Pantai Selok Malang, Pantai Cantik Perpaduan Pasir Putih & Bebatuan Karang

Pantai Selok Malang, Pantai Cantik Perpaduan Pasir Putih & Bebatuan Karang
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kandangmerak, Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang menjadi kota terpadat dikarenakan banyaknya Universitas besar. Selain itu Malang dikelilingi dengan banyak pesisir pantai yang memiliki ombak besar. Hal tersebut dikarenakan laut di sekitar Malang termasuk laut selatan yang memiliki ciri khas ombak besar. Pantai Selok menjadi destinasi yang sangat favorit dan paling banyak dikunjungi di wilayah Malang.

Bagi masyarakat Malang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama pantai ini. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan ciri khas Batu karangnya. Banyak wisatawan yang memilih untuk berlibur ke pantai ini. Bukan hanya wisatawan lokal saja akan tetapi juga wisatawan asing. Selain pantai banyak sekali destinasi wisata yang tersedia di Malang.

Baik tersedia secara alami dari alam maupun buatan manusia. Tidak heran jika kota Malang selalu dipadati oleh wisatawan. Selain pantai ini banyak pantai lainnya yang memberikan keindahan menakjubkan. Jika berasal dari luar kota atau luar provinsi maka harus membawa peralatan yang lengkap. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan Pantai Selok yang ada di Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Selok

Daya Tarik Pantai Selok
Image Credit: Google Maps (Ipoeng Anam)

Pantai ini menjadi sangat populer dikarenakan banyaknya fasilitas yang bisa dirasakan oleh setiap wisatawan. Di dalam pantai ini sendiri terdapat cabang destinasi yang juga menarik. Tidak heran jika wisatawan selalu bertahan meskipun berlama-lama di pantai ini. Berikut ini beberapa daya tariknya yang sukses memikat wisatawan.

1. Simfoni Bebatuan Karang yang Indah

Pantai Selok memiliki bebatuan karang yang indah. Batuan tersebut terdapat di tepi pantai dan memiliki bentuk yang unik. Setiap pengunjung kerap menggunakan batu tersebut sebagai spot atau tempat instagramable. Adanya batu tersebut memberikan kesan tersendiri pada wisatawan. Terlebih lagi jika batu Karang terkena ombak, maka foto yang dihasilkan akan sangat menarik.

Selain menggunakan batu karang sebagai tempat berfoto yang instagramable, pengunjung juga bisa menikmati indahnya lautan yang dikombinasikan dengan matahari. Keadaan tersebut merupakan momen-momen yang paling langka di mana bisa memadukan seluruh keindahan alam seperti matahari terbenam, ombak di lautan, hingga keadaan langit yang cerah.

2. Hamparan Pasir Putih

Jika umumnya pantai memiliki pasir berwarna hitam, berbeda dengan pasir yang ada di pantai ini. Hamparan pasir yang luas memiliki warna putih. Hal tersebut membuat pengunjung semakin tertarik karena bisa dijadikan latar belakang foto yang Instagram adalah. Terlebih lagi jika hamparan pasir putih tersebut dipadukan dengan air laut yang berwarna biru dan luas.

Banyak yang mengagumi pantai ini karena pasirnya berwarna putih. Pasalnya pasir tersebut amatlah luas sehingga pengunjung bisa leluasa mengambil atau bersantai dari sudut manapun. Banyak wisatawan yang menggunakan hal tersebut untuk berjemur. Karena pasir yang berwarna putih saat mengenai kulit akan memberikan warna yang menarik di timbang pasir hitam.

Daya Tarik dari Pantai Selok
Image Credit: Google Maps (Fhaiz Rose)

3. Penangkaran Lutung

Daya tarik yang ini merupakan ciri khas yang dimiliki oleh Pantai Selok. Pantai ini memiliki pepohonan yang lebat dan rindang. Bahkan pohon-pohon di sana termasuk dilindungi dan tidak boleh ditebang secara sembarangan. Bukan hanya bermanfaat untuk alam akan tetapi pohon tersebut menjadi tempat tinggal bagi hewan lutung. Bisa disebut pohon-pohon tersebut merupakan upaya penangkaran lutung.

Bagi pengunjung yang belum pernah menyaksikan lutung secara langsung, maka bisa mengunjungi pantai ini. Meskipun mereka bisa bergerak bebas di pepohonan akan tetapi mereka tidak mengganggu manusia selama manusia tidak mengganggu mereka. Sehingga pengunjung tidak perlu was-was atau khawatir dan sebagainya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Selok

Alamat Pantai Selok
Image Credit: Google Maps (Edo Weaboo)

Bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya, maka bisa langsung menuju ke area kabupaten Malang. Karena letak lokasi pantai ini terdapat di Malang bagian kabupaten. Tepatnya lagi ada di lokasi Kecamatan Bantur di bagian Desa Sumberbening.

Rute untuk menuju pantai ini juga terbilang mudah. Sehingga meskipun wisatawan yang baru pertama kali menginjakan kaki di Malang, tidak perlu khawatir tersesat karena sudah terdapat petunjuk arah yang sangat jelas.

Apabila berasal dari arah Malang, maka bisa mengikuti petunjuk arah terlebih dahulu ke arah Pantai Balekambang. Kemudian memilih arah belok menuju ke kanan dan mengikuti Arah jalur lintas selatan kemudian bisa langsung menuju Kondang Merak yaitu lokasi Pantai Selok berada.

Pantai ini memiliki lokasi dengan keindahan alam yang menakjubkan. Kemudian yang lebih menarik lagi adalah setiap pengunjung bisa bebas menuju pantai ini kapan saja hanya dengan sekali bayar biaya masuk. Harga tarif tiket untuk masuk ke lokasi Pantai juga sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 saja dan biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja.

Meskipun biaya masuk terbilang murah, akan tetapi keindahan yang dimiliki pantai ini tidak murahan. Setiap orang yang berkunjung ke pantai ini akan dijamin merasa puas dengan keindahan alamnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Selok

Aktivitas di Pantai Selok
Image Credit: Google Maps (Adi Putra)

Setiap pengunjung yang berwisata di Pantai Selok bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Tidak hanya bermain air saja akan tetapi ada juga kegiatan yang bisa menjadikan pengunjung lebih dekat dengan alam. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini.

1. Camping

Umumnya camping dilakukan di pegunungan, akan tetapi banyak wisatawan yang melakukan camping di area pantai ini. Pasalnya pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang lebat dan rindang kemudian pasir putihnya yang menghampar luas membuat pantai ini sangat cocok digunakan untuk camping.

Setiap pengunjung yang ingin bermalam di lokasi pantai, bisa membawa peralatan sendiri-sendiri ataupun melakukan penyewaan. Nuansa malam di pantai ini memang sangat menakjubkan.

Semilir angin yang berhembus sambil menyaksikan ombak yang besar membuat pengunjung merasa puas. Akan tetapi bagi pengunjung yang ingin bermalam di area pantai, maka harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

2. Piknik

Pantai ini juga sangat cocok digunakan sebagai tempat piknik. Pengunjung bisa membawa makanan, alas duduk, dan masih banyak lagi untuk dinikmati bersama keluarga atau orang tersayang.

Piknik biasa dilakukan pada pagi atau sore hari kemudian memilih tempat yang sejuk dan tidak panas. Piknik di area ini sangat menarik karena pengunjung bisa Menikmati keindahan alam jam dengan nuansa lautan yang tak terbatas.

Aktivitas Pantai Selok
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

3. Olahraga Pantai

Keadaan pasir putih yang luas membuat setiap wisatawan tertarik untuk melakukan olahraga pantai. Biasanya banyak yang melakukan voli, hingga permainan lainnya. Pantai ini sangat padat ketika sore hari pada titik karena banyak wisatawan yang berolahraga pantai sembari Menikmati suasana sore hari ketika di pantai.

4. Berfoto

Berfoto menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap wisatawan. Karena di setiap wilayah atau sudut pantai ini memiliki tempat yang instagramable. Hal tersebut menjadikan setiap wisatawan lebih tertarik untuk berfoto dan mengabadikan momen momen terindah ketika berkunjung ke pantai.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Image Credit: Penginapan.net

Karena keindahan pantai ini, banyak pengunjung yang memilih untuk menginap di penginapan terdekat. Hal tersebut dilakukan agar pengunjung bisa leluasa untuk berkunjung ke pantai ini. Berikut ini beberapa penginapan terdekat dengan Pantai Selok yang bisa digunakan wisatawan.

1. Ariesta Homestay

Penginapan yang selalu dipadati pengunjung ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga yang di tawarkan Sudah termasuk biaya pajak dan keseluruhan biaya kecuali parkir.

Pengunjung bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu karena dikhawatirkan akan kehabisan slot kamar. Meskipun harganya ditawarkan relatif terjangkau akan tetapi penginapan ini memiliki fasilitas yang bisa dibilang lumayan lengkap.

2. Vila Asmara Hiils

Penginapan ini memiliki rating yang tinggi dan ulasan yang sangat baik dari para customer nya. Hal tersebut dikarenakan para customer hanya cukup membayar biaya di awal Satu Kali Saja kemudian bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Fasilitas-fasilitas yang ada di penginapan ini bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas sehingga sambungan wi-fi yang cepat.

Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata ke tempat wisata terdekat. Karena lokasi penginapan ini bisa dibilang sangat strategis.

3. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Penginapan ini memang memiliki bentuk dan desain yang sederhana seperti rumah pada umumnya. Akan tetapi fasilitas dan layanan yang diberikan sangat berkualitas. Penginapan ini juga terhitung dekat dengan Pantai Selok dan memiliki harga yang relatif terjangkau untuk penyewaan setiap malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Pantai Selok Malang

Fasilitas Pantai Selok
Image Credit: Google Maps (Tour Banyuwangi)

Setiap wisatawan harus siap terhadap beberapa kendala ketika berkunjung di pantai ini. Meskipun pantai ini tergolong pantai yang eksotis akan tetapi pihak pengelola masih belum menyediakan tempat umum yang bisa digunakan wisatawan.

Akan tetapi di sekeliling pantai ini terdapat kedai-kedai yang menyediakan fasilitas umum. Sehingga jika ingin ke toilet atau ingin ke mushola bisa menumpang di kedai area pantai.

Pantai Selok menjadi di pantai eksotis yang ada di Jawa Timur yang berlokasi di kabupaten Malang. Adanya pantai ini menjadikan daftar panjang untuk Indonesia bahwa negara kepulauan ini merupakan negara dengan perekonomian maritim yang besar. Hal tersebut ditandai dengan adanya destinasi wisata kemaritiman dalam jumlah yang besar.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending