Pantai Angsana Tanah Bumbu, Pesona Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya

Pantai Angsana Tanah Bumbu, Pesona Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya
Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Angsana awalnya merupakan kawasan yang kotor dan tidak terawat di Tanah Bumbu. Akan tetapi, seiring berjalanannya waktu, akhirnya pemerintah mulai memberikan perhatian pada pantai yang memiliki potensi destinasi wisata bahari. Kini, pantai ini menjadi sangat populer, terutama keindahan bawah lautnya yang memesona.

Pantai ini memang cantik dengan hamparan pasir yang luas hingga sampai ujung lahan parkir. Juga keindahan pantainya yang sangat memanjakan mata. Pantai ini memang termasuk baru dibuka untuk umum, namun langsung banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini kemudian semakin populer setelah disediakan akomodasi untuk melakukan kegiatan scuba atau snorkeling.

Kawasan ini juga cocok sebagai tempat untuk liburan keluarga. Airnya yang tenang memungkinkan anak-anak untuk bermain-main air di bibir pantai. Tidak hanya itu, Pantai Angsana juga menjadi favorit kalangan muda-mudi. Ada banyak spot-spot foto menarik sehingga para pemilik sosial media berbondong-bondong untuk hunting foto di kawasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Angsana

Daya Tarik Pantai Angsana
Image Credit: Twitter SKY Radio 89,3 FM

Pantai ini memang baru dibuka, namun menjadi favorit karena berbagai daya tariknya. Berikut adalah beberapa hal menarik Pantai Angsana yang membuatnya semakin ramai oleh pengunjung.

1. Bawah Laut

Pantai ini memang sangat terkenal dengan terumbu karangnya. Keindahannya sangat menarik banyak pengunjung terutama bagi para pecinta olahraga snorkeling maupun diving. Selain berbagai terumbu karang, di dalamnya juga terdapat ekosistem laut yang sangat beragam yang dapat dinikmati oleh para penyelam, baik di perairan yang masih dangkal maupun yang lebih dalam.

Hewan-hewan laut yang akan ditemui juga bermacam-macam. Beberapa di antaranya merupakan hewan langka. Seringnya penyelam melihat ikan api, ikan badut, coral beauty fish, kuda laut, dan masih banyak hewan-hewan lainnya. Pantai ini juga merupakan tempat para penyu bertelur. Jika Anda beruntung, maka Anda juga dapat melihat hewan langka ini meninggalkan telurnya di kawasan pantai.

2. Sunrise dan Sunset

Pantai Angsana berada di kawasan yang strategis untuk menikmati keindahan matahari, baik saat akan terbit maupun saat terbenam. Jika ingin melihat sunrise, Anda sebaiknya bisa datang sebelum subuh. Menikmatinya akan jauuh lebih menyenangkan jika ditemani dengan segelas kopi bersama orang-orang kesayangan.

Pun demikian juga saat sunset. Banyak pengunjung yang mengejar saat-saat matahari terbenam. Biasanya anak-anak muda yang berburu foto siluet berlatarkan laut dengan langit jingga dan matahari yang sedang tenggelam. Hasilnya memang tidak pernah mengecewakan. Apalagi jika langit sedang cerah sehingga warnanya tampak sangat cantik dipadukan dengan pantai yang eksotis.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Azhar Zu

3. Spot Foto

Terdapat banyak spot-spot foto yang sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Spot foto yang paling khas dari pantai ini adalah jembatan panjang yang menjorok ke laut. Dai jembatan ini, Anda bisa menikmati keindahan air laut yang biru dengan lebih dekat dan dapat mengambil foto di sana. Saat sunrise atau sunset, jembatan ini merupakan spot foto terbaik.

Spot-spot foto lainnya yang sudah dibangun pengelola juga ada banyak. Spot seperti ayunan dengan lantar pantai, jembatan cinta, juga papan-papan bertulis Pantai Angsana banyak menjadi tempat pengunjung mengambil gambar. Taman-taman yang tampak cantik juga sudah mulai dibangun di sekitar pantai. Ke depannya taman ini juga bisa dijadikan spot foto untuk pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Rian Albanjary

Pantai Angsana berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jl. Trans Kalimantan, hanya kurang lebih 8 kilometer saja. Karena itulah pengunjung dari luar kota juga tidak perlu bingung mencari akses untuk menuju destinasi wisata ini, hanya tinggal melewati jalan ini saja.

Jika Anda sendiri mengawali perjalanan dari Banjarmasin, maka Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju Banjarbaru. Setelah itu menuju ke Plaihari dan selanjutnya menuju Asem-asem dan menuju ke Sungai Danau. Terakhir adalah menuju Desa Angsana. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Wong Yew Leong

Pantai Angsana merupakan wisata murah meriah yang dapat Anda coba sebagai pilihan liburan keluarga. Harga tiket yang akan ditarik sebesar Rp 8.000 untuk setiap usia. Sedangkan untuk biaya parkirnya akan ditarik Rp 5.000 saja. Wahana-wahana juga disewakan untuk pengunjung dengan biaya yang cukup bervariasi.

Jika Anda ingin menyewa perahu, maka Anda cukup membayar sewa Rp 350.000, sementara itu menyewa kursi pantai akan ditarik biaya Rp. 25.000 untuk menyewa. Jika Anda ingin menggunakan wahana yang tersedia, bisa menyewa perlengkapan snorkeling seharga Rp 30.000 hingga Rp 50.000 saja atau banana boat dengan harga Rp 25.000 per orangnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Angsana

Aktivitasdi Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Eliza Ardika

Jika Anda berada di Pantai Angsana, maka Anda tidak perlu lagi khawatir akan merasa bosan. Ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang memang akan bisa Anda lakukan baik jika pergi ke kawasan ini bersama teman atau keluarga. Beberapa kegiatan yang sangat menarik dilakukan misalnya seperti berikut.

1. Berenang

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga akan untuk berenang di tepi pantai atau hanya sekedar bermain air. Jika membawa anak-anak, Anda juga dapat mengajak untuk melakukan kegiatan menyenangkan ini. Anda tidak perlu khawatir anak-anak akan terseret ombak karena memang cukup aman. Meski begitu, orang tua masih tetap harus mengawasi aktivitas anak.

2. Snorkeling/Diving

Bagi para pecinta olahraga air, kegiatan satu ini memang tidak bisa dilewatkan. Kegiatan seru ini sendiri yang menjadikan Pantai Angsana dijuluki Bunaken di Sulawesi. Lokasi menyelam sedikit jauh dari pantai, pengunjung dapat menempuhnya menggunakan boat atau kapal nelayan. Peralatan menyelam dapat Anda sewa, namun biasanya harus memesan terlebih dahulu.

3. Bermain Banana Boat

Di pantai ini sudah tersedia berbagai wahana yang dapat Anda coba, salah satunya adalah banana boat. Anda dapat merasakan keseruan melawan arus sehingga dapat menguji adrenalin Anda. Permainan yang sangat menyenangkan ini juga dapat Anda rasakan tanpa harus merogoh kantong yang dalam.

Aktivitas Serudi Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Jamaludin Zaini

4. Berfoto

Banyak spot-spot foto yang dapat Anda gunakan untuk melakukan kegiatan yang menjadi favorit anak-anak muda untuk diunggah di sosial media. Anda dpat berfoto dengan latar alam seperti pantai mauon air laut yang biru. Jika tidak, Anda juga dapat berfoto di spot yang sudah disediakan oleh pengelola yang tidak kalah cantiknya.

5. Menikmati Keindahan Pantai

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas, Anda dapat beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. Dengan kegiatan satu ini, Anda dapat beristirahat dari rasa penat sehingga badan dan pikiran kembali segar. Selanjutnya, Anda dapat kembali melakukan rutinitas sehari-hari seusai liburan.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps Saya AJA

1. MP Resort Angsana Beach

Merupakan penginapan yang banyak menjadi rekomendasi pengunjung untuk menginap. Harga sewa mulai dari Rp650.000 per malamnya. Fasilitas yang ditawarkan cukup memadai dengan AC, TV, WiFi dan juga kamar mandi di setiap kamar dengan air hangat maupun air dingin. Selain itu tersedia juga restoran, pendopo, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

2. Homestay Family

Penginapan ini berada tidak jauh dari lokasi Pantai Angsana. Kurang lebih hanya 100 meter saja. Dengan fasilitas yang cukup memadai, harga sewa per malamnya juga sangat terjangkau. Setiap kamarnya akan disertai dengan ranjang yang nyaman, AC atau kipas angin, kamar mandi dan fasilitas lainnya. Pengunjung rata-rata puas dengan pengalaman menginap di penginapan ini.

3. Homestay Willsaning Tata Asri

Homestay ini sangat terjangkau dengan kamar menginap yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Fasilitas yang diberikan cukup memadai termasuk seperti WiFi gratis untuk pengunjung. Terdapat lahan parkir yang cukup luas, Anda juga akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Menginap di homestay ini juga aman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Angasana
Image Credit: Instagram Tony Iskandar

Pantai Angsana sudah menyiapkan berbagai fasilitas memadai untuk para pengunjung. Sudah tersedia fasilitas-fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir, maupun mushola sudah ada. Pengunjung dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengisi perut, pengunjung juga bisa membeli makanan atau minuman di warung sekitar.

Selain itu, tersedia juga kursi-kursi pantai untuk beristirahat. Terdapat juga gazebo untuk berteduh. Anda juga dapat membeli oleh-oleh karena di sekitar pantai terdapat toko souvenir. Peralatan-peralatan untuk berbagai wahana permainan juga tersedia seperti banana boat, ATV, Speedboad, dan juga penyewaan untuk perlengkapan snorkeling atau diving.

Jika Anda ingin menginap, tersedia juga beberapa pilihan untuk Anda. Tempat menginap yang paling murah jika Anda membangun tenda. Namun tersedia juga hotel-hotel serta homestay dengan harga yang bervariasi. Anda dapat memilih tempat menginap dengan menyesuaikan isi kantong Anda.

Pantai Angsana memang destinasi yang baru namun sudah menjadi sangat populer di Tanah Bumbu. Kepopulerannya tidak lepas dengan keindahan bawah lautnya yang sangat terkenal. Dengan berbagai wahana yang dapat dilakukan, berlibur di pantai ini tidak akan terasa membosankan. Anda juga dapat menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending