Pantai Tongaci Bangka, Spot Favorit Menikmati Keindahan Laut Sembari Kulineran

Pantai Tongaci Bangka, Spot Favorit Menikmati Keindahan Laut Sembari Kulineran
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Masyarakat dari Bangka dan luar daerah sering menjadikan Pantai Tongaci sebagai tujuan wisata keluarga. Kawasan wisata yang menyuguhkan panorama pantai berpasir putih ini memang ramah untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Semunya dapat bersantai dan bersenang-senang di pantai ini.

Wisatawan tidak akan bosan saat mengunjungi tempat wisata ini, apalagi dengan berbagai kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tempat wisata ini juga menyediakan keseruan yang bisa dilakukan pengunjung seperti naik banana boat, jetski, dan lain sebagainya.

Wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata sejarah menjadi paket komplit yang ditawarkan saat berkunjung ke Pantai Tongaci. Fasilitas yang memadai juga sudah disiapkan demi kenyamanan para pengunjung pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tongaci

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Miranni Kosim)

1. Keindahan Pantai Berpasir Putih

Pantai dengan pasir putih yang halus dapat dijumpai di Pantai Tongaci yang merupakan objek wisata favorit masyarakat Bangka dan sekitarnya. Panorama alam dengan hamparan pasir pantai yang terbentang luas dan birunya air laut menjadi suguhan untuk para wisatawan yang datang berkunjung.

Suasana cukup tenang dengan semilir angin dari pepohonan-pepohonan di sepanjang pantai. Pengunjung mungkin bisa melihat beberapa kapal tambang yang hilir mudik di sekitar kawasan wisata ini.

2. Pantai yang Dihiasi Batuan Granit

Kebanyakan pantai yang ada di Pulau Bangka Belitung terkenal dengan batuan-batuan besar yang menghiasi bibir pantai. Keindahan tersebut dapat dijumpai di kawasan wisata Tongaci ini. Batuan-batuan granit dengan ukuran besar berjejer di beberapa sisi pantai.

Memberikan pemandangan yang lebih bagus dan dramatis. Pengunjung pun bisa bermain-main di atas bebatuan tersebut atau dijadikan latar foto liburan.

3. Penangkaran Penyu

Selain landscape Pantai Tongaci yang eksotis, wisatawan juga dapat melihat langsung penangkaran penyu laut. Dikelola sebagai kawasan marina untuk penangkaran satwa langka yaitu penyu belimbing dan penyu hijau.

Telur-telur penyu yang diselamatkan dari beberapa pantai dibawa ke pantai ini untuk ditetaskan. Wisatawan dapat melihat-lihat ratusan penyu yang dipelihara di penangkaran.

Daya Tarik Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Marlita Putri Ekasari)

4. Wisata Museum Garuda

Kawasan wisata ini terkenal tidak hanya dengan pantai berpasir putihnya saja, tetapi juga wisata museum galerinya. Setelah puas bermain di laut, pengunjung bisa menyambangi sebuah museum galeri yang memiliki banyak koleksi menakjubkan.

Museum Garuda memamerkan benda-benda kuno seperti porselen yang merupakan peninggalan Suku Hakka. Kedatangan suku tersebut ke wilayah Bangka Belitung dapat dipelajari di museum ini.

Selain untuk pameran edukasi sejarah, ada juga perpustakaan di dalamnya. Berbagai buku dari tahun lama hingga terbaru tersimpan rapi di perpustakaan. Wisatawan yang sudah puas bermain di pantai, bisa membaca buku sambil beristirahat.

5. Wisata Kuliner De Locomotief

Satu lagi yang terkenal dari wisata Pantai Tongaci yaitu De Locomotif. Tempat tongkrongan favorit khususnya untuk wisatawan yang datang ke Tongaci. Payung-payung lucu bergantungan di atas jalan yang membuat suasananya semakin menarik.

Selain tempat yang kece untuk foto-foto, De Locomotief merupakan tujuan wisata kuliner yang menjadi daya tarik kawasan wisata pantai ini. Restoran dengan tempat yang nyaman dan bisa menjadi spot foto yang menarik. Pengunjung dapat mencoba olahan seafood yang terkenal di tempat ini.

6. Festival

Kawasan pantai ini digunakan untuk penyelenggaraan festival seperti Bangka Cultural Wave. Wisatawan yang beruntung datang saat diselenggarakannya event tahunan tersebut dapat melihat berbagai pertunjukan budaya yang ditampilkan dengan gaya modern.

Acara yang diselenggarakan satu tahun sekali di kawasan wisata Tongaci ini biasanya berlangsung selama dua pekan. Wisatawan dapat ikut serta seperti bersama-sama melepas penyu ke laut, menonton parade lampion, hingga mengunjungi bazar dan pameran seni.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tongaci

Alamat Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Bentarz Ryanda)

Keberadaan pantai berpasir putih yang indah ini tidak jauh dari pusat kota Sungailiat. Jaraknya dari pusat kota ke Pantai Tongaci hanya sekitar 12 menit perjalanan. Akses menuju kawasan pantai akan lebih mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil.

Bagi wisatawan yang datang dari arah Kota Pangkalpinang bisa menggunakan rute menuju Sungailiat. Ambil arah Jalan Laut dan ikuti papan petunjuk ke wisata Tongaci.

Terkenal sebagai salah satu wisata populer di Bangka, pantai ini juga menjadi wisata murah meriah favorit masyarakat sekitar. Tiket masuk untuk para wisatawan hanya sekitar Rp 10.000.

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin masuk ke kawasan penangkaran penyu, dikenai tiket masuk Rp 5.000,- per orang. Wisatawan sudah bisa melihat langsung dan belajar tentang penyu laut di tempat penangkaran.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tongaci

Aktivitas di Pantai Tongaci
Image Credit: Instagram.com @muthianabilah

1. Melihat Penyu Hijau dan Penyu Belimbing

Penyu hijau merupakan salah satu jenis penyu laut langka. Satwa laut tersebut seringkali terancam, bahkan saat masih menjadi telur. Penangkaran di kawasan wisata Tongaci pun dibangun untuk ikut menyelamatkan hewan lucu tersebut.

Selain jenis penyu hijau, penangkaran di pantai ini juga berkontribusi dalam melestarikan penyu belimbing yang termasuk satwa dilindungi. Terdapat ratusan penyu yang dirawat di tempat penangkaran yang bisa dilihat oleh wisatawan.

2. Mengunjungi Museum dan Perpustakaan

Tidak hanya menawarkan keindahan Pantai Tongaci dengan bentangan pasir putihnya. Kawasan wisata ini juga menyediakan wisata menarik yaitu museum dan perpustakaan. Jadi selain bermain-main di pantai, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan yang dapat memberikan edukasi dan wawasan di museum ini.

Para pengunjung dapat melihat berbagai karya seni menakjubkan yang menjadi koleksi dari museum Garuda. Selain itu, Anda juga bisa melihat dan belajar sejarah mengenai Suku Hakka yang pernah mendatangi pulau ini. Berbagai kerajinan keramik dan benda-benda kuno tersimpan rapi di museum.

3. Mencoba Olahraga Air

Menjajal keseruan naik banana boat dengan teman-teman dapat menjadi kegiatan seru selama berwisata di pantai ini. Perahu berbentuk pisang ini akan membawa 8 orang berkeliling di laut sekitar pantai. Anda bisa seru-seruan sambil menikmati pemandangan laut biru dengan lebih puas.

Selain speed boat dan banana boat, olahraga air yang menarik untuk dilakukan di tempat ini adalah jetski. Wisatawan bisa menyewa jetski untuk mengitari laut dengan lebih cepat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Aktivitas Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Pinto purnomo putro)

4. Menikmati Suasana Pantai yang Tenang

Suasana di Pantai Tongaci ini relatif tenang sehingga pengunjung dapat lebih nyaman untuk bersantai di atas pasir putih. Menenangkan diri dan pikiran dengan ditemani pemandangan laut yang menyegarkan.

Wisatawan yang datang secara rombongan juga bisa menggelar tikar atau alas duduk sendiri di atas pasir pantai. Selain untuk duduk-duduk, Anda bisa menikmati bekal bersama yang sudah dibawa dari rumah.

5. Menjajal Aneka Kuliner Seafood yang Lezat

Satu lagi aktivitas yang tidak boleh terlewat saat berwisata ke pantai ini adalah mencoba kulinernya. Restoran seafood terkenal di Bangka ada di De Locomotief Bangka. Pengunjung bisa mencoba berbagai menu makanan lezat dan aneka minuman dingin atau panas.

Tempat makan yang disediakan sangat nyaman dan bahkan instragramable. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika wisatawan tidak hanya makan dan minum di kawasan ini tetapi juga berfoto-foto. Sepanjang jalan setapaknya ditata rapi dan bagus dengan payung-payung mungil yang bergantungan.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan di Pantai Tongaci
Image Credit: Booking.com

1. Puri Ansell

Sekitar 15 menit dari Pantai Tongaci terdapat penginapan yang nyaman yaitu Puri Ansell. Tamu yang bermalam di tempat ini dapat melihat pemandangan pantai langsung dari kamar. Tempat penginapan yang memiliki desain kayu ini lokasinya dekat dengan tempat penangkaran penyu.

2. Novilla Boutique Resort

Penginapan nyaman dan fasilitas lengkap di sekitar Tongaci salah satunya adalah Novilla Boutique Resort. Tempat penginapan dengan fasilitas kolam renang dan taman bermain anak. Cocok untuk Anda yang berlibur ke kawasan wisata Tongaci bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

3. Parai Beach Hotel dan Resort

Lokasi penginapan ini berada tepat di pinggir pantai dengan menghadap pemandangan laut biru. Kolam renang yang cukup besar menjadi salah satu fasilitas yang disediakan di resort ini. Memberikan tempat bermalam yang nyaman dengan suasana tenang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tongaci Bangka

Fasilitas Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Iday Hirata)

Fasilitas pendukung di Pantai Tongaci tergolong sudah cukup lengkap. Kamar mandi dan mushola nyaman sudah disediakan oleh pengelola. Tempat parkir di kawasan wisata ini juga cukup luas untuk menampung semua kendaraan pengunjung.

Cafe dan restoran juga menjadi beberapa fasilitas penunjang yang sudah disediakan. Selain untuk tempat istirahat, makan, dan minum, fasilitas ini juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik untuk pengunjung.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai cantik ini, sudah tersedia beberapa fasilitas penginapan seperti homestay. Kamar yang nyaman dengan harga sewa yang cukup terjangkau untuk pengunjung pantai.

Itulah informasi penting dan menarik dari Pantai Tongaci yang menjadi salah satu kawasan wisata populer di Bangka. Bagi Anda yang sedang berada di kabupaten ini, bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung dan menikmati pesona alam pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending