Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Eksotis dengan Spot Foto Keren di Magelang

Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Eksotis dengan Spot Foto Keren di Magelang
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wonolelo Kedung Kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Saat penat oleh pekerjaan atau belajar melanda, tentu solusi terbaik adalah berlibur. Liburan dengan nuansa alam sangat cocok untuk melepaskan penat setelah beraktivitas. Salah satu destinasi wisata alam seru yang bisa dicoba adalah Air Terjun Kedung Kayang.

Termasuk sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah, destinasi wisata alam ini menyajikan pesona alam yang begitu indah. Tidak hanya pesona alam saja, wisata keren ini juga menawarkan sport-spot foto yang sangat instagrammable. Wisata cantik pasti ini akan menjadi surganya hunting foto bagi para pecinta fotografi.

Meskipun Air Terjun Kedung Kayang ini belum terlalu populer di kalangan para wisatawan, namun panorama alamnya berani diadu dengan destinasi wisata lain yang lebih dahulu tenar. Landscap alam yang tiada duanya akan membuat siapapun terpesona dibuatnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Instagram JOGJA ISTIMEWA

Banyaknya pengunjung yang mengunggah foto setelah berlibur ke Air Terjun Kedung Kayang membuat banyak wisatawan penasaran untuk datang dan melihat langsung panorama alam air terjun keren ini. Tidak heran jika keindahan dan keunikan yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri hingga viral di sosial media.

1. Pemandangan yang Menawan

Debit air yang begitu deras jatuh ke bawah ditambah hijaunya rumput dan pohon yang mengelilingi air terjun semakin mempercantik panorama alam disini. Tidak hanya sampai disitu saja, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dari atas air terjun yang sungguh menawan.

Latar belakang air terjun yang berupa Gunung Merapi dan Merbabu menciptakan lukisan yang begitu indah. Ketinggian yang dimilikinya membuat para pengunjung dapat menikmati landscap pemandangan di area air terjun.

2. Air Terjun yang Mempesona

Keunikan dari destinasi hits ini adalah anda bisa menikmati keindahan air terjun dari dua sisi. Bagi anda yang ingin menikmati panorama dengan landscap yang lebih luas, anda bisa melihat air terjun dari atas. Jika anda anda ingin menikmati air terjun lebih dekat lagi, anda bisa melalui jalur bawah.

Dari manapun anda menikmati pesona Air Terjun Kedung Kayang tidak akan berkurang ataupun berubah. Pemandangan air terjun dari atas sungguh akan memukau siapa saja yang melihatnya. Air terjun yang menghempas ke bawah dikelilingi dengan panorama alam pegunungan kian membuatnya mempesona.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Facebook Fredericus Ery

3. Spot Foto Instagramable

Eksotisme panorama alam yang ditawarkan destinasi wisata kece ini jelas membuat para pengunjung sibuk berburu foto terbaik disini. Pesona air terjun yang dapat dinikmati dari dua sisi, yakni dari atas atau bawah bisa menjadi referensi anda untuk mencari angel terbaik saat berfoto disini.

Tidak perlu khawatir akan kehabisan spot foto disini, karena setiap sudut dari tempat wisata ini menyajikan sport-spot foto yang cantik dan unik. Berfoto dengan background air terjun dan gunung-gunung di belakangnya tentu akan membuat hasil jepretan anda semakin estetis.

4. Kolam Air Terjun yang Jernih

Mata air yang mengalir dari kedua gunung di belakangnya membuat air terjun ini begitu jernih dan segar. Lingkungan yang masih asri dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia juga menjadi salah satu faktor terjaganya kejernihan air terjun indah ini.

Anda akan melihat kolam di bawah air terjun mengalir begitu bersih dan bening. Jernihnya air di kolam air terjun cantik ini membuat para pengunjung tidak bisa menahan diri untuk berenang di dalamnya.

5. Suasana Sejuk

Berada di area pegunungan membuat suasana di sekitar tempat wisata ini akan terasa lebih sejuk. Semilir angin gunung yang dingin dan desiran air terjun mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan penat anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Google Maps BUDI HARYONO

Air terjun kece ini terletak di atas ketinggian 950 mdpl, dan merupakan aliran dari sungai Gunung Merapi dan Merbabu. Lokasi wisata eksotis ini terletak di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, tepatnya di Desa Wonolelo Kedung Kayang, Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Dari arah Pusat Kota Magelang, anda hanya perlu melewati jalan raya Soekarno Hatta menuju ke arah Blabak. Setibanya di Blabak, teruslah berjalan mengikuti jalanan Blabak hingga bertemu dengan Balai Desa Ketep Pass.

Dari Balai Desa tersebut, lurus sedikit kemudian ambil cabang arah kanan ke Jl Blabak – Boyolali. Selanjutnya, anda cukup mengikuti jalan menuju kawasan air terjun ini.

Jalan menuju ke wisata alam ini cukup berkelok-kelok, sehingga dibutuhkan keahlian yang mumpuni dalam menyetir. Meskipun demikian, jalan menuju tempat wisata terbilang cukup lebar dan aman, sehingga bisa dilalui oleh mobil maupun sepeda motor.

Setelah sampai di lokasi, maka anda harus memarkir kendaraan dan masih harus berjalan menuju air terjun. Dalam perjalanan menuju air terjun, anda akan dipertemukan dengan dua persimpangan jalan, yakni menuju ke spot atas air terjun dan menuju pusat air terjun.

Jika ingin menikmati panorama air terjun dari atas, anda cukup mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia, jalanannya pun tidak terlalu sulit untuk dilewati. Sedangkan, bagi anda yang ingin menikmati air terjun lebih dekat lagi, bisa mengikuti rute bawah yang juga telah disediakan.

Tidak seperti rute atas, untuk sampai di pusat air terjun dibutuhkan tenaga dan nyali yang cukup besar. Bagaimana tidak, jalanan yang cukup terjal akan anda lalui saat menuju ke pusat air terjun ini.

Pertama anda akan melewati jalan setapak yang cukup licin karena lumut di atasnya. setelah berjalan sekitar 10 menit, anda akan dihadapkan dengan sungai yang cukup deras dengan bebatuan besar di dalamnya.

Tidak sampai di situ, setelah melewati sungai, anda akan melewati jalan setapak lagi di pinggir sungai. Ujung jalan setapak ini akan mempertemukan anda dengan sungai terakhir yang harus anda lewati, yang juga merupakan titik terakhir menuju air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram ℜびɮエ || Landscape Enthusiast

Pesona alam yang disuguhkan Air Terjun Kedung Kayang ini dapat anda nikmati dengan biaya yang sangat terjangkau. Sesampainya di tempat parkir wisata, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya ditarik biaya Rp 4.000 saja per orang. Bagi anda yang ingin menikmati pesona air terjun dari atas, maka anda akan ditarik biaya tambahan untuk sewa gardu pandang sebesar Rp 5.000.

Meskipun ada biaya tambahan untuk sewa dan parkir, namun tarif wisata indah ini masih terbilang sangat terjangkau. Dengan dana tidak lebih dari Rp 20.000, anda bisa menikmati keindahan panorama alam di tempat cantik ini sepuas yang anda mau.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

Image Credit: Google Maps dian hermawan

1. Berenang di Aliran Aiir Terjun

Memang belum pas jika bermain ke air terjun namun tidak merasakan kesegaran air di dalamnya. Berenang memang menjadi pilihan terbaik untuk menyempurnakan liburan anda ke air terjun tertinggi ini.

Air terjun yang masih jernih dan segar tentu sangat menggoda siapa saja untuk langsung menceburkan diri. Hembusan angin dan segarnya air terjun mampu menghilangkan lelah selama perjalanan menuju ke air terjun keren ini.

2. Menikmati Panorama Air Terjun

Bagi anda yang lebih suka duduk santai dan menyesapi keindahan alam, maka anda bisa memilih dua spot yang tersedia disini, yakni spot atas air terjun dan spot bawah air terjun. Spot atas tentunya sangat cocok bagi para pecinta keindahan alam yang tidak terlalu suka tantangan.

Untuk menikmati panorama alam dari atas Air Terjun Kedung Kayang, maka anda cukup melewati jalur atas dengan petunjuk arah yang telah ada. Sesampainya di gardu pandang, anda akan langsung disuguhkan lukisan alam yang sangat lengkap dan begitu sempurna.

Dua gunung yang berdiri kokoh di belakang air terjun, hijaunya rumput dan pepohonan serta putihnya air terjun menjadi suguhan panorama alam yang sungguh memukau mata. Anda bisa duduk santai di gardu ini sembari menikmati karya Tuhan dan semilir angin yang membuat diri anda semakin rileks.

Aktivitas Dilakukan Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Google Maps G.A.B. Relu B.

3. Hunting Foto

Berfoto di tempat wisata dan mengunggahnya ke sosial media telah menjadi budaya, khususnya di kalangan kaum millenial. Keindahan panorama alam di Air Terjun Kedung Kayang pasti menjadi surga bagi para kaum millenial.

Tidak heran jika tempat wisata hits ini dipenuhi dengan para kaum millenial untuk berburu foto keren disini. Berbagai titik di tempat wisata hits ini bisa anda jadikan sebagi spot foto yang keren.

Dua spot foto andalan yang dimiliki air terjun cantik ini juga bisa jadi referensi spot foto. Berfoto di dekat air terjun yang akan membuat anda terlihat lebih berani dan percaya diri atau berpose di gardu pandang dengan background lukisan alam yang begitu menawan, keduanya menciptakan hasil foto yang begitu estetik.

4. Berpetualang

Para pecinta alam pasti sangat suka dengan segala bentuk tantangan dan petualangan. Wisata air terjun keren ini bisa anda jadikan referensi berlibur sekaligus memuaskan hasrat berpetualang anda.

Jalur menuju titik air terjun yang cukup terjal dan licin tentu akan menambah keseruan anda dalam berpetualang. Tidak hanya itu, sungai-sungai dengan arus deras dan batu besarnya siap menyambut petualangan anda menuju air terjun.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Kedung kayang
Image Credit: Instagram KOTA SOLO • Sharing Solo Raya

Air Terjun Kedung Kayang yang masih terbilang baru ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi yang cukup jauh dari pemukiman, serta jalanan yang cukup terjal juga menjadi faktor minimnya fasilitas disini.

Namun anda tidak perlu khawatir, wisata alam ini telah menyediakan toilet untuk buang air dan mengganti baju yang basah karena bermain air. Untuk fasilitas kios makanan belum tersedia di tempat ini, jadi anda harus membawa bekal sendiri dari rumah masing-masing.

Meskipun demikian fasilitas jalan menuju pusat air terjun sudah sangat memadai dan kokoh, sehingga aman untuk dilalui. Fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata ini adalah lahan parkir yang cukup luas serta gardu pandang yang bisa anda manfaatkan untuk menikmati landscap panorama air terjun cantik ini.

Suasana alam yang asri ditambah segarnya Air Terjun Kedung Kayang memang terbukti ampuh menenangkan pikiran. Menyesapi indahnya karya Tuhan dan menikmati hembusan angin pegunungan kian menambah syahdu liburan anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending