Pulau Bair, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Maluku

Pulau Bair, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Maluku
Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku; Map: Cek Lokasi

Pulau Bair merupakan salah satu destinasi wisata di Maluku Tenggara yang memiliki sejuta pesona alamnya. Pulau cantik ini terkenal dengan pemandangan bukitnya yang menawan. Terlebih air lautnya yang berwarna hijau kebiruan semakin menambah keeksotisan pulau ini. Tak banyak yang mengetahui wisata alam yang menyuguhkan pemandangan luar biasa ini.

Pulau menawan ini menyuguhkan pesona alamnya yang masih terjaga, sehingga tak heran banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan pulau ini. Banyak pengunjung yang datang menyebut pulau ini mirip dengan Raja Ampat. Keindahan pulaunya yang masih asri membuat siapa saja akan terpesona.

Fasilitas yang disediakan di Pulau Bair tergolong cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Para pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, hingga snorkeling. Selain itu, menyusuri pulau cantik ini dengan menyewa perahu juga sangat direkomendasikan bagi pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bair

Daya Tarik Pulau Bair
Image Credit: Google Maps Judith Gagnon

Sebagai salah satu kawasan wisata yang menyuguhkan pesona alamnya, pulau cantik ini memiliki berbagai daya tarik tersendiri. Mulai dari air lautnya yang identik dengan warna biru kehijauan hingga tebing menjulang tinggi yang mengelilingi pulau ini. Memiliki air laut yang masih jernih menandakan Pulau Bair nan indah ini sangat terjaga kebersihannya.

1. Pemandangan Alam yang Mempesona

Kawasan wisata pulau yang indah ini memang menyuguhkan sejuta pesona alamnya yang masih asri. Pulau cantik ini memiliki keunikan tersendiri yang tentunya berbeda dengan pulau lainnya. Salah satunya adalah terdapat dua teluk dengan airnya yang terkenal sangat jernih. Saat berkunjung di tempat wisata ini, pengunjung akan dapat melihat biota laut dengan jelas.

Tak hanya itu, lautnya yang tenang menambah daya tarik dari pulau ini. Apalagi pemandangan dari atas tebing yang menjulang tinggi seperti di kawasan wisata Raja Ampat. Ditambah dengan pemandangan hijau dari hutan bakau tentunya sangat menyegarkan mata para pengunjung.

2. Memiliki Ombak yang Ideal untuk Olahraga Air

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Bair adalah memiliki ombak ideal untuk melakukan olahraga air. Bagi wisatawan yang menyukai olahraga renang akan sangat cocok jika berkunjung di tempat wisata ini. Identik dengan ombaknya yang tenang, pastinya dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air.

Kemudian para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lainnya seperti snorkeling dan diving. Jika mencoba kegiatan ini, pengunjung akan dapat melihat keindahan surga bawah laut pulau cantik ini. Sebab air lautnya yang jernih dan bersih akan membuat pengunjung merasa aman ketika mencoba olahraga air tersebut.

3. Menjelajahi Lorong Mati yang Menawan

Pulau nan indah ini memiliki lorong mati yang sangat menawan. Salah satu daya tarik yang dimiliki pulau cantik ini adalah memiliki dua tebing yang disebut dengan lorong mati. Tebing tersebut menjulang tinggi hingga menciptakan sudut sempit, sehingga perahu pun tak bisa melewati lorong ini.

Untuk menyusuri keindahan lorong mati, wisatawan hanya perlu berenang. Dibalik nama yang menakutkan tersebut, terselip keindahan pesona lorong ini. Pengunjung akan dapat menikmati indahnya tebing yang ditumbuhi dengan tanaman hijau hingga merasakan jernihnya air laut yang sangat mempesona.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Bair
Image Credit: Facebook Indonesian Traveler

4. Memiliki Hutan Mangrove yang Indah

Daya tarik selanjutnya adalah adanya hutan mangrove yang indah di kawasan Pulau Bair nan eksotis ini. Adanya tanaman bakau membuat udara di tempat wisata ini menjadi sangat sejuk. Saat datang berkunjung, wisatawan akan merasakan segarnya udara di pulau ini. Apalagi ditambah dengan pemandangan birunya laut, tentunya sangat menyegarkan mata.

5. Dapat Melihat Hiu Blacktip

Satu lagi daya tarik yang jarang ditemui ketika berada di pulau cantik ini adalah pengunjung dapat melihat hiu blacktip. Jika beruntung, wisatawan akan dapat melihat jenis hiu tersebut ketika menyusuri hutan bakau di pulau cantik ini. Banyak pengunjung yang mempercayai bahwa kawasan hutan bakau tersebut merupakan rumah bagi hiu blacktip.

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat melihat langsung beragam jenis ikan lainnya. Mengingat air lautnya yang jernih membuat siapa saja yang datang akan dapat melihat keberagaman dan keindahan biota lautnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Bair
Image Credit: Google Maps Uragapati

Pulau Bair merupakan destinasi wisata yang terletak di Kota Tual, Maluku Tenggara. Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah dijangkau oleh para wisatawan. Dalam perjalanan pengunjung akan menjumpai banyak petunjuk arah untuk menuju kawasan wisata eksotis ini. Jalan yang akan dilalui terbilang mudah diakses untuk kendaraan pribadi maupun umum.

Namun bagi pengunjung yang datang dari luar pulau, dapat pula terlebih dahulu menuju Langgur yang merupakan Ibukota Kabupaten Maluku Utara. Sesampainya di kota tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk menuju lokasi wisata pulau cantik ini. Tersedia pula jasa travel bila pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi.

Wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil lajur menuju Dullah Barat. Kemudian setelah sampai di daerah tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju kawasan pulau dengan menggunakan perahu speed boat yang telah disediakan pengelola setempat di Dermaga Dullah Barat.

Waktu yang akan ditempuh wisatawan kurang lebih sekitar 2 jam. Setelah itu, para pengunjung akan dapat menikmati keindahan Raja Ampat versi mini ini. Perjalanan panjang yang harus ditempuh tentunya akan terbayar dengan sejuta pesona yang dimiliki pulau menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pulau Bair
Image Credit: Google Maps ndarupraset

Untuk bisa masuk menikmati keindahan Pulau Bair pengunjung akan mengeluarkan biaya mulai dari transportasi hingga penginapan. Jika berasal dari luar daerah, maka memerlukan biaya untuk membayar transportasi menuju kawasan wisata ini. Biaya pesawat yang akan dikeluarkan pengunjung berkisar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta tergantung maskapai yang dipilih.

Bila pengunjung menggunakan jasa penyewaan kendaraan pribadi seperti mobil akan dikenakan biaya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per hari. Namun, jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Wisatawan yang datang akan dikenakan biaya menaiki perahu speet boat berkisar Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

Kawasan wisata pulau ini juga menyediakan penginapan atau resort bagi para pengunjung. Tentunya akan dikenakan biaya tergantung dengan penginapan yang dipilih ketika berkunjung di wisata pulau eksotis ini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menyaksikan keindahan pulau ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Bair

Aktivitas di Pulau Bair
Image Credit: Google Maps Ely agustina

1. Menikmati Pemandangan Pulau yang Eksotis

Keindahan Pulau Bair memang tak perlu diragukan lagi, pesona alamnya yang memukau akan membuat pengunjung betah berada di kawasan wisata ini. Terlebih pemandangan alamnya yang sangat memukau ketika disaksikan dari atas tebing. Namun, wisatawan juga perlu berhati-hati ketika menjelajahi tebing-tebing yang cukup terjal di pulau ini.

Para pengunjung juga dapat menikmati keindahan pulau cantik ini dari puncak bukit karang. Menariknya terdapat wisatawan dapat menyusuri setiap keindahan pulau ini dengan menyewa perahu yang telah disediakan pengelola setempat.

2. Bersantai dan Berjemur

Berkunjung ke sebuah pulau yang terkenal dengan hamparan pasirnya yang bersih, tak lengkap rasanya jika tidak memanfaatkannya dengan berjemur. Bagi wisatawan mancanegara dapat menikmati sensasi bersantai dan berjemur di atas pasir yang bersih. Selain itu, terik matahari di pulau ini juga sangat cocok untuk kegiatan satu ini.

Aktivitas Seru di Pulau Bair
Image Credit: Facebook Buddy Soemargo

3. Berenang dan Bermain Air

Kegiatan menarik lainnya ketika berkunjung ke Pulau Bair adalah berenang dan bermain air. Memiliki air laut yang bersih dan jernih membuat pengunjung akan tergoda untuk berenang atau sekedar bermain air. Para pengunjung dapat melakukan kegiatan tersebut dengan aman sebab ombak di pulau ini tergolong sangat tenang.

4. Diving dan Snorkeling

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan diving maupun snorkeling dapat mencoba di pulau cantik ini. Terlebih kawasan wisata ini masih alami sehingga keindahan bawah lautnya masih terjaga dengan baik. Pengunjung akan dapat melihat indahnya biota laut seperti berada di negeri dongeng.

5. Berfoto

Kegiatan menarik lainnya yang tak boleh terlewatkan ketika berlibur ke pulau eksotis ini adalah berfoto. Segala keindahan pulau cantik ini patut diabadikan dalam jepretan kamera. Apalagi banyak spot menarik dengan latar belakang pemandangan terbuka yang akan membuat foto Anda semakin berwarna.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Image Credit: Facebook Momotrip.co.id

Sebagai kawasan wisata pulau yang menyuguhkan berbagai keindahan alamnya, tentunya fasilitas yang telah disediakan tergolong cukup untuk menunjang kegiatan pengunjung. Pengelola Pulau Bair telah menyediakan berbagai fasilitas guna melengkapi segala aktivitas wisatawan. Dengan begitu, wisatawan akan betah berada di tempat wisata ini.

Fasilitas umum yang telah disediakan bagi pengunjung di antaranya seperti penyewaan perlengkapan diving atau pun snorkeling hingga perahu speed boot juga telah tersedia. Fasilitas tersebut tentunya disediakan bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati panorama keindahan pulau eksotis ini.

Itulah beberapa daya tarik sampai dengan fasilitas yang tersedia di Pulau Bair, Maluku Tenggara. Para pengunjung dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan untuk menikmati keindahan pesona pulau ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending