Pulau Penyengat Tanjungpinang, Pulau Cantik yang Sarat Nilai Sejarah

Pulau Penyengat Tanjungpinang, Pulau Cantik yang Sarat Nilai Sejarah
Biaya Wisata: Mulai Rp 700.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau Penyengat adalah tujuan wisata yang cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut karena pulau ini menyimpan berbagai keindahan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Oleh sebab itu, tidak akan heran lagi apabila setiap orang yang melihatnya bisa langsung terpukau dan seolah-olah terhipnotis dengan indahnya pulau cantik di Tanjungpinang ini.

Banyak sekali hal menarik yang hanya dapat dirasakan apabila Anda berkunjung ke sana. Tentu saja wisatawan yang menikmati masa liburan di sana tergolong cukup banyak. Bukan hanya wisatawan dari dalam negara saja, melainkan juga ada yang dari luar negeri juga. Sehingga, besar kemungkinan bahwa Anda bisa mendapatkan teman atau kenalan baru ketika berlibur di tempat itu.

Selain teman baru, pastinya Anda juga akan mendapatkan sebuah pengalaman yang baru dan berkesan seumur hidup. Oleh karena itu, segera kunjungi pulau ini supaya waktu liburan tidak terbuang dengan sia-sia. Namun, alangkah baiknya untuk menggali berbagai hal yang ada kaitannya dengan Pulau Penyengat sebelum memutuskan untuk berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Penyengat

Daya Tarik Pulau Penyengat
Image Credit: Facebook.com @bintanresorts

1. Mempunyai Cerita Sejarah

Selain nama pulau ini yang unik, ternyata juga mempunyai cerita sejarah yang cukup unik. Dahulu berdasarkan cerita, di zaman dimana Pulau Penyengat tersebut disinggahi oleh banyak pelaut guna mengambil air untuk bekal selama perjalanan, sebab sumur yang ada di sana menghasilkan air yang dapat diminum.

Pada waktu itulah, ada pelaut yang berani melanggar suatu pantangan yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, muncul sekawanan binatang sejenis lebah yang tiba-tiba menyengat pelaut itu. Binatang tersebut pada akhirnya diberi julukan sebagai binatang penyengat, lalu tempat ini pun diberi nama Pulau Penyengat.

Akan tetapi, di masa kerajaan Riau dahulu pulau tersebut disebut sebagai Penyengat Inderasakti. Bahkan, pulau ini sempat dijadikan sebagai sebuah mahar dari Sultan Mahmud yang diberikan kepada istrinya yang cantik bernama Engku Putri.

2. Banyak Spot Foto yang Menarik

Pulau ini mempunyai panorama yang begitu cantik sebab di dalam sana ada berbagai jenis bangunan yang bersejarah. Oleh karena itu, banyak sekali tempat yang bagus dan bisa dijadikan untuk spot foto. Hasil foto akan tampak sangat menarik karena dilatarbelakangi oleh bangunan sejarah unik yang dipadukan dengan pemandangan alam eksotis.

3. Padat Penduduk

Bila kebanyakan pulau yang dijadikan sebagai destinasi wisata tidak banyak penduduk atau bahkan sama sekali tidak berpenghuni. Maka, berbeda halnya dengan pulau eksotis yang satu ini karena tergolong memiliki penduduk yang cukup padat. Saat berkunjung ke sana, maka Anda juga akan melihat berbagai macam aktivitas sehari-hari masyarakatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps (Zenith Halalan)

Pulau Penyengat berlokasikan di Tanjungpinang yang menjadi ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau. Jarak pulau tersebut dengan Kota Batam sendiri kisaran 35 kilometer dan dari Kota Tanjungpinang kisaran 3 kilometer saja. Rute yang ditempuh dengan menaiki perahu pompong dari Tanjungpinang akan memakan waktu kurang lebih 15 menitan.

Apabila Anda menaiki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, maka bisa dengan melewati jalur Tanjungpinang. Anda bisa langsung saja menuju ke Dermaga Penyengat di Kota Batam. Sesampainya di Telaga Punggur, maka naiklah kapal feri hingga sampai di tempat tujuan.

Namun, jika Anda melakukan perjalanan dari Kota Jakarta, maka naiklah pesawat dari Bandar Udara Soekarno Hatta. Setelah itu, Anda akan sampai di Bandar Udara Fisabilillah di Tanjungpinang. Lalu, lanjutkan saja perjalanan dengan taksi untuk bisa menuju ke Pelabuhan Sri Bintan Pura. Kemudian, hanya tinggal menyebrang ke tempat tujuan dengan menggunakan perahu pompong.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya ke Pulau Penyengat
Image Credit: Pergidulu.com

Biaya yang sudah pasti akan dikeluarkan oleh pengunjung yaitu sewa perahu pompong sebesar 7 ribu rupiah untuk satu orang. Kemudian, apabila sesampainya di pulau tersebut Anda melanjutkan perjalanan dengan menyewa becak motor, maka harus mengeluarkan uang sebesar 30 ribu rupiah. Di sisi lain, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar untuk bisa memasuki kawasan pulau ini.

Setidaknya, Anda harus menyiapkan dana sekitar 700 ribu sampai 1 juta rupiah sebelum berniat menghabiskan waktu liburan di Pulau Penyengat. Jumlah tersebut terbilang cukup sebagai biaya untuk berkeliling, makan, penginapan, dan membeli oleh-oleh. Apabila ingin lebih berhemat lagi, maka gunakan saja paket travel liburan yang sedang menawarkan promo besar.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Penyengat

Aktivitas di Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps (Widyodikti Channel)

1. Berkeliling dengan Sepeda

Anda dapat mengelilingi kawasan pulau dengan menaiki sepeda yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Tentu saja hal ini terasa sangat seru karena Anda akan melihat pemandangan sekitar dengan angin yang sepoi-sepoi.

2. Berwisata Religi ke Masjid Raya Sultan Riau

Bahkan, di Pulau Penyengat terdapat sebuah masjid terkenal yang dijadikan sebagai wisata religi untuk wisatawan. Dulunya masjid tersebut dibangun dengan bahan kayu, namun Raja Abdurrahman telah merenovasi masjid menggunakan bahan beton pada tahun 1872 silam.

Ketika memasuki masjid ini, maka wisatawan wajib mengenakan pakaian yang sopan dan bersih. Untuk wanita wajib mengenakan kain panjang atau selendang guna menutup rambutnya. Wisatawan juga tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam masjid supaya aktivitas ibadah di sana tidak terganggu.

3. Tur Literatur

Pulau Penyengat sendiri telah populer sebagai sebuah pulau literasi. Hal itu karena terdapat banyak cendekiawan yang menetap dan menciptakan karya di sana. Cendekiawan yang paling terkenal salah satunya yaitu Raja Ali Haji yang memiliki gelar pahlawan nasional dalam bidang sastra berupa gurindam 12 yang sangat terkenal.

4. Berburu Kuliner Melayu

Sesudah merasa lelah mencoba berbagai kegiatan di sana, maka inilah waktu yang tepat untuk mencicipi seluruh kuliner Melayu. Ada berbagai menu hidangan khas Melayu yang dengan mudah Anda temukan di pulau tersebut. Menu yang banyak diburu wisatawan seperti ayam kecap, acar kuning, pacri nanas, daging masak kurma, dan nasi berbumbu.

Selain itu, terdapat pula minuman penyegar bernama Dohot yang sangat khas dengan Melayu. Minuman yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah terkena panas dalam. Pastinya beragam makanan dan minuman tersebut mampu memanjakan lidah Anda selama berwisata.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Penyengat
Image Credit: Agoda.com

1. Penginapan Sultan

Penginapan Sultan memiliki letak yang tidak jauh dengan Balai Desa dan Masjid Raya. Terdapat 3 tipe kamar yang ditawarkan dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang dimaksud misalnya saja seperti kamar mandi dalam, single bed, AC, dan lain-lain. Harga yang dibandrol untuk menginap semalam di penginapan ini yaitu sekitar 200 ribu rupiah.

Dikarenakan jumlah kamar yang disediakan terbilang sedikit, maka pelanggan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu pada jauh-jauh hari. Suasana yang ada di penginapan ini juga sangat nyaman. Sehingga, dijamin seluruh pelanggan akan betah menghabiskan waktu di sana.

2. The Sanchaya Hotel

The Sanchaya Hotel ada tepat di sebelahnya lapangan golf yang sangat cantik. Hotel yang satu ini bahkan mempunyai pantai pribadi. Pengunjungnya dapat menikmati serunya berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di pantai tersebut. Fasilitas yang ada di sana juga beragam seperti wifi, tempat parkir, spa, kolam renang, dan lain-lain.

3. Nite & Day Hotel

Penginapan terdekat lainnya yaitu Nite & Day Hotel. Fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini pun terbilang lengkap. Misalnya seperti tempat parkir, wifi, sarapan, shower, dan lainnya. selain itu, hotel tersebut tergolong sangat bersih dan rapi. Sehingga, kenyamanan pengunjung saat bermalam di sini sudah sangat terjamin.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Penyengat

Fasilitas Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps (Waldi Isra)

Dikarenakan Pulau Penyengat tersebut tergolong padat penduduk serta menyimpan nilai sejarah yang banyak, sehingga fasilitas yang disediakan tentu saja lengkap dan memadai. Fasilitas yang paling menonjol pastinya yaitu adanya berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik seperti Istana Kantor, Benteng Kursi, Gedung Mesiu, dan masih ada lagi yang lain.

Terdapat pula warung dan pertokoan yang berjajar menjual cemilan maupun oleh-oleh untuk dibawa pulang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot-repot membawa cemilan terlalu banyak dari rumah. Fasilitas toilet dan kamar mandi pun ada banyak sekali sehingga mudah untuk ditemukan di mana saja. Umumnya, fasilitas toilet dan kamar mandi yang disediakan akan memberikan tarif masuk.

Bahkan, di sana terdapat tempat untuk menyewa pakaian tradisional khas Melayu. Disediakan berbagai pilihan warna seperti kuning, merah, dan hijau. Pakaian tradisional tersebut mempunyai nama yaitu Kebaya Labuh. Apabila menyewa selama 15 menit, maka harga yang perlu dibayar yaitu sebesar 25 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa hal mengenai Pulau Penyengat di Tanjungpinang yang menjadi salah satu objek wisata favorit banyak orang. Ajaklah teman atau saudara supaya liburan semakin seru dan menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending