Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Lokasi: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.
Map: Cek Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat dunia. Berbagai pantai dengan pemandangan menakjubkan dan fasilitas lengkap, kerap diburu oleh para wisatawan. Berbicara mengenai pantai, Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sehingga memiliki potensi wisata bahari yang melimpah. Meskipun begitu, masih banyak pantai di Indonesia yang belum dijamah.

Jika Anda berkunjung atau hanya sekedar lewat di kota Ciamis, ada satu wisata yang perlu untuk dikunjungi yakni pantai Batu Hiu Pangandaran yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Pantai tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan kota Ciamis. Bahkan banyak orang yang menyebutkan pantai tersebut adalah ‘Tanah Lot’ milik pulau Jawa. Penasaran dengan pesona pantai Batu Hiu, yuk simak dalam ulasan ini.

Daya Tarik Pantai Batu Hiu

Daya Tarik Pantai Batu Hiu
Image Credit: Mypangandaran.com

Sebagai pantai yang memiliki potensi besar menjadi tempat wisata, pantai Bati Hiu mempunyai berbagai daya tarik tersendiri. Saat pertama kali memasuki kawasan pantai, maka pengunjung akan disuguhkan dengan gerbang yang berbentuk lorong. Dimana gerbang tersebut dibangun menyerupai mulut ikan hiu. Yang menarik ialah bangunan tersebut memiliki bentuk yang cukup nyata karena dilengkapi dengan gigi gigi tajam seperti gigi ikan hiu.

Kemudian di ujung lorong gerbang gua akan dijumpai wahana lain. Namun selain wahana tersebut, sebenarnya masih ada beberapa gua indah di sekitar. Bahkan warga setempat percaya bahwa salah satu gua tersebut ada yang terhubung dengan gua di pantai Utara Cirebon. Tidak hanya gua dengan mulut hiu dan pemandangan batu karang yang mirip ikan hiu, pantai Batu Hiu memiliki panorama hamparan lautan samudera Hindia luas sebagai daya tarik.

Disana pengunjung bisa menyaksikan pemandangan deburan ombak kencang yang bertabrakan dengan batu karang, serta birunya laut selatan yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Namun pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang lebih memesona, ketika datang di waktu musim kemarau. Pasalnya di musim tersebut langit pantai akan berwarna biru cerah tanpa ada awan, sehingga memantulkan keindahan lautan di bawahnya.

Daya Tarik Pantai Batu Hiu Pangandaran
Image Credit: Adventure-pangandaran.com

Untuk bisa menikmati keindahan tersebut, pengunjung bisa menaiki bukit kecil di dekat pantai. Disana juga menjadi spot foto terbaik, karena adanya lautan sebagai latar belakang. Tidak hanya melihat pemandangan batu karang dan struktur pantainya saja, di pantai Batu Hiu pengunjung juga bisa menyusuri daerah pantai. Akan tetapi pengunjung dilarang keras untuk berenang, sebab ombak pantai selatan memiliki ombak yang dikenal dengan keganasannya.

Daya tarik lain yang dimiliki pantai Batu Hiu adalah adanya spot untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Hanya perlu menaiki bukit, maka pengunjung bisa menangkap momen matahari yang terbenam dengan indah. Dimana warna langit yang semula kebiruan secara perlahan berubah menjadi jingga kemerahan yang sangat memesona dan mengesankan. Jika Anda berkunjung saat matahari terbenam, jangan lupa mengambil foto ataupun video.

Lokasi & Rute Menuju Pantai Batu Hiu

Lokasi & Rute Menuju Pantai Batu Hiu
Image Credit: Instagram.com @sydhikdeanlimargana

Pantai yang memiliki legenda tersendiri ini berlokasi di kecamatan Parigi, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lebih tepatnya berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Pantai Pangandaran di sebelah selatan. Termasuk dalam tempat wisata yang populer di Ciamis, pantai Batu Hiu Pangandaran selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Saat akhir pekan atau libur panjang, jumlah pengunjung pun bisa bertambah.

Namun jika ingin suasana yang lebih sepi, jangan panik terlebih dahulu. Pasalnya Anda bisa datang di hari kerja bersama keluarga ataupun teman teman guna menghindari pengunjung yang terlalu ramai. Tidak ada waktu khusus kapan pantai akan dibuka, sebab pantai tersebut bebas kapan saja ingin dikunjungi. Umumnya orang orang akan berbondong bondong berkunjung di pagi hari untuk menikmati matahari terbit hingga nanti petang saat matahari kembali ke peraduan.

Berbicara mengenai rute menuju pantai Batu Hiu Pangandaran, maka rute tersebut tergantung dengan jenis kendaraan yang akan pengunjung gunakan. Jika memilih menggunakan transportasi umum, maka bisa dengan naik bus dari terminal kota dengan tujuan Pantai Pangandaran. Tetapi jika memulai perjalanan dari kota Tasikmalaya, maka bisa juga menggunakan bus dengan tujuan yang sama dan berhenti di sekitar Pantai Pangandaran.

Kemudian perjalanan ke pantai Batu Biru bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan jurusan Cijulang. Setelah itu bisa naik ojek hingga sampai di pantai. Rute tersebut akan berbeda jika menggunakan kendaraan pribadi. Saat menggunakan kendaraan pribadi, rute yang diambil adalah menuju arah jalan Baru Bulak Laut dengan jarak kurang lebih 16 kilometer. Kemudian perjalanan dilanjutkan hingga jalan Merdeka atau jalan Raya Cijulang.

Jika sudah sampai jalan Merdeka atau jalan Raya Cijulang, kemudian carilah papan penunjuk arah ke pantai Batu Hiu yang mengharuskan perjalanan berbelok ke arah kiri. Setelah itu, tinggal kendarai mobil masuk kurang lebih 1 kilometer maka Anda dan rombongan sudah sampai di pos retribusi pantai Batu Hiu. Namun jika kesulitan membaca papan penunjuk jalan, Anda bisa bertanya kepada beberapa warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu
Image Credit: Gobodyrafting.com

Untuk memberikan fasilitas terbaik kepada para pelanggan, pengelola pantai Batu Hiu menetapkan harga tiket masuk. Namun tak perlu risau, tiket masuk pantai tidaklah mahal dan menguras kantong pengunjung. Tapi Anda perlu tahu bahwa objek wisata pantai Batu Hiu menetapkan besaran harga tiket masuk yang berbeda beda. Dimana besaran tersebut tergantung dengan jenis transportasi yang digunakan.

Untuk pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan alias jalan kaki, dipungut biaya sebesar Rp. 3.300 per orang. Pengunjung dengan sepeda motor, ditarik uang retribusi sebesar Rp. 7 ribu. Mobil jeep atau sedan, akan ditarik uang retribusi senilai Rp. 19.500.  Kemudian untuk mobil Carry akan dipungut biaya sebesar Rp. 36 ribu. Pengunjung dengan mobil L300, akan ditarik biaya retribusi sebesar Rp. 51.500.

Kemudian untuk pengunjung yang menggunakan bus kecil, biaya tiket masuk sebesar Rp 68 ribu. Pengunjung yang membawa bus ¾ atau bus sedang, akan ditarik tiket masuk sebesar Rp. 106 ribu. Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan bus besar akan ditarik uang tiket sebesar Rp. 172 ribu. Namun harga harga tiket tersebut sewaktu waktu bisa berubah, meskipun terjadi kenaikan biasanya tidak terlalu signifikan.

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Hiu

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Hiu
Image Credit: Greencanyon-bodyrafting.com

Di pantai Batu Biru pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dengan ombak ganas atau melihat ombak yang menerjang batu karang, tetapi juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya. Pada saat pagi hari pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari yang terbit, kemudian bisa dilanjutkan dengan melakukan jalan jalan pagi atau lari pagi si pesisir pantai.

Tidak hanya itu, pantai Batu Hiu juga memiliki konservasi penyu hijau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Terletak tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa memiliki kesempatan melihat penyu penyu tanpa dipungut biaya. Disana para pengunjung juga diperbolehkan untuk menyentuh ataupun memberi makan penyu. Jika beruntung, Anda bisa ikut melepaskan bayi bayi penyu ke lautan lepas.

Penginapan Dekat Pantai Batu Hiu

Penginapan Dekat Pantai Batu Hiu
Image Credit: Greencanyon-bodyrafting.com

Jika Anda masih ingin menikmati suasana pantai Batu Hiu di malam hari atau memang terlalu lelah melakukan perjalanan kembali ke rumah, maka penginapan di sekitar pantai siap menjadi solusi. Ada banyak penginapan atau hotel kecil yang bisa menawarkan berbagai fasilitas dengan harga yang terjangkau. Untuk masalah harga, maka tidak perlu cemas. Kebanyakan hotel tersebut akan memberikan harga yang terjangkau.

Namun jika ingin mencari penginapan atau hotel berbintang dengan berbagai fasilitas yang lengkap, maka bisa mencari sedikit lebih jauh dari pantai. Pasalnya di sekitar radius 5 kilometer dari pantai Batu Hiu belum ada hotel bintang lima. Akan tetapi jika sudah puas dengan penginapan sederhana, maka penginapan sekitar bisa menjadi pilihan terbaik untuk tempat singgah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Hiu

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Hiu
Image Credit: Santirah.com

Seperti pada tempat wisata lainnya, pantai Batu Biru Pangandaran juga menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut mulai dari lahan parkir luas, kamar mandi, tempat ibadah, hingga penginapan juga ada di pantai tersebut. Jika ingin menikmati santap ringan dengan keluarga, ada warung warung yang buka disekitar pantai. Namun jika ingin makan yang lebih berat juga ada bermacam rumah makan yang buka.

Tidak hanya itu di sekitar pantai Batu Hiu juga terdapat pusat oleh oleh, sehingga pengunjung tidak perlu pergi ke tempat lain untuk membeli oleh oleh. Guna menambah keindahan dan kenyamanan pengunjung, pihak pengelola pantai juga telah menambahkan beberapa gazebo. Sehingga saat pengunjung merasa lelah atau sekedar ingin berlindung dari sengatan sinar matahari, bisa berteduh di gazebo.

Nah itulah ulasan mengenai pantai Batu Hiu Pangandaran yang berlokasi di Cianjur. Tidak hanya terkenal dengan pemandangan yang memesona, pantai tersebut juga terkenal dengan cerita keberadaan sebuah batu yang menyerupai bentuk ikan hiu. Jika Anda penasaran dengan pantai tersebut, maka tidak salah jika mampir barang sejenak saat pergi ke kota Ciamis. Semoga informasi ini membantu.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending