Pantai Botubarani, Pantai dengan Wisata Hiu Paus yang Melegenda di Bone Bolango

Pantai Botubarani, Pantai dengan Wisata Hiu Paus yang Melegenda di Bone Bolango
Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Provinsi Gorontalo sejak dulu memang telah populer sebagai surga dunia bagi banyak wisatawan yang hendak menikmati serunya wisata bahari. Pasalnya, kawasan tersebut diketahui menyimpan sangat banyak destinasi wisata dengan kecantikan alamnya yang terbilang luar biasa. Salah satu wisata yang menarik minat wisatawan yakni Pantai Botubarani.

Di pantai yang eksotis ini selain wisatawan dapat menikmati panorama alam yang khas, juga akan disuguhkan berbagai wisata unik yang tentu saja membedakan pantai tersebut dengan berbagai pantai yang lainnya. Hal yang menjadikan pantai tersebut terkesan lebih unik dibandingkan pantai lainnya yakni karena di sana Anda bisa menjumpai wisata Hiu Paus.

Pada area perairan yang dangkal seperti di Indonesia tentunya wisata semacam ini cukup susah untuk dijumpai. Selain itu, destinasi wisata ini juga mempunyai berbagai keindahan yang lainnya. Di bawah ini akan dibahs secara lebih lengkap lagi tentang Pantai Botubarani, sehingga Anda nantinya bisa menjadikan pantai tersebut sebagai wisata utama ketika ada di Gorontalo.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Botubarani

Daya Tarik Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Pesona Gorontalo

1. Wisata Hiu Paus

Sesuatu yang paling membuat banyak wisatawan merasa tertarik untuk berkunjung ke pantai ini yaitu karena adanya wisata Hiu Paus. Wilayah Hiu Paus tersebut memang cukup kerap didatangi oleh hewan tersebut. Hiu Paus yang mempunyai nama latin yakni Rhyncodon typus tersebut merupakan salah satu jenis mamalia yang tergolong jinak.

Sehingga, Anda tidak perlu merasa khawatir saat ingin menikmati wisata yang terbilang unik tersebut. Akan tetapi, walaupun hewan tersebut tergolong jinak, wisatawan tetap dihimbau untuk selalu berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu hal yang buruk.

Dari sebuah riset yang sudah dilakukan, menyatakan bahwa Hiu Paus tak akan singgah di Pantai Botubarani di bulan April, Agustus, dan November. Waktu singgah paling lama dari Hiu Paus ini terjadi di bulan Februari, Mei, dan Juni. Sementara untuk beberapa bulan selebihnya, hewan tersebut hanya akan singgah dengan jangka waktu yang terbilang singkat, rata-rata 2 hari saja.

Oleh sebab itu, bila wisatawan yang datang ke sana untuk menyaksikan Hiu Paus, maka alangkah lebih baik datang pada bulan Februari, Mei, dan Juni. Pada bulan-bulan itulah kawasan hewan tersebut akan tinggal dengan waktu yang terbilang lama, kurang lebih hingga 10 hari.

Alasan itu juga yang menjadi dasar mengapa banyak wisatawan yang cenderung datang di Bulan Mei serta Juli. Supaya Anda bisa melihat hewan tersebut, alangkah lebih baik Anda datang ketika pagi hari.

Pasalnya, di pagi hari inilah Hiu Paus biasanya melakukan kegiatan berburu makanan. Nah, Anda bisa datang dalam rentang waktu jam 7 sampai jam 11, maka akan menjumpai kawasan hewan tersebut beraksi.

2. Dermaga yang Instagramable

Jika biasanya dermaga hanyalah suatu tempat yang biasa saja, namun berbeda dengan dermaga satu ini. Pantai Botubarani mempunyai dermaga instagramable yang terletak di bagian bibir pantai. Dermaga tersebut tampak indah sekali ketika menjelang sore hari. Selain itu, Anda pun dapat menyaksikan perahu nelayan setempat yang berjejer rapi di dekat dermaga itu.

3. Garis Pantai Sangat Memukau

Botubarani mempunyai garis pantai yang sangat memukau. Hal itu karena banyak terdapat pohon yang rindang dan tumbuh rapi secara berjajar di area sepanjang pesisir pantainya. Oleh karena itu, tidak heran kalau pantai eksotis ini cukup terkenal di tanah air dan bahkan penjuru dunia.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Indah Mareta

4. Hamparan Pasir Putih yang Lembut

Pasir putih yang lembut dan indah semakin menambah keelokan panorama yang disuguhkan oleh destinasi wisata alam andalan di Gorontalo tersebut. Selain itu, Pantai Botubarani pun cenderung bersih dan tentu saja membuat wisatawan semakin merasa betah untuk menghabiskan waktu secara berlama-lama di sana.

5. Air Laut Dangkal dan Jernih

Pantai ini menawarkan air laut yang sangat jernih yang dangkal dan berwarna kebiruan. Ombak yang ada di tempat wisata tersebut cenderung tenang sekali tidak seperti berbagai pantai lainnya dengan ombak yang besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Indah Mareta

Pantai indah ini ada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Lebih tepatnya yakni di Desa Botubarani, Kabila Bone. Nama dari pantainya disesuaikan dengan sebutan desa dimana tempat tersebut berada. Jika dari pusat Kota Gorontalo, maka Pantai Botubarani memiliki jarak sekitar 12 km.

Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor akan memerlukan waktu kurang lebih 20 menit saja. Banyaknya wisatawan yang datang ke pantai tersebut salah satunya karena lokasinya yang cukup berdekatan dengan pusat kota. Selain itu, akses jalanan untuk tiba di pantai tersebut dapat dilewati oleh semua jenis kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat.

Dengan akses perjalanan menuju ke area pantai yang terbilang mudah ini tentu saja tidak akan menjadikan Anda merasa kelelahan. Anda dapat membawa mobil beserta rombongan teman maupun keluarga Anda. Jika masih takut tersesat, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Maps yang ada di smartphone.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Robby

Dengan keunikan berupa adanya wisata Hiu Paus yang ada di pantai tersebut tak lantas menjadikan harga dari tiket masuk ke Pantai Botubarani ini mahal. Apabila dibandingkan dengan berbagai pantai lainnya di Gorontalo, maka pantai ini mematok harga tiket masuk yang cenderung murah atau terjangkau.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke sana cukup membayar sebesar 25 ribu rupiah saja. Namun, untuk bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di pantai tersebut tentunya Anda masih harus mengeluarkan biaya yang lain. Harga tiket masuk tersebut bisa saja berubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan yang pasti.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Botubarani

Aktivitas Seru Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Pesona Gorontalo

1. Diving dan Snorkling

Ombak yang tenang dengan air laut berwarna kebiruan serta dangkal di Pantai Botubarani membuatnya cocok sekali untuk melakukan kegiatan diving dan snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai tersebut dengan harga 25 ribu rupiah.

Namun, apabila Anda lebih menyukai diving maka dapat menyewa peralatannya dengan harga 50 ribu rupiah. Untuk Anda yang ingin paket lengkap bersama guide yang memandu untuk menyusuri pantai dan lautan, maka harus mengeluarkan biaya sebesar 450 ribu rupiah.

2. Santai di Dermaga

Anda dapat bersantai di dermaga yang ada di bibir pantai. Dari dermaga itu Anda bisa menyaksikan panorama yang menawan sekali dari pantai. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Teluk Tomini dengan keseluruhan di atas dermaga itu. Membawa bekal makanan ringan sembari menikmati pemandangan sunset dari atas dermaga adalah ide yang bagus sekali.

Aktivitas Seru di Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram tiaseft

3. Berkemah

Jika wisatawan ingin menikmati suasana malam yang syahdu di Pantai Botubarani ini, maka disarankan untuk melakukan kegiatan menarik yaitu berkemah. Oleh sebab itu, Anda bisa mempersiapkan dan membawa tenda dan peralatan berkemah lainnya dari rumah. Tentu saja kegiatan semacam ini akan lebih seru lagi apabila dilakukan bersama teman maupun saudara.

Jika sudah semakin gelap, Anda bisa menyalakan api unggun untuk membakar sosis maupun jagung dan dinikmati bersama. Germelap bintang yang indah dengan alunan musik gitar akan membuat suasana malam Anda di pantai tersebut semakin nyaman dan damai.

4. Berburu Foto

Berbagai keindahan yang disajikan oleh destinasi wisata tersebut pastinya membuat setiap wisatawan di sana merasa terpukau. Sehingga, sayang sekali apabila Anda tidak melakukan kegiatan berburu foto untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan. Jika ingin berselfie, maka latar belakang berupa air laut kebiruan merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Botubarani
Image Credit: Instagram Rachmad Hadjarati

Walaupun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer, namun ternyata fasilitas yang terdapat di Pantai Botubarani ini masih tergolong terbatas serta belum cukup memadai. Tentu saja hal ini karena pemanfaatan dari pantai tersebut sebagai destinasi wisata hingga saat ini masih belum dilakukan dengan optimal.

Namun, setidaknya di pantai tersebut masih ada tempat penyewaan alat snorkeling dan diving. Walaupun fasilitas yang ada di kawasan pantai ini terbilang minim, akan tetapi Anda dijamin tidak akan merasa kecewa dengan panorama yang sangat memukau dan memberikan kesan yang mendalam saat menghabiskan waktu liburan di sana.

Dikarenakan lokasi pantai yang berdekatan dengan pusat kota, maka ada beberapa hotel yang bisa Anda jadikan untuk tempat menginap. Misalnya saja seperti Amaris Hotel Gorontalo, Hotel New Rachmat, dan Grand Q Hotel Gorontalo. Untuk kenyamanan dan kelengkapan berbagai fasilitas yang ada di hotel-hotel tersebut pastinya tidak perlu diragukan lagi.

Itulah berbagai informasi lengkap yang berkaitan dengan Pantai Botubarani yang terletak di Gorontalo. Apabila Anda kebetulan sedang ada di Gorontalo, maka bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, ada banyak pengalaman menarik dan berkesan yang bisa Anda dapatkan ketika berada di kawasan wisata yang unik ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending