Pantai Pandansari Bantul, Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Mercusuar

Pantai Pandansari Bantul, Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Mercusuar
Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Pandansari atau sering disebut Pantai Patehan adalah salah satu tujuan destinasi favorit di Yogyakarta. Terdapat mercusuar yang berdiri kokoh di bibir pantai, wisatawan dapat memanfaatkan mercusuar tersebut sebagai spot terbaik menikmati sunset. Pantai ini selalu menarik banyak wisatawan tiap tahunnya, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Pemandangan luasnya Samudera Hindia dari tempat ini seakan dapat menghipnotis para wisatawan yang datang. Tak hanya itu, desiran ombak serta suasana eksotis dikala sunset menjelang juga dapat Anda rasakan di pantai ini. Inilah yang menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandansari juga dapat merasakan fasilitas yang tersedia.

Di lokasi ini sudah ada fasilitas umum seperti halnya toilet, mushola, area parkir, warung makan, gazhebo hingga fasilitas unggulan yang menjadi daya tarik pengunjung seperti halnya mercusuar. Semua fasilitas disediakan oleh pengelola demi kepuasan pengunjung. Akses jalan yang tersedia pun termasuk mudah dilalui dan sudah beraspal serta lebar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandansari

Daya Tarik Pantai Pandansari
Image Credit: Twitter.com @infojogja

Pandansari adalah pantai eksotis yang terletak di bagian selatan Yogyakarta dengan pengunjung yang terbilang banyak tiap tahunnya. Pantai ini adalah salah satu tujuan wajib para palancong diantara banyaknya pantai-pantai di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati indahnya pemandangan laut lepas.

1. Mercusuar Putih yang Ikonik

Yogyakarta terkenal sebagai Kota Pariwisata dengan sejuta tujuan destinasi para wisatawan, salah satunya pantai cantik ini. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang luas nan megah menghadirkan eksotisme sesungguhnya dari sebuah pantai ditambah lagi sinar matahari sore yang memukau.

Perpaduan warna orange matahari sore berpadu dengan luasnya Samudera Hindia yang bisa dilihat dari mercusuar seakan menjadi suatu hal yang sangat dinanti-nanti para wisatawan. Tak sedikit fotografer yang memanfaatkan momen ini untuk dijepret sebagai bukti indahnya pantai.

2. Rindang Cemara yang Menyejukkan

Biasanya sebuah pantai hanya memiliki sejumput saja pohon cemara, namun tidak dengan Pantai Pandansari. Pantai ini menawarkan rimbunnya cemara yang tertata rapi, banyak wisatawan yang memanfaatkannya dengan menggelar tikar duduk menikmati indahnya pantai bersama keluarga tercinta.

Tambahan semilir angin dari ombak menambah suasana nyaman sehingga betah berlama-lama disini. Pantai ini juga memiliki bibir pantai yang lumayan luas, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bermain bersama keluarga diatas pasir hitamnya. Bersantai sejenak sembari menikmati pemandangan luasnya Samudera Hindia bukan suatu hal yang membosankan disini.

Pengunjung yang datang bisa menikmati rindangnya cemara menggunakan fasilitas warung makan dan gazhebo yang sudah disediakan oleh pengelola pantai. Rindangnya cemara disini pun banyak dilirik sebagai lokasi pemotretan prewedding dengan latar biru laut dan hijaunya cemara.

Daya Tarik Pandansari
Image Credit: Google Maps (Nur Hayati)

3. Agrowisata Buah Naga

Daya tarik lainnya dari Pantai Pandansari adalah karena adanya agrowisata buah naga. Sebenarnya aktivitas agrowisata ini tergolong baru sehingga hanya beberapa wisatawan saja yang tahu. Namun karena adanya agrowisata buah naga inilah wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai. Mereka bukan hanya mendapatkan liburan di pantai namun juga agrowisata yang bermanfaat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pandansari

Alamat Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Tommy Suryaputra)

Pantai cantik yang berada di Kabupaten Bantul yang selalu dikunjungi wisatawan tiap tahunnya. Lokasi pantai eksotis ini berjarak kurang lebih 15 km dari arah selatan Kabupaten Bantul atau berjarak 45 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jalan menuju lokasi pantai ini terbilang mudah karena lokasi berada tidak jauh dari pemukiman warga sehingga jalan sudah dalam kondisi yang bagus.

Waktu tempuh untuk menuju pantai dari Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Pantai ini merupakan pantai landai yang dengan mudah dijamah hingga ke bibir pantai karena rute yang dilalui sudah beralaskan aspal.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk sampai ke lokasi tujuan Anda dapat menaiki motor ataupun mobil bahkan bus, karena rute yang dilalui sudah beraspal dan lebar. Anda juga dapat memarkirkan kendaraan pribadi di kawasan pantai sebab pengelola pantai sudah memfasilitasi area parkir.

Jika Anda berasal dari arah pusat Kota Yogyakarta, Anda dapat memulai perjalanan dengan menuju Jalan Bantul. Setelah sampai di Kota Bantul Anda bisa memilih Jalan Samas Bantul hingga sampai di area retribusi Pantai Samas. Retribusi inilah merupakan retribusi untuk semua pantai yang ada di kawasan Pantai Samas seperti halnya Pantai Pandansari.

Untuk menyambangi pantai ini tak perlu merogoh kocek yang mahal. Dengan harga yang murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama yang disuguhkan oleh pantai eksotis satu ini. Fasilitas yang disediakan juga sudah mumpuni disertai dengan akses menuju lokasi yang terbilang mudah.

Pantai ini mengenakan biaya parkir. Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi Anda bisa memarkirkannya disini dengan tarif untuk sepeda motor sebesar Rp 2.000, sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi mobil akan dikenakan tarif Rp 5.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pandansari

Aktivitas di Pantai Pandansari
Image Credit: Twitter.com @rastyans

1. Mendaki Mercusuar

Pantai Pandansari terkenal karena adanya mercusuar yang berdiri kokoh diantara rimbunnya cendana disana, inilah yang membuat wisatawan tertarik mengunjunginya. Mercusuar yang terdapat di pantai ini dibangun pada tahun 1996 serta baru digunakan pada tahun 1997.

Nama dari mercusuar ini adalah Mercusuar Kalajivamasti yang berfungsi sebagai penerangan untuk kapal yang berlayar pada malam hari.

Mercusuar seakan menjadi ikon dari pantai eksotis satu ini. Berwarna putih menjulang tinggi diantara rimbunnya cendana, birunya langit dan hitamnya pasir. Banyak juga wisatawan yang menjadikan mercusuar ini menjadi background foto karena dinilai menambah estetika sebuah foto.

Tinggi Mercusuar Kalajivamasti kurang lebih 40 meter dengan ratusan anak tangga di dalamnya. Wisatawan yang berkunjung kesini dapat melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Samudera Hindia yang terpampang luas menjadi fokus utama para wisatawan. Jika sore hari, pemandangan pantai akan lebih indah sembari melihat tenggelamnya matahari.

2. Piknik Dibawah Rimbunnya Cemara

Menjelang datangnya siang, udara akan terasa lebih hangat bahkan panas apalagi jika harus berada di tepian pantai. Namun pantai ini menghadirkan sesuatu yang beda dari pantai biasanya.

Disini terdapat banyak pohon cemara yang rimbun, jadi rasa panas dan gerah pun akan hilang. Ditambah oleh hempasan angin lembut yang dihasilkan dari ombak semakin membuat suasana menjadi sejuk. Sangat cocok untuk Anda yang hendak piknik dengan membawa keluarga.

Wisatawan bisa membawa sendiri perlengkapan piknik, ataupun menikmati santapan dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai seperti warung makan dan gazhebo. Namun satu hal yang harus penting diperhatikan ialah untuk membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan pantai ini untuk waktu yang lama.

Aktivitas Pantai Pandansari
Image Credit: Instagram.com @dee_leyon_coffee

3. Menikmati Hasil Alam Kebun Buah Naga

Ada satu destinasi wisata tambahan yang belum banyak diketahui oleh wisatawan pantai ini, yaitu adanya agrowisata buah naga. Disekitar pantai ternyata terdapat agrowisata buah naga, wisatawan bisa menikmati luasnya kebun buah naga dengan berswafoto disekitar lokasi kebun sembari membeli beberapa buah naga untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Disini pun tersedia fasilitas umum yang lengkap seperti kursi untuk bersantai dibawah kebun yang rindang sembari menikmati segarnya buah naga.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Murah di Lokasi Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. Puri Brata Resort & Gallery

Penginapan ini mengusung tema minimalis berpadu dengan tradisionalnya karya-karya seni Jawa, Madura dan Bali yang sangat khas. Ditambah suasana sejuk bak pedesaan sangat cocok untuk pelancong yang ingin bermalam sembari mengunjungi Pantai Pandansari.

2. Upala Java Huise

Penginapan yang bertema sangat kental dengan hijaunya alam dapat Anda rasakan disini. Walaupun berada tidak jauh dari kota, namun penginapan ini membuat kita tetap merasa berada di hutan rimba yang sejuk. Sangat cocok untuk Anda yang hendak menginap selepas mengunjungi pantai.

3. Villa Sunset

Penginapan ini menawarkan view yang sangat asri dan sederhana. Dengan sentuhan hijaunya tumbuhan membuat suasana penginapan ini menjadi asri. Ruangan dalamnya pun memiliki tema minimalis dengan tambahan batuan berwarna soft. Sangat disarankan bagi Anda para wisatawan yang telah mengunjungi pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandansari Bantul

Fasilitas Pantai Pandansari
Image Credit: Google Maps (Daniel Kurniawan)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Pandansari ini sudah tergolong memadai. Belum lagi lokasi pantai ini yang terletak dekat permukiman warga hingga tak heran jika mulai dari akses sampai fasilitas yang ada itu sangat lengkap. Mulai dari akses menuju lokasi tersebut yang sudah beralaskan aspal dan lebar hingga fasilitas umum penunjang wisatawan yang datang.

Fasilitas umum seperti halnya toilet, mushola, area parkir, warung makan, gazhebo hingga fasilitas unggulan yang menjadi daya tarik pengunjung seperti halnya mercusuar. Semua fasilitas disediakan oleh pengelola demi kepuasan pengunjung.

Demikianlah beberapa hal mengenai Pantai Pandansari mulai dari daya tarik, rute, penginapan, serta fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai. Pantai ini masih terjaga kebersihannya serta lingkungan yang masih asri, jadi sudah sepatutnya kita sebagai generasi millenial untuk menjaganya sebagai bukti betapa indah karya Tuhan satu ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending