Pulau Saronde Gorontalo, Pulau Romantis & Spot Favorit untuk Pecinta Snorkeling

Pulau Saronde Gorontalo, Pulau Romantis & Spot Favorit untuk Pecinta Snorkeling
Biaya Wisata: Mulai Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Saronde Ponelo Kepulauan, Moluo, Kec. Kwandang, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Pulau Saronde menjadi surga yang tersembunyi di Gorontalo. Keindahan pulau ini sangat menawan sehingga menjadi destinasi yang banyak dikunjungi baik dari wisatawan dalam negeri maupun dari luar negeri. Jika dilihat sekilas, keeksotisan alam dari pulau ini mirip dengan Pulau Maldives. Pantainya yang indah dengan laut yang jernih, didukung dengan lingkungannya yang bersih dan masih asri.

Luas pulau ini sendiri tidak terlalu besar, hanya 8 hektar saja. Persentase dataran pasir sebesar 20% sedangkan sisanya merupakan perbukitan dan hutan. Ribuan burung hidup di hutan Saronde, sementara itu jika pergi ke bagian utara pulau, Anda akan menemukan bermacam-macam batuan kuno. Kemungkinan batuan kuno ini timbul ribuan tahun yang lalu saat terjadi gempa besar.

Tidak hanya keindahan alam, pemandangan bawah laut di Pulau Saronde juga kaya. Ada berbagai terumbu karang dan ekosistem laut yang indah. Kehidupan bawah laut ini hampir seperti yang ada di Manado, bahkan sesekali wisatawan juga dapat melihat hiu paus yang terlihat beberapa saat. Jika Anda beruntung, Anda juga dapat melihat hiu paus ini jika berkunjung di Saronde.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Saronde

Daya Tarik Pulau Saronde
Image Credit: Google Maps (SARONDE ISLAND Resort)

Pulau Saronde yang memiliki banyak daya tarik yang memikat. Karena itu pulau ini menjadi destinasi yang tidak boleh terlewat jika berada di Gorontalo. Berbagai daya tarik ini membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan sehingga ingin datang lagi ke Maldives ala Indonesia ini. Beberapa daya tarik seperti berikut.

1. Tempat yang Indah

Pulau ini terkenal seperti Maldives. Pantainya sangat bersih dengan pasir yang putih dan lembut. Sedangkan lautnya berwarna biru dan jernih sehingga Anda dapat melihat ke dasarnya. Bahkan kejernihannya membuat perahu yang ada di bibir pantai tampak melayang. Ada juga kawasan di mana banyak bebatuan karang yang membuat pulau ini menjadi lebih memikat.

Di sekitar Pulau Saronde terdapat jembatan-jembatan kayu di atas perairan dangkal. Tampak sangat cantik dan memanjakan mata. Karena itulah jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Wisatawan juga dapat berjalan menyusuri jembatan kayu ini untuk dapat melihat pemandangan laut lebih dekat.

2. Keindahan Bawah Laut

Kawasan perairan ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi para pecinta snorkeling. Hal ini karena keindahan bawah lautnya. Ada beberapa titik snorkeling dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik. Pemandangan bawah laut yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang.

3. Sunset

Pulau ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset. Jika Anda berjalan di atas jembatan kayu, matahari terbenam tampak jauh lebih indah. Sunset memang menjadi salah satu daya tarik, karenanya banyak pengunjung yang menunggu saat-saat tersebut. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan fotografi, sunset di pulau ini menjadi spot yang sangat cantik.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Saronde
Image Credit: Twitter.com @indtravel

4. Tempat yang Romantis

Suasana malam di kawasan Pulau Saronde sangat romantis. Dengan adanya lampu-lampu yang temaram sehingga menjadi mengesankan. Banyak yang akan menawarkan pengunjung untuk mempersiapkan makan malam yang romantis di tempat ini. Karenanya pulau ini saat malam hari menjadi daya tarik bagi pasangan yang ingin mendapatkan kenangan yang tak terlupakan.

5. Tradisi Setempat

Masyarakat setempat memiliki tradisi unik yang diadakan setiap tahun. Acara tahunan yang menjadi daya tarik pengunjung ini disebut Festival Saronde. Dalam festival ini ada banyak sekali kegiatan seru. Salah satunya adalah lomba ketinting atau perahu kecil. Ada juga acara lainnya seperti Beach Boy Contest, Tourist Miss Contest, Signal Hunting, dan juga olahraga pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Pulau Saronde
Image Credit: Google Maps (Syamsul Irfan)

Pulau Saronde berapa di Kecamatan Kwandang, sekitar 65 kilometer dari Kota Gorontalo. Jika Anda berasal dari luar Sulawesi, Anda dapat menggunakan pesawat menuju Bandara Djalaluddin Gorontalo.

Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan di Kota Kwandang dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, bentor, mikrolet, atau bisa juga menyewa mobil pribadi. Selanjutnya Anda dapat menyebrang untuk menuju Saronde sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk masuk ke kawasan Pulau Saronde, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk menyebrang, Anda dapat menyewa speed boat dengan kapasitas 10 orang dengan harga sewa Rp 850.000 dengan waktu perjalanan yang lebih singkat.

Dapat juga menggunakan kapal katinting dengan kapasitas 20 orang dengan harga sewa Rp 500.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Saronde

Aktivitas di Pulau Saronde
Image Credit: Google Maps (Alana Sastra Khairiyah Paino)

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Saronde. Karena itu, Anda akan perlu waktu beberapa hari untuk menikmati banyak kegiatan. Liburan Anda di pulau ini akan sangat seru dan berkesan. Didukung juga dengan berbagai fasilitas dan sarana yang tersedia di kawasan ini sehingga Anda dapat lebih betah menghabiskan waktu berlama-lama di Saronde.

1. Snorkeling

Kegiatan ini tidak boleh terlewat jika berada di Saronde. Banyak titik dengan pemandangan terumbu karang yang sangat indah. Anda juga dapat berenang bersama ikan-ikan yang cantik berwarna-warni. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk melakukan kegiatan ini. Jika Anda berada di kawasan ini, Anda juga harus mencobanya.

2. Berenang

Selain snorkeling, Anda juga dapat berenang. Di bibir pantai, perairan tidak terlalu dalam sehingga kegiatan ini banyak dilakukan oleh pengunjung. Selain itu, ombaknya juga tenang sehingga Anda dapat berenang sepuasnya tanpa perlu khawatir terbawa ombak.

3. Menikmati Pemandangan

Menyajikan pemandangan yang indah, wisatawan dapat berjalan menyusuri pulau untuk menikmatinya. Anda juga dapat menyusuri jembatan-jembatan kayu. Dari atas jembatan, Anda dapat melihat laut jauh lebih dekat. Jika Anda datang saat matahari terbenam, maka pemandangan akan jauh lebih indah sehingga Anda dapat menikmatinya. Juga saat malam hari ketika suasana menjadi lebih romantis.

Aktivitas Seru di Pulau Saronde
Image Credit: Facebook.com @(Ardy Hidayat)

4. Mengikuti Festival

Jika Anda datang ke Pulau Saronde di saat yang tepat, Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan dalam festival yang diadakan masyarakat setiap tahunnya. Festival ini sangat seru dengan berbagai kegiatan seperti lomba-lomba yang dapat Anda ikuti. Dalam festival ini juga tersedia berbagai makanan khas yang dapat Anda coba.

5. Camping

Terdapat camping ground sehingga Anda dapat melakukan kegiatan berkemah di kawasan ini. Tentu saja kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda juga dapat merasakan bermalam di alam bebas. Anda dapat membangun tenda di antara hutan cemara. Tidak hanya tenda, Anda juga dapat memasang hammock untuk bersantai menikmati suasana pantai.

6. Memancing

Jika Anda hobi memancing, maka kawasan ini sangat tepat untuk melakukan kegiatan ini. Lebih seru lagi karena Anda memancing di atas ketinting. Perairan di sekitar Pulau Saronde merupakan tempat di mana Anda dapat dengan mudah menangkap ikan. Beberapa ikan yang sering didapat para pemancing seperti ikan batu, ikan ruma, dan ikan tuna jika sedang beruntung.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat di Pulau Saronde
Image Credit: Penginapan.net

1. Camping Ground

Bagi pengunjung yang ingin lebih menyatu dengan alam, di kawasan Saronde telah tersedia camping ground untuk mendirikan tenda. Pilihan tempat bermalam ini banyak dipilih terutama bagi para wisatawan yang menyukai suasana alam. Selain itu, dengan bermalam di tenda juga akan menghemat pengeluaran.

2. Saronde Island Resort

Penginapan ini berbentuk cottage-cottage dan banyak menjadi tujuan menginap para wisatawan. Disusun dengan material kayu, desainnya seperti rumah tradisional setempat. Dengan harga sewa sebesar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 saja per malam, fasilitas yang disediakan cukup memadai. Di setiap cottage juga terdapat teras yang langsung menghadap ke pantai dan laut.

3. Cottage Mohinggito

Pilihan penginapan juga bisa di Pulau Mohinggito yang berada tidak jauh dari Saronde. Penginapan di kawasan ini sangat unik karena berbentuk segitiga. Pilihan cottage lainnya juga ada yang di atas laut, jaraknya beberapa meter dari daratan. Ada juga penginapan dengan model rumah biasa dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Saronde

Fasilitas di Pulau Saronde
Image Credit: Google Maps (Pramudiyanto Wadjidi)

Saronde merupakan pulau kecil yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Hal ini karena fasilitas yang diberikan juga memadai untuk pengunjung. Terdapat banyak jembatan-jembatan kayu yang membentang di atas perairan. Tidak hanya sebagai daya tarik, jembatan ini juga dapat dijadikan spot foto atau tempat menikmati keindahan alam.

Kawasan ini juga terjaga kebersihannya sehingga pengunjung merasa nyaman. Ditambah dengan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat atau fun boat. Juga tersedia layanan makan malam romantis jika Anda datang bersama pasangan. Selain itu festival juga diadakan setiap tahun untuk memberikan kesan dan pengalaman bagi pengunjung.

Jika ingin menginap, terdapat juga cottage-cottage yang dapat disewa. Dengan tarif yang cukup memadai, pengunjung dapat menikmati liburan lebih lama dan melakukan berbagai aktivitas seru. Telah disediakan juga kawasan camping ground bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam.

Pulau Saronde merupakan pulau cantik yang mirip dengan Maldives. Mengunjungi pulau ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat cantik dan menawan. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan menarik. Liburan Anda di pulau ini akan terasa mengesankan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending