10 Wisata Pantai di Flores yang Paling Hits

Wisata Pantai Flores

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Flores, Nusa Tenggara Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan yang Berkesan.

Nusa Tenggara Timur (NTT) memang dikenal menawarkan sejumlah pesona alam yang mengagumkan. Terutama keindahan pantainya yang akan membuat siapa pun ingin berlama-lama ketika berada di sana, seperti pantai yang ada di Flores. Anda bisa menikmati berbagai macam pesona alam yang memukau dari kontur pantai yang unik seperti pasir putih, air laut yang bening, serta keasrian alamnya.

Ada beberapa pantai yang menjadi andalan bagi wisatawan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, berikut deretan wisata pantai terbaik di Flores yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Koka

Pantai Koka
Image Credit: Twitter.com  @candranilaf

Salah satu pantai yang menjadi andalan wisatawan lokal maupun luar daerah adalah pantai Koka. Pesona alam yang memukau di pantai ini yang menjadikannya sangat populer. Air jernih berwarna biru tosca, bukit yang ada di sekitarnya, serta pasir putih halus menyajikan pemandangan alam yang super indah.

Pantai dengan julukan The Dream Beach ini terletak di Desa, Wolowiro, Kota Maumere, NTT. Pantai Koka menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan berbeda dari pantai yang ada di daerah lainnya. Maka dari itu, pantai ini juga mendapat julukan pulau impian karena keindahan alamnya yang menawan.

Ketika menginjakkan kaki di pantai, Anda akan melihat pantai dikelilingi oleh bukit hijau yang begitu rindang. Selain itu, Anda juga bisa melihat Pantai Koka melengkung seperti membentuk angka tiga dari atas bukit. Ada hal menarik lagi yang bisa Anda dapatkan dari wisata pantai ini, yaitu flora dan fauna yang masih sangat terjaga keasliannya.

Lokasi: Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka.

2. Pantai Neren Watotena

Pantai Neren Watotena
Image Credit: Twitter.com  @okezonenews

Pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Flores adalah Pantai Neren Watotena. Anda bisa sampai ke pantai ini dengan menempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Flores. Untuk melihat keindahannya, Anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu motor dari Larantuka.

Keunikan dari pantai ini tidak berhenti sampai di situ saja, sebab terdapat beberapa keindahan yang bisa Anda nikmati. Salah satunya adalah pantai berpasir putih dengan bebatuan yang cukup banyak. Formasi batuan tersebut menghiasi bibir pantai yang landai dengan kontur pantai yang menawan. Bahkan lekukan batu tersebut ada yang condong ke arah laut dengan memukau.

Pemandangan ini menambah kesan yang indah jika dijadikan sebagai alternatif liburan. Anda bisa menikmati kebersihan pantainya dengan air laut yang bening dan jernih. Selain itu, pasir putih yang berkilau dengan hiasan bebatuan di sepanjang pantai sangatlah tepat jika ingin merasakan kenyamanan dan ketenangan ketika di Flores.

Lokasi: Lewobunga, Kec. Adonara Timur, Kab. Flores Timur.

3. Pantai Oa Flores

Pantai Oa Flores
Image Credit: Instagram.com @nauvalz

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang begitu memukau, Pantai Oa bisa menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pantai yang berada di sebelah selatan Kabupaten Flores Timur ini menyuguhkan hamparan pasir putih dan lembut yang memikat wisatawan saat mengunjunginya.

Tidak hanya itu saja, ombak pantai yang begitu tenang mampu membuat suasana hati Anda bisa menjadi lebih bahagia. Pasalnya, pantai ini masih belum banyak dijamah oleh tangan manusia. Sehingga masih sangat sepi dan tenang jauh dari hiruk pikuk kesibukan kota. Selain itu, pantai ini juga masih terjaga keasriannya karena bersih dari sampah.

Lokasi: Desa Pantai Oa, Kec. Wulanggitang, Kab. Flores Timur.

4. Pantai Penggajawa

Pantai Penggajawa
Image Credit: Instagram.com @purnamaayurizky

Pantai yang satu ini berbeda dengan pantai sebelumnya. Pasalnya, kontur Pantai Penggajawa terdiri dari hamparan pasir merah muda, batuan hijau, dan air laut yang biru. Berbeda dengan pasir pantai lainnya yang berwarna cokelat ataupun hitam, keindahan pantai ini tidak dapat ditemukan di luar daerah Flores. Pantai ini terletak di Desa Penggajawa, Kabupaten Ende, Flores , NTT.

Selain pasir berwarna pink, ada hal menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke pantai ini. Yaitu adalah bebatuan yang tak kalah memukau di sepanjang garis pantai. Hal tersebut semakin mempercantik Pantai Penggajawa. Bayangkan saja bagaimana keindahan yang bisa dirasakan saat berada di pantai ini dengan pesona alam sekitar yang masih begitu asri.

Menjelajahi pantai akan semakin seru dengan bongkahan batu yang bervariasi. Mulai dari batuan hijau tosca, merah, putih, ungu, kuning, bahkan ada yang berwarna warni. Bebatuan tersebut menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung yang datang ke lokasi pantai ini. Karena Anda akan disuguhi berbagai macam bentuk dan pola dari batuan tersebut.

Lokasi: Penggajawa, Kec. Nangapanda, Kab. Ende.

5. Pantai Mbuu

Pantai Mbuu
Image Credit: Facebook.com @yosef nganggo

Pantai Mbuu merupakan deretan tempat wisata pantai cantik yang berada di Flores. Pantai ini berada di Kabupaten Ende, dan sering disebut dengan Pantai Nanganesa karena memang berada di Kelurahan Nagasesa. Jika Anda berasal dari luar daerah dan menggunakan pesawat sebagai alat transportasi, maka pantai ini menjadi destinasi wisata yang tepat.

Pasalnya, lokasi wisata alam ini berada dua belakang Bandara H Hasan Aroeboesman Ende. Jadi, akan sangat memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Sedangkan jika ditempuh dari pusat Kota Ende, berjarak sekitar 5 km dan dapat ditempuh selama 15 menit. Karena jalannya sudah beraspal, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan bermotor untuk sampai.

Kemudahan akses untuk menuju lokasi membuat banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Pemandangan laut yang memukau dan semilir angin laut yang begitu menenangkan, menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati bagi wisatawan lokal maupun luar daerah saat berada di Pantai Mbuu.

Lokasi: Wolotopo, Kec. Ndona, Kab. Ende.

6. Pink Beach Flores

Pink Beach Flores
Image Credit: Twitter.com @wanuaadv_id

Pink Beach merupakan salah wisata alam yang dapat Anda temukan di Taman Nasional Komodo, NTT. Pantai dengan sebutan merah ini memiliki pemandangan yang begitu memukau dengan birunya air laut, hamparan pasir berwarna merah muda, dan deretan pepohonan rindang yang ada di sekitarnya. Hal tersebut membuat pesona alamnya tak tertandingi.

Warna pink pada pasir pantai ini tidak hanya pada satu titik saja, tetapi bisa dilihat dari sepanjang garis pantai Pulau Komodo. Warna merah tersebut membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga percampuran antara koral merah dan pasir kristal putih yang menyebabkan warnanya berbeda.

Pantai ini juga menjadi salah satu rumah bagi berbagai jenis ikan, batuan karang, dan biota laut lainnya yang hidup di sini. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu kegiatan di pantai merah muda dengan aktivitas snorkeling dan diving. Keindahan memukau ini tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berada di Flores.

Namun, ada beberapa aturan untuk mengunjungi Pantai Merah yang satu ini. Salah satunya adalah kapal tidak boleh mendekati bibir pantai. Hal tersebut agar menjaga keasrian koral agar tetap baik. Warna air yang jernih membuat terumbu karang dan ikan terlihat dengan jelas meski Anda hanya berjalan di sepanjang pantai.

Lokasi: Pulau Komodo, Kab. Flores Barat.

7. Pantai Painhaka

Pantai Painhaka
Image Credit: Facebook.com @joddy felix

Pantai Painhaka menjadi salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar dan wisatawan luar daerah. Air laut pantai ini sangat tenang dan juga jernih. Selain menawarkan keindahan pantai, di lokasi wisata ini juga memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, Pantai Painhaka merupakan tempat penelitian dan penggalian tulang manusia yang berusia 200 tahun.

Jika ingin mengunjungi lokasi wisata pantai ini, Anda bisa datang ke Desa Waibau, Kecamatan Tanjung Bunga. Selain itu, Anda bisa menempuh dari Larantuka dengan menggunakan transportasi laut atau pun darat. Jaraknya hanya sekitar 2, 5 jam perjalanan dari pusat kota.

Lokasi: Desa Waibao, Kec. Tanjung Bunga, Kab. Flores Timur.

8. Pantai Watohari

Pantai Watohari
Image Credit: Instagram.com @hafiz_solor

Pantai yang satu ini merupakan sebuah pantai yang berpasir putih sepanjang 500 meter dan lebar sekitar 30 hingga 50 meter. Kontur pantainya sangat unik karena berpasir halus, air laut yang berbuih putih, serta ditumbuhi tanaman jenis pandan di sepanjang pantai. Ketika berada di pantai ini Anda akan menemukan keunikan lainnya.

Yang menjadi daya tarik khusus di Pantai Watohari terdapat dua buah batu berwarna hitam. Konon batu tersebut merupakan perubahan wujud dua kakak beradik yang muncul dari laut pada malam hari. Legenda menyebutkan bahwa kedua kakak beradik tersebut berubah menjadi batu setelah mendengar kokok ayam jantan di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Wera Wutun, Watohari, Kec. Solor Timur, Kab. Flores Timur.

9. Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga
Image Credit: Facebook.com @fan lewerang

Pantai Tanjung Bunga terletak di bagian Timur Flores yang berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Larantuka. Keindahan pantai yang memukau bisa Anda nikmati dengan pemandangan batu karang yang membentang di sekitar pantai. Selain itu, Anda bisa menikmati panorama sunset, menyelam, berjemur, bahkan bersantai bersama keluarga di pantai ini.

Lokasi: Waibao, Kec. Tanjung Bunga, Kab. Flores Timur.

10. Pantai Kahale

Pantai Kahale
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Pantai Kahale merupakan wisata alam yang terletak di Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang lembut, deretan pohon bakau, dan pohon kelapa di sepanjang garis pantai. Hal tersebut menambah kesan eksotis ketika berada di pantai yang indah dan menawan seperti ini.

Lokasi: Kec. Tanjung Bunga, Kab. Flores Timur.

Itulah beberapa wisata pantai paling populer di Flores yang bisa Anda kunjungi. Keindahan alam yang menakjubkan tidak bisa dipungkiri ketika berada di pantai tersebut. Pasalnya, kontur pantai yang terdiri dari pasir putih, bebatuan alami, biota laut yang masih terjaga, membuat pantai di Flores sangat patut untuk dikunjungi.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending