Pulau Seram Maluku – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Seram Maluku - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Seram salah satu pulau di Maluku yang menyimpan pesona alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi. Memiliki beragam pesona bahari yang belum terjamah dan masih asri.

Biaya Wisata: Mulai Rp 125.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Masohi, Kab. Seram Bagian, Kab. Seram Bagian Barat, Maluku; Map: Cek Lokasi

Pulau Seram yang ada di Kepulauan Maluku memang sangat populer, terlebih lagi di dalam pulau tersebut terdapat Taman Nasional Manusela. Tentu tak heran jika banyak para wisatawan yang penasaran seperti apa penampakan dari pulau eksotis ini. Meskipun menjadi destinasi wisata yang cukup populer, namun nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pulau tersebut.

Terdapat banyak sekali keunikan yang bisa didapatkan ketika memasuki Pulau Seram. Yang tentu saja tidak akan didapatkan ketika datang ke pulau lainnya. Dan dengan keunikan inilah Indonesia bagian timur kerap kali menjadi kunjungan bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Taman Nasional Manusela yang berada di pulau ini memiliki luas sekitar 189.000 hektar. yang mana ketika para wisatawan ingin menjelajahi destinasi wisata ini, tentu tidak akan cukup hanya satu hari saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Seram Maluku

Daya Tarik Pulau Seram
Image Credit: Google Maps (Agusanto Anto)

Daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini dapat dilihat dari keindahan alamnya. Kondisi alamnya masih sangat asri dan sangat pas apabila menjadi destinasi wisata bersama dengan sahabat. Sebab, Anda akan melakukan eksplorasi yang seru di Pulau Seram.

1. Memiliki Taman Nasional Terkenal

Taman Nasional manusela sendiri merupakan gabungan yang berasal dari dua cagar alam yakni Wae Nua dan juga Wae Mual. dapat dikatakan taman Nasional ini sangat luas apalagi dengan kekayaan alamnya. Kemudian terdapat panorama indah yang pastinya sudah terkenal sampai mancanegara.

BACA:  Pulau Peucang Pandeglang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Terdapat Pegunungan dan Bukit Kecil

Untuk Anda yang merupakan pecinta hiking, terdapat kawasan pegunungan dan bukit kecil yang bisa didaki. Salah satu gunung yang paling populer bagi para pecinta kucing adalah Gunung Binaiya. Gunung ini sendiri berada di tengah pulau.

3. Adanya Pesisir Hutan Bakau

Di dalam Pulau Seram tersebut juga terdapat salah satu tempat wisata yang cukup menarik yakni pesisir hutan bakau. Untuk lokasi ini sendiri juga sering digunakan menjadi spot berfoto bagi beberapa wisatawan.

4. Flora dan Fauna Khas Maluku

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pulau Seram terdapat flora dan fauna khas dari Maluku. Contohnya saja seperti Ketapang, beringin, bakau, eucalyptus, dan juga terdapat Cemara laut. Sedangkan untuk fauna sendiri cukup banyak dimulai dari burung kasturi, burung kasuari, burung nuri, burung kakak tua, kemudian terdapat rusa dan juga musang.

Keberadaan dari flora dan fauna ini telah dilindungi secara langsung di bawah undang-undang yang melarang bagi siapapun untuk melakukan pemburuan di Taman Nasional Manusela.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Seram

Lokasi Pulau Seram
Image Credit: Instagram.com @edal_namakule

Pulau Seram ini terletak di bagian sebelah utara Pulau Ambon, Maluku. Pulau ini mempunyai beberapa pelabuhan yang yang di antaranya terdapat Pelabuhan Masohi, Pelabuhan Kairatu dan juga beberapa pelabuhan lainnya.

Untuk bisa berkunjung ke pulau cantik di Maluku Utara tersebut maka dari Jakarta Anda bisa melakukan penerbangan menuju Makassar. Kemudian Anda melakukan penerbangan lagi sampai ke Bandara Pattimura yang ada di Ambon.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan menaiki mobil kurang lebih selama 1 jam untuk bisa menuju ke Pelabuhan Tulehu. Kemudian akan lanjut menaiki kapal cepat sampai pada akhirnya di Pelabuhan Masohi, Pulau Seram.

Biaya Wisata ke Pulau Seram Maluku

Biaya Wisata ke Pulau Seram
Image Credit: Google Maps (Vincensius Surya)

Mengenai masalah biaya memang wajib dipersiapkan, apalagi destinasi wisata yang ditempuh berada di bagian timur Indonesia. Sebetulnya untuk bisa masuk ke dalam Pulau Seram sendiri sama sekali tidak dipungut biaya namun terdapat hal yang mewajibkan Anda membayar seperti halnya menaiki pesawat untuk bisa di Ambon.

Kemudian Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk menaiki kapal feri. Umumnya untuk menaiki kapal feri ini terdapat 2 jenis untuk tarifnya, yakni VIP dengan harga Rp 260.000 sedangkan untuk kelas ekonomi dengan harga Rp 125.000. Kapal feri ini tergolong cepat dalam perjalanan sebab biasanya dari penginapan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

BACA:  Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Seram

Image Credit: Instagram.com @meniksuyani

1. Menikmati Heningnya Malam Dengan Keremangan Cahaya Lampu

Pantai Ora yang berada di pulau ini memang ketika malam hari akan sangat hening. Tentu suasana yang seperti ini akan sangat pas untuk bisa menghilangkan rasa sumpek selama bekerja. Di pantai ini para wisatawan tidak akan ada yang mengganggu karena hanya ada suara deburan ombak beserta hembusan angin malam.

Dengan kondisi lampu lampu temaram yang dipasang pada lokasi pantai, tentu akan bisa menambah suasana romantis bagi para wisatawan yang berpasangan.

2. Berjalan Kaki di Atas Pasir Putih

Ketika Anda di Pulau Seram ini, saat pagi hari akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dan juga air laut yang sangat indah. Tentu hal ini akan sangat berbeda ketika Anda masih berada di perkotaan.

Dengan kesejukan yang sangat alami, adanya embun pagi akan membuat suasana hati tampak lebih baik. Di Pulau ini Anda bisa berjalan-jalan di pantai ora yang memiliki pasir putih bersih. Ada juga bisa melakukan olahraga jogging di pantai ini.

3. Snorkeling di Area Taman Karang

Kejernihan dari laut yang ada di pantai ora tersebut menjadikan karang yang ada didalamnya dapat dilihat secara langsung. Sehingga pada bagian area pantai seringkali disebut sebagai taman karang.

Para wisatawan juga bisa melakukan snorkling, agar dapat melihat lebih dekat bagaimana terumbu karang yang ada di pantai tersebut. Dengan adanya kegiatan snorkeling ini pastinya akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di Pulau Seram Maluku.

4. Melakukan Pendakian di Gunung Binaiya

Bagi beberapa orang melakukan pendakian adalah suatu hal yang menyenangkan. Untuk itu ketika datang ke pulau eksotis ini akan sangat disayangkan ketika tidak melakukan pendakian di Gunung Binaya. Gunung ini terletak di bagian tengah pulau, sehingga untuk menuju ke gunung binaya tidak akan terlalu jauh dari penginapan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Seram

Penginapan Pulau Seram
Image Credit: Instagram.com @meniksuyani

1. Penginapan Ora Sunrise View

Untuk yang pertama ini merupakan penginapan yang bernama Ora Sunrise View, yang mana penginapan ini berada di seram utara barat. Untuk masalah harga tentu akan sangat sebanding dengan fasilitas yang diperoleh. Penginapan ini menawarkan view yang sangat cantik sehingga siapapun para pengunjung yang menginap di penginapan ini akan sangat betah.

Apa lagi di penginapan ini Anda bisa melihat pemandangan sunrise dan juga sunset. Pemandangan ini akan Anda dapatkan hanya dengan menginap di sini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Ambon yang Paling Hits

2. Penginapan Nusa Nalan Beach Resort

Untuk penginapan yang kedua berada di Saleman, Kabupaten Maluku Tengah. Biaya per malamnya juga sangat terjangkau, dan sangat cocok untuk Anda yang tengah hanimun di Pulau Seram.

Untuk menu makanan yang disediakan biasanya berbahan ikan dengan porsi yang jumbo. Tidak perlu cemas masalah rasanya, karena dijamin akan membuat Anda ketagihan. Pelayanan yang diberikan oleh eh pihak penginapan juga sangat ramah dan baik. Apalagi dengan kondisi kamar dan penginapan yang sangat bersih.

3. Penginapan Hotel Amboina PIRU

Untuk penginapan yang ketiga ini memiliki nilai plus karena lokasinya yang sangat strategis. hotel ini sendiri memiliki jarak yang cukup dekat dengan Pulau Seram Maluku dan beberapa destinasi wisata lainnya. Untuk fasilitas yang diberikan seperti AC pada setiap kamar serta air panas untuk mandi malam. Kondisi dari kamar juga sangat bersih.

4. Penginapan Air Belanda Resort

Untuk yang terakhir ini merupakan penginapan yang cukup memiliki rating tinggi, karena menjadi penginapan yang sangat nyaman bagi para wisatawan. Dengan pemandangan karang beserta pantai tentu membuat siapa saja akan betah ketika menginap di sini.

Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk menginap. Karena memiliki pelayanan yang ramah serta akomodatif.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Seram Maluku

Fasilitas Pulau Seram
Image Credit: Google Maps (Dzulfikar Hariez)

1. Terdapat Banyak Sekali Penginapan

Seperti yang telah disebutkan di atas, Jika Pulau Seram Maluku ini memiliki banyak sekali fasilitas dan salah satunya ialah penginapan. Apalagi penginapan yang dimiliki oleh Pulau ini cukup banyak dan hanya tinggal pilih sesuai dengan budget. Sehingga ketika sudah lelah karena menjelajahi pulau, bisa langsung pulang ke penginapan untuk istirahat.

2. Restoran Dengan Menu Lezat

Di Pulau ini juga terdapat restoran dengan menu-menu yang lezat. Umumnya bahan utama dari menu ini adalah ikan laut yang diolah khas seperti masakan Maluku. Pastinya semua menu tersebut akan menggugah selera Anda.

3. Jasa Penyewaan Kapal

Jika ingin menikmati keindahan lautnya maka bisa menyewa kapal, dengan harga terjangkau untuk beberapa orang. Anda bisa dengan santai menikmati keindahan alam yang dan melihat matahari terbenam di tengah laut dengan menggunakan kapal.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai Pulau Seram Maluku. Jangan lupa menyiapkan budget untuk bisa menyewa kapal dan penginapan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen liburan tersebut bersama dengan keluarga tersayang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending