Air Terjun Tegenungan, Pesona Alam Eksotis yang Super Jernih di Gianyar

Air Terjun Tegenungan, Pesona Alam Eksotis yang Super Jernih di Gianyar
Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 06.30-18.30 WIB, Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu objek wisaat bahari yang berada di Pulau Bali. Air terjun ini biasanya menjadi salah satu alternatif liburan bagi orang-orang yang bosan dengan destinasi wisata pantai. Jika Anda salah satunya, siapkan waktu di akhir pekan ini untuk mengunjungi tempat wisata air yang sedang hits akhir-akhir ini.

Mayoritas wisatawan yang berlibur ke Bali biasanya akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Kuta atau di ubud. Karena memang kedua tempat tersebut menawarkan wisata alam yang mempesona tapi dengan sensasi yang berbeda. Wisata di Kuta cocok untuk Anda yang ingin liburan ke pantai sedangkan ubud cocok untuk yang ingin melihat air terjun.

Meski Bali sendiri dikenal sebagai pulau yang kaya dengan pantainya, tapi Air Terjun Tegenungan ini bisa menjadi pilihan Anda saat berlibur ke Bali. Air terjun yang penuh dengan pesona ini memang menarik perhatikan wisatawan tidak hanya domestic saja tapi juga banyak wisatawan dari mancanegara yang tertarik untuk melihat pesona di waterfall ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Tegenungan

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps ESNAWAN Aloysius

1. Menawarkan Pesona Alam yang Indah

Ada banyak sekali keindahan yang bisa Anda temukan saat berada di Air Terjun Tegenungan. Saat berada di objek wisata air ini, Anda akan langsung disuguhkan dengan tempat yang sangat menakjubkan. Air terjun hits ini memiliki arus air yang agak sedikit deras. Tapi meski begitu, pesona yang terbentuk tetap saja menarik perhatian para pengunjung.

Air tejun disini terbentuk dengan cara yang alami. Lokasinya pun ada didalam hutan. Inilah yang membuat Tegenungan menjadi air terjun yang sangat indah dan menawan. Anda juga bisa menemukan terasering yang sangat khas disini.

2. Memiliki Ketinggian 15 Meter

Air terjun yang tengah hits ini ternyata memiliki ketinggian hanya 15 meter saja. Tentu jika dibandingkan dengan air terjun yang lain, air terjun disini tidak begitu tinggi. Meski terbilang pendek, tapi pesonanya tetap tidak kalah indah dengan air terjun lainnya.

Panoramanya yang indah pun bisa dijadikan tempat yang tepat untuk befoto dengan keluarga, teman atau pasangan Anda. Jadi saat berada di tempat wisata ini jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan berfoto karena view yang didapatkan sangat indah dan pastinya instagramable.

3. Memiliki Air yang Sangat Jernih

Daya tarik ketiga yang akan ditemukan wisatawan saat berada di Air Terjun Tegenungan adalah memiliki air yang sangat jernih. Air disini jernih sekali sehingga membuat wisatawan tertarik untuk bermain air atau berendam di bawah air terjun.

Apalagi airnya dingin dan segar. Tapi ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan salah satunya mengunjungi air terjun ini pada saat musim kemarau tiba. Karena ketika kemarau, airnya akan jauh lebih bersih. Berbeda dengan musim hujan dimana airnya tidak terlalu jernih sebab sudah bercampur dengan tanah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tagenungan
Image Credit: Google Maps Bali Cheapest Tours

Air Terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Jika Anda mulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, maka jarak yang harus ditempuh adalah 33 km atau dalam waktu 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Tapi apabila saat ini Anda berada di pusat kota Gianyar, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke air terjun ini hanya 15 menit saja. jika sudah membayar tiket masuk, maka Anda bisa masuk ke dalam dan harus menuruni 200an anak tangga dengan jalan yang cukup curam. Tapi tenang saja, meski licin, tapi anak tangganya sudah dibuat dengan beton.

Selain itu ada pagar pembatas yang akan menjaga keamanan para wisatawan saat menuruni anak tangga. Dari lokasi tempat tiket, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Tapi tenaga yang dibutuhkan harus benar-benar ekstra supaya bisa tiba ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tegenungan

Harga Tiket Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps Дмитрий Золотухин

Apabila ingin berkunjung ke destinasi alam menawan ini, pastikan Anda sudah mengetahui harga tiket masuknya. Jadi untuk dapat masuk ke dalam lokasi wisata, para pengunjung harus mengeluarkan kocek seharga 20 ribu rupiah. Tenang saja, harganya sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan air terjun yang akan Anda temukan nanti.

Selain harga tiket masuknya, Anda juga harus tahu jika Air Terjun Tegenungan ini buka mulai dari 06.30 WIB hingga 18.30 sore. Jika Anda punya banyak waktu, silahkan pergi dari pagi hari supaya bisa lebih lama. Karena banyak sekali aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan saat berada di lokasi wisata hits ini.

Aktivitas yang Seru di Air Terjun Tegenungan

Aktivitas Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps Ignacio Aguirre

1. Berenang di Bawah Air Terjun

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan pengunjung wisata saat berada di Air Terjun Tegenungan. Salah satunya adalah berenang di bawah air terjun. Karena di bawah air terjun terdapat kolam yang airnya didapatkan langsung dari air terjun sehingga airnya sangat jernih dan juga sejuk. Pengunjung bisa melihat bebatuan yang ada di dasar kolam.

Para pengunjung bisa berenang di kolam karena airnya tidak begitu dalam. Hanya saja apabila ingin mendekat nanti harus lebih berhati-jati. Karena beberapa waktu, aliran di air terjun ini bisa sangat deras. Karena itu, ada baiknya saat berenang nanti jangan terlalu dekat air terjun supaya lebih aman.

2. Melihat Pemandangan yang indah

Air terjun yang ada di Bali ini bisa dibilang surga yang tersembunyi. Karena keindahan yang ditawarkan tersembunyi dibalik rindangnya pepohonan. Dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, para pengunjung bisa melihat betapa indahnya air terjun ini jika dilihat dari bawah.

Pada saat air mengalir dengan deras, biasanya air tersebut akan mengenai bebatuan yang ada di sekitarnya. Ini yang membuat pemandangan air terjun tampak seperti berundak-undak. Dan di bagian atasnya terdapat sungai berbatu. Pengunjung bisa duduk di batu-batu tersebut. Tapi harap mencari bagian yang tidak licin jika ingin duduk di bebatuan tersebut.

3. Berfoto-Foto

Jika Anda mengira di Air Terjun Tegenungan ini hanya menawarkan spot air terjun saja, Anda salah. Karena ada banyak spot menarik lain yang bisa dijadikan objek foto. Pihak pengelola secara sengaja membuat banyak tempat indah di area wisata ini supaya menarik perhatian dari wisatawan.

Ada juga ranting pohon yang disusun membentuk sarang burung lengkap dengan kepala burung yang menjadi hiasannya. Anda juga akan menemukan ranting berbentuk hati dan banyak lagi. Semua itu bisa menjadi objek foto yang sangat menarik dan instagramable tentunya.

4. Bermain Ayunan

Dan aktivitas terakhir yang tak kalah seru adalah bermain ayunan. Jadi tidak hanya spot foto yang instagramable saja, di kawasan Air Terjun Tegenungan Anda juga akan menemukan ayunan yang tidak begitu tinggi tapi bisa membuat pengunjung tegang saat berada di atasnya. Pasalnya ayunan tersebut ada di atas tebing.

Tapi keseruan pasti akan dirasakan pada saat berayun di atasnya. Para pengunjung pun bisa berfoto di atas ayunan tersebut dengan latar air terjun yang indah. Saat melakukan kegiatan ini jangan lupa untuk berhati-hati karena tidak ada tali pengamannya.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps Paramveer Singh

Sebagai salah satu tempat wisata yang hits di Bali, Air Terjun Tegenungan memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap. Air terjun ini dikelola dengan baik. Akses menuju lokasi sangat bagus karena anak tangga yang digunakan sudah berpagar besi dan terbuat dari beton sehingga tidak licin.

Selain itu, Anda juga akan menemukan lahan parkir yang cukup luas. Jadi itu artinya jika pergi ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepertinya Anda sudah tidak perlu pusing lagi dimana tempat yang akan digunakan untuk memarkirkan kendaraan tersebut. Untuk menunjang kegiatan wisata sudah ada beberapa spot selfie.

Sedangkan bagi yang ingin mencari makanan atau minuman tenang saja, di dekat objek wisata sudah ada penjual makanan yang menjajakan makanan dengan menu yang beraga, . Bagi yang sedang mencari akomodasi juga tidak masalah karena ada banyak hotel, villa atau homestay yang letaknya tidak begitu jauh dari objek wisata ini.

Air Terjun Tegenungan adalah salah satu objek wisata hits yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali. Banyak pengunjung wisata pergi ke tempat ini saat akhir pekan tiba. Karena selain pemandangan air terjun yang indah, para pengunjung juga bisa menemukan berbagai spot menarik lain yang membuat liburan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending