Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Tumpak Sewu atau dikenal dengan sebutan Coban Sewu adalah salah satu air terjun eksotis di Lumajang yang menarik dieksplor pesonanya. Air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini menawarkan panorama alam yang memukau dan disebut mirip Niagara.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur

Air terjun ini terletak diantara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Warga setempat biasa menyebut air terjun ini dengan nama grojogan sewu. Oleh sebab itu, maka untuk bisa sampai ke pintu masuk air terjun ini Anda bisa lewat malang ataupun lumajang.

Walaupun tempatnya jauh dari perkotaan, tetapi banyak sekali orang yang berkunjung ke tempat ini. Keindahan air terjun ini akan membuat para wisatawan akan terpesona saat melihatnya. Karena air terjun yang cantik dan indah ini tidak ada bandingannya di Indonesia.

Bahkan kebanyakan orang menyebut atau memberi julukan Air Terjun Tumpak Sewu seperti air terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat, karena air yang jatuh mirip bentuk tirai.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tumpak Sewu

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Instagram.com @liburanplus62

Air terjun ini bisa dibilang air terjun paling indah yang ada di Negara Indonesia. Selain itu, letaknya yang jauh dari kota kota besar semakin membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

1. Goa Tetes

Goa Tetes ini bisa Anda nikmati jika Anda berangkat dari Lumajang dan akan masuk ke wisata air terjun ini. Penyebab Goa ini dinamakan Goa Tetes adalah di belakang air terjun ini ada sebuah goa yang konon katanya sering digunakan untuk tempat bersemedi atau menyepi orang yang mempercayai ajaran ajaran tertentu.

Goa ini sedari dulu memang sudah dijadikan salah satu destinasi wisata para pengunjung, bahkan sudah terkenal sejak air terjun ini terkenal seperti saat ini. Air terjun Goa Tetes ini lah yang selalu menjadi andalan destinasi wisata apabila Anda ingin berkunjung untuk liburan ke Kabupaten Lumajang.

2. Bukit Panorama

Dari tempat ini Anda bisa melihat betapa indahnya air terjun Tumpak Sewu ini apabila Anda tidak ingin dan malas untuk turun menikmati dari bawah. Di sini tersedia gardu pandang permanen yang bisa Anda naiki. Gardu ini memiliki panjang sekitar 30 meter persegi, gardu ini bisa mencakup sekitar 50 orang wisatawan sekaligus.

Jarak lokasi air terjun untuk menuju ke gardu pandang lumayan jauh, jaraknya diperkirakan sekitar 100 meter saja. Walaupun cukup jauh jaraknya, tetapi Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas gardu. Pemandangan yang indah nan elok akan membuat Anda betah berlama lama untuk berada di tempat ini.

3. Tebing Perawan

Pada awalnya tebing ini merupakan pintu masuk sebelum Anda masuk ke lokasi wisata Tumpak Sewu. Letaknya berada persis di bawah jurang, dan juga tempat ini mengapit jalan utama di sisi kiri dan kanan pintu masuk air terjun. Sebelum Anda sampai ke tebing ini, Anda harus berjalan dari panorama air terjun sejauh sekitar 800 meter melewati anak tangga.

Tidak hanya itu saja, saat Anda berada di tengah perjalanan lintasan yang Anda lalui bisa dikatakan cukup ekstrim, yaitu Anda harus menuruni batu licin karena batu tersebut dialiri air menggunakan bantuan tali. Tak ayal apabila Anda tidak berhati hati dalam menuruni batu tersebut, Anda bisa saja jatuh atau bahkan Anda bisa saja cedera setelah jatuh.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Twitter.com @ntanggs

4. Telaga Biru

Tempat ini berlokasi tidak jauh dari Goa Bidadari, yaitu hanya berjarak sekitar 50 meter saja. Namun jalan yang harus Anda lalui untuk sampai ke tempat ini bisa terbilang cukup ekstrim, karena Anda harus berjalan diatas batu berair yang licin dengan menggunakan bantuan seutas tali saja.

Air di telaga ini berawal dari air yang mengalir melewati tebing yang bisa dibilang masih satu kesatuan atau satu deret dengan dengan Goa Bidadari. Kedalaman telaga ini terbilang dangkal, karena kedalaman di telaga ini hanya berkisar antara perut sampai dada orang dewasa saja. Hal itu pastinya aman untuk Anda yang tidak bisa berenang.

5. Goa Bidadari

Sebelum Anda pulang kembali ke kota anda, jangan sampai Anda tidak mampir ke Goa Bidadari ini. Goa ini terletak sekitar 300 meter dari air terjun. Akses untuk Anda bisa menuju lokasi ini sangat landai dan cukup gampang. Konon katanya goa ini dipercaya merupakan tempat berkumpulnya para bidadari cantik. Tempat ini indah karena air mengalir di sela dinding goa.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Coban Sewu

Alamat Coban Sewu
Image Credit: Google Maps (Pokdarwis Tumpaksewusemeru)

Lokasi wisata air terjun ini terletak di Dusun Jagalan, Kecamatan Pronojiwo. Tumpak Sewu berada di dalam lembah yang cukup curam serta memanjang dengan ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan air laut. Sumber mata air air terjun berasal dari gunung tertinggi di pulau Jawa yakni gunung Semeru yang mengalir melalui sungai Glidih.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini untuk melihat dan menikmati indahnya air terjun ini, Anda bisa memilih beberapa rute yang bisa Anda lewati supaya bisa ke air terjun ini. Karena letaknya yang strategis, membuat tempat ini bisa Anda kunjungi dengan banyaknya rute yang bisa Anda pilih sesuai dengan Anda berangkat dari arah dan kota manapun.

Rute yang paling sering dilewati adalah rute dari Kota Malang dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk bisa sampai. Apabila Anda memilih rute ini, Anda akan melewati 3 kecamatan, yaitu Tirtomoyo, Dampit, Bululawan dan Anda nantinya baru bisa sampai ke tempat ini. Ketika nanti Anda sampai di Desa Sidomulyo, Anda harus jalan kaki sejauh 200 meter agar bisa sampai ke Air Terjun Tumpak Sewu.

Sementara itu jika Anda berangkat dari Probolinggo, Anda akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan menuju tempat ini. Apabila Anda berangkat dari Jember, Anda akan berkendara selama 4 jam perjalanan dan menempuh jarak sekitar 115 km. Atau mungkin jika Anda menuju tempat ini melalui jalan alternatif, Anda akan melalui Kecamatan Candipuro sebelum Kecamatan Pronojiwo.

Air terjun ini merupakan air terjun yang paling indah di Indonesia. Untuk bisa menikmati air terjun yang sangat indah ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang murah dan pastinya sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 10.000 rupiah saja per orang. Apabila Anda membawa kendaraan maka akan dikenakan tarif parkir yang juga terjangkau.

Destinasi wisata ini tidak memiliki jam buka dan jam tutup, yang artinya Anda bisa datang kapanpun untuk menikmati keindahan air terjun ini. Tetapi mengingat trek yang akan Anda tempuh lumayan sulit, sebaiknya Anda datang saat pagi hari karena suasana masih tenang dan terang. Jadi Anda bisa melihat dengan jelas medan yang akan Anda lalui.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Tumpak Sewu

Image Credit: Google Maps (Refki Sanjaya)
Image Credit: Google Maps (Refki Sanjaya)

1. Agrowisata Buah Salak

Anda bisa memetik buah salak sambil menikmati keindahan air terjun disini. Anda bisa memetik sepuasnya, karena pohon salak disini merupakan milik pengelola air terjun. Anda bisa membawa pulang buah salak sebagai oleh oleh bahwa Anda sudah pernah mengunjungi air terjun Tumpak Sewu.

2. Berburu Foto Keren

Tempat ini cukup indah dan cantik sayang apabila Anda tidak mengabadikan tiap momen saat berada di air terjun ini. Disini banyak sekali spot foto yang bagus untuk Anda pamerkan ke media sosial ataupun sekedar Anda simpan di gadget pribadi Anda. Anda rugi apabila datang ke tempat ini tetapi tidak mengambil foto sama sekali

Tidak hanya itu, tempat ini juga sering dijadikan untuk tempat foto yang formal seperti untuk pra wedding, buku álbum perpisahan, terus bisa Anda jadikan sebagai latar belakang foto untuk jasa travel dan juga bisa Anda jadikan tempat untuk menyegarkan pikiran.

3. Bermain Air

Selain hanya bisa menikmati keindahan alamnya, disini Anda juga bisa mencoba dinginnya air terjun dengan cara berenang atau sekedar membasahi kaki Anda. Tapi Anda jangan kaget apabila air disini sangat dingin, karena letaknya di dataran tinggi membuat hawa dan air disini sangat dingin.

Aktivitas Seru di Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Facebook.com @abahwijayanto

4. Wisata Kulineran

Setelah Anda seharian bermain main dengan air, pasti Anda akan lelah dan lapar. Oleh karena itu, di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu banyak sekali tersedia warung warung yang akan mengisi kekosongan perut Anda dengan masakan yang mereka tawarkan.

Harga makanan disini juga relative murah dan terjangkau. Jadi Anda tidak perlu repot repot membawa bekal dari rumah karena disini sudah tersedia warung yang siap memenuhi hasrat dan selera Anda untuk makan.

5. Bermalam di Dekat Air Terjun

Apabila Anda tidak ingin pulang dan masih ingin menikmati keindahan air terjun di esok hari, Anda bisa menginap di penginapan sekitar tempat wisata ini. Walaupun penginapan disini terkesan sederhana dan seadanya karena harganya murah, tetapi Anda pasti akan nyaman sekali beristirahat disini dalam beberapa malam.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Tumpak Sewu

Fasilitas Wisata di Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Facebook.com @cuilsu.cuilsu

Untuk masalah pengelolaan tempat wisata ini, tempat ini hanya dikelola oleh pemerintah setempat dan warga sekitar. Untuk menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang, di tempat wisata ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas umum layaknya tempat wisata pada umumnya. Disini terdapat fasilitas seperti musholla, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan dan juga ada tour guide.

Untuk Anda yang ingin menggunakan bantuan tour guide supaya liburan Anda lebih maksimal, Anda bisa membayar jasa guide tersebut dengan harga 200.000-300.000 rupiah untuk jangka waktu satu kali masuk. Opsi ini dapat Anda pertimbangkan supaya membuat liburan Anda lebih berkesan dan bermakna.

Selain hanya membantu Anda untuk menyusuri destinasi wisata ini, para tour guide nantinya bisa menjadi fotografer dadakan Anda apabila menemukan spot foto terbaik yang bisa Anda jumpai sendiri ataupun diberi tahu nantinya oleh tour guide Anda. Untuk Anda yang sudah pernah ke tempat ini, Anda pastinya tidak memerlukan tour guide untuk membantu Anda selama perjalanan.

Itu tadi merupakan sedikit ulasan wisata Air Terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu) yang berada di Kabupaten Lumajang. Untuk Anda yang ingin berwisata alam tetapi dengan Budget yang tidak terlalu besar atau mahal, Anda bisa memasukkan tempat wisata ini ke dalam daftar liburan Anda. Dijamin Anda tidak akan pernah menyesal setelah Anda datang untuk berlibur ke tempat wisata ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending