Pantai Pangandaran – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pangandaran

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pangandaran menjadi salah satu pantai populer di Jawa Barat dengan keindahan pemandangan alamnya.

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.
Map: Cek Lokasi

Pangandaran selama ini dikenal sebagai salah satu kabupaten baru yang berada di Jawa Barat yang kental dengan nilai sejarahnya yang tinggi. Selain mengunjungi wisata sejarahnya, sebaiknya tidak menghilangkah kesempatan emas untuk mengunjungi Pantai Pangandaran yang terkenal akan keindahannya yang menarik untuk dieksplor. Apa yang membuat wisata bahari ini begitu istimewa ?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pangandaran

Daya Tarik dari Pantai Pangandaran
Image Credit: Tribunnews.com

Layaknya wisata bahari pada umumnya, dimana wisatawan disajikan dengan hamparan lautan lepas berwarna jernih dan memanjakan mata. Sejak memasuki kawasan wisatanya, Anda akan disambut dengan putihnya pasir pantai yang terasa lembut ketika menyentuh permukaan kulit. Namun ada beberapa hal yang membuat pantai satu ini begitu istimewa.

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Pangandaran adalah adanya pelaksanaan beberapa event nasional dan internasional yang dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli. Event tahunan tersebut berhasil menyaring pengunjung dari berbagai daerah dalam jumlah tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika kedua bulan tersebut terjadi lonjakan pengunjung setiap harinya tanpa diduga.

Festival tahunan tersebut diadakan langsung oleh pemerintah setempat, dan sengaja dilakukan sebagai langkah mengenalkan Pantai Pangandaran sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjunginya. Berbagai event yang dilakukan cukup beragam dan berhasil menghibur para wisatawan, wajar rasanya jika anak anak hingga orang dewasa tertarik berlibur kesana.

Pihak pengelola pantai juga menyelenggarakan acara tradisional bernama Hajar Laut setiap tahunnya. Acara adat tersebut merupakan sebuah acara untuk melarungkan sesajen ke lautan lepasnya. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa terima kasih kepada Tuhan, karena nelayan sekitar dapat memenuhi kebutuhannya dari hasil lautnya.

Daya Tarik Pantai Pangandaran
Image Credit: Google Maps (Wahyu Waskito)

Acara yang selalu ditunggu tunggu oleh wisatawan adalah festival layang layang Internasional. Bukan sekedar bermain atau menerbangkan layang layang semata, pasalnya wisatawan dapat menyaksikan permainan tradisional tersebut secara langsung dengan cara berbeda. Pasalnya layang layang yang diterbangkan memiliki aneka bentuk unik untuk memeriahkan festival.

Puas menyaksikan keindahan alam serta menikmati festival, jangan lupa mencicipi aneka kuliner lezat yang berada di sekitar pantainya. Aneka menu yang ditawarkan, didominasi oleh olahan hasil laut yang tentunya masih dalam keadaan segar dan dibumbuhi dengan aneka rempah. Satu porsi saja, sudah berhasil memanjakan perut yang sedaritadi kelaparan.

Soal rasa tidak perlu ditanyakan kembali, oleh karenanya jangan pernah ragu untuk mencicipi aneka menu kuliner yang ditawarkan. Sebagai pendamping makanan utama, tidak ada salahnya mencicipi camilan ringan serta memesan sebuah minuman menyegarkan sebagai pelengkapnya. Sekali mencobanya, Anda akan dibuat jatuh hati dan tidak tega untuk tidak menghabiskannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pangandaran

Alamat Pantai Pangandaran
Image Credit: Instagram.com @andi_hasbi_alhafiz

Tertarik mengunjungi wisata bahari cantik yang ada di Kabupaten Jawa Barat satu ini ? Sebaiknya Anda segera meluncur ke Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Apabila bertolak dari pusat Kota Bandung, setidaknya Anda harus menempuh perjalan sekitar 121 km untuk bisa sampai di kawasan wisatanya.

Sedangkan pengunjung yang bertolak dari kota Ciamis hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 91 km saja. Jauhnya perjalanan sebanding dengan pesona alam yang disuguhkannya, sehingga Anda tidak akan pernah menyesal pernah mengunjunginya. Medan menuju lokasi wisatanya juga cukup mulus, sehingga bisa dilalui oleh kendaraan pribadi hingga bus besar sekalipun.

Harga Tiket Masuk Pantai Favorit Pangandaran

Harga Tiket Pantai Pangandaran
Image Credit: Harga.info

Sebagian orang setuju bahwa berlibur ke pantai adalah pilihan terbaik untuk mengisi waktu libur. Selain karena keindahan alamnya yang berhasil memanjakan mata, pengunjung tidak perlu menguras dompet untuk bisa menikmatinya. Begitu pula ketika Anda memutuskan berlibur ke Pantai Pangandaran, dimana wisatawan hanya ditawarkan dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.

Khusus bagi wisatawan yang datang tanpa kendaraan alias jalan kaki, hanya perlu membayarkan sekitar 6 ribuan saja untuk bisa masuk ke kawasan wisatanya. Sedangkan mereka yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil akan dikenakan biaya sekitar 14 ribuan hingga 35 ribuan ke atas.

Wisatawan yang datang secara rombongan dan membawa mini bus sebagai moda transportasinya, akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar 60 ribuan saja per kendaraan. Berbeda lagi dengan mereka yang datang rombongan menggunakan bus, maka harga tiketnya akan lebih tinggi dibandingkan ketika menggunakan moda transportasi lainnya.

Namun perlu diingat bahwa besaran tarif tiketnya dapat berubah kapan saja. Oleh karenanya, tidak ada salahnya membawa dana sedikit lebih banyak agar bisa memasuki kawasan wisatanya. Agar acara berlibur bisa didapatkan hingga puas, silahkan kunjungi mulai dari jam 9 pagi hingga operasional ditutup pada jam 9 malam.

Aktivitas Menarik Selama Berada di Pantai Pangandaran

Aktivitas di Pantai Pangandaran
Image Credit: Google Maps (Van Setya)

Pantai Pangandaran termasuk wisata bahari primadona bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Pasalnya kawasan wisatanya dikaruniai dengan taman laut serta beberapa jenis ikan tengah hidup di dalamnya. Kondisi alamnya yang masih terjaga keasriannya, seakan menambah daya tariknya agar pengunjung betah mengunjunginya kembali di lain waktu.

Sesampainya di lokasi wisatanya, Anda pun tidak akan pernah bosan atau bingung ingin melakukan suatu hal selain menikmati sajian alamnya. Sebab wisatawan dapat melakukan sejumlah aktivitas seru untuk mewarnai hari libur yang selama ini telah ditunggu tunggu. Salah satunya yaitu menyusuri bibir pantainya yang begitu menawan.

Meski hanya berjalan jalan santai di sekitar bibir pantainya, rasa lelah dan penat di pikiran akan sirna seketika itu juga. Hal ini dikarenakan wisatawan disajikan dengan pemandangan horizon Samudra Hindia memukau, sambil ditemani dengan semilir angin segar khas laut yang menyejukkan ketika menyentuh permukaan kulit.

Selagi asyik menyusuri pantainya, kemungkinan besar Anda merasakan tekstur pasirnya yang sedikit berbeda dengan wisata bahari lainnya. Terasa halus dan lembut, alhasil banyak wisatawan yang tertarik bermain pasir atau sekedar menimbun bagian kakinya untuk merasakan betapa lembutnya hamparan pasirnya.

Menyurusi bentangan pantainya tidak selalu dilakukan dengan berjalan kaki semata, pasalnya Anda bisa mencoba menaiki kuda untuk merasakan sensasi berbeda ketika berlibur di wisata bahari. Tentu saja penawaran ini jarang ditemukan pada wisata bahari lainnya, oleh sebab itu tidak ada salahnya mencobanya daripada menyesal karena tidak pernah mencobanya sekalipun.

Puas menyusuri bibir pantainya, rasanya kurang puas jika belum menikmati kesejukan air lautnya yang begitu jernih dipandang. Meski pantai selatan terkenal akan deburan ombaknya yang ganas dan kencang, ternyata tidak dengan kawasan di sekitar pantai satu ini. Sebab Pantai Pangandaran memiliki pantai yang lantai dengan waktu pasang surut air laut yang relatif lama.

Berkat kondisi geografi pantainya yang unik inilah, wisatawan diperbolehkan berenang santai di tepian dangkal dan cenderung memiliki ombak yang jauh lebih tenang. Selagi menikmati kesegaran air lautnya, sesekali lihatlah keindahan bahwa lautnya yang begitu memukau. Inilah salah satu alasan mengapa banyak wisatawan tidak pernah kapok mengunjunginya kembali.

Jika berenang santai saja terasa membosankan, kenapa tidak mencoba menaiki beberapa wahana sebagai solusinya. Salah satu wahana populer di Pantai Pangandaran adalah Jet Ski da Banana Boat yang siap menguji adrenalin Anda. Jika masih belum puas juga, cobalah menyusuri keindahan bahwa lautnya atau melakukan hopping beach sebagai altenatifnya.

Bagi wisatawan yang tertarik menikmati alam bawah airnya, silahkan bertandang ke Pantai Pasir Putihnya terlebih dahulu. Pasalnya lokasi wisata ini terkenal sebagai spot terbaik untuk menyaksikan bawah laut dari Pantai Pangandaran. Selama menyusuri bawah lautnya, Anda bisa melihat aneka jenis ikan serta aneka warna warni terumbu karang yang dibalut dengan pasir putih.

Sedangkan wisatawan yang tidak memiliki kemampuan namun tertarik melihat keindahan bahwa lautnya, bisa menyewa sebuah perahu pesiar sebagai alternatifnya. Meski tidak melihat keindahannya secara langsung, namun kejernihan air lautnya berhasil memancarkan pesonanya yang membuatnya sudah terlihat bahkan dari kejauhan sekalipun.

Aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi wisata bahari adalah sunset maupun sunrise. Bahkan kawasan wisata satu ini semakin dipadati pengunjung ketika senja mulai menyapa. Hal ini bukanlah pemandangan yang aneh, karena wisatawan berlomba lomba mendapatkan spot terbaik untuk menikmati perubahan warna langit menjadi jingga kehitaman.

Pemandangan saat fajar terbit juga tidak kalah indah, sehingga tidak perlu heran jika kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung di kedua waktu tersebut. Beberapa diantara wisatawan bahkan rela datang dari subuh untuk mengabadikan momen terbitnya matahari sebagai tambahan koleksinya. Wajar saja jika kawasan wisatanya seakan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Wisatawan juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan sekitar yang sibuk membawa hasil tangkapannya semalaman. Sedangkan di bagian selatan pantainya, Anda bisa menemukan sebuah tempat pelelangan ikan yang menawarkan hasil tangkapan nelayan sekitar. Berbagai jenis ikan dalam kondisi segar ditawarkan dengan harga bersahabat di kantong.

Penginapan Murah Dekat Pantai Pangandaran

Penginapan Murah Pantai Pangandaran
Image Credit: Twitter.com @pegipegi

Pantai Pangandaran tidak hanya populer dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, bahkan banyak dari pengunjung yang justru dari daerah yang sangat jauh karena penasaran dengan kecantikan alamnya. Beruntungnya wisatawan dari luar daerah dapat beristirahat dengan nyaman dan aman, karena di sekitar kawasan wisatanya ditemukan sejumlah penginapan.

Jenis dan tarif yang ditawarkan cukup bervariasi, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan budget. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga sewa satu kamarnya dimulai dari harga 200 ribuan saja untuk satu malam. Pelayanan dan fasilitas yang diberikan cukup lengkap, sehingga wisatawan dapat beristirahat dengan nyenyak sebelum melanjutkan perjalanan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pangandaran

Fasilitas di Pantai Pangandaran
Image Credit: Google Maps (Ilmi Anisa Mardiana)

Sebagai salah satu wisata bahari populer di Jawa Barat, pihak pengelola memberikan sejumlah fasilitas sebagai penunjangnya. Bahkan fasilitas yang diberikan tergolong lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Mulai dari area parkir kendaraan yang cukup lapang, tersedianya pemandu wisata, pemandu pantai, serta tersedianya pusat informasi.

Pihak pengelola juga tidak lupa menambahkan sejumlah fasilitas penting seperti kamar mandi bersih dan wangi, ruang ganti khusus, tempat beribadah, dan masih banyak lagi lainnya. Banyak dan kelengkapan fasilitas yang diberikan, seakan menahan wisatawan untuk pergi terlalu cepat dari kawasan wisatanya.

Fasilitas tambahan seperti telekomunikasi, pelayanan pos, kafe, penginapan, serta money charger bisa ditemukan disini. Bahkan wisatawan bisa menyewa sepeda santai, perahu wisata, atau menaiki delman untuk menyusuri kawasan wisata dengan cara berbeda. Cukup dengan mengunjungi pantai cantik ini, Anda bisa mendapatkan segudang pengalaman tak terlupa.

Pantai Pangadaran termasuk wisata bahari yang menarik dikunjungi ketika hari libur telah tiba. Bukan tanpa alasan, pasalnya pantai satu ini memiliki pesona tiada dua dan sempat dinobatkan sebagai pantai terbaik yang ada di Jawa Barat oleh AsiaRooms. Hal ini menandakan bahwa keindahannya sudah tidak perlu diragukan. Kapan Anda berencana mengunjunginya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending