Pantai Cijayana, Garut

Pantai Cijayana, Garut

Lokasi: Cijayana, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.
Map: Cek Lokasi

Membicarakan wisata pantai, Garut tidak kalah populer dari kota lain di Indonesia. Salah satu wilayah di provinsi Jawa Barat ini tidak hanya terkenal dengan di wisata curug atau wisata kulinernya saja, namun juga terkenal dengan wisata pantai yang memesona mata wisatawan. Berbicara mengenai pantai populer di Garut, ada sebuah pantai yang akhir akhir ini menjadi kegemaran wisatawan yakni pantai Cijayana. Penasaran dengan pantai Cijayana? Yuk simak ulasannya disini.

Daya Tarik Pantai Cijayana

Daya Tarik Pantai Cijayana
Image Credit: Suyudiestthea.files.wordpress.com

Dengan bentuk geografis pantai juga dataran di sekitar, membuat pantai Cijayana mendapatkan julukan pantai di atas awan. Dimana hal tersebut dapat dilihat saat pengunjung berdiri di arah kejauhan dengan dataran yang lebih tinggi, maka pengunjung bisa menyaksikan pantai Cijayana yang seolah olah menggantung di atas awan. Dimana pemandangan tersebutlah yang menjadi daya tarik utama yang tak bisa dilewatkan saat berkunjung.

Apalagi saat ada ombak pasang yang menghantam bibir pantai, maka akan tercipta percikan ombak yang menyebabkan air laut seolah naik dan ingin menggapai awan. Bahkan terkadang pengunjung bisa melihat ombak yang seolah olah datang dari atas awan. Biasanya saat ombak tengah pasang, para wisatawan akan mengabadikan momen tersebut menjadi background yang langka dan unik.

Daya Tarik Pantai Cijayana Garut
Image Credit: Pantainesia.com

Biasanya kebanyakan pantai akan memiliki suhu panas dengan angin keras yang sesekali bisa membuat badan menjadi meriang. Namun berbeda dengan pantai Cijayana. Pasalnya pantai tersebut memiliki suasana sejuk dengan suhu air normal. Yang mana dikarenakan alam sekitar pantai yang masing lestari dan dipenuhi dengan pepohonan rindang, serta adanya perbukitan penuh dengan pepohonan.

Selain menikmati pemandangan laut, adanya perbukitan membuat pemandangan pantai Cijayana menjadi amat memesona dengan perpaduan warna hijau pohon dan biru laut yang diimbangi dengan birunya langit. Dimana suasana tersebut sangat nyaman untuk melepas penat, apalagi selepas melakukan perjalanan jauh dari kota yang pasti melelahkan. Namun rasa lelah tersebut, akan terbayar dengan pemandangan pantai yang begitu memukau mata.

Alamat & Rute Menuju Pantai Cijayana

Alamat & Rute Menuju Pantai Cijayana
Image Credit: Garutselatan.info

Secara administratif, pantai yang memiliki pemandangan alam menakjubkan ini terletak di desa Cijayana, kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Dapat dikatakan bahwa Cijayana merupakan satu dari beberapa daerah wisata yang wajib didatangi saat berkunjung ke Garut Selatan. Pantai yang mendapat julukan laut di atas awan oleh para wisatawan ini, berjarak kurang lebih sekitar 87 kilometer dari pusat kota Garut.

Pantai Cijayana memiliki luas kurang lebih 9 Ha dengan area yang masih begitu asri, bersih, dan terkesan alami. Pantai di selatan Garut ini, diperkirakan memiliki panjang sekitar 2000 meter dengan lebar 200 meter. Selain itu, di pantai Cijayana tingkat abrasi dapat dikatakan sangat kecil dengan pantai datar dilengkapi pasir yang halus sehingga mudah ditumbuhi pandan pidur.

Karena hanya berjarak sekitar 87 kilometer dari pusat kota Garut, pantai Cijayana dapat ditempuh dalam waktu 4 jam menggunakan jalur alternatif dengan kendaraan berkecepatan normal. Untuk pengunjung yang datang dari arah kota Garut, maka bisa menggunakan jalur jalan Raya Garut – Cikajang atau jalan Raya Semarang. Yang memilih jalur jalan Raya Semarang, maka nantinya akan menemukan pertigaan penghubung jalan Raya Cikajang.

Saat sudah sampai di pertigaan jalan Cikajang, bisa langsung belok kanan menuju arah jalan Cibulu. Setelah itu, bisa lurus sampai jalan Simpang Cikandang. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di jalan Raya Bungbulang. Kemudian dari jalan Raya Bungbulang masih harus lurus ke arah barat hingga sampai di pasar Bungbulang. Jika sudah sampai di pertigaan pasar Bungbulang, bisa belok kanan ke arah jalan Raya pantai Cijayana. Dan jalan tersebut akan menuntun hingga lokasi pantai.

Sementara itu, untuk pengunjung berasal dari arah Bandung dan sekitarnya bisa menggunakan jalur alternatif yang ada. Dimana jalur alternatif tersebut akan melewati jalan Raya Banjaran, hingga kemudian lurus menuju ke arah jalan Raya Pangalengan. Kemudian dari jalan Raya Pangalengan, bisa lurus ke arah selatan sampai menemukan jalan Situ Cileunca lalu jalan Cukung hingga sampai di jalan Talegong.

Dari jalan Talegong, perjalanan bisa dilanjutkan hingga menemukan jalan Cisewu – Sukarame hingga menemukan pertigaan. Yang mana pertigaan tersebut merupakan penghubung jalan Raya Bungbulang dengan jalan Cisewu – Sukarame. Dari jalan tersebut tinggal lurus hingga jalan Raya Ranca Buaya dan berakhir di jalan Trans Jawa Barat. Kemudian diteruskan ke arah timur hingga menemukan jalan masuk ke area pantai Cijayana.

Harga Tiket Masuk Pantai Cijayana

Harga Tiket Masuk Pantai Cijayana
Image Credit: Satulensa.com

Pantai Cijayana buka dari hari senin hingga minggu alias buka setiap hari. Untuk tiket masuk hanya dikenai biaya sebesar Rp. 2 ribu per orang, terkadang bayi di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk di hari hari tertentu. Namun tentunya biaya masuk tersebut di luar biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dan sepeda kayuh dikenai tarif parkir sebesar Rp. 5 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, dikenai biaya sebesar Rp. 10 ribu.

Untuk para pengunjung yang ingin menggunakan kamar mandi atau ruang bilas, maka akan dikenakan biaya yang berbeda. Biasanya tarif kamar mandi akan berkisar diantara Rp. 2 ribu hingga Rp. 5 ribu untuk pemakaian satu kali. Dengan harga tiket dan kamar mandi yang sangat ekonomis, para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam pantai Cijayana sepuasnya. Jadi sangat cocok untuk keluarga yang ingin berlibur dengan budget ekonomis.

Kegiatan Menarik di Pantai Cijayana

Kegiatan Menarik di Pantai Cijayana
Image Credit: Tempatwisata.pro

Tak hanya bisa menikmati pemandangan yang memesona saja, di pantai Cijayana pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Jika Anda ingin melakukan olahraga surfing, maka bisa mencoba di pantai Cijayana. Pasalnya pantai tersebut memiliki tekstur ombak yang pas untuk surfing, tetapi tidak terlalu tinggi. Sehingga sangat cocok untuk para pemula. Untuk para pemula dan baru pertama kali surfing, ada baiknya di bawah pengawasan pemandu surfing.

Selain surfing, pantai Cijayana juga cocok untuk pengunjung yang gemar memancing. Pantai satu ini memang sering dijadikan kawasan memancing oleh warga sekitar karena ada banyak ikan yang hidup di sela terumbu karang, jika Anda tertarik berkunjung jangan lupa untuk membawa alat pancing. Di pantai Cijayana aktivitas memancing pasti akan semakin seru, sebab bisa menyaksikan pemandangan pantai yang cantik.

Yang lebih menarik lagi, pada bulan bulan tertentu di kawasan pantai Cijayana biasanya akan diselenggarakan tradisi warga setempat yang dinamakan Nyalawena atau berburu Impun. Impun sendiri dalam bahasa setempat berarti ikan kecil atau teri yang hidup di sekitar pantai dengan perairan dangkal. Banyak wisatawan yang turut mengikuti festival tersebut, bahkan ada juga wisatawan dari luar kota yang memang sengaja berkunjung hanya untuk ikut berburu Impun.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cijayana

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cijayana
Image Credit: Instagram.com @dangdeb

pantai Cijayana sangat cocok untuk Anda yang gemar dengan wisata kuliner, pasalnya di sepanjang pantai pengunjung bisa menemukan warung tenda yang menjual berbagai macam makanan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat khas Sunda bisa ditemukan di kawasan pantai. Selain itu, untuk yang ingin membawa oleh oleh atau souvenir juga tak perlu khawatir. Sebab di kawasan tersebut juga terdapat banyak toko oleh oleh yang menjual banyak kerajinan khas Garut.

Untuk menunjang wisatawan merasa nyaman selama berkunjung, pengelola pantai Cijayana juga menyediakan saung dan gazebo di sepanjang bibir pantai. Sehingga pengunjung yang lelah bisa beristirahat di saung atau gazebo dengan ditemani oleh semilir angin sejuk, deburan ombak, serta kicauan burung. Dapat dipastikan, saat beristirahat sejenak maka penat dan lelah akibat perjalanan jauh akan sirna.

Namun tidak hanya itu, di pantai Cijayana juga sudah tersedia kamar mandi, ruang bilas, atau ruang ganti untuk menunjang kenyamanan pengunjung setelah selesai melakukan kegiatan di air laut. Selain itu, juga ada musholla kecil yang disediakan untuk yang beragama Islam agar bisa beribadah dengan tenang. Dengan banyaknya fasilitas tersebut, pengelola berharap akan banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Cijayana Garut.

Nah demikian ulasan mengenai pantai Cijayana yang terletak di Garut, Jawa Barat. Jika Anda dan keluarga tengah berkunjung ke Garut atau ingin berlibur ke tempat yang masih eksotis, maka jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata dengan julukan pantai atas awan ini dalam daftar destinasi wisata kota Garut yang wajib dikunjungi. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending