Pesona Pantai Namosain, Surganya Para Pemancing di Kupang

Pesona Pantai Namosain, Surganya Para Pemancing di Kupang
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pahlawan, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Namosain menghadirkan nuansa air laut berwarna kebiruan sehingga tampak menenangkan ketika dipandang mata. Dilengkapi pula dengan arus air yang memutih saat ombak bergulung. Kedua perpaduan ini menghasilkan daya pikat terbaik bagi siapa saja, khususnya para pecinta pantai.

Sebagai salah satu pantai yang terletak di Kota Kupang, keberadaan objek wisata cantik ini ramai diburu pengunjung. Orang datang dan pergi setiap hari untuk bersenang-senang sekaligus mengabadikan momen dalam lanskap estetis. Anda pun dapat bergabung di sana dan menghabiskan sisa hari dengan cara yang menyenangkan.

Menariknya lagi, pihak pengelola Pantai Namosain menyiapkan deretan kursi sebagai sarana untuk beristirahat atau sekadar bersantai. Dengan begitu, Anda tidak perlu menahan lelah serta kebingungan mencari tempat beristirahat selama bermain di sini. Ditemani suara gemericik dari daun kelapa, semua wisatawan dapat menikmati waktu hingga merasa puas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Namosain

Daya Tarik Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps Palti Laitera

1. Spot Pancing

Pantai Namosain menawarkan area pemancingan umum untuk membuat pengunjung semakin betah. Pasalnya, bagi sebagian orang memancing adalah kegiatan yang patut dicoba saat datang ke laut. Itulah mengapa objek wisata eksotis ini menjadikan momen memancing ikan sebagai salah satu daya tariknya.

Lagi pula, memancing juga mengajarkan sikap sabar kepada pelakunya di mana tidak jarang harus menunggu beberapa jam sampai bisa mendapatkan ikan. Namun, di sini Anda tidak perlu khawatir sebab memang biota laut banyak ditemukan di kawasan pantai. Hal paling utama yang dibutuhkan adalah pengetahuan seputar cara memancing dengan tepat.

Rasanya akan percuma jika pihak pengelola pantai telah menyediakan spot khusus, tetapi Anda sama sekali buta soal cara memancing. Maka dari itu, apabila berencana memanfaatkan spot pancing, sebaiknya belajar terlebih dahulu sebelum memutuskan berlibur di perairan Kecamatan Alak ini.

2. Pasir Bersih

Poin lain yang dihadirkan oleh Pantai Namosain adalah hamparan pasirnya terlihat bersih dengan dominasi warna putih. Setiap butir terasa halus ketika dipijaki sehingga akan mendorong Anda untuk bermain di atasnya.

Apakah itu sekadar berfoto atau membuat istana pasir serta aktivitas lainnya, hamparan pasir yang memukau tentu merupakan spot menggoda untuk dijelajahi. Apalagi, keadaannya akan semakin memukau saat sinar matahari terik di mana butir-butir pasir tampak berkilauan ditimpa cahaya.

Kemudian, pasir yang bersih juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk berjemur karena Anda tidak perlu menggunakan alas tambahan. Cukup cari posisi ternyaman, gunakan sunblock, tambahkan kacamata hitam, lalu nikmati waktu terbaik Anda dengan santai.

Tidak perlu khawatir akan terluka oleh bebatuan karena pasir tersebut bertekstur halus, jauh dari kontaminasi batu-batu kerikil tajam. Namun demikian, Anda tetap harus berhati-hati barangkali ada pecahan kerang atau karang yang terbawa oleh arus air dan itu berpotensi melukai kulit.

Daya Tarik Pantai
Image Credit: Google Maps Pnoldy etta

3. Air Laut Jernih

Pantai Namosain turut dipercantik dengan kejernihan air lautnya selain hamparan pasir putih yang bersih. Hal ini seolah menjadi paket combo untuk pengunjung di mana punya lebih banyak objek untuk ditelusuri.

Anda dapat berenang di dalam laut sambil melihat-lihat ke bagian dasarnya, atau sekadar berjalan di tepi pantai. Di lain kesempatan, tersedia pula pilihan untuk bermain di air bersama teman serta keluarga seperti lempar tangkap atau sejenisnya.

Anda tidak akan menemukan sampah plastik yang mengapung dan terombang-ambing oleh ombak sebab pengelola pantai benar-benar melakukan penjagaan ketat. Situasi ini kian sempurna berkat intensitas ombak yang rendah sehingga relatif aman bagi pengunjung segala usia.

Pastinya jika datang bersama si kecil, Anda tetap patut melakukan pengawasan dan tidak membiarkan mereka bermain seorang diri. Pada dasarnya, pantai cantik ini ada untuk memanjakan wisatawan, tetapi jangan sampai terlena dan lalai terhadap hal-hal tertentu, atau bersikap ceroboh dengan membuang sampah sebarangan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps aprilian sw

Tidak susah untuk menemukan keberadaan Pantai Namosain di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur ini sebab Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan bermotor. Cukup kunjungi Jalan pahlawan yang letaknya sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota. Caranya dengan mengarahkan kemudi melintasi Jalan El Tari, kemudian mengambil arah lurus ke Jalan Jenderal Sudirman.

Setelah itu, Anda masih harus melewati Jalan Moch Hatta sebelum tiba di rute Jalan Pahlawan. Saat mendekati area pantai, ada sejumlah petugas yang siap menyambut wisatawan selain dilengkapi pula papan penunjuk arah di sekitar kawasan Kecamatan Alak, Kelurahan Namosain.

Adapun waktu yang terbaik untuk datang ke sini tentu menyesuaikan jadwal luang Anda. Namun, jika menginginkan suasana cenderung sepi sebaiknya datanglah pada saat weekdays di pagi hari. Sementara itu, jika Anda lebih menyukai objek wisata dengan suasana ramai lebih disarankan berkunjung di akhir pekan sembari mengajak kawan-kawan terdekat.

Harga Tiket Masuk Pantai Namosain

Harga Tiket Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps Palti Laitera

Tidak ada perbedaan biaya retribusi untuk kunjungan ke Pantai Namosain, baik bagi usia anak-anak maupun dewasa. Semua wisatawan diharuskan membayar tiket masuk senilai Rp 10.000 dan ini tidak termasuk sewa parkir bila membawa kendaraan.

Adapun biaya parkirnya, Anda hanya perlu menambah Rp 3.000 jika membawa motor dan untuk mobil dikenakan Rp 10.000. Termasuk murah, bukan? Apalagi, destinasi eksotis ini dekat dari pusat kota di mana tidak akan menghabiskan waktu lama di perjalanan sehingga akomodasi yang dibutuhkan pun cenderung lebih minim.

Apabila mengharapkan liburan yang lebih hemat, Anda dapat menyiapkan bekal sebelum berangkat dari rumah. Untuk pengunjung yang datang dari luar Nusa Tenggara Timur, sebaiknya pilihlah penginapan minimalis hanya agar bisa beristirahat saat malam hari. Cara lainnya, Anda dapat mengajak teman sehingga biaya pengeluaran akan ditanggung bersama.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Namosain

Aktivitas Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps Hartos Channel

1. Menjelajah

Pantai Namosain memiliki pemandangan eksotis dari berbagai sisi sehingga kegiatan penjelajahan rasanya tidak boleh dilewatkan. Dari jajaran pohon kelapa di bagian pesisir, kejernihan laut, hamparan pasir putih yang berkilau, hingga dasar laut dengan aneka biota, semuanya telah menanti untuk ditemukan.

Menjelajah juga bisa menjadi sarana mencari inspirasi bagi para pekerja seni seperti penulis novel, di mana ada begitu banyak objek yang dapat diamati. Cukup datang ke sini, gunakan topi lebar jika memungkinkan, lalu laksanakan kegiatan eksplorasi. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik Anda agar dapat menangkap momen secara tepat.

2. Berkemah

Adanya area perkemahan di Pantai Namosain juga bisa menjadi rujukan aktivitas selama menjalani liburan. Anda dapat menyewa tenda atau menyiapkannya sendiri sedari rumah, kemudian datang beramai-ramai dengan kenalan guna menikmati suasana di objek wisata pantai memukau ini.

Tidak berhenti di situ, bisa pula membuat kegiatan tambahan yang menyenangkan seperti memasak atau membuat BBQ. Ini pasti akan jauh lebih berkesan dibandingkan bila sebatas dilakukan di rumah saja.

3. Menonton Sunset

Pantai menjadi tempat paling favorit yang biasa dijadikan sebagai lokasi menonton sunset. Bias jingga yang tampak seperti menyebar di atas laut merupakan lanskap terindah.

Apalagi, jika Anda membuat video time lapse guna merekam momen tenggelamnya sang surya. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan bahkan sekalipun skill fotografi Anda terbatas.

Fasilitas yang Ditawarkan di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps Kiki Irianto

Bersama penawaran retribusi yang relatif terjangkau, Anda hanya bisa menemukan fasilitas standar saat berkunjung ke Pantai Namosain. Dari parkiran, toilet, hingga warung makan, seluruhnya sudah dapat dipenuhi di sini dengan nyaman. Namun, keadaannya sebatas itu saja, tidak lebih dan tidak kurang.

Adapun saat ingin memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks seperti menarik uang di ATM atau menyewa penginapan, Anda dapat mengandalkan fasilitas umum terdekat di sekitar kota. Hal paling menguntungkan dalam rangka liburan di pantai estetis ini memang lokasinya yang cukup strategis.

Dari segi pemandangan, kondisinya terbilang menghibur dengan lanskap alam yang menawan. Anda dapat duduk santai pada kursi di bawah pohon kelapa guna menikmati estetika pantai. Kemudian, pihak pengelola turut serta menyiapkan areal perkemahan yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan tambahan biaya saat ingin menyewa tenda.

Pantai Namosain pada dasarnya sudah cukup terkenal di Kota Kupang, tetapi masih butuh pengembangan lebih banyak agar meningkatkan jumlah kunjungan setiap harinya. Berkunjung ke sini bisa menjadi salah satu bentuk kontribusi Anda dalam upaya pemanfaatan sektor pariwisata di wilayah tersebut, di samping untuk menghibur diri sendiri.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending