Air Terjun Pengantin Ngawi – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Air Terjun Pengantin Ngawi - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Pengantin salah satu wisata alam yang kaya pesona di Ngawi, Jawa Timur yang menarik dieksplor. Air terjun yang asri dan romantis di lereng Gunung Lawu sarat dengan mitos.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sabrang, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Indonesia memang tidak pernah habis memberikan daya tarik yang luar biasa. Hal ini dibuktikan puluhan lokasi wisata yang tidak pernah habis untuk dieksplore. Keindahan Indonesia juga bisa dijumpai di Ngawi yang merupakan lokasi dari Air Terjun Pengantin. Air terjun yang satu ini memang kerap kali menjadi tempat wisata incaran untuk menghabiskan liburan.

Bagaimana tidak, lokasinya yang masih berada di pedesaan membuatnya memiliki udara tang begitu sejuk. Tidak lupa pula letaknya yang tepat berada di lereng Gunung Lawu memberi rasa sejuk. Air terjun ini juga menarik dengan keberadaan dua air terjun di satu lokasi. Inilah yang membuat tempat ini juga diselimuti oleh legenda kelanggengan.

Daya tarik yang dimiliki oleh air terjun memukau di Ngawi ini memang seolah dapat menarik perhatian siapa saja. Bukan hal mencengangkan lagi jika setiap tahun pengunjung tempat wisata ini semakin bertambah. Berbagai hal mengenai air terjun akan diulas secara lebih mendalam. Mulai dari aktivitas, fasilitas, hingga akses untuk sampai kesana.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Pengantin

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Pengantin
Image Credit: Twitter.com @sonywihardi

1. Mitos yang Menyelimuti Lokasi Air Terjun

Air Terjun Pengantin memiliki daya tarik yang beragam. Namun, dibalik itu semua nyatanya tempat ini juga menyimpan sebuah mitos yang menarik untuk ditelisik. Mitos tersebut berkenaan dengan keberadaan dua aliran yang saling berjejer layaknya pasangan.

Ada sebuah keyakinan yang beredar bahwa siapapun yang datang berkunjung ke air terjun ini bersama pasangannya, maka hubungan keduanya akan semakin langgeng. Tentunya mitos ini membuat beberapa pasang kekasih berniat untuk mengunjungi air terjun populer di Ngawi tersebut.

Mitos ini juga dilatar belakangi oleh kejadian beberapa tahun sebelumnya. Bahwa banyak cerita yang beredar dari mulut ke mulut, dulu ada sepasang kekasih yang bertandang kesini. Setelah dari air terjun hubungan keduanya semakin awet hingga pelaminan. Tidak heran setiap tahunnya pengunjung wisata alam ini mengalami peningkatan.

BACA:  Pantai Molang Tulungagung, Pantai Cantik yang Memukau

2. Sepasang Air Terjun yang Indah

Air Terjun Pengantin memang memiliki daya tarik lain dari pada yang lain. Di lokasi inilah Anda dapat melihat dua air terjun sekaligus. Pasalnya, tempat ini memang memiliki dua air terjun yang saling berdampingan. Sehingga membuatnya nampak seperti pasangan.

Lebih dari itu, dulu, bagi warga sekitar Air Terjun ini kerap kali menjadi tempat ritual sebelum pernikahan. Jadi pernah ada seorang keturunan dari Adipati Gendingan yang bernama Eyang Galiman. Beliau merupakan seorang tokoh yang turut menyebarkan Islam di tanah Besek, tempat air terjun ini berada.

Sebelum Islam menyebar luas seperti sekarang, warga sekitar air terjun ini melakukan sebuah ritual unik. Di mana ritual tersebut berkenaan dengan daun mantu. Namun dengan hadirnya Eyang Galiman, beliau berpesan bahwa ritual pernikahan haruslah sesuai dengan tatanan keislaman.

Mulai saat itulah Eyang dipercaya sebagai pemimpin setiap ada yang akan melaksanakan pernikahan. Menurut Eyang Galiman sendiri, Air Terjun Pengantin merupakan lambang dari dua orang yang berbeda gender. Sehingga beliau akan meminumkan mata air dari dua sumber air terjun tersebut kepada setiap mempelai.

Daya Tarik Air Terjun Pengantin
Image Credit: Google Maps (Aries Prabowo)

3. Asrinya Suasana Pedesaan

Wisata air hits ini berada di daerah pedesaan, sehingga suasananya pun masih begitu asri. Meski belum ada akses jalan yang memadai. Pemandangan sekitar pasti akan membuat Anda menikmati perjalanan menuju lokasi air terjun. Sehingga yang terasa adalah kesejukan. Apalagi lokasinya yang jauh dari pusat kota, membuat udara pun masih begitu segar.

Persawahan hijau, ditambah dengan pepohonan yang seolah menjadi payung dari alam memberikan kenyamanan tersendiri. Lokasinya juga cocok sekali dijadikan rute untuk bersepeda santai. Nikmati desiran angin yang membuat tubuh rileks seketika.

4. Kesan Romantis di Lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan daerah pegunungan di Ngawi dengan sejuta pesona. Nah, Air Terjun Pengantin sendiri terletak tepat di lereng Gunung Lawu yang memukau itu. Air terjun ini mengalir dari tebing setinggi 12 meter yang pastinya membuat pengunjung terpana.

Karena berasal dari sumber air pegunungan, tidak heran air di sini masih begitu jernih dan segar. Di sekeliling air terjun Anda akan mendapati tumbuhan paku juga rerumputan yang merimbun.

Air Terjun ini kerap kali dinilai sebagai tempat yang romantis. Bagaimana tidak, pesona dua air terjun yang saling berdempetan seolah memiliki makna tersendiri. Sudah banyak berita yang mengatakan bahwa air terjun yang terletak di sebelah kanan disebut sebagai Air Terjun Kakung.

Nama ini disematkan untuk menandakan bahwa ia adalah perwujudan dari seorang lelaki. Di mana airnya yang mengalir deras seolah memberikan kesan ketegasan yang harus dimiliki oleh seorang pria.

Sedangkan untuk air terjun yang di sebelah kiri memiliki sebutan air yang tidak begitu deras. Di mana diibaratkan dengan sikap lemah lembut yang dimiliki seorang wanita.

BACA:  Air Terjun Sikulikap Karo - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Di bawah kedua air terjun ini pengunjung juga bisa menjumpai kolam kecil untuk arena bermain air. Bisa digunakan pula untuk berenang atau sekedar merendam kaki merasakan airnya yang segar.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Pengantin

Alamat Air Terjun Pengantin
Image Credit: Misscantika.com

Dengan berbagai daya tarik serta mitos kelanggengan yang dimiliki oleh Para Terjun Pengantin. Wisata ini kerap dikunjungi oleh pasangan kekasih yang ingin hubungannya awet. Air terjun yang terletak di Besek, Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini memang memiliki daya magis begitu kuat.

Untuk bisa sampai di tempat ini pengunjung harus menempuh beberapa rute perjalanan. Di mana rute tersebut akan membawa Anda menuju lokasi Air Terjun Pengantin yang terkenal indah nan asri itu. Untuk akses lebih cepat Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi saja.

Ada beberapa titik perjalanan yang bisa menjadi alternatif. Yang pertama, jika Anda dari arah Sragen dan Surabaya. Anda dapat menempuh jalur mulai dari SPBU Tinjungan menuju ke daerah Winong. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Sine hingga sampai di Pasar Ngrambe.

Dari sini Anda sudah bisa menempuh jalur menuju SDN Hargomulyo. Tinggal mengikuti petunjuk jalan, maka sampailah Anda di lokasi wisata air terjun ini.

Jalur kedua dimulai dari arah Madiun. Untuk yang menempuh perjalanan dari arah Madiun bisa langsung mengambil rute Ngawi hingga sampai di pasar Ngrambe. Dari lokasi pasar Anda bisa langsung melajukan kendaraan hingga sampai di Desa Hargomulyo. Ikuti jalan hingga sampai ke lokasi Air Terjun Pengantin.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Pengantin

Harga Tiket Air Terjun Pengantin
Image Credit: Twitter.com @ihwan92

Air terjun dengan sejuta pesona yang dimiliki oleh Ngawi memang berhasil memikat siapapun yang datang. Apalagi dengan pesona air terjun kembar sekaligus pemandangan yang indah seolah menjadi perpaduan nyaris sempurna yang diberikan alam.

Selayaknya tempat wisata pada umumnya, pengelola Air Terjun Pengantin juga mematok tarif khusus untuk setiap pengunjung. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, pasalnya harga yang dibanderol masih cukup bersahabat untuk kantong.

Untuk menikmati segala keindahan dari air terjun ini, Anda hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 6000. Dan ternyata, biaya ini sudah termasuk parkir kendaraan. Untuk lokasi parkirnya sendiri sudah memiliki penjaga. Jadi Anda bisa tenang meninggalkan kendaraan di area penitipan yang sudah disediakan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pengantin

Aktivitas Seru di Air Terjun Pengantin
Image Credit: Google Maps (Zainul Qoim)

1. Berenang dan Bermain Air

Saat berwisata ke area air Terjun, tentu kurang afdhol rasanya jika Anda belum mencoba kesegaran air pegunungan. Untuk itu ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di sini yaitu berenang. Berenang akan membuat tubuh rileks dan pikiran pun menjadi tenang.

Apalagi ditambah dengan udara pegunungan yang begitu asri. Lokasinya juga jauh dari kebisingan sehingga cocok untuk Anda uang mendambakan suasana tenang dari alam. Berenanglah di salah satu kolam yang ada di sana. Atau Anda juga bisa mencoba kedua kolam tersebut secara bergiliran. Untuk Anda yang membawa rombongan tentunya kunjungan akan menjadi lebih seru.

BACA:  Pantai Dlodo Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Menikmati Indahnya Alam Pegunungan

Lokasinya yang berada di belantara hutan membuat Air Terjun Pengantin diapit oleh pepohonan yang begitu rindang. Jadi, menikmati keindahan alam di sini bisa menjadi aktivitas yang tepat. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah tebing tinggi hasil karya dari alam. Tidak lupa pula kicauan burung yang seolah memiliki harmoni tersendiri.

Suara dari air yang jatuh ke telaga juga menjadi musik yang indah. Tentunya ini akan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Apalagi jika Anda bersama pasangan, tentu suasana akan semakin romantis. Belum lagi hal-hal lain yang termasuk mitos kelanggengan yang menyelimuti objek wisata ini.

Aktivitas di Air Terjun Pengantin
Image Credit: Twitter.com @ihwan92

3. Bersepeda Santai

Anda memiliki hobi trekking di jalanan terjal? Jika iya, maka lokasi menuju Air Terjun memiliki jalan yang cocok untuk dijadikan area bersepeda. Anda bisa menyewa atau pinjam alat ini kepada warga sekitar.

Tenang saja, warga disini sangat ramah kepada wisatawan. Jadi Anda bisa meminjam sepeda dari mereka untuk digunakan sebagai alat keliling jalanan Air Terjun Pengantin.

Sawah dengan padi yang menguning, perkebunan, serta beberapa lanskap alam yang indah bisa Anda saksikan di sini. Anda juga bisa mencoba trekking ke atas Gunung Lawu agar liburan semakin mengesankan. Air Terjun dengan sejuta pesonanya memang membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pengantin Ngawi

Fasilitas Air Terjun Pengantin Ngawi
Image Credit: Twitter.com @Visit_Ngawi

Untuk sebuah tempat wisata favorit di Ngawi sudah sepatutnya memiliki fasilitas yang menunjang aktivitas pengunjung. Di Air Terjun Pengantin sendiri sudah tersedia fasilitas publik yang cukup memadai.

Mulai dari tempat parkir, toilet hingga tempat makan sudah ada di sini. Bahkan akses menuju lokasi air terjunnya sendiri sudah tersedia gugusan anak tangga yang berjumlah 300 buah.

Anak tangga ini digunakan pengunjung agar bisa sampai si lokasi air terjun. Jadi setelah dari tempat parkir, Anda harus menaiki 300 anak tangga yang telah difasilitasi oleh pengelola tempat. Saat akan pulang, Anda bisa membeli oleh-oleh di toko souvenir dekat lokasi air terjun.

Ada berbagai benda yang berkenaan dengan air terjun, seperti pin, kalung, juga aksesoris lainnya. Puas mengunjungi wisata air ini, Anda bisa bersantap di beberapa rumah makan, nikmati menu khas Jawa Timur yang terkenal lezat.

Berbagai hal mengenai Air Terjun Pengantin di Ngawi membuat kita semakin cinta alam Indonesia. Di mana pesonanya pun tak lekang oleh waktu. Nikmati liburan di air terjun yang memberi kesan seolah menyatu kembali dengan alam.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending