14 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesona Alam yang Menakjubkan

14 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesona Alam yang Menakjubkan

Indonesia memang memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan tersebar di berbagai daerah. Inilah beberapa air terjun yang dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Air Terjun merupakan salah satu wisata alam di Indonesia yang memiliki banyak peminat di kalangan wisatawan. Karena Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata pegunungan sehingga banyak terdapat wisata Air Terjun. Objek wisata ini sendiri memiliki berbagai macam ketinggian, ada yang dikategorikan rendah, Menengah hingga tertinggi.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa objek wisata air terjun yang dikategorikan sebagai Air Terjun tertinggi dan tersebar di semua daerah Indonesia. Selain memiliki keunikan pada ketinggiannya, objek wisata ini juga sangat diminati karena memiliki pemandangan alam yang indah. Pesona yang dimiliki oleh Air Terjun di Indonesia mampu menarik banyak kalangan wisatawan untuk berkunjung.

Berbicara tentang liburan, di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis objek wisata yang sangat menarik, salah satunya adalah Air Terjun. Objek wisata ini mampu menarik pengunjung karena beberapa faktor seperti, memiliki ketinggian yang bisa dikatakan spektakuler, pemandangan yang indah, hingga suasana yang tenang. Berikut beberapa Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang menarik untuk dieksplor.

1. Air Terjun Curup Tenang

Air Terjun Curup Tenang
Image Credit: Google Maps (Agus Suhendra)

Air terjun pertama yakni Air terjun Curup Tenang yang merupakan salah satu Air terjun yang bisa dikatakan memiliki ketinggian menengah yakni dengan ketinggian 99 meter. Objek wisata ini terletak di daerah Palembang tepatnya di Kabupaten Muara Enim. Objek wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau, dimana alam sekitar begitu alami dan sangat tenang.

Di objek wisata ini Anda bisa bermain Air di pinggiran aliran air terjun dan menikmati sejuknya udara disana. Selain itu Anda juga bisa mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan air terjun ataupun pemandangan sekitar. Memiliki kenangan saat berkunjung kesini memang sangat menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi
Image Credit: Google Maps (Pay Rifa’i)

Berikutnya ada objek wisata yang sama namun memiliki ketinggian yang berbeda, yakni Air Terjun Kabut pelangi yang terletak di Lumajang, Jawa Timur. Perbedaan ketinggian dengan Air Terjun sebelumnya tidak terlalu jauh hanya berbeda 1 meter saja, tepatnya memiliki ketinggian 100 meter namun keindahan alamnya juga bisa di adu dengan objek wisata lain.

BACA:  Air Terjun Madakaripura Probolinggo - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Dari namanya saja objek wisata ini sudah dapat dipastikan bahwa keindahan tempat ini sangat memukau. Ketika beruntung saat berada disini Anda akan melihat pelangi-pelangi di sekitar air terjun, hal tersebut dikarenakan oleh pembiasan percikan air terjun dibiaskan oleh sinar matahari sehingga menciptakan pemandangan yang sangat berestetik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
Image Credit: Google Maps (Dimas Galang)

Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian 105 meter, objek wisata ini terletak di kecamatan Sawahan. Jarak tempat ini dengan kabupaten Nganjuk sekitar 30 menit, bisa dikatakan jarak yang tidak jauh. Bagi Anda yang berasal dari Daerah sekitar Nganjuk bisa mengunjungi tempat ini karena memiliki keindahan lama serta keunikan-keunikan lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke tempat ini, dimana terdapat beberapa peraturan yang harus Anda patuhi di antaranya, karena memiliki ketinggian yang bisa menyebabkan air mengalir sangat deras membuat pengunjung dilarang bermain tepat dibawah aliran air terjun tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sedudo, Hutan, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

4. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot
Image Credit: Google Maps (ryan kido)

Air Terjun dengan ketinggian 100 meter memang sangat banyak di beberapa daerah Indonesia, walaupun ketinggiannya sama dengan objek wisata air terjun lain Air terjun Curup Tenang memiliki beberapa keunikan. Tempat wisata ini terletak di Daerah Sumatera Utara tepatnya di Dusun Sampuransiarimo.

Karena terletak di ketinggian Objek wisata ini memiliki udara yang sangat segar dan suasana yang tenang. Anda akan merasa nyaman ketika berada disini karena selain alamnya yang indah udara yang sejuk serta suara gemercik aliran air mampu membuat pikiran Anda lebih tenang. Tapi perlu di ingat bahwa tetaplah mentaati peraturan yang ada di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Asahan, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Jarakan

Air Terjun Jarakan
Image Credit: Twitter.com @CatallyaID

Berikutnya air terjun yang berada di daerah Jawa Timur, tempat ini memang memiliki banyak sekali objek wisata Air terjun salah satunya adalah Air Terjun Jarakan.

Objek wisata ini memiliki ketinggian 115 meter dan terletak di Kabupaten Magetan. Tempat ini merupakan objek wisata yang di dikelola oleh pemerintah sebagai objek wisata unggulan di daerah tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawil, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

6. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Yuga Pratama Tamba)

Di daerah perbatasan antara Lumajang dan Malang terdapat juga Air Terjun yang sangat menarik, yakni Air terjun Sipiso-piso. Bagi Anda yang berasal dari Lumajang ataupun malang bisa mencoba untuk mengunjunginya, ketinggian dari Air Terjun ini adalah 120 Meter. Tempat ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Coban Sewu.

BACA:  20 Air Terjun di Malang yang Populer & Terindah
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Curug Cipendok

Air Terjun Curug Cipendok
Image Credit: Google Maps (Aiman Rifqi)

Daerah Jawa Tengah juga memiliki objek wisata air terjun unggulan, objek wisata ini bernama Air terjun Curug Cipendok yang berada di Kecamatan Cilongok. Ketinggian dari tempat wisata ini adalah 92 meter, memang tidak terlalu tinggi namun tempat ini memiliki panorama pemandangan yang mampu membuat Anda merasa nyaman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan
Image Credit: Google Maps (Richan)

Objek wisata Air Terjun ini bisa dibilang masih sangat baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Air Terjun Penimbungan berada di daerah Lombok tepatnya Lombok Timur, ketinggian dari objek wisata ini mencapai 100 meter.

Memang keindahan Alam Lombok tidak bisa diragukan lagi, namun rute menuju tempat ini cukup berbahaya karena berada di lereng Gunung Rinjani.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
Image Credit: Google Maps (iwan kurnia)

Air Terjun Moramo merupakan Air terjun tertinggi ke-8 yang Ada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 100 meter. Objek wisata berada di daerah Kendari, meskipun memiliki ketinggian yang sama dengan beberapa Air Terjun lain tetapi tempat ini memiliki keunikan sendiri. Tempat ini tersusun oleh 27 tingkatan yang mencapai 2 Km.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

10. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Google Maps (Rizkie Kurniawan)

Di daerah Malang juga terdapat salah satu Air terjun Tertinggi di Indonesia. Nama tempat wisata ini bernama Air terjun Tumpak Sewu yang ketinggiannya sama dengan Air Terjun Sipo-piso yakni 120 Meter. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau, suasana alami di tempat ini sangatlah terasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

11. Air Terjun Nokan

Air Terjun Nokan
Image Credit: Instagram.com @hasan_sukron

Daerah di Indonesia yang memiliki Air Terjun tertinggi adalah Kalimantan. Di tempat ini terdapat salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal yaitu Air terjun Nokan dengan ketinggian 180 meter. Selain memiliki ketinggian yang menarik dan memiliki dua aliran sehingga sangat menarik untuk dikunjungi ketika berlibur.

BACA:  20 Pantai Pasir Putih Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nanga Menantak, Kec. Ambalau, Kab. Sintang, Kalimantan Barat.

12. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun Payakumbuh
Image Credit: Google Maps (Rini Rianti)

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan air terjun yang tinggi adalah daerah Sumatera. Salah satu objek wisata air terjun yang sangat terkenal karena ketinggiannya adalah Air terjun Payakumbuh yang memiliki ketinggian 150 meter. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan alamnya juga masih sangat asri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

13. Air Terjun Madakaripura

Image Credit: Google Maps (Dewangga Yudistira)

Air Terjun tertinggi ke-2 di Indonesia bernama Air terjun Madakaripura yang terletak di daerah Jawa Timur. Ketinggian Air Terjun ini mencapai 200 meter, objek wisata ini terkenal sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada, selain memiliki keindahan yang sangat memanjakan tempat ini juga sarat dengan nilai sejarah loh.

Anda dapat menikmati deburan air yang mengalir dari ketinggian yang memberikan kesan dramatis, selain itu Pengunjung juga bisa menikmati segarnya aliran air terjun tersebut, dan mengambil kenang-kenangan berupa foto dengan latar belakang aliran air terjun. Namun perlu diingat pengunjung dilarang berada tepat di bawah aliran air terjun karena sangat berbahaya.

Harga Tiket: Rp 22.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

14. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura
Image Credit: Google Maps (DHENIS RI)

Terakhir adalah air terjun yang ada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter yang terletak di daerah Medan. Nama dari objek wisata ini adalah Air terjun Sigura-gura, air yang mengalir di objek wisata ini merupakan aliran dari sungai Asahan yang mengalir dari Danau Toba. Selain memiliki ketinggian yang sangat spektakuler tempat ini juga sangat indah.

Objek wisata ini memiliki pamor yang sangat bagus di kalangan wisatawan baik lokal maupun internasional, pesona alam yang indah menjadi penambah daya tarik tempat ini. pada hari libur tidak Anda akan menemui banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung, sehingga Anda haru pintar-pintar memilih hari bila ingin berkunjung kesini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

Bagaimana apakah masih kurang? Sebenarnya masih sangat banyak objek wisata Air Terjun yang ada di Indonesia dengan ketinggian yang sangat memukau. Namun sebagian besar objek wisata tersebut belum terlalu di ekspos karena berbagai macam kendala. Karena lokasi air terjun yang sangat curam membuat wisatawan kesulitan untuk menuju kesana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending