Pantai Batu Bengkung Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Batu Bengkung Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Batu Bengkung menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis di Malang. Pantai cantik dengan panorama Samudera Hindia menjadi tujuan populer saat liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang merupakan daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Mulai dari pendidikan, wisata pegunungan, petik alam, taman buatan, air terjun, hingga pantai. Salah satu dari sekian banyak destinasi favorit, Pantai Batu Bengkung memiliki pesona yang tidak bisa ditolak.

Pantai ini berada di daerah selatan Kabupaten Malang. Lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai yang ada di wilayah tersebut. Memiliki pesona tebing karang yang indah dengan pohon rindang di atasnya, serta ombak yang cukup tinggi.

Warna pantainya biru terang dengan gradasi warna hijau tosca di bagian pinggir pantai. Sering dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan gathering komunitas ataupun Mahasiswa dari perguruan tinggi yang berada di Malang. Tentunya masih banyak lagi daya tarik, keunikan, dan hal-hal lain yang bisa Anda temukan di Batu Bengkung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bengkung

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

1. Kolam Gugusan Karang

Keunikan dan daya tarik satu ini jarang ditemukan di tempat lain, yaitu kolam alami di tepi laut. Warna dari airnya hijau tosca jernih dan asin. Berbentuk cekungan dengan kedalaman sekitar 1,5 meter di bibir pantai. Terpisah dari laut dengan batu karang sebagai pembatasnya.

Air kolam berasal dari laut yang dibawa oleh ombak tinggi pantai eksotis ini. Di dalamnya juga terdapat beberapa ikan kecil yang terbawa masuk. Biasanya dijadikan tempat untuk berenang oleh pengunjung. Karena ombak pantai di sana sangat tinggi, sehingga tidak memungkinkan Anda untuk berenang di laut secara langsung.

2. Pemandangan Alam

Saat Anda memasuki wilayah Pantai Batu Bengkung, akan terpukau dengan pesona pemandangan alamnya. Karang-karang yang berbentuk tebing di tengah laut memecah ombak dengan indah. Selain itu pohon-pohon yang tumbuh di atasnya juga menambah manis pesona eksotisnya.

Pasir putihnya sangat luas dan lembut, bisa digunakan untuk duduk dan berjemur. Warna lautnya biru dan terlihat tenang. Ombaknya begitu indah dengan hempasan yang cukup tinggi. Selain itu terdapat gradasi warna hijau tosca yang bisa Anda nikmati.

BACA:  Pantai Klara Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bengkung

Alamat Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Rara)

Alamat lengkap dari Batu Bengkung yaitu Jalan Lintas Selatan, RT. 42 RW. 06, Desa Gajahrejo, Kabupaten Gedangan, Malang, Jawa Timur. Jika Anda berasal dari luar kota, bisa mengambil rute terbaik dari daerah Malang Kota. Terdapat dua rute pilihan yang bisa diambil.

Rute pertama yang bisa Anda bisa pilih yaitu melalui jalur Turen menuju ke arah selatan daerah Sumbermanjing Wetan. Dari sana Anda akan menemukan pertigaan dengan papan petunjuk arah yang bertuliskan arah ke Goa Cina dan Bajulmati. Hingga Anda memasuki jalan yang di pinggirnya berjejer banyak pantai.

Dari tempat tersebut saat Anda melihat tulisan Pantai Bajulmati, berarti setelah 3 kilometer lagi akan tiba di lokasi. Menujulah ke arah barat, perjalanan anda akan sedikit berkelok-kelok dengan melewati banyak pegunungan, namun jalan sudah beraspal. Kemudian Anda akan segera tiba di Pantai Batu Bengkung yang dituju.

Rute kedua bisa melalui arah dari Malang kota menuju ke arah Gondanglegi. Kemudian di pertigaan pasar Gondanglegi yang terdapat pos Polisi, ambil arah kiri. Terus ikuti arah jalan besar hingga sampai di tugu Pasar Wonokerto, Anda bisa mengambil arah lurus menuju selatan. Sampai nanti di daerah Bantur, dan ikuti petunjuk jalan yang ada.

Saat tiba di perempatan ke arah Pantai Balekambang, silahkan belok kiri dan ikuti jalan utama. Pantai ini terletak sebelum Pantai Bajulmati jika dari arah Barat. Rute ini lebih aman dan nyaman, karena akses jalannya lebih halus dan mudah dilalui. Selain itu Anda juga bisa mencoba dari arah Kepanjen menuju Gondanglegi dan seterusnya sama.

Perjalanan menuju Lokasi bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi roda dua ataupun roda empat. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi bisa melakukan penyewaan dekat penginapan di wilayah Kota Malang. Juga ada angkutan umum berupa Bis (Damri) yang mengantar ke arah Pantai, Anda bisa temukan di terminal Arjosari.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Batu Bengkung

Harga Tiket Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Arafah Cahya Kamila)

Malang memiliki pesona wisata alam pegunungan, pendidikan, daerah konservasi hingga pantai-pantai eksotis yang berjajar rapih dan indah. Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu dari sekian banyak pantai favorit yang ada di Malang.

Lokasinya berada di daerah Gedangan bagian selatan Kabupaten Malang. Pantai cantik ini buka selama 24 jam tanpa ada jam tutup. Harga tiket untuk setiap kunjungannya dimulai dari Rp 10.000 untuk masuk, tidak termasuk biaya parkir. Untuk parkir kendaraan yang tidak menginap sebesar Rp 5.000,- sedangkan Rp 10.000,- untuk yang menginap.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Batu Bengkung

Aktivitas di Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Instagram.com @vitoinkaa_

1. Berkemah

Garis pantai yang melengkung panjang serta pasir putih yang luas, menjadikan wisata Batu Bengkung destinasi yang tepat untuk berkemah. Banyak dari pengunjung yang merupakan kalangan anak muda, menghabiskan malamnya bersama dengan tenda dan juga api unggun. Tidak jarang juga dijadikan tempat kegiatan outdoor organisasi kampus di Malang.

BACA:  22 Wisata Pantai di Malang yang Paling Hits

Suasana pantai di malam hari memang sangat indah, ditambah dengan pemandangan langit yang bersih dengan sedikit taburan cahaya Bintang dan Bulan. Saat pantai surut Anda juga akan melihat pesona laut yang indah.

2. Menikmati Sunset

Setiap dari Anda pasti ada yang merupakan pemburu sunset di alam terbuka. Pas sekali jika berkunjung ke Pantai Batu Bengkung pada saat senja tiba. Pemandangan yang didambakan terlukis di sela-sela hamparan luas air Pantai.

Anda yang memutuskan untuk menikmati keindahan Sunset dengan orang tersayang ditemani dengan deburan ombak pantai, telah memilih tempat yang tepat. Keindahan tebing karang, pepohonan, laut biru yang luas ditambah dengan biasan cahaya sunset yang kekuningan, akan memberikan pengalaman luar biasa.

3. Berenang di Kolam Alami

Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang sangat tinggi dan cukup berbahaya. Ketinggiannya mencapai sekitar 2-3 meter pada setiap hempasannya. Pengelola juga tidak menyarankan untuk melakukan aktivitas di tengah laut karena dapat berpotensi buruk bagi keselamatan.

Tapi tenang, Anda masih tetap bisa berenang di kolam alami yang berada di tepi Pantai Batu Bengkung. Inilah keunikan yang dimilikinya, yang tidak banyak ditemukan di tempat lain. Warnanya hijau tosca dengan rasa asin layaknya air yang berada di Laut. Untuk menikmatinya, pastikan datang saat air sedang pasang.

4. Mendaki Tebing Karang yang Indah

Pada area pantai ini banyak dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang tinggi dengan pohon rindang tumbuh di atasnya. Pemandangan ini memecah hamparan luas air laut dan menambah indahnya.

Pengunjung bisa mendaki ke atas dan melihat pemandangan laut dari atas. Untuk mencapainya Anda terlebih dahulu harus melewati jalan sempit, dengan sisi kanan dan kirinya yang sudah tersedia tali untuk berpegangan. Perlu hati-hati untuk menyeberanginya, karena jika tergelincir cukup berbahaya.

5. Olahraga Pantai

Hamparan pasir pantai yang luas tanpa penghalang, menjadikan Pantai Batu Bengkung cocok untuk berkemah. Selain itu juga bisa dijadikan tempat untuk berolahraga, seperti voli pantai dan sejenisnya.

Bersama keluarga ataupun teman, bisa melakukan permainan bola voli atau sepak bola dengan diiringi suara deburan ombak yang syahdu. Alat seperti bola dan sejenisnya bisa Anda persiapkan dari rumah. Karena di sana tidak ada tempat untuk penyewaan.

6. Berfoto

Saat ini berkegiatan ataupun jalan-jalan wisata tanpa berfoto tentunya tidak akan lengkap. Kecanggihan teknologi foto dan kebutuhan update di akun sosial media menjadikannya sebagai kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan.

BACA:  Pantai Tiga Warna Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Banyak sekali spot foto yang cocok untuk dijadikan background. Keberadaan tebing-tebing, laut hijau, kolam, serta pasir yang bersih, menambah pilihan untuk dijadikan objek terbaik foto Anda. Selain untuk koleksi pribadi juga bisa mempermanis timeline sosial media Anda.

Penginapan Murah Dekat Pantai Batu Bengkung

Penginapan Dekat Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Booking.com

1. Bromo Guest House Family

Jika Anda merencanakan perjalanan selain ke daerah Pantai Bengkung, alangkah baiknya mencari tempat penginapan. Salah satunya Bromo Guest House Family, yang terletak sekitar 21,4 mil dari lokasi. Harga per malam yang harus Anda bayarkan untuk menginap sebesar Rp 95.628,-

2. Mirabell Hotel dan Concention Hall

Salah satu dari beberapa penginapan yang dekat dengan lokasi pantai ini. Berada di sekitar 22,0 mill dari daerah Kabupaten Gedangan. Fasilitas yang ditawarkan lengkap dan banyak dijadikan pilihan oleh Wisatawan luar Kota untuk tempat singgah saat ingin mengeksplor Kota Malang. Biaya yang dibandrol per malamnya yaitu Rp 289.256,-.

3. Hotel Lahor Indah

Penginapan ini terletak sekitar 23,4 mill dari lokasi Pantai Batu Bengkung. Menawarkan fasilitas yang ramah di kantong pelancong. Harga per malam yang harus dibayarkan sekitar Rp 110.617,-.

4. Ijen Suites Resort and Convention

Bagi Anda yang ingin merencanakan perjalanan ke beberapa tempat wisata selain Batu Bengkung. Berlokasi di pusat Kota, Ijen Suites Resort and Convention bisa jadi pilihan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan nyaman. Jarak tempuh menuju lokasi pantai sekitar 31,1 mill. Harga yang ditawarkan per malamnya yaitu Rp 365.445,-

5. Hotel Tugu Malang

Jika Anda mencari penginapan dengan fasilitas yang bagus dan lengkap, Hotel Tugu Malang bisa jadi salah satu pilihan. Lokasinya berada sekitar 31,3 mill menuju kawasan Batu Bengkung. Harga untuk per malamnya berkisar Rp 710,628, cukup mahal untuk kantong pelajar atau Mahasiswa. Namun, memang termasuk penginapan kelas atas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bengkung

Fasilitas di Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Fariz Gustafianto)

Fasilitas yang ada di kawasan pantai lumayan lengkap, meskipun dengan pengelolaan terkesan belum baik. Sejauh ini Pantai Batu Bengkung masih dikelola warga dengan sistem yang belum terstruktur. Selain itu juga belum ada campur tangan Pemerintah dalam pengembangannya.

Fasilitas yang dapat ditemui yaitu kamar mandi atau toilet, tempat parkir, dan beberapa pembuangan sampah. Sedangkan untuk warung-warung penjual makanan hanya ada hingga petang saja. Selebihnya, jika berniat untuk bermalam di sana, bisa membawa perbekalan dari rumah.

Itulah deskripsi singkat mengenai Pantai Batu Bengkung Malang yang meliputi daya tarik, fasilitas, harga tiket, informasi rute terbaik, serta kegiatan-kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan. Juga bisa dijadikan referensi bagi Anda yang berasal dari luar kota, dan berniat untuk mencari tempat penginapan terdekat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending