10 Wisata Pantai di Pangandaran yang Paling Hits

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Pangandaran, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Terbaik, Eksotis dan Paling Hits untuk Mengisi Liburan Anda.

Jika dilihat secara geografis, Kabupaten Pangandaran berdekatan dengan Samudera Hindia. Maka tak heran, wilayah tersebut memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai yang indah dan menawan. Pangandaran termasuk salah satu wilayah yang menjadi primadona di Jawa Barat.

Beberapa letak pantai di kota tersebut selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kendati demikian, keindahan alam pantai tersebut tidak berkurang hanya karena dipenuhi oleh  pengunjung. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut rekomendasi wisata pantai di Pangandaran yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari
Image Credit: Mantai.id

Daya tarik utama dari  wisata alam yang satu ini terletak pada salah satu pulau kecil yang bernama Pulau Batuleuti. Keberadaan pulau kecil tersebut sukses menjadi salah satu ikon dari pantai yang satu ini. Tak jarang beberapa pengunjung mengabadikan foto dengan latar belakang pulau tersebut. Dinamakan Pulau Batuleuti karena bentuknya yang tersusun dari bebatuan alam dengan sedikit tumbuhan di atasnya, hal inilah yang menjadi pembeda dengan pulau lainnya.

Panti Madasari juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk berkemah. Pasalnya, jika mengunjungi tempat yang satu ini Anda bisa menyewa peralatan berkemah seperti tenda, lahan, dan alas tenda. Selain itu, ada banyak sekali hal unik di pantai ini yang tak bisa ditemukan di objek wisata alam pantai lainnya. Salah satu keunikan tersebut ialah, keberadaan 11 pulau kecil yang memiliki pemandangan tersendiri dan menambah pesona Madasari.

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

2. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak Pasir Putih
Image Credit: Mypangandaran.com

Teruntuk Anda yang sedang berada di Kabupaten Pangandaran dan ingin mengunjungi salah satu pantai dengan lokasi yang tidak terlalu ramai, bisa mengunjungi Pantai Karapyak yang satu ini. Keberadaannya yang masih belum terlalu banyak terjamah oleh pengunjung menjadikan kondisi pantai tersebut sangat asri dan alami. Pihak pengelola pantai tersebut juga menyediakan beberapa fasilitas yang akan menunjang kenyamanan wisatawan.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain, penginapan, tempat makan, lahan parkir, dan toilet. Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan menantang di area tersebut, Anda bisa memanjat tebing curam di sekitar lokasi pantai. Untuk dapat melakukan aktivitas tersebut, Anda bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Sehingga keamanan Anda saat memanjatnya akan lebih terjamin.

Lokasi: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

3. Pantai Karang Nini Pangandaran

Pantai Karang Nini
Image Credit: Pangandarankab.go.id

Suguhan pertama yang akan Anda nikmati saat pertama kali berkunjung ke Pantai Karang Nini ialah hamparan laut dengan perbukitan yang dilengkapi kawasan hutan yang masih rindang. Melalui panorama tersebut, rasa lelah akibat perjalanan yang harus dilalui akan terbayar lunas. Dikelilingi dengan hutan jati yang rindang serta pemandangan laut yang masih bersih tentu saja akan menjadi perpaduan pas dan ciamik untuk Anda kagumi.

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Pantai Karang Nini. Salah satunya ialah berpiknik di area rindangnya pohon jati dengan memandang pesona laut yang sangat memukau. Apabila tertarik untuk mengunjungi Pantai Karang Nini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 10 ribuan untuk membayar biaya tiket masuk wilayah pantai. Di sana, Anda juga akan disediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

4. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Image Credit: Adventure-pangandaran.com

Pantai Batu Hiu merupakan salah satu objek wisata yang berada di Ibu Kota Kabupaten Pangandaran. Objek wisata alam yang satu ini digadang gadang memiliki tampilan yang mirip seperti Tanah Lot Bali. Hal tersebut dikarenakan, Pantai Bau Hiu dilengkapi dengan tebing dan karang yang terbentang luas di sekitar bibir pantai. Jika Anda mengunjungi pantai yang satu ini, Anda akan menemukan beberapa karang yang menyerupai bentuk Hiu.

Karena hal tersebut, pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu. Deburan ombak dengan pepohonan rindang mampu menghadirkan pesona eksotis yang jarang ditemukan di tempat lain. Di sana, Anda juga bisa menggunakan fasilitas penunjang kenyamanan seperti, ruang ganti pakaian, kamar mandi, gazebo, , WC umum, dan beberapa warung kecil. Untuk tiket masuk yang dipatok menyesuaikan dengan situasi dan kondisi jumlah pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Lokasi: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

5. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur
Image Credit: Mediapangandaran.com

Objek wisata yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Ketika mengunjungi pantai yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan laut luas dengan perbukitan yang menjulang tinggi mencapai 90 derajat. Daya tarik lain yang bisa didapatkan dengan mengunjungi Pantai Keusik Luhur ialah deburan  ombak yang terpecahkan oleh karang.

Lokasi: Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

6. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung
Image Credit: Indonesiakaya.com

Salah satu daya tarik utama yang ada di Pantai Pananjung ialah kejernihan air laut dengan warna kebiruan yang khas. Pantai dengan pasir putih yang sangat bersih memiliki status sebagai cagar alam yang dilindungi. Tak heran jika berkunjung ke pantai yang satu ini Anda akan menemui pemandangan alam yang masih asri dan terawat. Selain itu, ketika mendatangi Pantai Pananjung Anda bisa menemui beberapa ekor kera yang bergelantungan.

Sejumlah fasilitas juga telah disediakan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya, persewaan alat diving, snorkeling, berenang, dan berselancar. Tak hanya itu, jika Anda ingin mengarungi Pantai Pananjung bisa menyewa jasa rental kapal. Puas mengitari pulau di sekitar pantai tersebut, Anda bisa membersihkan diri di kamar mandi dan mengisi perut yang lapar dengan mencicipi makanan di warung sekitar pantai.

Berbicara mengenai tarif dan tiket masuk, Pantai Pananjung sendiri memiliki tiket masuk yang terbilang sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp. 5 ribuan saja, maka segala pesona dan keindahan di setiap sudut pantai sudah bisa Anda nikmati. Selain biaya tiket masuk, Anda juga akan dikenakan tarif parkir kendaraan dari sekitar Rp.5 ribu hingga Rp.10 ribuan saja bergantung dengan transportasi yang digunakan.

Lokasi: Jl. Pantai Timur, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

7. Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri
Image Credit: Detik.com

Selain menampilkan panorama air laut yang sangat memukau, Pantai Lembah Putri juga memiliki pesona pemandangan alam yang masih eksotis. Wilayah yang dikelilingi hutan rindang tersebut kian menambah keindahan alam berupa hamparan hijau sejauh mata memandang. Di dekat area Pantai lembah Putri disediakan beberapa taman yang dapat menunjang kenyamanan dan keseruan saat berlibur di pantai tersebut.

Pihak pengelola pantai tersebut sudah menyediakan beberapa fasilitas memadai demi menjamin kenyamanan para wisatawan. Fasilitas yang sudah tersedia seperti, toilet, mushola, warung makan, dan lahan parkir dengan area yang cukup luas. Bagi Anda yang datang dari luar kota dan ingin berwisata ke Pantai Lembah Putri dengan kurun waktu yang lama, bisa menyewa beberapa cottage sebagai tempat menginap dan beristirahat.

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

8. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Image Credit: Wisatabagus.com

Pantai di Kabupaten Pangandaran dengan pesona yang tak kalah unik dan indah dari pantai lain ialah Pantai Pangandaran pasir putih. Memiliki keunggulan berupa birunya warna air laut dengan pasir yang putih dan bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang satu ini. Sebagai informasi, pantai yang satu ini memiliki lokasi yang menghadap langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran, warna biru dari jernihnya air tercipta di lokasi wisata yang satu ini.

Di Pantai Pangandaran ini, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit maupun tenggelam. Ketika matahari sudah mulai tenggelam, semburat warna ungu yang dipadukan warna jingga mampu hadirkan momen romantis yang akan sangat berkesan. Dengan demikian, lokasi yang satu ini sangatlah cocok untuk dikunjungi bersama orang yang tercinta. Menunggu matahari terbit maupun tenggelam merupakan momen romantis yang bisa dilakukan.

Lokasi: Jl. Pamugaran Bulak Laut, Kec. Pananjung, Kab. Pangandaran.

9. Pantai Karang Tirta

Pantai Karang Tirta
Image Credit: Harapanrakyat.com

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata alam yang masih tenang, Anda bisa mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Karang Tirta memiliki debit arus ombak yang cenderung lebih tenang. Dengan demikian, Anda bisa menikmati panorama alam laut yang dapat menenangkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, Pantai Karang Tirta memiliki lokasi yang cukup aman untuk melakukan aktivitas berenang dan bermain air.

Hal seru lainnya yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Karang Tirta ialah memancing. Di area pantai ini terdapat tempat yang sangat efisien untuk menjala atu memancing ikan. Tentunya, Anda perlu membawa peralatan memancing sendiri karena tidak adanya persewaan peralatan memancing. Nantinya, hasil pancingan Anda bisa dibawa pulang tanpa perlu membayar biaya apa pun.

Lokasi: Sukaresik, Kec. Sidamulih, Kab. Pangandaran.

10. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah
Image Credit: Survive-giezag.org

Destinasi pantai terakhir yang ada di Kota Pangandaran dengan keindahan alam khasnya ialah Pantai Muaragatah. Ketika berada di area tersebut, Anda bisa bermain main di sekitar batu karang yang cantik dan menjulang tinggi di bibir pantai. Tak hanya itu, Anda juga bisa menaiki beberapa bukit di sekitar pantai untuk melihat keindahan alam laut lepas. Suara deburan ombak yang terpecahkan oleh batuan karang membuat suasana semakin nyaman.

Lokasi: Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Pangandaran yang bisa dikunjungi ketika singgah untuk berlibur. Dengan rekomendasi dan pilihan pantai tersebut, akan memudahkan Anda dalam memilih salah satu pantai yang cocok untuk Anda dan keluarga. Jika ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai dengan kondisi tenang dan nyaman. Selamat liburan!

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending