Pulau Karampuang Mamuju, Pesona Pulau Indah & Sumur Jodohnya yang Melegenda

Pulau Karampuang Mamuju, Pesona Pulau Indah & Sumur Jodohnya yang Melegenda
Biaya Wisata: Mulai Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karampuang, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Karampuang berdiri di atas tanah Sulawesi Barat, tepatnya Mamuju. Pulau yang terlihat cantik dari foto yang bertebaran di google ini memang nyatanya menyajikan panorama demikian. Pulau ini memiliki luas wilayah sebesar 6,37 km persegi dengan penduduk yang lumayan banyak yaitu diatas 2.000 jiwa. Jadi, wisatawan yang berkunjung dapat sembari melihat beragam aktivitas harian yang dilakukan masyarakat.

Pulau Karampuang memang memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga dengan pepohonan hijau yang menyelimutinya. Wisatawan akan merasa terpukau sejenak ketika pertama kali berkunjung kesini. Memiliki hamparan pasir putih yang tersebar layaknya permata terlihat semakin cantik dengan air lautnya yang jernih. Selain itu, pepohonan hijau yang tumbuh subur disini terlihat sangat menyejukkan mata.

Pulau ini juga dikenal sebagai pulau buaya. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir membayangkan liburan ditemani dengan ribuan ekor buaya. Karena, penamaan ini hanya dicetuskan sebab bentuk pulaunya yang hampir menyerupai bentuk buaya. Wisatawan hanya akan menemukan pulau dengan pemandangan cantik dan lingkungan yang terlihat masih terjaga keasriannya. Tertarik untuk datang?

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Karampuang

Image Credit: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau yang berseberangan dengan Pulau Sulawesi ini sangatlah memikat siapapun untuk datang dan berkunjung, terlebih bagi para pelancong yang sedang mencari-cari destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan liburan. Bagaimana tidak, beragam daya tarik yang tak ternilai harganya dimiliki sepenuhnya oleh pulau seperti buaya ini. Berikut beragam daya tarik yang dimiliki Pulau Karampuang.

1. Sumur Jodoh yang Melegenda

Jika anda menyambangi pulau ini, anda akan mendapatkan destinasi wisata tambahan berupa sumur. Bukan hanya sumur biasa, sumur yang disebut dengan Sumur Jodoh ini memiliki tiga rasa air. Tidak sedikit pula masyarakat yang percaya bahwa sumur ini memiliki kekuatan yang bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang meminum airnya. Oleh karena itu, sumur ini disebut dengan Sumur Jodoh.

2. Disambut Dermaga Kayu

Sambutan merupakan suatu hal yang penting saat pertama kali menyambangi suatu tempat. Seperti halnya di Pulau Karampuang yang menghadirkan dermaga kayu sebagai sambutan utama bagi para pengunjungnya. Dermaga kayu ini memiliki panjang sekitar 500 meter dengan bagian ujungnya yang menjorok ke arah laut. Wisatawan dapat melihat dermaga kayu ini saat berada di kapal ketika sudah dekat dengan pulau.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Karampuang
Image Credit: Google Maps Tika Tika

3. Surga Bagi Penyelam

Jika membahas mengenai perairan yang berada di Sulawesi memang tidak pernah absen dalam menyajikan panorama bawah laut yang begitu memesona. Jadi, untuk anda para pecinta olahraga selam, sangat wajib untuk menyambangi pulau ini. Dengan kekayaan biota bawah laut yang dimiliki tentu akan menjadikan pengalaman menyelam lebih terasa berkesan jika dilakukan disini. Bagaimana, tertarik?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Karampuang
Image Credit: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau yang memiliki sumur tiga rasa di dalamnya ini berlokasi di Sulawesi Barat tepatnya Kabupaten Mamuju, Desa Karampuang. Rute menuju pulau eksotis ini memang terbilang sedikit merepotkan dengan rute perjalanan laut yang harus ditempuh. Karena lokasi pulau ini yang letaknya berseberangan dari Pulau Sulawesi, walaupun begitu pesona yang ditawarkan mampu menepis kesan repot tersebut.

Waktu yang diperlukan untuk menyambangi pulau ini dari dermaga seberang ialah sekitar setengah jam saja menggunakan perahu mesin. Satu perahu mesin ini bisa ditumpangi oleh beberapa orang, jadi wisatawan yang membawa keluarga bisa menuju pulau dengan menggunakan satu perahu mesin saja. Harga untuk menyewa perahu ini tidaklah mahal, bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung.

Salah satu hal yang paling penting dilakukan sebelum memulai perjalanan menuju pulau ini ialah memperhatikan cuaca. Karena walau bagaimana pun, jika cuaca tidak mendukung tentu akan mengganggu aktivitas liburan. Tadinya yang berencana liburan ditemani cahaya matahari yang hangat, malah terganggu oleh cuaca yang buruk. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengecek ramalam cuaca.

Wisatawan dapat berkunjung pada saat cuaca cerah dan rasakan liburan di pulau eksotis yang sesungguhnya. Walaupun cuaca sedang cerah dengan matahari yang menyengat, wisatawan tidak akan merasa kepanasan karena rimbunnya pepohonan dan asrinya alam yang masih terjaga di pulau ini akan meciptakan suasana sejuk. Cahaya matahari yang terik pun akan sulit masuk ke dalam area pulau.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Karampuang
Image Credit: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Karena lokasinya yang berada di seberang Pulau Sulawesi menjadikan perjalanan laut wajib dilakukan untuk menuju pulau. Wisatawan hanya perlu mempersiapkan biaya untuk membayar jasa penyewaan transportasi laut menggunakan kapal. Harganya pun tidaklah menguras kantong dan sangat cocok untuk anda yang mendambakan liburan di bawah sejuknya pulau eksotis tetapi dengan budget minimal.

Dengan uang sebesar Rp 20.000, wisatawan akan dibawa dari dermaga menuju ke Pulau Karampuang dengan menggunakan transportasi laut berupa kapal. Sangat bersahabat di kantong bukan? Wisatawan dapat berlibur dengan biaya kurang dari Rp 50.000. Wisatawan yang berkunjung juga tidak perlu mempersiapkan biaya tiket masuk karena pulau ini menyajikan obyek wisata gratis untuk pengunjungnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Karampuang

Image Credit: Twitter Dedi B Palinrungi

1. Mengundang Jodoh dari Sumur Legenda

Sumur tiga rasa yang terdapat di pulau ini sangatlah menarik perhatian para pengunjung. Bahkan, banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah tertarik menyambangi pulau karena sumur yang melegenda ini. Wisatawan bisa mencicipi air yang dihasilkan dari sumur ini dan rasakan tiga rasa berbeda ketika mencicipinya. Untuk anda yang beruntung bisa saja benar-benar mendapatkan jodoh.

2. Berpose Kece Diatas Dermaga Kayu

Sambutan hangat yang dihadirkan dari dermaga kayu ini memang terlihat begitu cantik. Keberadaan dermaga kayu ini juga menimbulkan kesan estetika dari Pulau Karampuang. Wisatawan bisa memanfaatkan keberadaannya dengan cara berpose kece dan mengambil beberapa potret foto. Untuk anda yang hobby ataupun berprofesi sebagai fotographer juga sangat cocok untuk mengabadikan momen di dermaga ini.

3. Menyelam Bersama Ribuan Jenis Ikan

Pulau dengan kekayaan biota bawah lautnya ini memiliki kesan memikat bagaikan magnet yang kuat terlebih untuk anda pecinta olahraga selam. Wisatawan yang tertarik bisa menyelam disini dan saksikanlah betapa banyak terumbu karang yang menghiasi dasar lautnya. Tidak sampai disitu saja, wisatawan juga bisa menemui beragam jenis ikan seperti ikan badut hingga ikan kaka tua berdahi bulat.

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Dekat Pulau Karampuang
Image Credit: Google Maps RedDoorz @ Hotel Yaki

1. Hotel Yaki

Hotel yang terlihat megah dengan bangunannya yang bertingkat ini menawarkan kamar mandi hotel dengan air panas, jadi cocok jika dijadikan sebagai tempat beristirahat untuk anda yang hendak melepas pegal di tubuh dengan air panas. Fasilitas juga tidak perlu diragukan, Hotel Yaki menyediakan beragam fasilitas lengkap khusus untuk pengunjungnya seperti ruangan ber-AC hingga resepsionis 24 jam.

2. Hotel Pantai Indah

Hotel Pantai Indah mengusung tema hotel minimalis dengan warna soft yang menyejukkan mata. Kebersihan merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan oleh pihak hotel bahkan hingga ke bagian dalam kamar pengunjung. Pelayanan yang ramah dan jujur juga menjadi kunci mengapa hotel ini diminati. Fasilitas area parkir dan Wi-Fi gratis, ruangan ber-AC hingga jemputan bandara tersedia disini.

3. Hotel Diana

Hotel selanjutnya yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat bermalam para wisatawan Pulau Karampuang karena lokasinya yang dekat ialah Hotel Diana. Hotel ini dinilai memiliki pelayanan yang ramah dan area yang bersih. Selain pelayanan baik dan kamar yang bersih, Hotel Diana juga cukup nyaman untuk ditinggali. Fasilitas layaknya Wi-Fi gratis hingga resepsionis 24 jam disediakan disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Pulau Karampuang
Image Credit: Google Maps Ririn Ambar

Selain unggul dalam menyajikan panorama alam memukau, Pulau Karampuang juga tidak ketinggalan dalam menghadirkan fasilitas untuk para pengunjungnya. pulau yang berjuluk Pulau Buaya ini memiliki beragam fasilitas dasar maupun penunjang yang dinilai sudah cukup memadai untuk sebuah pulau kecil. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk melewati obyek wisata asal Sulawesi Barat ini bukan?

Gazebo yang tersedia disini bisa wisatawan manfaatkan sebagai area istirahat sementara ataupun tempat untuk duduk-duduk. Kehangatan akan semakin terasa ketika wisatawan memanfaatkan gazebo ini bersama keluarga. Toilet yang letaknya ada di sekitar lokasi pulau ini juga bisa wisatawan manfaatkan untuk mengganti pakaian ataupun membilas badan selepas bermain air di perairan pulau.

Tidak sampai di situ saja, wisatawan yang memiliki nyali cukup besar juga bisa menggunakan fasilitas beragam wahana permainan yang disediakan. Seperti halnya banana boat dan jetski. Keseruan akan semakin terasa ketika mencoba wahana permainan ini bersama keluarga. Apalagi saat merasakan bermain banana boat dan bersama-sama menerjang hempasan ombak yang datang.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pulau Karampuang yang sudah terurai diatas. Tunjukkan bahwa anda adalah Si Pelancong Sejati dengan menyambangi tempat ini. Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Harga tiket yang gratis, fasilitas lengkap ditambah dengan pesona daratan dan bawah lautnya yang terlihat menakjubkan sudah tersedia disini. Jadi, tidak ada alasan untuk melewati pulau ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending