Pantai Tiga Warna Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tiga Warna Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tiga Warna, wisata bahari yang indah dan unik di Malang dengan penampakan warna laut dalam biru, laut dangkal hijau dan pasir pantai berwarna cokelat.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang memiliki beberapa tempat wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini merupakan salah satu destinasi favorit para turis lokal maupun mancanegara saat berlibur di Malang.

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat menarik dan mungkin akan sulit Anda temukan di pantai lainnya. Berbagai macam kegiatan pantai juga dapat Anda lakukan di pantai ini bersama rekan atau keluarga. Dengan segala fasilitas dan keindahan yang ditawarkan maka pantai ini sangat cocok sebagai destinasi liburan Anda.

Sangat disayangkan apabila tidak berkunjung ke salah satu pantai yang indah di kota Malang. Berikut beberapa informasi seputar Pantai Tiga Warna.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tiga Warna

Daya Tarik Pantai Tiga Warna
Image Credit: Twitter.com @palingasik_id

Daya tarik utama dari pantai ini adalah warna air pantainya yang berbeda-beda. Terdapat tiga warna yaitu putih, hijau, dan biru. Penyebab keunikan pantai ini adalah kedalaman air laut. Warna biru terdapat pada sisi yang terdalam, warna hijau terdapat pada sisi yang dangkal, dan warna putih terdapat pada pasir pantai.

Selain keunikan dari warna yang dimiliki, pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Terdapat banyak terumbu karang yang indah dan aneka ikan unik yang sangat menarik untuk dilihat. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berpendapat bahwa pantai ini merupakan pantai terbaik untuk snorkeling di Malang.

Pantai Tiga Warna juga sangat terjaga kebersihannya. Hal ini disebabkan oleh prosedur keamanan dan kebersihan yang ketat. Saat Anda berada pada pintu masuk maka Anda wajib memperlihatkan makanan dan minuman yang Anda bawa.

Saat Anda pulang maka petugas akan memeriksa lagi bawaan Anda agar tidak ada sampah yang tertinggal. Semua data barang yang masuk dan keluar harus sama. Apabila petugas menemukan perbedaan data pada barang bawaan Anda saat masuk dan keluar maka Anda akan dikenakan denda kurang lebih sebesar Rp 100.000,00.

BACA:  Gili Labak Sumenep Madura - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pantai di Malang ini juga memiliki beberapa spot yang instagramable. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membawa kamera atau ponsel untuk dapat mengabadikan liburan Anda di lokasi pantai dalam foto yang dapat diunggah di akun sosial media yang Anda miliki.

Kuota pengunjung per hari juga dibatasi. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati liburan sepuasnya di pantai ini dengan lebih tenang. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tiga Warna

Alamat Pantai Tiga Warna
Image Credit: Twitter.com @_erwanwijaya_

Pantai eksotis ini berada di Desa Tambak Rejo, Kabupaten Malang. Wilayah ini termasuk dalam kawasan konservasi sehingga Anda membutuhkan izin dari Clungup Mangrove Conservation untuk masuk ke wilayah ini. Anda dapat menghubungi pihak petugas atau pengelola konservasi untuk reservasi kedatangan Anda.

Ada beberapa rute yang dapat Anda gunakan untuk menuju lokasi wisata ini. Rute yang sering digunakan adalah Rute Pantai Goa Cina. Jika Anda berangkat dari Malang maka berangkatlah menuju Turen. Dari Turen Anda dapat mengikuti arah jalan menuju Pantai Sendang Biru.

Kurang Lebih 2 jam perjalanan maka Anda akan melihat persimpangan antara Pantai Sendang Biru dan Goa Cina. Pilih Goa Cina lalu ikuti jalan hingga melihat persimpangan lagi. Pilih kiri untuk menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Setelah itu Anda akan masuk ke Kampung Warna dan ikuti jalan menuju Clungup Mangrove Conservation.

Jika Anda sudah melewati Clungup Mangrove Conservation maka Anda akan melihat gerbang masuk menuju Pantai Tiga warna. Jika Anda membawa mobil maka parkirlah mobil Anda di tempat parkir sebelum wilayah konservasi mangrove dan Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau dengan sepeda motor.

Jika Anda tidak ingin kelelahan maka Anda dapat menggunakan jasa ojek dengan harga Rp 5.000,00 untuk satu arah dan Rp 10.000,00 untuk dua arah. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan ojek untuk sampai di pos tiket masuk.

Setelah Anda melewati pos tiket masuk maka Anda akan berjalan lagi menuju Pantai Clungup. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju bukit disisi kiri Pantai Gatra. Dibalik bukit tersebut Anda sudah dapat melihat Pantai Tiga Warna.

Harga Tiket Masuk Pantai Unik di Malang

Harga Tiket Pantai Unik di Malang
Image Credit: Facebook.com @whiempy.vv

Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu untuk menikmati liburan di Pantai Tiga Warna. Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000,00 untuk satu orang. Anda juga perlu menyewa tour guide dengan harga sekitar Rp 100.000,00 untuk 10 orang. Anda akan masuk ke kelompok lain apabila datang sendiri.

Anda juga perlu membayar biaya parkir kendaraan Anda. Harga parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 10.000,00 dan mobil sebesar Rp 15.000,00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tiga Warna

Aktivitas di Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Saeful Rahman)

Liburan di pantai unik ini sangatlah seru dan mengasyikkan karena ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berlibur di pantai ini. Berikut beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan saat berlibur di Pantai Tiga Warna.

BACA:  Pantai Pelang Trenggalek - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

1. Snorkeling dan Renang

Sudah pasti Anda dapat bermain air dan berenang di kawasan pantai. Jika Anda tertarik untuk melihat pemandangan bawah laut maka Anda dapat menyewa peralatan snorkeling dengan harga Rp 15.000,00 per set. Dengan menyewa peralatan tersebut ana akan mendapatkan kacamata, alat bantu untuk bernapas, dan baju pelampung.

Jika Anda memutuskan untuk menyelam maka Anda dapat melihat aneka ragam terumbu karang dan ikan yang sangat menarik dan indah. Jika Anda membawa kamera yang anti air maka Anda dapat mengabadikan pengalaman snorkeling di pantai ini dalam foto.

Anda juga dapat menemukan ubur-ubur di pantai ini. Oleh karena itu, Anda juga perlu berhati-hati karena ubur-ubur dapat menyengat Anda bila mereka merasa terancam.

2. Trackking

Untuk masuk ke pantai ini Anda diwajibkan untuk menyewa tour guide untuk mendampingi perjalanan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk menelusuri area konservasi hutan mangrove atau wilayah sekitar pantai.

3. Camping

Sangat disayangkan apabila tidak bermalam di Pantai Tiga Warna mengingat perjuangan menuju ke lokasi yang panjang dan perlunya reservasi untuk berlibur di pantai ini. Oleh karena itu, Anda dapat berkemah di pantai ini karena diperbolehkan oleh pihak pengelola.

Anda dapat membawa peralatan camping dari rumah. Jika Anda tidak memilikinya atau lupa membawanya maka Anda dapat menyewa peralatan camping di lokasi dengan harga Rp 25.000,00 permalam. Anda juga perlu menyewa lahan yang Anda gunakan untuk camping sebesar Rp 25.000,00.

4. Berfoto

Pemandangan indah yang ditawarkan oleh lokasi wisata ini dapat Anda gunakan sebagai latar belakang yang bagus untuk foto Anda. Jika Anda penggemar dalam bidang fotografi maka Anda dapat menemukan spot-spot foto keren yang sayang bila tidak diabadikan.

Selain pantai, Anda juga dapat berfoto di sekitar kawasan mangrove. Tak jauh dari lokasi pantai, Anda juga dapat menemukan teras kayu yang dapat digunakan untuk beristirahat atau sekedar berfoto.

5. Pergi ke Pantai Clungup atau Pantai Gatra

Pantai Clungup dan Pantai Gatra dapat Anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki karena lokasinya dari Pantai Tiga Warna yang cukup dekat. Pantai-pantai ini juga sangat indah sehingga sangat sayang apabila Anda tidak mampir ke pantai tersebut selagi berlibur di pantai ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Tiga Warna

Penginapan di Sekitar Pantai Tiga Warna
Image Credit: Traveloka.com

1. Pondok Wisata Berkah Alam

Penginapan ini berada di kawasan dekat dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Sendang Biru. Tarif kamarnya cukup murah mulai dari Rp 350.000,00 per malam untuk one room. Anda akan mendapatkan fasilitas seperti TV lounge, kamar mandi pribadi, AC, lemari, kopi dan teh, dan area parkir yang luas dan aman.

BACA:  Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Homestay Sendang Biru

Penginapan ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Lokasi penginapan ini juga dekat dengan beberapa pantai seperti Pantai Tiga Warna, Sendang Biru, dan Waru-Waru.

Fasilitas di penginapan ini cukup memadai. Anda akan mendapatkan kulkas, AC, TV, kamar mandi pribadi, area merokok, dan kawasan parkir yang luas. Tarif per malam di penginapan ini juga cukup murah muulai dari harga Rp 280.000,00.

3. Pondok Bamboe Homestay

Penginapan ini berjarak sekitar 3km dari kawasan pantai. Penginapan ini juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti Waru-Waru dan Sendang Biru yang tidak lebih dari 3 km jaraknya.

Anda juga akan mendapatkan fasilitas yang memadai seperti kafe, layanan kamar, restoran, area parkir yang luas, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Terdapat beberapa jenis kamar seperti standard, deluxe,cattage, dan executive room yang fasilitasnya hampir sama dengan hotel bintang 5.

4. Homestay Ariesta

Penginapan ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tarif untuk menginap di penginapan ini mulai dari Rp 180.000,00 per malam.

Anda juga akan mendapatkan fasilitas seperti kamar mandi, layanan kamar, kipas angin, dan area parkir yang cukup luas. Penginapan ini cukup layak untuk menjadi tempat bermalam bagi Anda yang ingin berlibur di Pantai Tiga Warna.

5. Homestay Labda Asri

Penginapan ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tarif untuk menginap di di penginapan ini mulai dari Rp 300.000,00 per malam.

Fasilitas umum seperti area parkir, layanan kamar, kopi atau teh juga tersedia di penginapan ini. Harga yang ditawarkan juga sudah sesuai dengan fasilitas yang akan kita dapat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tiga Warna

Fasilitas di Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Dina Sari Putri)

Walaupun tidak terdapat warung makan di kawasan pantai, masih terdapat beberapa fasilitas pendukung lainnya yang dapat Anda temukan di pantai ini. Terdapat mushola untuk tempat sholat bagi pengunjung yang beragama islam. Terdapat juga kamar mandi yang bersih yang dapat Anda gunakan untuk membilas tubuh setelah bermain air.

Terdapat juga persewaan alat-alat camping dan snorkeling dengan harga yang murah. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan tour guide yang sangat handal untuk menemani liburan Anda.

Itulah beberapa informasi seputar Pantai Tiga Warna yang perlu Anda ketahui jika ingin berlibur ke pantai ini. Jangan lupa untuk menyediakan dana dan perbekalan yang cukup apabila ingin berlibur bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati jika bermain air di pantai demi keselamatan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending