Pantai Ngrenehan, Pantai Cantik Dihiasi Pebukitan Kapur di Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan, Pantai Cantik Dihiasi Pebukitan Kapur di Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Ngrenehan salah satu wisata bahari yang indah di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja yang dihiasi perbukitan kapur nan hijau. Pantai berupa teluk yang indah memiliki hamparan pasir putih, air yang jernih dan tempat berlabuh perahu nelayan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngrenehan terletak di Saptosari, wilayah yang terkenal akan pesona barisan bukit karst. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyajikan aneka kuliner khas makanan laut. Pertama kali menginjakkan kaki ke sini, Anda akan disambut oleh jajaran perahu milik nelayan lokal. Belum lagi, hamparan pasir putih paling memikat hati.

Tekstur pasirnya begitu lembut tatkala dipijaki sehingga berpotensi membuat Anda betah berjalan tanpa alas kaki. Kabar baiknya, situasi Pantai Ngrenehan masih sepi dan terjaga. Hal ini terbilang wajar mengingat pamornya memang belum sepopuler objek wisata bahari lain di bilangan Jogja. Namun demikian, kondisi tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pecinta kedamaian.

Di sekitar sini banyak tebing menjulang tinggi, semakin estetis dengan adanya gejolak ombak yang menghantam bebatuan. Airnya cukup jernih walau belum bisa memungkinkan Anda melihat hingga ke dasar lautan. Didominasi oleh warna kehijauan dengan aliran air yang terapit diantara bukit keras nan kokoh. Secara menyeluruh, pantai satu ini bisa dibilang cantik meski luasnya tak seberapa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrenehan

Daya Tarik Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Shidqi Irbah)

 

1. Menyajikan Hidangan Laut yang Menggugah Selera

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Pantai Ngrenehan merupakan kampung nelayan di Saptosari. Pasalnya, Anda dapat menemukan aneka ragam ikan segar di sini. Biasanya para nelayan akan membawa hasil tangkapan ke sejumlah warung dan TPI dengan begitu pengunjung dimungkinkan untuk memilih sendiri jenis sajian yang diinginkan sesuai selera.

Menariknya, ada menu paling populer dan khas di pantai ini, yakni ikan goreng sambal hijau. Rasanya sungguh nikmat terutama saat disantap bersama nasi putih yang hangat. Kemungkinan besar Anda tidak akan berpikir dua kali untuk menambah porsi sesaat setelah mencicipi hidangan tersebut.

Menawarkan cita rasa yang unik dengan berbagai pilihan ikan seperti nila, gurame, hingga kakap. Tak hanya spesies ikan, Anda juga bisa menemukan kepiting, udang, dan cumi-cumi. Ada pula campuran berupa saus asam manis, di mana varian ini begitu menggoyang lidah. Bagi Anda yang mungkin menderita alergi makanan laut, telah disediakan menu umum seperti nasi goreng.

Kabar baiknya, semua harga dipatok murah sehingga tidak perlu khawatir akan menguras habis isi dompet. Sembari berburu makanan laut yang menggugah selera, Anda akan dihadapkan pada panorama lepas pantai.

Warung-warung makan diatur sedemikian rupa mengarah langsung ke area perairan sehingga pengunjung bisa merasakan kepuasan maksimal. Tak hanya dari segi cita rasa, melainkan juga mempertimbangkan pelayanan visual. Rugi jika Anda datang ke sini tanpa mencicipi satu menu pun.

2. Panorama Alam yang Memukau dari Berbagai Sudut

Perairan di kawasan ini dikelilingi oleh tebing kokoh sehingga bentuknya tampak seperti lekukan teluk. Di masing-masing sisi kiri dan kanan berdiri menjulang bebatuan kars yang ditumbuhi pepohonan hijau menyisakan hamparan laut lepas dan area pesisir. Perahu dengan dominasi warna cerah mencolok berjajar di atas pasir secara penuh berurutan dari ujung satu ke ujung lainnya.

Seolah masih belum cukup, di salah satu titik terdapat bukit karang yang sangat unik. Bentuknya seperti cangkang kura-kura dan dihuni oleh aneka kerang kecil. Layaknya spot unggul yang otomatis akan menarik atensi setiap pasang mata. Di bawahnya menghampar lautan berwarna kehijauan tampak bagai batu permata zamrud.

Berkat keberadaan tebing-tebing kokoh, gejolak ombak di sini tidak terlalu menakutkan dan cenderung ramah pengunjung. Anda bisa dengan santai bermain di air, baik itu berenang, menyelam, atau sekadar berendam menikmati sentuhan air garam. Ukuran pantai memang terbilang kecil, tetapi di bagian pinggirnya amat landai sehingga cocok untuk dijadikan arena berlarian bagi anak-anak.

Seluruh keindahan tersebut akan semakin sempurna ketika Anda melihatnya dari atas. Oleh karena itu, sangat disarankan membawa perlengkapan fotografi yang memadai dan tidak sekadar mengandalkan kamera ponsel. Bahkan jika perlu, siapkan drone untuk merekam lanskap menawan dari sudut yang sulit dijangkau secara manual oleh manusia.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngrenehan
Image Credit: Twitter.com @jogjaupdate

3. Menawarkan Pesona Wisata Budaya di Pantai Tetangga

Tak jauh dari sini, Anda bisa menikmati wisata budaya yang tak lekang oleh zaman di Pantai Ngobaran. Jaraknya terpaut kurang lebih 1 km dengan Pantai Ngrenehan, masih satu perairan bahkan bertetangga. Karena itu, para wisatawan sering kali mengunjungi kedua objek wisata bahari ini dalam satu waktu. Kabar baiknya, Anda akan dimintai retribusi tiket masuk sekali saja.

Wisata budaya biasanya dapat dinikmati ketika bulan purnama bertepatan dengan hari raya nyepi. Memadukan keelokan suasana tempo dulu dalam balutan penampilan yang sempurna. Tradisi tersebut sudah berlangsung sejak lama dan terus dipertahankan dari waktu ke waktu. Hanya saja, sebagian besar pengunjung mengakui penampilan budaya ini sarat akan suasana mistis.

Atas dasar itulah Anda harus senantiasa berhati-hati dan menjaga norma kesopanan jika tertarik menjadi penonton. Tujuannya tentu untuk menghormati kebiasaan masyarakat setempat. Kendalikan diri Anda agar tidak sembarangan berbicara. Karenanya, pastikan Anda menyiapkan hati dan pikiran sebelum benar-benar datang pada momen perayaan. Sebaiknya jangan hadir jika menentang isi hati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat Pantai Ngrenehan
Image Credit: Facebook.com @irfan.alloh

Berada di bilangan Kabupaten Gunung Kidul, rute menuju ke Pantai Ngrenehan terbilang cukup mudah, tetapi sedikit sulit bila diakses menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, sarana transportasi publik yang tersedia belum terlalu memadai karena itu Anda harus memanfaatkan kendaraan milik pribadi. Berpatok dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melewati Wonosari agar tiba di Desa Kanigoro, Saptosari.

Ketika melintasi Wonosari, Anda hanya perlu mengikuti arus jalan sampai tiba di kawasan Pasar Trowono. Setelah itu, ambil arah menuju Pantai Selatan ke Kanigoro. Selanjutnya, langsung belok kiri begitu Anda menemukan pertigaan jalur Wonogiri – Imogiri. Tidak jauh dari sini, Anda akan sampai di destinasi tujuan.

Rute lainnya, bisa melewati arah Gading ke Playen, kemudian memasuki Pasar Trowono. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Kelurahan Kanigoro dan tidak lama lagi tujuan Anda akan membentang di depan mata. Untuk lebih mudahnya, manfaatkan Google Maps jika ini merupakan kunjungan pertama kali. Hindari bepergian sendirian demi keamanan dan kesenangan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Jogja

Harga Tiket Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Teguh Setia Aribowo)

Di balik keindahannya yang sangat memukau, ternyata pihak pengelola wisata pantai mematok tarif relatif murah untuk retribusi pengunjung. Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 dan dikenai tambahan Rp 3.000 jika membawa motor, sementara mobil Rp 5.000. Di lain pihak, jika datang secara rombongan dan menaiki bus, maka berlaku sewa parkir sebesar Rp 15.000.

Setelah itu, Anda bebas menikmati setiap jengkal panorama pantai sesuka hati. Jadwal operasional selama 24 jam penuh setiap hari, Anda bisa datang kapan saja. Wisatawan diberikan keleluasaan memilih momentum terbaik sesuai dengan waktu luang masing-masing. Meski demikian, disarankan datang pada sore atau menjelang malam karena cuacanya sudah termasuk bersahabat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngrenehan

Aktivitas di Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Taufiq Ardi)

1. Camping di Kawasan Pantai

Jam operasional yang berlangsung selama 24 jam setiap hari memungkinkan wisatawan bermalam di Pantai Ngrenehan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk berkemah bersama orang terdekat, baik itu kawan sepermainan, pasangan, maupun keluarga. Ada arena camping tersendiri yang telah disiapkan oleh pihak pengelola sehingga Anda tidak perlu pusing mencari lagi.

Jika Anda ingin menghemat biaya, pastikan untuk memenuhi kebutuhan perkemahan sedari rumah. Namun, bagi Anda yang malas bersusah payah, tak mengapa memberdayakan fasilitas dan layanan di sini. Cukup persiapkan diri dan rombongan untuk menghidupkan suasana kemah dengan beragam keseruan.

2. Menjelajah Lautan dan Memancing

Mengingat banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di tepi pantai, tak ada salahnya mencoba berkeliling sekaligus dengan memanfaatkan kendaraan tersebut. Sampaikan niat Anda kepada pemilik kapal, jangan lupa untuk melakukan negosiasi harga. Apabila memungkinkan, Anda bahkan dapat meminta ditunjukkan spot memancing paling akurat.

Namun sebelum itu, siapkan perlengkapan pancing yang mumpuni beserta umpannya. Barangkali, Anda punya keberuntungan mendapatkan hasil tangkapan besar untuk kemudian diolah sendiri.

Aktivitas Serudi Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Danar Maulana)

3. Memanjat Tebing Karst

Diperuntukan kepada wisatawan yang menyukai aktivitas ekstrem. Bebatuan di sekitar Pantai Ngrenehan cukup menantang untuk ditaklukan. Pastikan untuk senantiasa waspada jika Anda benar-benar melakukannya.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat
Image Credit: Traveloka.com

1. Hotel Kukup Indah

Penginapan kelas melati yang menyediakan sejumlah kamar dengan harga terjangkau per malamnya. Ada family room seharga Rp 200.000, standard double room with fan dipatok Rp 100.000, serta family room with shower Rp 300.000 per malam. Fasilitas yang disediakan meliputi ruang keluarga, lahan parkiran, perlengkapan mandi gratis, jemuran, dan ranjang yang nyaman.

2. Winahyu Resort Kukup

Fasilitas yang tersedia berupa kipas angin, ranjang, kamar mandi, meja, dan area parkiran. Cocok dijadikan tempat menginap bersama keluarga atau pasangan. Ada beberapa tipe kamar yang ditawarkan, yakni eco room, smart room, dan value room. Harga paling murah per malam mulai dari Rp 185.000-an, sedangkan yang termahal mencapai Rp 518.000.

3. Green House

Barangkali, inilah penginapan termurah di sekitar kawasan Pantai Ngrenehan, di mana per malamnya hanya dikenai Rp 150.000-an. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kipas angin dan double bed. Pihak pengelola agaknya memang sengaja mengusung konsep kesederhanaan. Meski begitu, di sini Anda bisa menyewa mobil, menggunakan parkiran gratis, serta ada layanan resepsionis selama 24 jam.

Perlu diketahui, harga-harga di atas dapat berubah sesekali waktu menyesuaikan kebijakan pihak pengelola. Adapun cara untuk memesannya, Anda bisa datang langsung ke lokasi bersamaan dengan waktu check in. Di samping harga yang murah, seluruh penginapan tersebut sudah cukup aman untuk dijadikan lokasi bermalam sementara.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Bayu Akbar)

Pantai cantik ini menawarkan berbagai kemudahan yang mampu memenuhi seluruh keperluan wisatawan. Menggabungkan kerja sama antara penduduk lokal dan pemerintah daerah, yang mana menyediakan fasilitas berupa toilet umum, musala, tempat parkir, warung makan dan minum, arena pelelangan ikan, serta area camping. Ini belum termasuk aneka spot foto cantik nan memikat.

Meski namanya tak begitu dikenal, tetapi Pantai Ngrenehan sesungguhnya menyimpan potensi tak terbatas. Jika cara pengelolaan objek wisata ini terus dipertahankan dan ditingkatkan secara perlahan, bukan hal mustahil posisinya akan menggeser destinasi serupa di bilangan Gunung Kidul pada masa-masa mendatang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending