Coban Rondo Malang, Wisata Air Terjun yang Eksotis Penuh Misteri

Coban Rondo Malang, Wisata Air Terjun yang Eksotis Penuh Misteri
Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Nama air terjun Coban Rondo mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Objek wisata alam yang terletak di Batu, Malang ini menyimpan pesona yang sulit untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk menyaksikan langsung megahnya air terjun dari pegunungan alami.

Coban Rondo sendiri merupakan nama yang diambil dari bahasa Jawa. Jika diartikan Coban berarti air terjun, sementara Rondo berarti janda. Maka dapat disimpulkan bahwa objek wisata ini adalah air terjun janda. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan karena ada cerita legendaris yang disimpan di balik wisata indah ini.

Di balik keindahan lokasi wisatanya, ada banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan untuk menikmati pemandangan dan menghabiskan waktu. Selain itu, tersedianya fasilitas yang memadai menjadi daya tarik pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rondo

Daya Tarik Dimiliki Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Jason Chen)

1. Suasana yang Asri

Berada di kawasan pegunungan membuat lokasi wisata ini mempunyai suasana yang asri. Hawa yang sejuk akan menyambut pengunjung saat menginjakkan kawasan wisata air terjun. Seperti diketahui, bahwa Malang merupakan kota yang cukup dingin dan hal tersebut akan bertambah dua kali lipat jika berkunjung ke objek wisata satu ini.

Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu khawatir karena suasana di tempat ini tidak dingin seperti yang dibayangkan justru sejuk. Pepohonan pinus dan air terjun mampu menimbulkan semilir angin cukup menangkan. Saat musim liburan tiba, objek wisata ini jauh lebih ramai bahkan lonjakan pengunjung bisa bertambah dua kali lipat.

2. Pemandangan Hijau

Daya tarik selanjutnya adalah pemandangan hijau di sekitar kawasan wisata. Coban Rondo berada di kawasan pegunungan yang alami sehingga kawasan wisata benar-benar hijau dan tidak banyak mengalami perubahan. Berwisata ke tempat indah ini akan membuat pengunjung kembali ke alam yang sebenarnya.

Pemandangan hijau juga tampak dari kebun-kebun di sekitar air terjun yang akan memanjakan pengunjung selama berwisata. Area hijau ini merupakan tempat yang pas untuk menghabiskan momen bersama keluarga dan menghilangkan penat aktivitas sehari-hari.

3. Air Terjun Tinggi dengan Debit Deras

Pesona lain dari air terjun yang terletak di Batu ini adalah ketinggian dan debit airnya yang cukup deras. Adapun ketinggian air terjun tersebut mencapai 84 meter atau sekitar 1.135 mdpl dan debit air sekitar 90-150 liter per detik. Dengan ukuran yang tinggi tersebut maka tidak heran jika debit airnya deras bahkan mampu membasahi pengunjung beberapa meter dari lokasi air terjun.

Selain itu, air yang jernih menjadi ciri khas dari wisata alam ini. Air yang bersih dan jernih khas pegunungan ini akan membuat pengunjung takjub. Objek wisata yang dibuka pada tahun 80-an ini memiliki sumber mata air dari di sisi lereng Gunung Kawi bernama Mata Air Cemoro Mudo.

Daya Tarik Coban Rondo
Image Credit: Facebook.com @kopihitam.me

4. Objek Wisata Penuh Sejarah

Menurut cerita masyarakat terdahulu kawasan Coban Rondo ini berasal dari sepasang pengantin yang baru menikah yaitu Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Konon pasangan tersebut tinggal di lereng Gunung Kawi dimana tempat Dewi Anjarwati berasal. Setelah beberapa hari menikah keduanya memutuskan untuk pergi ke Gunung Arjuno kampung halaman Raden Baron Kusuma.

Sementara itu, menurut adat terdahulu pengantin yang baru menikah tepatnya belum 36 hari maka tidak diperbolehkan keluar atau bepergian jauh. Namun pasangan tersebut tidak mengindahkan peraturan sehingga saat di tengah perjalanan mereka bertemu Joko Lelono yang terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati.

Kemudian Raden Baron Kusuma memerintahkan pasukannya untuk melindungi dan membawa istrinya ke tempat yang aman yaitu di balik air terjun. Setelah itu, Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma bertarung merebutkan Dewi Anjarwati. Namun, naas pertarungan keduanya tidak memberikan hasil karena semuanya tewas dan Dewi Anjarwati tetap menunggu di balik air terjun.

5. Memiliki Beragam Koleksi Satwa

Kawasan wisata alam ini juga mempunyai beragam koleksi satwa yang dilindungi untuk memanjakan pengunjung. Ada beragam jenis satwa yang hidup bebas di alamnya dan pengunjung bisa menyaksikannya secara langsung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Alamat Masuk Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Wahip Betric)

Lokasi wisata Coban Rondo ini tidak jauh dari pusat kota Batu. Meskipun banyak yang mengenalnya bahwa ia berada di Malang, sebenarnya ia terletak di wilayah kota seberang yaitu di Batu tepatnya di Pujon, Jalan Coban Rondo Krajan, Pandansari.

Rute menuju lokasi wisata juga sangat mudah karena jalanan yang mulus dan banyak papan petunjuk di sepanjang jalan. Adapun rute yang bisa diambil yaitu melalui Malang menuju Pujon melalui jalan arteri Malang-Batu. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu Patung Sapi yang merupakan gerbang menuju kawasan wisata. Ikuti arahan papan petunjuk hingga sampai ke area perbukitan dan pintu masuk wisata.

Jalan menuju lokasi wisata ini berkelok-kelok sehingga pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat harus waspada. Pada akhir pekan dan musim libur panjang perjalanan ke arah batu dan air terjun bisa lebih padat dan menyebabkan macet yang mengular.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam air terjun ini harus membayar tiket masuk terlebih dahulu yaitu sekitar Rp 35.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 45.000 pengunjung mancanegara.

Harga tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas dan area bermain yang bisa digunakan oleh pengunjung. Sementara itu untuk jam operasional, wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Coban Rondo

Aktivitas di Coban Rondo
Image Credit: Facebook.com @visitidn

1. Menikmati Pemandangan Sekitar

Kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke objek wisata Coban Rondo adalah menikmati pemandangan alam sekitarnya yang sejuk dan hijau. Panorama air terjun yang menjulang tinggi, derasnya suara gemericik air pepohonan pinus merupakan suasana yang tepat untuk menenangkan pikiran.

Pengunjung tidak dianjurkan bermain air di bawah air terjun karena debitnya yang deras dan membahayakan. Namun, tak perlu sedih karena Anda masih bisa bermain air di aliran sungai di bawahnya dengan debit cukup tenang.

2. Hunting Foto

Saat datang ke suatu tempat wisata ke tempat wisata yang indah seperti air terjun ini. Panorama alam yang masih alami menjadikan tempat ini tidak pernah luput dari pantauan pengunjung. Mulai dari air terjun, aliran sungai hingga pemandangan hijau di sekitar tempat wisata. Anda bisa menjadikan tempat tersebut sebagai spot atau background foto dan diunggah ke sosial media.

3. Camping

Di kawasan wisata air terjun Coban Rondo sudah tersedia camping ground guna memanjakan pengunjung yang ingin berkemah. Area camping juga sangat menyenangkan dengan kebersihan yang patut diacungi jempol. Terdapat beberapa tipe area yang dapat pengunjung pilih mulai dari tipe Damar, Cemara, Karpa, Rasamala serta Mangir.

4. Trekking

Aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung saat datang ke wisata air terjun yaitu trekking jalur yang sudah disediakan oleh pengelola. Jalur trekking yang ada di tempat tersebut sangat aman sehingga pengunjung bisa trekking dengan nyaman. Bagi Anda yang tertarik melakukan kegiatan satu ini perlu menyiapkan stamina agar tidak kelelahan.

5. Bersepeda

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling area air terjun namun malas berjalan kaki, bisa menyewa sepeda. Anda bisa bersepeda mengelilingi jalur utama menuju kawasan air terjun ditemani suasana sejuk yang menyenangkan.

6. Menunggang Kuda

Selain bersepeda, pengunjung juga bisa menunggang kuda menyusuri setiap jalur di area wisata. Bagi pengunjung yang tidak bisa berkuda tak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu. Kegiatan ini sangat pas dilakukan terutama Anda yang membutuhkan udara segar dan suasana baru.

Aktivitas Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Satrya Wibowo)

7. Naik Kereta Kelinci

Sama halnya dengan bersepeda dan berkuda, pengunjung juga bisa berkeliling menggunakan kereta kelinci. Kendaraan yang disediakan untuk pengunjung ini bisa ditumpangi oleh banyak orang sehingga Anda bisa naik bersama keluarga atau kerabat.

8. Paintball

Kegiatan menarik yang dilakukan di wisata Coban Rondo selanjutnya adalah mencoba Paintball. Menariknya Paintball di tempat ini ditawarkan dengan sajian pemandangan yang memukau. Wahana ini bisa dinikmati 6 orang sekaligus dengan tarif sekitar Rp 450.000.

9. Fun Tubing

Wahana yang bisa dinikmati berikutnya adalah Fun Tubing. Wahana satu ini merupakan favorit pengunjung karena bisa merasakan berkeliling sungai ditemani panorama hutan pinus di sekitarnya. Bagi pengunjung yang tertarik mencobanya hanya perlu membayar Rp 35.000 saja per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan seperti pelampung dan ban untuk berkeliling.

10. Berkeliling Labirin

Salah satu spot paling ikonik dari tempat ini adalah keberadaan labirin. Tempat ini memiliki banyak peminat karena pengunjung bisa bersembunyi dan berlomba menemukan pintu keluar labirin. Disela-sela mencari jalan keluar pengunjung juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang dinding labirin yang terbuat dari pohon dan tumbuhan hijau.

11. Mengikuti Program Tree Walk

Kegiatan lain yang wajib dilakukan saat berada di kawasan Coban Rondo adalah mengikuti program tree walk. Dengan mengikuti program ini pengunjung bisa menyaksikan koleksi satwa yang dilindungi mulai dari rusa, kera abu-abu, lutung serta aneka burung yang hidup di habitat aslinya.

Selain melihat langsung satwa, pengunjung juga bisa menikmati wisata edukasi dengan mengunjungi kebun buah dan bunga. Di kebun bunga pengunjung akan dimanjakan dengan aneka ragam bentuk dan warna tanaman hias. Sementara di kebun buah bisa memetik langsung dan mendapatkan informasi pembuatan pupuk organik.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Coban Rondo Malang

Fasilitas di Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Ikhlaashul Muaasyiqiin)

Wisata Coban Rondo sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kegiatan setiap pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir masalah tempat parkir dan toilet karena di tempat tersebut sudah disediakan dengan keadaan yang cukup bagus. Sementara pengunjung yang tidak membawa bekal bisa membeli dan mencoba berbagai hidangan di warung sekitar area wisata.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana permainan dengan jaminan keamanan yang telah disediakan. Jika belum puas, pengunjung bisa menemukan penginapan yang tidak jauh dari lokasi wisata atau berkemah di camping ground karena letaknya juga tidak jauh dari air terjun.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Coban Rondo yang terdapat di Malang, Jawa Timur. Saat terbaik berkunjung ke tempat ini adalah musim kemarau karena jalanan tidak berbahaya dan tidak perlu khawatir kehujanan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending