang masih jarang di kunjungi oleh wisatawan ini sesuai dengan Anda yang menginginkan berlibur ke pantai tapi tidak ingin banyak bertemu orang. Atau Anda yang menginginkan suasana pantai yang tenang tanpa ada hiruk pikuk orang Pantai Tanjung Setia cocok sekali.

Untuk melepas penat Anda bisa bersantai di tepian pantai sembari mencicipi makanan daerah atau dengan menikmati indahnya karya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

7. Memancing

Di pantai ini memiliki kehidupan bawah laut yang menjadi rumah bagi banyak ikan, cocok bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Karena Anda dapat melakukan kegiatan tersebut di sini masyarakat sekitar pun juga banyak yang memancing jadi Anda dapat bercengkrama dan membangun kehangatan suasana.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Tanjung Setia

Penginapan Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Lovina Krui Surf

Hotel ini berada di Pesisir Selatan pantai ini memiliki akses dekat dengan fasilitas publik. Hotel ini menawarkan banyak fasilitas dengan harga terjangkau. Fasilitas yang Anda dapat seperti antar jemput bandara, transportasi area hotel, kolam renang, sewa mobil laundry dan lain halnya.

2. BeOcean Krui

Vila ini menawarkan banyak fasilitas yang nantinya bisa Anda terima jika menginap di sini. Fasilitas yang Anda dapat seperti restoran dengan makanan yang lezat, wifi di area umum, ac, kolam renang. Vila ini juga memiliki jarak yang dekat dengan Pantai Walur dan Bukit Selalau.

3. Sunset Beach Losmen

Untuk Anda yang seorang backpaker hotel ini akan cocok, karena di hotel ini mengutamakan kenyamanan Anda dan akan memberikan banyak fasilitas. Di hotel ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap bahkan fasilitas selancar tersedia di sini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Tanjung Setia

Fasilitas Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps (Egi Ramdhani)

Fasilitas yang ada di pantai ini tergolong cukup memadai, seperti penginapan, penyewaan papan selancar, toilet dan masih banyak fasilitas lainnya. Namun, beberapa pengunjung masih menyesalkan tentang akses menuju pantai. Akses yang harus lebih diperbaiki, agar tiap pengunjung yang datang tidak membutuhkan waktu lama dalam perjalanan.

Banyak surga wisata tersembunyi di Indonesia yang menyimpan berjuta keindahan alam yang akan membuat kita takjub, salah satunya Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat. Mari kita jelajahi banyak tempat di negri ini untuk menemukan dan menjaga tempat dengan keindahan seperti ini. Agar dapat dilihat dan di rasakan oleh orang lain atau mungkin anak cucu kita nantinya di masa depan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending