Coban Sewu, Air Terjun Indah Nan Alami yang Kaya Pesona

Coban Sewu, Air Terjun Indah Nan Alami yang Kaya Pesona
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Coban Sewu adalah salah satu wisata alam terindah di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di dua Kabupaten, yaitu Lumajang dan Malang. Air terjun ini disebut-sebut memiliki pemandangan alam yang luar biasa dan sangat menarik di mata wisatawan.

Salah satu hal paling menarik dari air terjun yang satu ini adalah kemiripannya dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika sana. Banyak wisatawan yang menganggap air terjun ini mirip dengan Niagara Falls alias air terjun Niagara karena sama-sama bertipe tiered atau berlapis-lapis.

Berikut ini adalah informasi lebih lanjut tentang air terjun Coban Sewu atau yang banyak juga dikenal dengan nama air terjun Tumpak Sewu. Ada berbagai informasi yang mungkin akan dibutuhkan wisatawan, termasuk harga tiket masuk, alamat dan rute menuju ke lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Sewu

Daya Tarik Dimiliki Coban Sewu
Image Credit: Twitter.com @sunriseinbromo

Coban Sewu mungkin baru dikenal masyarakat luas sekitar 8-10 tahun yang lalu. Karena masih relatif “baru” untuk ukuran tempat wisata alam, maka daya tarik tempat wisata ini terbilang besar. Berikut hal-hal yang dianggap menarik dari tempat wisata air terjun ini.

1. Air Terjun Asri

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Hal ini membuat air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagi dilihat dari ketinggian. Air terjunnya juga masih asri dan dikelilingi hutan hijau yang sedap dipandang mata.

Air terjun ini juga memiliki tipe tiered atau berlapis-lapis. Seperti yang sudah disinggung tadi, hal ini membuatnya mirip dengan air terjun Niagara. Alhasil, semakin banyak orang yang tertarik datang ke tempat ini untuk berwisata.

2. Suasana Hening dan Sejuk

Tidak seperti tempat wisata kebanyakan, air terjun Tumpak Sewu ini masih terbilang tidak terlalu padat pengunjung. Alhasil, jika datang pada saat sepi, suasana hening dan sejuk akan bisa dinikmati oleh wisatawan.

Hal ini tentunya cocok jika wisatawan memang ingin datang ke tempat di mana mereka bisa melakukan rileksasi dan melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Tempat ini cocok karena memang udaranya sejuk, bersih dan pemandangannya asri.

3. Dikelilingi Tebing Eksotis

Seperti laiknya air terjun, wisata alam ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang terlihat eksotis. Tebing menjulang tinggi dan sekitarnya dikelilingi oleh pohon-pohon dan hutan hijau. Suasanya menjadi sangat indah dan segar untuk dipandang.

Tebing-tebing ini juga menyediakan kesempatan besar bagi penggemar fotografi untuk mengambil gambar-gambar yang indah. Banyak orang yang datang ke spot wisata ini karena tujuan mereka adalah melakukan hunting foto, terutama yang bertema alam.

4. Mirip Niagara Falls

Seperti sudah disebutkan di atas tadi, suasana dan bentuk dari air terjun Tumpak Sewu ini memiliki kemiripan dengan Niagara Falls atau air terjun Niagara yang berlokasi di Amerika Serikat. Keduanya adalah air terjun bertipe tiered atau terlihat seperti berlapis-lapis.

Niagara Falls lebih tinggi dibandingkan Tumpak Sewu. Namun, sekilas memang mirip dan hal ini banyak disadari oleh wisatawan. Jadi, daripada repot-repot dan mahal-mahal ke Amerika Serikat hanya untuk melihat air terjun, Tumpak Sewu sudah lebih dari cukup.

Daya Tarik Coban Sewu
Image Credit: Google Maps (Ivan Permana)

5. Memiliki Banyak Sumber Air

Jika biasanya air terjun hanya berasal dari satu sumber air, maka lain dengan Coban Sewu. Air terjun ini memiliki banyak sumber air sehingga ada lebih dari satu tumpahan air yang jatuh ke bawah dan membuat pemandangannya sangat ini.

Inilah mengapa nama dari air terjun ini memiliki kata “sewu” yang berarti “seribu” di dalamnya. Banyaknya tumpahan air dari atas memang seakan-akan membuat ada ribuan sumber air di belakang air terjun ini, meskipun jelas saja hal ini hanya sekedar kiasan.

6. Berada di Dua Kabupaten Sekaligus

Salah satu hal paling unik dari air terjun yang satu ini adalah lokasinya yang benar-benar berada di dua kabupaten: Malang dan Lumajang. Jadi, ketika kita berada di lokasi wisata ini, kita sedang berada di dua kabupaten sekaligus.

Hal ini juga membuat tempat wisata ini cocok bagi mereka yang sedang traveling di seputaran Malang-Lumajang karena air terjun ini bisa dikunjungi ketika kita tengah berada di Malang maupun di Lumajang.

7. Banyak Spot Instagramable

Anak muda jaman sekarang tidak bisa hidup tanpa mengunggah foto atau informasi terbaru di Instagram atau di media sosial lainnya. Jika butuh stok foto untuk diunggah ke Instagram, Tumpak Sewu bisa menyediakan spot foto yang diklaim Instagramable.

Salah satu spot yang paling sering digunakan untuk foto adalah tangga batu. Tangga batu yang ada di bawah air terjun ini pemandangannya bagus dan memiliki background Coban Sewu. Namun, hati-hati jika ingin foto di sini, ya, karena cukup landai dan licin.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Coban Sewu
Image Credit: Google Maps (Muhamat Cahyo)

Lokasi air terjun ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk bisa datang ke sini, lebih baik gunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum belum banyak yang bisa mengantarkan kita sampai ke lokasi.

Dari Kabupaten Lumajang, kita cukup pergi ke arah barat dan menuju lokasi tugu perbatasan dengan Kabupaten Malang. Di sekitar tugu, akan ada petunjuk arah yang akan mengarahkan kita ke lokasi air terjun ini.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata air terjun ini cukup murah, yaitu sekitar Rp 10.000 saja per orang. Ditambah dengan biaya parkir yang juga tidak terlalu mahal, maka tempat ini terbilang cocok sebagai wisata murah meriah yang patut dipertimbangkan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Coban Sewu

Aktivitas Seru di Coban Sewu
Image Credit: Instagram.com @michaeltimothyhalim

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Coban Sewu. Tempatnya memang sangat indah dan jauh dari hiruk-pikuk suasana perkotaan sehingga bisa menjadi spot liburan yang nyaman dan enak dinikmati suasananya. Berikut daftar hal-hal yang bisa dilakukan di sana.

1. Melihat Pemandangan

Salah satu hal paling simple untuk dilakukan adalah melihat pemandangan. Jika kita memang menyukai pemandangan alam, apalagi pemandangan yang masih asri dan hijau, suasana di sekitar air terjun ini akan memanjakan kita.

Air terjun masih terbilang sangat asri dan natural. Tidak banyak “jejak” hal-hal buatan manusia yang bisa ditemui. Suasananya sejuk, asri dan hijau karena memang sekitar air terjun ini masih dikelilingi hutan dan pohon-pohon alami.

2. Bersantai dan Rileksasi

Bagi yang ingin bersantai dan rileksasi, air terjun Coban Sewu ini bisa menjadi tempat yang cocok. Suasanya memang cukup asri dan yang jelas udaranya sejuk dan bersih. Jika hanya ingin melepas Lelah dan penat, tempat ini cocok untuk melakukannya.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena mereka bosan dan lelah dengan kesibukan sehari-hari sehingga memilih datang ke tempat yang asri dan alami, salah satunya adalah di Tumpak Sewu, tentu saja.

3. Fotografi

Fotografer banyak yang berburu foto berlatar belakang alam yang datang ke Tumpak Sewu. Tempatnya memang sangat indah dan tentu saja layak diabadikan dengan kamera. Tempat ini juga menarik para anak muda untuk melakukan selfie di berbagai sudut Tumpak Sewu.

Jika ingin melakukan selfie atau mengambil foto-foto, pastikan kita melakukannya dengan hati-hati karena meski indah, tempat ini tetaplah wisata alam air terjun yang beberapa areanya licin dan berlumut. Jangan sampai karena keasyikan berfoto, kita mengabaikan keselamatan.

4. Meditasi

Jika datang pada hari-hari biasa (tidak di sekitar bulan-bulan wisata, seperti pertengahan tahun dan akhir tahun), maka suasana hening akan tercipta di sekitar air terjun ini. Yang bisa didengarkan hanyalah suasana percikan air dan burung-burung yang bernyanyi.

Hal ini membuat suasana di Coban Sewu menjadi cocok untuk meditasi. Jika ada yang membutuhkan tempat meditasi di tengah alam dengan udara yang sejuk, bersih dan pemandangan yang asri, air terjun inilah tempatnya.

Aktivitas di Coban Sewu
Image Credit: Instagram.com @fifinmaidarina

5. Rafting

Sungai di bagian bawah air terjun memiliki arus yang tidak terlalu kencang namun masih cukup menantang. Alhasil, olahraga rafting menjadi cukup diminati di sini. Banyak wisatawan yang tertarik menyusuri sungai dan melakukan rafting.

Pengelola tempat wisata menyediakan fasilitas untuk rafting dan kita bisa berkoordinasi dengan mereka apabila menginginkan untuk mencoba kegiatan yang satu ini. Rafting cukup menantang dan bisa memompa adrenalin.

6. Menginap di Homestay

Jika sudah kemalaman atau sudah gelap namun belum ingin beranjak, ada baiknya kita menginap saja di homestay yang berlokasi di sekitar air terjun. Homestay yang ada di lokasi wisata ini dikelola langsung oleh penduduk setempat.

Hasilnya, homestay bisa disewa dengan harga yang tidak terlalu mencekik leher dan sangat cocok bagi backpacker atau orang-orang yang berwisata dengan budget yang tidak terlalu besar.

7. Berkemah

Banyak orang yang menyukai kegiatan outdoor, salah satunya adalah berkemah. Berkemah atau camping bisa dilakukan di Coban Sewu ini. Pengelola tempat wisata mengizinkan hal ini dan mematok biaya sekitar Rp. 35.000 bagi wisatawan untuk mendirikan tenda.

Menghabiskan malam di sini tentunya adalah hal unik dan menarik bagi banyak orang. Suasana malam hari di air terjun ini juga tak kalah indah karena kadang sinar bulan terlihat jelas dan suara percikan air dari air terjun masih akan terdengar hingga malam hari.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Sewu

Fasilitas di Coban Sewu
Image Credit: Google Maps (Achmad Ridwan)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata di Coban Sewu cukup banyak. Ada toilet, toko souvenir dan tempat untuk beribadah yang disediakan di sini. Pengelola juga sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, cocok untuk parkir kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Untuk parkir motor, biasanya wisatawan akan ditarik Rp 2.000 sebagai biaya parkir. Sedangkan untuk roda empat atau mobil, tarif parkirnya adalah sekitar Rp 5.000. Harga ini cukup murah mengingat ini adalah parkir di lokasi wisata.

Fasilitas yang belum tersedia adalah yang terkait dengan kuliner. Belum ada food court atau pedagang makanan di lokasi wisata sehingga disarankan kita membawa bekal sendiri saja jika berkunjung ke tempat ini.

Tadi adalah beberapa informasi penting terkait air terjun yang ada di Jawa Timur ini. Jika sedang berwisata ke Malang atau Lumajang, air terjun yang satu ini memang cocok ada di daftar tempat yang wajib dikunjungi. Tidak ada ruginya datang ke Coban Sewu karena pemandangannya memang indah.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending