8 Pantai Dekat Solo yang Cantik & Hits

8 Pantai Dekat Solo yang Cantik & Hits

Kepadatan jiwa penduduk di Kota Solo mencapai angka 500 ribuan, jadi bisa dibayangkan betapa riuhnya daerah ini. Meskipun begitu, Anda akan selalu menemukan tempat healing yang bagus di kota tersebut atau sekitarnya. Misalnya, pantai-pantai yang menawan dengan pemandangan luar biasa sehingga mampu membuat Anda lupa waktu.

Dari kehidupan yang riuh menuju keindahan alami wisata bahari, perhatikan bagaimana pantai di tempat itu mampu menghibur Anda. Walaupun memang, agar dapat mencapainya Anda harus meluangkan waktu minimal setengah hari untuk fokus berwisata. Pasalnya, perjalanan menuju keunikan pemandian air laut itu terkadang memerlukan waktu lama.

Berikut adalah delapan daftar pantai cantik yang akan menyemarakkan hari Anda saat berada di Solo dan sekitarnya. Dari birunya air laut hingga bentangan bukit-bukit tinggi, pilihlah ikon terunik yang sesuai selera. Apakah itu di Pecaron Kabupaten Kebumen, Nampu Kabupaten Wonogiri, atau apapun termasuk dalam keindahan di Jawa Tengah secara umum.

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu
Image Credit: Google Maps King Yogo

Menyusuri jalan menuju Kabupaten Wonogiri, Anda akan mendapati Pantai Nampu yang memikat hati. Ombaknya kencang dengan perbedaan warna laut yang cukup signifikan, yaitu hijau ke biru pekat.

Memang butuh waktu agak lama agar dapat tiba di pantai cantik ini, tapi percayalah, perjalanan tersebut akan terasa memuaskan. Ini merupakan destinasi bahari yang populer di Wonogiri sehingga cocok bagi Anda yang suka berinteraksi dengan kehidupan sosial.

Ada warung-warung makan yang kerap kali menjajakan aneka menu lokal dan lanskapnya dibuat menghadap ke pantai langsung. Jadi, Anda dapat menyantap hidangan sembari menikmati semilir angin laut yang berembus setiap detik.

Pasir putih super halus juga menjadi ikon unik yang mengunggulkan pemandangan di Pantai Nampu. Bagi mereka yang suka bermain pasir atau menyukai pesisir luas, pergi ke sini adalah keputusan cerdas.

Di sisi lain pantai berdiri sebuah tebing yang kukuh dan terlihat eksotis persis di daerah pesisir. Keberadaan tebing ini sedikit banyak membuat intensitas ombak di tepi pantai agak berkurang sehingga aman untuk dipakai berenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo
Image Credit: Google Maps Joko sulistyo (joko)

Masih di Kabupaten Wonogiri, sekarang Anda akan dimanjakan oleh pantai yang terlihat tandus. Bukan karena tak terawat melainkan dikelilingi oleh bukit karang dengan eksistensi tumbuhan yang cukup minim.

Bebatuan tersebut berwarna cokelat kehitaman, terkesan kuno namun menarik pula pada waktu bersamaan. Tebing mengapit dua sisi pantai sehingga menjadikan air laut di tengah-tengahnya seperti kolam. Meskipun begitu, bagian yang terhubung langsung dengan laut lepas tidak memiliki penahan sama sekali sehingga ombaknya tetap kencang.

Keunggulan lain yang tidak dipunyai oleh destinasi lain di kawasan yang sama adalah tekstur air di Pantai Banyutowo. Meskipun Anda menghabiskan waktu lama untuk menikmati kegiatan renang di air lautnya, tidak akan ada sensasi lengket sebagaimana air garam pada umumnya.

Kemudian, masih di kawasan eksotis tersebut, Anda juga dapat menyaksikan sebuah fenomena unik. Air laut di destinasi cantik ini mengalami kontak langsung dengan air tawar dari aliran sungai.

Singkatnya, Anda dimungkinkan berenang sampai puas di air garam, kemudian membilas diri di air tawar. Ini pasti akan jadi pengalaman seru, khususnya bagi Anda yang baru pertama kali mampir Pantai Banyutowo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Google Maps virra ariez

Beralih ke Jepara yang terkenal karena bisnis mebelnya, rupanya Anda bisa menemukan pantai eksotis di sini. Pergilah ke tepian Desa Bandengan dan temukan bagaimana lanskap lautan siap memanjakan Anda.

Pantai cantik itu tergolong populer dan mempunyai fasilitas yang asyik, seperti jet sky. Ini cocok untuk mereka yang menikmati keramaian bahkan di tempat wisata sekalipun. Memilih berjalan santai di pesisir Pantai Bandengan agaknya akan memberikan pengalaman tak terlupakan, jadi jangan abaikan.

Bersama orang terkasih, Anda bisa melakukan aktivitas santai saat sore menjelang sambil mengamati matahari tenggelam di balik samudra. Luasnya kawasan pesisir Pantai Bandengan memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk mewujudkan ragam kegiatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong Puring
Image Credit: Google Maps Ady Soemitro

Apakah Anda penasaran bagaimana bentuk laguna yang cantik di antara dataran rendah? Mampirlah ke Pantai Bopong Puring dan lihat bagaimana air laut mengalir masuk ke sela-sela daratan, kemudian tergenang dalam waktu lama.

Alih-alih pasir putih yang memikat hati, di sini Anda akan lebih dibuat terpesona oleh keindahan laguna. Laguna tersebut membentuk seperti kelokan dari daratan yang bercelah, kemudian mengalir hingga ke laut.

Laguna tersebut dapat dimanfaatkan untuk berenang jika Anda menginginkannya, tapi sering kali orang lebih memilih ke lautan lepas. Para penantang yang menyukai aktivitas ekstrem di laut, sebaiknya serius mempertimbangkan Pantai Bopong Puring.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

5. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan
Image Credit: Google Maps Bintang’s Journey

Apabila keganasan ombak khas pantai selatan membuat nyali Anda ciut, sebaiknya urungkan niat untuk pergi ke Pantai Sembukan. Pasalnya, destinasi bahari di Kabupaten Wonogiri yang cantik ini telah menyajikan ombak bergulung bahkan saat Anda baru menginjakkan kaki di bibir pantai.

Apalagi, ada rumor beraura mistis yang tersebar dari mulut ke mulut di mana konon tempat ini adalah pintu gerbang menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul. Meski tentu saja, itu tidak terbukti kebenarannya namun terkadang orang bisa saja percaya.

Sejalan dengan hal mistis yang melatarbelakangi cerita-cerita tentang Pantai Sembukan, sesungguhnya keindahan alam di kawasan ini tak dapat diabaikan. Entah itu ombaknya yang ganas, pasirnya yang tidak halus, batu karang di berbagai sisinya, atau ikon-ikon lain pendukung keindahan di sini.

Terkadang, ada pula atraksi wayang yang diselenggarakan oleh warga lokal sebagai sebuah budaya setempat. Hanya saja, pertunjukan seni ini terjadi di waktu-waktu tertentu, jadi tidak selalu bisa Anda nikmati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Image Credit: Google Maps Denny Lastpaste

Suasana yang belum banyak dieksplorasi oleh wisatawan membuat Pantai Pecaron di Jawa Tengah ini menarik. Anda bisa pergi ke daerah Kebumen dan merasakan bagaimana udara sejuk berembus setiap sekon. Rasanya akan sangat menghibur terutama bila Anda secara khusus mencintai ketenangan.

Warna pasirnya yang unik dengan dominasi abu-abu juga membuatnya layak dipikirkan sebagai tempat wisata terbaik. Meskipun sepi pengunjung namun pantai ini dapat memperoleh predikat hits dalam waktu singkat seiring banyaknya mata yang terpikat.

Mulai dari tebing di sisi luar garis pantai, pohon kelapa yang daunnya menghijau, hingga laut yang jernih. Seluruhnya siap menyambut Anda hingga liburan terasa jauh lebih mengasyikkan karena pesona pantainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

7. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan
Image Credit: Google Maps mega saputra

Pantai Dadapan hadir untuk menambah daftar panjang kecantikan alami khas tepi laut Kabupaten Wonogiri. Tempat ini terbilang baru tapi kehadirannya mampu membuat banyak mata terpukau bahkan saat baru menginjakkan kaki di sana.

Kebersihan adalah apa yang membuatnya unggul di mana pasir pantai terlihat amat putih Belum lagi dengan air laut biru yang juga turut menghiasi, itu menjadikannya layak disebut sebagai sekeping surga di Jawa Tengah.

Ombak di sana cukup kencang sehingga tidak disarankan bagi Anda yang belum pandai berenang untuk bermain di air. Namun, jika Anda yakin dengan kemampuan renang sendiri, agaknya tidak masalah untuk mengeksplorasi bagian tepi pantainya.

Nikmatilah bagaimana pesona alam di sana bisa begitu mudah membuat Anda terpikat dan merasa puas saat bermain di Pantai Dadapan. Menyusuri hamparan pasir putih yang halus, istirahat di atas bebatuan, ataupun membuka tikar piknik di bawah pohon.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Menganti

Pantai Menganti
Image Credit: Google Maps Guntur Hanafi

Pergi ke Kabupaten Kebumen akan memberikan Anda kesempatan menyusuri Pantai Menganti yang eksotis. Letaknya ada di sisi tebing hijau dengan lanskap samudra sejauh mata memandang. Ombak besar juga terlihat bergulung-gulung dari kejauhan hingga menghantam karang di tepi pantai.

Kesejukan alami yang ada di destinasi estetis ini diperlengkap oleh eksistensi jajaran pohon kelapa. Bayangkan Anda sedang berada di tepi bukti tebing, dilindungi oleh pohon kelapa, sambil melihat ke lautan yang berwarna biru pekat.

Adanya penginapan semakin menambah semaraknya pantai cantik ini agar membuat pengunjung betah. Jika Anda menyukai kesunyian di tempat bernuansa eksotis, mempertimbangkan Pantai Menganti sebagai destinasi prioritas adalah keharusan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Keindahan di pantai-pantai yang berada dekat Kota Solo ada beragam jenisnya dan masing-masing mempunyai penawaran unik. Ingin pergi ke laguna, menantang ombak, mendengarkan cerita mistis khas pantai selatan, semua ini mungkin diwujudkan asalkan Anda mau meluangkan waktu untuk berpetualang dengan bebas.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending