Pantai Congot Kulon Progo, Pantai Cantik nan Hijau Tujuan Favorit Pemancing

Pantai Congot Kulon Progo

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Congot salah satu objek wisata yang populer di Temon, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Pantai yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan hijau dan menjadi spot favorit para pemancing.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Congot, Sangkaran, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Congot merupakan destinasi wisata yang berada di barat Jogja, yakni Kulon Progo. Terletak di antara dua pantai lain, yaitu Glagah dan Bugel Peni, menjadikan Congot banyak dikunjungi pengunjung saat musim liburan tiba. Meski berada di wilayah paling barat Pulau Jawa, pantai ini masih masuk dalam deretan pantai eksotis di sana.

Pantai satu ini merupakan salah satu pantai Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Hal tersebut menjadikan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Congot. Maka jangan heran jika destinasi wisata satu ini menjadi destinasi yang paling banyak direkomendasi oleh wisatawan yang berkunjung ke sini.

Saat berlibur ke wisata Pantai Congot, Anda akan menemukan banyak spot-spot foto menarik yang sengaja disediakan oleh pengelola pantai ini. Pasti spot foto tersebut akan menjadi spot foto yang instagramable abis, khususnya wisatawan kalangan remaja. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan moment saat berlibur ke wisata satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Congot

Daya Tarik Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (wisatajogja 789)

1. Tersedia Spot Memancing

Ada banyak jenis ikan yang hidup di perairan Congot. Pengunjung yang menyukai kegiatan satu ini, bisa juga melakukannya selama berlibur ke pantai ini. Anda bisa membawa peralatan memancing yang sudah biasa Anda pakai saat memancing. Warga sekitar Congot juga menjual umpan yang biasa dipakai pemancing.

Perlu diketahui jika pantai ini merupakan pertemuan dari Sungai Bogowonto. Sungai ini termasuk dalam jenis sungai yang terbentuk dari air tawar. Itu juga yang menjadi alasan utama jika Congot adalah spot memancing terbaik karena banyak ikan air tawar yang hidup bebas di pantai ini dan aman untuk dipancing.

2. Kuliner Seafood

Setelah Anda lelah memancing seharian di Pantai Congot, Anda bisa menikmati kuliner seafood yang tersedia di sana. Banyak warung-warung, maupun rumah makan yang memang umum disediakan untuk para pengunjung. Anda bisa menikmati olahan seafood khas Kulon Progo yang lezat.

Sebagian dari masyarakat sekitaran Congot berprofesi sebagai petani tambak. Utamanya yang banyak dibudidayakan di pantai ini ialah ikan-ikan segar dan udang. Maka jangan heran jika olahan seafood di sana sangat segar dan manis. Menyantap seafood khas Congot sambil menikmati keindahan pantainya tentu akan sangat seru.

Daya Tarik Congot
Image Credit: Google Maps (Rian Ady Chandra)

3. Kawasan Hutan Mangrove

Ada satu spot menarik yang akan sangat sayang jika dilewatkan saat datang ke pantai ini, yaitu hutan mangrove. Pada tahun sekitar 1980-an, area Congot dijadikan sebagai kawasan yang ditanami hutan mangrove. Selain untuk mencegah abrasi dan erosi pantai, penanaman ini memang sengaja dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

Untuk bisa mengunjungi kawasan hijau satu ini, Anda bisa melewati jembatan yang dibuat warga sekitar. Jembatan ini terbuat dari bambu, dan menjadi spot foto terfavorit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Hijaunya mangrove menambah kesan alam yang rindang dan asri dengan angin sepoi-sepoi yang begitu sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Congot

Alamat Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Samuel Udau)

Congot adalah salah satu wisata bahari yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis yang masih masuk wilayah Kulon Progo. Saat berlibur ke Jogja, tidak ada salahnya Anda mampir ke destinasi wisata satu ini, sembari menghabiskan waktu liburan Anda.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke wisata satu ini dan berangkat melalui Jogja langsung, maka rute pertama Anda adalah menuju Jalan Wates. Setelah dari Wates, Anda akan diarahkan menuju monument Paying Nyi Ageng Serang. Jika Anda berhasil menemukan patung tersebut, Anda bisa langsung pergi ke Purworejo.

Tidak sampai di situ, Anda juga akan melewati Stasiun Wates saat akan mencapai Purworejo. Selanjutnya Anda akan menjumpai persimpangan yang biasa disebut pengunjung Congot sebagai Jalan Y. Pilih jalan sebelah kiri, dan terus ikuti jalurnya sampai Anda menemukan jembatan Congot. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti semua petunjuk yang sengaja dipasang untuk bisa sampai ke pantai ini.

Anda bisa menaiki kendaraan pribadi karena akses jalan menuju Congot cukup baik dengan penerangan yang lumayan di malam hari. Untuk menghindari kepadatan muka jalan di musim liburan akan sangat dianjurkan berangkat lebih awal atau lebih pagi. Di musim liburan, masyarakat pantai ini sudah dipastikan akan membludak.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot Kulon Progo

Harga Tiket Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Bowo Pambudi)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Congot sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga, tidak perlu khawatir biaya masuk pantai ini akan mahal. Anda cukup membayar sebesar Rp 3.000,00 per orang. Tentu harga yang sangat murah dan tidak begitu sebanding dengan indahnya pemandangan pantai ini.

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi pun juga tidak perlu risau mengenai lahan parkir. Ada area khusus yang memang diperuntukkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Untuk biaya parkirnya sendiri, pengelola Congot menetapkan biaya Rp 2.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Seakan tidak puas dengan itu, pihak pengelola juga menyediakan wisata bahari dengan menarik biaya Rp 10.000,00 saja. Dengan uang tersebut, Anda akan diajak mengelilingi area perairan Congot dengan menaiki kapal yang sengaja disewakan. Berkeliling dengan perahu akan terasa mengasyikkan jika dilakukan di sore hari.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Congot

Aktivitas di Pantai Congot
Image Credit: [email protected]_van_houtten

1. Berfoto di Jembatan Api

Bagi pengunjung yang sudah pernah ke Pantai Congot, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jembatan api. Namanya saja yang api, tapi bukan berarti api, ya. Jembatan ini berada di hutan mangrove yang dibudidayakan di sana.

Terbuat dari potongan bambu-bambu dan sengaja dibentuk menyerupai Menara Eiffel di Paris, membuat jembatan ini menjadi salah satu spot foto favorit. Banyak pengunjung biasanya mengambil beberapa foto di jembatan satu ini.

2. Menikmati Fenomena Sunset

Melihat matahari terbenam saat berlibur ke wisata pantai sudah menjadi hal wajib yang mesti dilakukan. Saat berlibur ke Congot pun, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset menjelang sore hari.

Sambil menyantap lezatnya hidangan seafood khas masyarakat sekitar Congot, pasti akan sangat mengasyikkan dengan melihat indahnya sunset pantai ini. Semilir angin pasti akan menambah suasana pantai yang sesungguhnya.

3. Memancing

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Congot adalah disediakannya spot memancing bagi para wisatawan. Anda yang menyukai kegiatan memancing tentu bisa juga melakukannya di pantai ini, sembari berlibur.

Kebanyakan ikan yang hidup di perairan Congot adalah ikan air payau. Hal ini dikarenakan laut Congot menjadi tempat pertemuan dengan Sungai Bogowonto yang notabenenya berair tawar. Sudah dipastikan rasa ikan akan segar dan sangat manis.

Aktivitas Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Ipung Channel)

4. Melihat Aktivitas Para Nelayan

Kegiatan menarik lainnya yang tentu sayang untuk dilewatkan adalah menyaksikan nelayan Congot pulang setelah berburu ikan. Pemandangan seperti ini pasti sudah umum pengujung saksikan saat berlibur ke pantai, tak terkecuali saat ke Congot.

Biasanya nelayan mempersilahkan pengunjung untuk melihat hasil tangkapan mereka. Beragam jenis ikan akan pengujung jumpai di jalan nelayan. Mulai dari ikan air asin, ikan air tawar, bahkan ikan yang biasa hidup di perairan air yang payau.

5. Berkeliling di Hutan Mangrove

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengelilingi kawasan hutan mangrove. Mengelilingi mangrove sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pengunjung yang berasal dari daerah perkotaan.

Rindangnya mangrove, dipadu dengan hijaunya dedaunan, seperti menciptakan suasana nyaman dan rileks. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang mengunjungi Congot dengan tujuan melepas penat dan menghindari stress.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Traveloka.com

1. Omah Wates

Penginapan ini menjadi rekomendasi pengujung Pantai Congot. Berada di Tawangsari, sangat asri, nyaman, dan berkonsep tradisional. Mendapat penilaian mencapai lima bintang, tentu bisa Anda jadikan referensi.

2. Wisma Lovina

Wisma Lovina memberi akses langsung ke pantai bagi para penginap. Suasana penginapan yang bersih dan nyaman menjadi nilai tambah penginapan satu ini. Pelayanan staff juga sangat ramah, sehingga penginap semakin nyaman.

3. Cordia Hotel Yogyakarta

Cordia menyediakan fasilitas mewah bagi pengunjung Congot, salah satunya kamar yang disertai AC. Pihaknya juga memberi fasilitas Wifi gratis selama 24 jam penuh. Dijamin Anda akan dibuat buat saat memilih Cordia sebagai tempat menginap Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Congot Kulon Progo

Fasilitas Pantai Congot
Image Credit: Google Maps (Sandhi Nugroho)

Pengujung yang datang ke pantai ini dapat menikmati beragam fasilitas yang sudah disediakan. Fasilitasnya pun cukup lengkap, antara lain toilet, musholla bagi yang muslim, hingga tempat parkir. Semua fasilitas ini juga terawat dengan baik.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti penyewaan perahu, tour guide, serta penginapan, akan dengan mudah Anda temukan di objek wisata ini. Rumah makan dan restoran pun juga tersedia di sekitaran lokasi pantai satu ini.

Bagaimana, Tertarik untuk mengujungi Pantai Congot?. Jangan lupa sekali sedia kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan matahari. Serta gunakan sunblock dan sunscreen agar kulit tidak menghitam.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending