Pantai Karang Nini, Pangandaran

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini di Pangandaran bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan. Tak hanya disuguhkan dengan pasir putih dan birunya laut, pemandangan siluet matahari di pantai ini juga tampak mengagumkan.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.
Map: Cek Lokasi

Pantai masih menjadi salah satu wisata favorit selama musim liburan. Meskipun ada banyak wisata baru yang lebih kekinian, daya tarik pantai seolah tidak pernah surut dan selalu diburu. Jika Anda satu penggemar wisata pantai, Pantai Karang Nini Pangandaran bisa menjadi tujuan wisata untuk menghabiskan liburan selanjutnya.

Keeksotisan pantai satu ini tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Untuk mengintip pesona keindahan pantai satu ini, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karang Nini

Daya Tarik Pantai Karang Nini
Image Credit: Indonesiakaya.com

Keindahan pantai satu ini bisa dilihat dari pemandangan ombak pantai dengan air yang jernih. Birunya air laut yang dipadukan dengan pasir putih menjadi pemandangan yang tepat untuk menghilangkan penat setelah berkutat dengan rutinitas. Tak hanya itu, pesona siluet matahari di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menyaksikan siluet yang berada di ufuk timur, bayangan Pulau Nusakambangan dan Teluk Penanjung di bagian Selatan turut memperindah pantai satu ini.

Saat pertama memasuki pantai ini, pengunjung akan disajikan dengan keindahan Pulau Nusakambangan dan Teluk Penanjung yang memanjakan mata. Pemandangan ini tampak seperti berlian yang dengan kilaunya yang membuat setiap orang terpana. Tak hanya itu saja, Anda juga akan dibuat kagum oleh segara anakan yang ada di sekitaran pantai. Suasana pantai yang lebih hening menjadikan wisata ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka keramaian.

Selain panorama alam yang mengagumkan, udara di pantai ini juga terasa sejuk. Hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang termasuk kawasan hutan. Kerindangan hutan jati ditambah angin pantai yang sepoi sepoi membuat waktu liburan di pantai ini terasa semakin menyenangkan. Karena alam yang masih asri dan hijau seakan akan pantai satu ini tampak masih perawan. Batu karang yang menjulang tinggi turut memperindah pantai satu ini.

Daya Tarik Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Tourism.pangandarankab.go.id

Namanya yang unik tidak terlepas dari legenda yang masih diyakini oleh masyarakat sekitar. Konon pada zaman dahulu hiduplah sepasang kakek nenek yang saling mencintai dan selalu hidup bersama. Namun, pada suatu hari kakek tidak kunjung pulang dan si nenek tetap setia menunggu sang suaminya. Hingga beberapa hari kemudian muncullah batu karang yang merupakan tanda jika sang kakek telah meninggal.

Karena rasa sedihnya ditinggal oleh sang suami, nenek tersebut berdoa untuk selalu didekatkan dengan kakek. Hingga akhirnya, nenek berubah wujud menjadi batu karang yang menghadap ke arah kakek. Karena itulah pantai satu ini dimanakah pantai Karang Nini. Legenda ini tak hanya tersebar di sekitar pantai tapi juga ke berbagai wilayah di Jawa Barat. Jika ingin menyaksikan keeksotisan karang jelmaan kakek nenek dalam kisah tersebut, Anda wajib mengunjungi pantai satu ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Nini

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Nini
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai satu ini berada di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Anda bisa menempuh rute terdekat dari rumah. Jika perjalanan dari banjarsari, waktu yang dibutuhkan menuju ke lokasi sekitar satu jam. Anda bisa mengandalkan GPS untuk mempermudah perjalanan menuju pantai ini. Warga sekitar juga sangat mengenal pantai satu ini, sehingga Anda tidak perlu takut kesulitan untuk menemukannya.

Akses menuju lokasi ini tergolong cukup sulit, mengingat jalannya memang membutuhkan perawatan. Selain berbatu, jalanan juga hanya memiliki lebar satu mobil saja. Jadi disarankan bagi Anda untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu, sebelum berangkat ke pantai satu ini untuk memastikan keamananya. Namun setelah tiba di pantai, perjalanan yang cukup sulit akan terbayar dengan panorama yang indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini
Image Credit: Trovustar.blogspot.com

Mengunjungi pantai satu ini, Anda memang harus membayar tiket masuk. Namun, tarif yang ditawarkan tergolong cukup murah, dimana satu orang hanya dikenakan biaya sekitar Rp 10 ribu saja. Tentu harga tersebut tidak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan oleh pantai satu ini. Belum lagi ada banyak kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan selama di pantai ini. Tarif tersebut bisa saja mengalami kenaikan pada kondisi tertentu.

Setelah sampai di pintu masuk, Anda tidak perlu turun untuk mengambil karcis dan memberikan uang. Petugas akan datang dengan sigap untuk mengambil biaya tiket masuk. Namun biaya tiket masuk ini berbeda dengan biaya parkir kendaraan. Setelah pengunjung puas menikmati keindahan pantai dan akan beranjak pulang, kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Jika menggunakan motor, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 3 ribu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Karang Nini

Kegiatan di Pantai Karang Nini
Image Credit: Travelblog.id

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama liburan di pantai satu ini. Menikmati keindahan pantai dengan ombak yang besar dan air laut yang biru menjadi salah satu kegiatan favorit di pantai satu ini. Batu karang yang menjulang tinggi merupakan spot andalan yang banyak diburu oleh para pengunjung. Masih ada spot menarik lainnya yang dapat ditemukan di pantai ini. Salah satunya jalur kereta api yang menjadi saksi sejarah.

Jalur kereta api tersebut dibangun sejak zaman pemerintahan Belanda. Namun, kabarnya jalur kereta api ini akan direaktivasi oleh pemerintah. Jalur kereta api ini tampak unik dengan ujungnya yang terhubung dengan terowongan yang sangat panjang. Anda bisa mengabadikanya untuk dijadikan koleksi yang dipajang di rumah. Selain berburu foto, berjemur di pinggir pantai sambil merasakan hangatnya sinar matahari juga menjadi aktivitas yang tak kalah menyenangkan.

Jika ingin menyaksikan pemandangan pantai Karang Nini dari ketinggian, Anda bisa masuk ke menara pandang yang dibangun di sekitar pantai. Menara pandang ini juga dilengkapi dengan teropong untuk mempermudah melihat keadaan di bawahnya. Aktivitas yang tak kalah menarik yaitu bermain di batu karang ketika air pantai mulai surut. Karena ombak di pantai ini cukup besar, pengunjung tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas berenang.

Namun bukan berarti aktivitas di sini terbatas. Anda bisa mencari binatang laut dengan mudah di sekitaran pantai. Duduk santai dan berkumpul bersama keluarga akan membuat liburan di pantai ini menjadi momen yang tak akan terlupakan. Puas menikmati keindahan alamnya, Anda bisa mencoba kuliner yang dijual di pinggir pantai. Tak hanya makanan berat, Anda juga bisa mencicipi makanan ringan atau minuman yang segar seperti es kelapa muda.

Penginapan di Sekitar Pantai Karang Nini

Penginapan di Sekitar Pantai Karang Nini
Image Credit: Mawaholiday.net

Menikmati liburan di pantai satu ini mungkin terasa kurang jika hanya seharian, terutama jika Anda berasal dari luar kota. Apabila ingin menghabiskan liburan yang lebih lama, Anda bisa bermalam di salah satu penginapan yang ada di kawasan ini. Tersedia banyak penginapan dengan harga yang murah hingga hotel bintang lima. Hotel dengan fasilitas yang lengkap di Pangandaran bisa Anda pesan jauh jauh hari sebelum mengunjungi pantai satu ini.

Anda bisa memilih penginapan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jika ingin menikmati alam yang bebas, Anda bisa mendirikan tenda di area camping ground. Mengingat pantai ini masih sangat alami, terlebih suara gemuruh ombak yang menghantam karang di malam hari membuat suasana berkemah semakin menantang. Pemandangan alam yang indah dengan langit bertaburan bintang menjadikan malam berkemah di pantai ini semakin spesial.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Nini

Fasilitas di Pantai Karang Nini
Image Credit: Mawaholiday.net

Salah satu yang menjadi pertimbangan ketika mengunjungi wisata adalah fasilitasnya. Fasilitas di wisata ini tergolong cukup lengkap. Ada tempat duduk yang disediakan untuk menikmati pemandangan pantai bersama keluarga. Wisata ini juga menyediakan area parkir untuk kendaraan pengunjung, meskipun masih terbatas. Anda juga tidak akan kesulitan menemukan toilet serta mushola untuk beribadah.

Anda juga tidak perlu khawatir jika kesulitan mencari makan, karena ada banyak penjual makanan di sekitaran pantai. Tersedia juga ayunan untuk menikmati ombak pantai dan angin suasana udara di pantai ini. Pengelola wisata juga menyediakan banyak spot unik untuk swafoto. Dengan fasilitas wisata yang memadai, wisata satu ini memang cukup recomended untuk menghabiskan waktu liburan.

Berkunjung ke pantai cantik Karang Nini memang obat mujarab untuk melepaskan lelah akibat kesibukan. Suasana yang masih asri dan pepohonan yang rindang lengkap dengan view yang bagus menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas selama liburan di pantai satu ini. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga keindahan pantai satu ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending