Pantai Tikus Emas Bangka, Pantai Unik yang Indah Dihiasi Cemara

Pantai Tikus Emas Bangka

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Tikus Emas salah satu destinasi pantai favorit di Sungai Liat, Bangka. Pantai cantik ini memiliha hamparan pasir yang lembut, ikon patung tikus berwarna emas dan deretan pohon cemara rindang.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai Tikus Emas merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada di Pulau Bangka. Mempersembahkan pemandangan pantai yang cantik dan indah, membuat wisata satu ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, utamanya pada saat musim liburan di akhir pekan atau bahkan saat perayaan tahun baru.

Perairan pantai ini berwarna biru segar. Tidak hanya itu, pasir pantai yang berwarna putih bersih dan menyelimuti hampir seluruh area pantai seakan menjadi daya tarik Tikus Emas yang khas. Pemandangan semacam ini pasti akan menjadi perpaduan yang cantik dan menakjubkan jika dilihat dari ketinggian.

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan pantai di waktu kapan saja. Namun, untuk menghindari paparan sinar matahari yang begitu terik, akan lebih baik menikmatinya di sore hari sambil menunggu matahari terbenam. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang ada, seperti flying fox dan lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tikus Emas

Daya Tarik Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Supri Yatno)

Berlibur ke Pulau Bangka, tanpa mengujungi wisata Pantai Tikus Emas, tentu terasa kurang lengkap. Wisata satu ini banyak menjadi pilihan destinasi wisata keluarga menjelang musim liburan tiba. Untuk itu, pantai satu ini akan sangat cocok dijadikan sebagai waiting list destinasi liburan keluarga Anda.

1. Patung Tikus Emas

Salah satu daya tarik adalah terdapat patung tikus berwarna emas yang memang dibangun dengan sengaja. Banyak pengujung yang menjadikannya sebagai spot foto karena dianggap cukup unik dan langka. Banyak cerita dibalik pemberian nama Tikus Emas pada pantai di Pulau Bangka ini.

Sebagian sumber mengatakan bahwa pemberian nama ini diakibatkan oleh banyaknya penambang timah atau pun emas ilegal yang mendistribusikan hasil tambang mereka tanpa ijin. Cerita lain menyebut, pemberian nama ini karena dulunya area ini dihuni oleh banyak tikus, bahkan jika dilihat dari jauh, bentuk pantai ini hampir menyerupai tikus.

2. Pantai yang Mudah Dijangkau

Lokasi pantai berada di Pulau Bangka, tepatnya masuk wilayah Sungailiat. Dari Bandara Sepatu Amir, wilayah ini berjarak hampir 47 kilometer jauhnya. Saat Anda mengunjungi wisata pantai Bangka ini, Anda akan melihat betapa indahnya Kabupaten Sungailiat. Dilihat dari area pantai, kabupaten ini akan terlihat sangat indah di malah hari.

Akses jalan yang sudah dalam kondisi sangat baik, menjadikan pengunjung berlomba-lomba untuk bisa mengunjungi pantai ini. Jalanan dengan aspal halus seperti ini, membuat Tikus Emas sangat mudah dijangkau. Maka jangan heran jika pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, utamanya saat liburan.

Daya Tarik Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Gshunliu)

3. Pohon Pinus yang Rindang

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya perairan pantai ini di siang hari, tapi takut panas, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda tetap bisa menikmatinya tanpa merasa kepanasan. Terdapat satu area di sekitaran pantai yang banyak ditumbuhi pohon pinus. Area ini akan sangat sejuk menjelang siang hari.

Anda bisa menikmati indahnya pantai ini sambil berteduh di bawah hamparan pohon pinus yang tinggi. Tentu ini akan sangat mengasyikkan karena Anda tidak akan lagi merasa kepanasan akibat matahari yang sudah ada di atas kepala. Sembari berteduh, Anda bisa mengambil beberapa foto dengan background hamparan pohon pinus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tikus Emas

Alamat Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Supri Yatno)

Pantai Tikus Emas menjadi satu dari banyak destinasi wisata air yang berlokasi di Pulau Bangka. Lokasi tepatnya sendiri berada di Parit Padang, Kabupaten Sungailiat, dan masuk di Kepualuan Bangka. Lokasi tersebut hampir berdekatan atau mungkin bersebelahan dengan pantai Bangka lainnya, yakni Pantai Tanjung Pesona.

Bagi Anda yang ingin berlibur atau sekadar berkunjung ke pantai satu ini, tersedia berbagai rute yang bisa Anda lewati. Namun, ada rute umum yang biasanya dilewati pengunjung yang berwisata dan berkunjung ke pantai ini, yaitu rute dan keberangkatan dari Kota Pangkal Pinang.

Sesampainya Anda di Kota Pangkal Pinang, Anda diharuskan menuju arah Jalan Lingkar Timur. Dari Pangkal Pinang menuju Lingkar Timur, diperkirakan memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Waktu ini bisa saja berubah jika terjadi kepadatan kendaraan di sepanjang jalan menuju lokasi pantai.

Nantinya Anda akan sampai di Pantai Tanjung Pesona terlebih dahulu setelah menempuh perjalanan tersebut. Dari Tanjung Pesona, Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit untuk bisa sampai di area pintu masuk pantai ini. Waktu tempuh ini sudah termasuk singkat karena jalanan sudah beraspal halus dengan kondisi yang sangat baik.

Harga Tiket Masuk Wisata Tikus Emas

Harga Tiket Wisata Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Muhammad Iddad)

Tidak jauh berbeda dengan wisata-wisata pantai pada umumnya, Pantai Tikus Emas juga memberlakukan biaya masuk atau tiket masuk pada setiap pengunjung. Biaya tersebut tentu akan digunakan sebagai peningkatan berbagai fasilitas yang ada sehingga dapat terus menarik minat pengunjung yang datang ke kawasan pantai.

Anda tidak perlu takut biaya masuk yang dikenakan mahal dan sulit dijangkau. Pengelola pantai menarik biaya sebesar Rp 5.000,00 untuk satu orang wisatawan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tentu Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tikus Emas

Aktivitas di Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Annisa Azizah)

1. Berkunjung ke Vihara Puri Agung

Saat berlibur ke pantai ini, mengujungi Vihara Puri Agung menjadi kegiatan yang tidak bisa dilewatkan. Bangunan vihara yang bagus dan cantik membuatnya banyak diburu dan dijadikan sebagai spot foto. Menariknya saat akan memasuki area vihara, Anda tidak akan ditarik biaya masuk alias gratis.

2. Menunggang Kuda

Sambil menikmati pemandangan alam bahari, Anda bisa menikmatinya dengan menaiki kuda. Terdapat tempat persewaan kuda yang bisa Anda coba bersama dengan keluarga. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000,00 per kuda, Anda bisa berkeliling dan bersantai di kawasan pantai dengan menaiki kuda.

3. Memancing di Spot Terbaik

Terdapat beberapa spot memancing yang memang sengaja disediakan pengelola pantai. Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, tentu Anda juga bisa melakukannya di sini. Berbagai jenis ikan air asin tentu akan Anda jumpai dengan mudah di Tikus Emas. Hasil pancingan nantinya bisa Anda bawa pulang atau langsung disantap setelah matang.

Aktivitas Pantai Tikus Emas
Image Credit: Facebook.com @challbomber19

4. Bermain ATV

Kegiatan selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah bermain ATV. Permainan ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan. Anda bisa melakukannya bersama teman dan kerabat. Tidak ada harga pasti yang disebutkan mengenai harga sewa ATV. Namun, perkiraan harga sewa ATV ini mencapai sekian puluh ribu rupiah.

5. Menaiki Jet Ski

Selain bermain ATV, pengelola wisata pantai juga menyediakan persewaan Jet Ski. Dengan menarik harga sekitar Rp 200,000,00 per 15 menit, Anda akan merasakan sensasi ombak pantai satu ini. Ini akan menjadi kegiatan seru yang tidak akan mudah terlupakan. Jangan lupa mengambil foto selfie saat bermain Jet Ski.

6. Berjemur dan Bermain Air

Walaupun sedang berlibur, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan badan. Untuk itu jangan lupa untuk berjemur saat berlibur ke wisata pantai. Bermain air di bibit pantai satu ini, juga akan menjadi kegiatan yang sangat seru dan mengasyikkan. Agar kulit tidak terbakar, jangan lupa pakai sunscreen dan sunblock selama berlibur di pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Hotelcontact.net

1. Airy Premier Laut Kampung Pasir Bangka

Penginapan rekomendasi yang berada di sekitar Pantai Tikus Emas ini sangat cocok dijadikan tempat menginap keluarga. Hal ini disebabkan oleh disediakannya fasilitas private booking khusus. Ini akan menambah keseruan liburan keluarga Anda.

2. Tanjung Pesona Beach Resort and Spa

Menyediakan kamar yang bersih dengan view pemandangan pantai yang indah, membuat Tanjung Pesona Beach Resort menjadi salah satu penginapan di sekitar pantai yang mendapat rating tinggi. Memberi pelayanan yang ramah, membuat penginap nyaman.

3. Rumah Charsy Homestay

Fasilitas yang paling menarik di Rumah Charsy Homestay adalah terdapat fasilitas dapur di dalam kamar. Selain itu, penginapan satu ini menyediakan kamar yang ber-AC. Charsy Homestay sangat cocok bagi anak-anak karena adanya fasilitas permainan anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tikus Emas Bangka

Fasilitas di Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Kabar Tryfand Info Terkini)

Karena semakin banyaknya pengujung yang datang ke Pantai Tikus Emas, pengelola pantai semakin memperbanyak fasilitas yang ada. Fasilitas tersebut, anyar lain lahan parkir yang cukup luas, kamar mandi yang bersih dan nyaman. Selain itu, juga terdapat tempat ibadah yang disediakan sedemikian rupa.

Tidak hanya itu, pengelola pantai juga menyediakan kursi pantai yang terjejer dengan rapi di area pinggir pantai. Fasilitas ini pasti akan banyak memberi manfaat bagi tiap pengunjung yang datang ke pantai ini. Sehingga pengelola berharap pantai ini semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Itu tadi beberapa informasi mengenai Pantai Tikus Emas yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mengunjungi wisata pantai ini. Pantai satu ini akan sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata liburan keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment selama menghabiskan waktu liburan ke pantai populer di Bangka.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending