Air Terjun Badorai, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Agam

Air Terjun Badorai, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Agam
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Sungai Pua, Kec. Sungai Pua, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Agam memang merupakan salah satu tempat yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang selalu berhasil menyuguhkan keindahan alam. Ada banyak sekali tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di sana, salah satunya yaitu Air Terjun Badorai. Air terjun tersebut adalah salah satu objek wisata populer dan cukup digemari di Kota Agam.

Selain itu, di tempat inilah nantinya Anda dapat menyaksikan keagungan dan keindahan dari Gunung Singgalang yang merupakan salah satu panorama alam indah di kabupaten tersebut. Objek wisata ini memang berada di kaki Gunung Merapi, karena itu kondisi di tempat tersebut masih sangat alami.

Ketika liburan tiba, tidak sedikit pengunjung yang menjadikan Air Terjun Badorai sebagai destinasi wisata. Maka dari itulah, bagi Anda yang kebetulan berada di Kabupaten Agam, maka jangan sia-siakan kesempatan. Anda beserta dengan keluarga harus menyempatkan waktu datang ke tempat ini, liburan Anda akan terasa semakin seru saat berada di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Badorai

Daya Tarik Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Bayu Sa

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Ada banyak sekali daya tarik dan keindahan yang membuat Air Terjun Badorai menjadi salah satu tempat wisata populer dan favorit. Sekalipun tidak sepopuler air terjun lainnya dan tidak seramai tempat-tempat wisata di Kabupaten Agam yang lain, namun tempat ini memiliki keindahannya sendiri.

Salah satu daya tariknya tersebut adalah air terjun ini memiliki 3 tingkat. Untuk tinggi air terjun di tingkat pertama dan tingkat kedua mencapai 20 meter, serta memiliki arus yang cukup ringan. Sedangkan untuk di tingkat yang ketiga, tinggi air terjun sendiri mencapai 50 meter serta memiliki arus yang cukup deras.

Ketiga tingkat air terjun ini terbentuk oleh karena proses alam yang terjadi secara kebetulan. Untuk tingkat 1 sendiri disebabkan oleh patahan yang ada di bagian dinding, sedangkan di bagian tingkat 2 dan juga 3 terbentuk oleh karena lapisan bawah yang digerus air sungai. Keindahan tersebutlah yang membuat pengunjung tertarik untuk mendatangi tempat ini.

2. Jalur Tracking

Perlu untuk Anda ketahui, Air Terjun Badorai memang sangat cocok bagi Anda yang merupakan penghobi tracking. Tracking memang menjadi aktivitas yang perlu dan wajib untuk dilakukan jika Anda ingin berada di lokasi air terjun tersebut.

Nantinya kegiatan tracking akan dimulai melalui area perkampungan di mana pengunjung nantinya akan menitipkan kendaraan mereka. Durasi untuk melakukan tracking tersebut tidak begitu lama, yaitu hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit hingga 30 menit. Dan hal itu tentunya sangat tergantung pada stamina dari para pengunjung sendiri.

Medan tracking untuk menuju ke wilayah Air Terjun Badorai dapat dikatakan relatif mudah. Selain itu, ketika Anda mengunjungi tempat tersebut nantinya akan melewati beberapa kebun milik warga setempat. Anda juga akan melewati beberapa jalanan yang sudah cukup bagus. Namun, terdapat juga beberapa tanjakan yang tajam ketika Anda hendak sampai di lokasi wisata.

3. Beragam Spot Foto

Latar belakang air terjun yang begitu deras dengan keindahan air terjun tiga tingkat merupakan sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Banyak sekali yang mengabadikan momen ketika mereka berada di sana.

Ketinggian dari air terjun sendiri mencapai 50 meter dan pastinya hal itu akan menjadi kenangan terbaik ketika Anda mengabadikannya dalam jepretan kamera. Wajar saja jika tempat tersebut banyak dilirik oleh para pengunjung, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps ucok kaleng

Air Terjun Badorai berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya yaitu di Nagari Sungai Pua, Sumatera Barat, Kabupaten Agam. Jika Anda dari arah kota Bukittinggi, maka lokasi wisata bisa ditempuh hanya dalam 30 menit saja, karena memang jaraknya hanya berkisar 10 km saja dari Kota Bukittinggi tersebut.

Jalan untuk menuju ke lokasi wisata sudah cukup baik. Namun untuk mencapai ke wilayah air terjun, maka kendaraan Anda harus dititipkan di area parkir yang dekat dengan perumahan warga. Setelah itu, nantinya Anda perlu berjalan kurang lebih selama 15 menit untuk tiba di air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Rahmat Hidayat

Menikmati hari libur bersama dengan keluarga di Air Terjun Badorai memang merupakan ide yang paling tepat untuk dilakukan. Selain karena keindahan yang ditawarkan oleh tempat tersebut, salah satu daya tarik lainnya yaitu Anda tidak akan dikenakan biaya masuk sama sekali. Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata murah yang recommended bagi Anda.

Untuk biaya parkir sendiri di tempat tersebut cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 saja untuk tiap kendaraan yang Anda bawa.

Untuk jam operasionalnya sendiri, air terjun mulai dibuka pada pukul 08.00 dan akan segera ditutup saat menjelang pukul 14.00 WIB. Anda bebas untuk datang ke lokasi kapanpun Anda mau. Karena memang tempat ini dibuka setiap hari, bahkan ketika hari libur nasional.

Namun pastikan ketika Anda benar-benar berencana menuju ke wisata air terjun ini, Anda memilih waktu yang tepat seperti contohnya hari yang cerah dan tidak mendung. Hal itu dilakukan supaya liburan Anda di tempat tersebut tidak terganggu oleh turunnya hujan.

Selain itu, ketika Anda datang pada musim hujan, maka jalanan di tempat tersebut cenderung licin, maka dari itulah, sebaiknya Anda memilih waktu yang benar-benar tepat.

Aktivitas Seru di Air Terjun Badorai

Aktivitas Seru Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Alhadid Gucci

1. Berenang dan Mandi

Mandi dan berenang di air terjun tiga tingkat adalah aktivitas menarik. Perlu untuk Anda ketahui, di Air Terjun Badorai terdapat kolam alami yang mana dijadikan sebagai tempat menampung aliran air. Kedalaman dari kolam tersebut yaitu sepinggang orang dewasa.

Di sanalah nantinya Anda bisa berenang, mandi ataupun sekedar berendam. Aktivitas tersebut tentu akan sangat menyenangkan sekali, terlebih jika Anda melakukannya ketika hari tengah terik. Bagian dasar dari kolam tersebut merupakan area berbatu, sehingga perlu menjadi perhatian wisatawan saat mereka tengah mandi di sana.

Sekalipun memiliki suguhan pemandangan yang begitu elok nyatanya tempat tersebut memang masih cukup sepi dan tidak terlalu padat dikunjungi. Karena itulah, saat berada disana Anda akan lebih leluasa lagi menikmati pesona dari air terjun dan juga bermain sepuasnya di area kolam air terjun tersebut.

2. Bersantai

Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa Air Terjun Badorai menjadi salah satu wisata yang cukup sepi karena itulah tempat ini sangat tenang. Selain sepi oleh pengunjung, tempat tersebut juga masih sangat alami, sehingga Anda akan merasakan udara yang benar-benar sejuk. Karena itu, aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di sana yaitu bersantai.

3. Bermain Perosotan

Di tempat ini terdapat banyak sekali bebatuan besar dan hal tersebut menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang wisatawan yang datang menggunakan bebatuan besar untuk dijadikan sebagai area perosotan.

Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sangat menghibur sekali selama berada di sana. Terlebih jika Anda kebetulan membawa buah hati Anda ke sini, maka pasti mereka akan merasa betah dan terhibur sekali dengan adanya perosotan menggunakan batu besar tersebut.

Aktivitas Seru di Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Bayu Sa

4. Berburu Foto

Aktivitas tersebut wajib dilakukan selama Anda berada di Air Terjun Badorai. Karena memang tempat ini menyuguhkan daya tarik tersendiri dan pastinya ada banyak sekali spot foto instagramable yang tak boleh Anda sia-siakan.

5. Bersepeda

Aktivitas yang terakhir juga tidak boleh untuk dilewatkan yaitu bersepeda. Bersepeda ini jadi alternatif bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi air terjun tanpa harus berjalan kaki. Medan yang perlu untuk Anda lalui memang tidak terlalu sulit.

Pengunjung yang memakai sepeda sangat disarankan untuk memakai alas kaki berupa sandal gunung. Hal itu dilakukan agar nantinya Anda lebih mudah ketika melewati medan yang mana beberapa merupakan kawasan berair.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Arrahman Hajir

Air Terjun Badorai tersebut memang merupakan salah satu tempat wisata yang hingga saat ini masih belum dikelola secara optimal. Karena itulah, untuk menemukan fasilitas di wilayah air terjun memang relatif susah untuk dilakukan.

Namun, meski begitu Anda masih bisa menemukan beberapa fasilitas umum untuk melakukan beragam kegiatan. Terdapat kamar kecil yang bisa Anda gunakan selama berada di sana. Selain itu, fasilitas lain yang disediakan yaitu mushola dan area parkir yang cukup aman serta luas.

Anda yang kebetulan tidak membawa bekal makanan dari rumah, maka tidak perlu khawatir karena di tempat ini telah tersedia warung yang menyajikan beragam menu nikmat. Pastikan pula selama berada di tempat wisata Anda benar-benar menjaga kebersihan.

Berkunjung ke Air Terjun Badorai selama liburan tiba merupakan sesuatu yang sangat recommended untuk Anda lakukan. Terlebih jika Anda datang ke tempat tersebut bersama dengan keluarga, maka banyak sekali keseruan yang bisa Anda dapatkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending