Pantai Sowan Tuban – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sowan Tuban – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Sowan salah satu pantai unik di Tuban yang menawarkan pemandangan memukau dan ditumbuhi banyak jenis pepohonan. Pantai yang menyediakan beragam wahana permainan seru dan spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Sowan merupakan sebuah pantai yang berada di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Ia terletak di belakang hutan yang lebat akan pohon seperti randu, Klampis, dan akasia. Sehingga hawa di pantai ini sangat sejuk dengan pemandangannya yang indah. Rindangnya pepohonan disana tentu akan membuat Anda sangat nyaman.

Dengan begitu, pantai ini sangat cocok untuk berlibur baik libur panjang maupun saat weekend. Selain itu, pantai ini juga memiliki fauna seperti burung jalak, kutilang, prenjak, dan burung perkutut yang membuat telinga Anda mendengar suara khasnya yang merdu. Sangat menarik bukan?

Maka dari itu, objek wisata Pantai Sowan ini sangatlah cocok untuk Anda berlibur menenangkan pikiran dan membuang jauh-jauh pekerjaan Anda yang melelahkan untuk sementara waktu. Namun sebelum Anda pergi ke Pantai ini, alangkah baiknya Anda mengetahui detail destinasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sowan

Daya Tarik Pantai Sowan
Image Credit: Facebook.com (San Schwarz)

1. Pemandangan Alam yang Indah

Keindahan Pantai Sowan tidak bisa diragukan lagi. Banyak flora dan fauna memenuhinya disana. Seperti pepohonan yang rindang, binatang laut, burung, kera, ular, bahkan binatang lainnya. Wajar saja karena pantai ini berada dibalik hutan.

Akan tetapi hutan yang dimaksud bukanlah hutan liar atau rimba, tetapi hutan yang dihiasi payung warna-warni yang unik sehingga tampak cantik dan menarik. Tentunya wisatawan pasti tertarik dengan hal tersebut.

2. Banyak Wahana Bermain

Pantai Sowan memiliki banyak sekali wahana permainan baik untu anak-anak maupun dewasa. Wahana tersebut aman tidak berada ditepi pantai yang berombak. Sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Terutama untuk berlibur bersama keluarga.
Selain itu, pantai ini juga memiliki wahana bermain untuk orang dewasa. Diantaranya adalah flying fox. Pengunjung akan berteriak kencang dikarenakan wahana satu ini.

3. Banyaknya Spot Foto yang Instagramable

Di pantai ini juga memiliki spot foto yang instagramable yang bisa mempercantik feed sosial mediamu. Seperti foto di sepeda gantung dan karpet terbang. Di spot foto ini Anda bisa foto sendiri maupun berpasangan.

Meskipun membayar untuk berfoto disini, Anda tidak akan rugi sebab foto Anda pasti akan terlihat bagus. Namun ada kok spot foto yang gratis, seperti papan bertuliskan kata-kata, bukit dari kayu yang tertata, foto dengan latar belakang laut serta banyak lagi spot foto lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sowan

Alamat Pantai Sowan
Image Credit: Google Maps (Catur Argi)

Alamat Pantai Sowan yaitu terletak di Dusun Bogoran Desa Bogorejo. Lebih tepatnya di kecamatan Bancar Kabupaten Tuban provinsi Jatim. Selain itu, ada beberapa jalur atau rute yang bisa digunakan untuk menuju pantai tersebut. Sehingga sangat mudah aksesnya jika Anda pergi kesana.

Rute atau jalur menuju lokasi pantai relatif mudah, sebab tempat wisata satu ini dilalui oleh kendaraan umum. Jalur dengan transportasi umum, Anda bisa menaiki angkot atau len. Namun Anda harus masih di sekitar Tuban. Pertama Anda berada di kecamatan Jenu kemudian melewati hutan Jenu, setelah itu ke arah Desa Glondong dan berakhir di Kecamatan Bancar atau Kecamatan Tambak Boyo.

Kecamatan Bancar itulah yang merupakan tempat Pantai Sowan berada, yaitu terletak di bagian barat. Anda pun akan menemuinya dengan mudah, sebab ia berada di pinggir jalan pantura.

Tapi jika Anda masih saja tidak tahu, jangan sampai malu bertanya ya. Pasti warga sekitar mengetahui keberadaan Pantai yang indah ini. Namun jika Anda sangat malu gunakan teknologi terkini Google Maps. Meskipun ia terkadang tidak akurat tapi aplikasi ini sangat membantu.

Selain itu ada jalur ke-2 yakni menggunakan Bus, pilihlah bus AKAP yang bertuliskan Surabaya-Tuban. Jangan lupa bilang ke bapak kondekturnya kalau Anda ingin berhenti di Pantai Sowan. Nanti kalu sudah sampai pasti dikabari.

Adapun jalur dari kota Rembang, yakni mengikuti jalur pantura yang ke arah Surabaya. Pantai cantik ini berjarak 45 Km dari pusat kota tersebut. Rutenya yaitu berawal dari kecamatan Pati yang selanjutnya ke arah sluke dan pandangan, setelah itu sampai di Kragan dan Sarang, kemudian sampai pada perbatasan Jateng dengan jatim dan berakhir di desa Sukolilo ke arah Bulu.

Berbeda dari jalur-jalur yang sudah disebutkan, jalur yang terakhir yaitu jika Anda ingin mengendarai kendaraan pribadi. Rutenya dimulai dari terminal Tuban, selanjutnya tinggal ikuti saja jalur pantura Tuban yang ke arah Semarang. Jarak Pantai ini berkisar 40 Km dari pusat.

Harga Tiket Masuk Pantai Sowan Tuban

Image Credit: Google Maps (Wahyu Putra)

Pantai Sowan merupakan milik dari tiga lembaga, sehingga ia memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan wisata pantai lainnya. Namun jangan khawatir, harganya masih bisa dijangkau untuk semua kalangan pengunjung.

Harga masuknya bervariasi yaitu Rp 10.000 untuk hari biasa dan saat akhir pekan atau pas waktu libur nasional akan dikenai harga sebesar Rp 15.000. Untuk biaya parkirnya sendiri yaitu Rp 3000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. Seperti wisata pada umumnya adapun biaya untuk ke toilet, yaitu sebesar Rp 2.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sowan

Aktivitas di Pantai Sowan
Image Credit: Facebook.com @lucki.andreiant

1. Makan

Makan menjadi sesuatu yang wajib bagi manusia. Tak terkecuali saat berlibur ke Pantai Sowan. Namun kali ini bukan makan masakan rumahan, makanan tidak sehat, ataupun makanan yang Anda makan setiap harinya. Tetapi makanan di pantai ini adalah Seafood yang sangat bervariasi dengan rasa yang enak sekali.

Oleh karena itu, pasti keharmonisan liburan bersama keluarga akan tercapai. Sebab jika Anda sibuk waktu di rumah dan jarang makan bersama keluarga, pasti jarang ada komunikasi. Maka momen liburan inilah yang paling pas, terutama saat makan.

2. Berenang

Berlibur ke pantai pasti akan bertemu dengan air yang banyak. Air yang banyak tersebut akan menggoda Anda untuk bermain-main dengannya dan berenang di dalamnya. Namun tetap patuhi aturan yang ada ya agar selamat dan aman.

Peraturan tersebut seperti batasnya sampai mana saja yang boleh untuk berenang. Sebab peraturan tersebut dibuat untuk keselamatan diri Anda sendiri. Tapi pasti ada wisatawan yang tidak bisa berenang kan? Namun jangan khawatir, masih banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Tempat wisata ini.

3. Menikmati Wahana Permainan

Tidak hanya indah dan sejuk, Pantai Sowan juga memiliki banyak wahana permainan, mulai untuk anak-anak maupun dewasa. Jadi bunda-bunda tidak perlu khawatir ya dengan si kecil sebab wahana anak-anak tidak berada di tepi pantai. Namun untuk hal ini harus membayar lagi ya.

Seperti yang sudah disebutkan, adapun wahana untuk dewasa seperti flying fox, spot foto sepeda gantung, karpet terbang, dan lain-lain.

4. Tadabur Alam Sambil Jalan-Jalan di Hutan

Kegiatan menarik selanjutnya adalah tadabur alam, dimana kita bisa selalu bersyukur dengan apa yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Di pantai ini Anda bisa melihat ciptaan sang kuasa yang sangat luar biasa seperti pepohonan akasia yang hijau dan rindang. Suara ombak berdebur yang menghembuskan angin yang sejuk. Hal ini dapat Anda lakukan dengan berjalan-jalan mengelilingi hutan.

Fauna tersebut diantarannya Burung, Ular Phiton, Kera, dan binatang laut. Hal tersebut dapat membuat pikiran Anda tenang dan bersyukur bahwa Anda bisa berlibur ke Pantai cantik ini. Sehingga berlibur bukan hanya sekedar berlibur saja tetapi juga menambah keimanan dan pengetahuan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Sowan

Penginapan Terdekat Pantai Sowan
Image Credit: Pegipegi.com

1. Favehotel Tuban

Pertama ada penginapan bernama Favehotel Tuban. Lokasi hotel ini berjarak 3,92 km dari Pantai Sowan. Jika Anda berlibur ke pantai ini, baik dengan keluarga maupun sendiri, lebih baik Anda memilih hotel ini karena fasilitasnya cukup lengkap.

2. Hotel Charis Tuban

Selanjutnya ada Votel Hotel Charis Tuban. Hotel ini cukup dekat dengan lokasi pantai ini, yakni sekitar 1,83 Km saja. Anda bisa berjalan menuju pantai dari penginapan ini.

3. Guest House Pelabuhan

Penginapan ini merupakan yang paling populer di sekitar pantai. Penginapan Guest House Pelabuhan Perikanan Bulu menjadi pilihan favorit bagi wisatawan karena fasilitas yang dimiliki cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sowan Tuban

Fasilitas Pantai Sowan Tuban
Image Credit: Facebook.com (Ana Nandia Nurysweat)

Banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Diantaranya yaitu, parkir yang sangat luas, Outbond atau tempat kemah, melihat pasangan prewedding atau justru Anda sendiri yang prewedding bersama pasangan, toilet, dan warung-warung dengan aneka makanan dan minuman sedapnya.

Sangat lengkap sekali kan fasilitasnya. Anda juga bisa berteduh dibawah pohon yang rindang, ditemani aneka fauna di sana dengan udara yang sejuk. Selain itu adapula fasilitas berbagai wahana yang akan membuatmu betah. Sehingga, meskipun wahana tersebut berbayar ia akan membuat liburanmu penuh kenangan.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Sowan di Tuban. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini dan memberi review yang bagus. Bagaimana apakah pantai Sowan masuk ke daftar liburan Anda selanjutnya?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending