Pantai Katembe Buton, Wisata Pantai Eksotis yang Berbalut Legenda

Pantai Katembe Buton, Wisata Pantai Eksotis yang Berbalut Legenda
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Bagi masyarakat setempat, nama dari Pantai Katembe memang sudah lekat terdengar. Pasalnya, keindahan suguhan alam yang disajikan oleh pantai ini mampu menarik siapa saja untuk datang dan berkunjung. Keindahan yang disuguhkan oleh pantai ini seakan tidak ada ujungnya jika dibahas. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang hendak menghabiskan liburannya di pantai satu ini.

Ternyata, selain menyajikan panorama alam memukau, pantai ini pun memiliki beragam cerita yang berseliweran di masyarakat setempat. Konon, di pantai ini dulunya terdapat seorang ibu yang melompat ke lautan meninggalkan beberapa buah hatinya. Lalu, ibu tersebut berubah menjadi seekor ikan duyung. Sehingga, pada saat bulan tertentu pantai ini dipercaya sering dilalui oleh beberapa ekor ikan duyung.

Tak hanya itu saja, nama dari pantai ini berasal dari bahasa daerah masyarakat sekitar ‘Katembe’ yang memiliki arti air tawar. Sungguh menarik bukan mengenai semua hal terkait pantai ini, mulai dari legenda yang berkembang hingga asal-usul dari penamaan Pantai Katembe. Pantai ini pun tidak ingin ketinggalan dalam menyajikan panorama alamnya yang bisa memikat siapapun untuk menghabiskan liburan disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Katembe

Daya Tarik Pantai Katembe
Image Credit: Twitter.com @ibolang_malik

Pantai cantik ini merupakan sebuah destinasi bahari yang berlokasi di Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Buton Tengah. Pantai ini termasuk pantai favorit kunjungan wisatawan yang hendak menyaksikan keindahannya. Pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari pengunjung dalam daerah Buton saja namun juga luar daerah. Beragam daya tarik yang dimiliki menjadikan pengunjung tertarik untuk datang.

1. Pasir Dua Warna dan Airnya yang Jernih

Pantai Katembe yang eksotis ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari pantai-pantai lain, yaitu pasirnya yang memiliki dua warna. Jika dilihat sekilas, warna dari pasir pantai ini memiliki warna putih seperti pasir pantai biasa. Namun jika dilihat secara seksama, warna dari pasir pantai di Buton Tengah ini memiliki warna merah muda selain itu air lautnya pun terkenal jernih. Keren!

2. Kecantikan Biota Bawah Lautnya yang Beragam

Bagi wisatawan pecinta olahraga snorkeling, Anda tidak bisa melewatkan pantai satu ini. Pasalnya beragam biota bawah lautnya terlihat begitu cantik dan masih terjaga. Terumbu karang yang berada di bawah laut pantai ini tidak ada satupun yang rusak, semuanya masih terlihat utuh dan terjaga. Belum lagi jika dipadukan oleh air lautnya yang jernih semakin memperjelas pemandangan bawah lautnya.

3. Keberadaan Sumur yang Melegenda

Sesuai asal-usul penamaan pantai ini yang berarti air tawar. Keberadaan sumur disini menjadi pendukung atas asal-usul nama pantai ini. Konon, terdapat sebuah sumur yang sudah tua dengan air tawar yang berada di dalamnya, walaupun lokasinya berdekatan dengan pantai. Air dari sumur tua ini pun tidak pernah kering dan tidak pernah berhenti mengeluarkan air walaupun musim kemarau telah tiba.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps (Huda Dee)

Pantai Katembe merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Buton Tengah tepatnya di Kecamatan Lakudo, Desa Madongka. Pantai ini berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini sudah dinilai memadai. Namun, lokasinya yang berada di pedesaan menjadikan wisatawan harus melewati jalan setapak untuk menuju pusat pantai.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini kurang lebih 40 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Waktu ini bisa berubah mengingat rute wisatawan yang harus melewati jalan setapak. Wisatawan akan ditemani dengan pemandangan rumah-rumah khas pedesaan lengkap dengan masyarakatnya yang terkenal ramah. Jadi, wisatawan tidak merasa bosan.

Untuk menyambangi Pantai Katembe dengan sejuta daya tarik khasnya ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan beroda empat ataupun dua. Ada dua rute jalan yang harus wisatawan lewati. Pertama yaitu wisatawan melewati jalan raya dan yang kedua, wisatawan melewati jalan setapak yang menghubungkan jalan menuju pantai. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari pusat Buton Tengah ke pantai.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menginjakkan kaki diatas pasir unik dari pantai ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Poros Lombe untuk kemudian menuju Jalan Ahmad Yani. Belok ke arah kiri menuju Jalan Jend. Sudirman dan teruskan hingga ke Jalan Poros Lakapera-Waara. Kemudian, teruskan ke Jalan Gersamata dan Jalan Poros Wamengkoli hingga sampai ke destinasi yang dituju.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps (Huda Dee)

Untuk menyambangi pantai ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan harga yang tergolong ramah dikantong, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan panorama yang disuguhkan oleh Pantai Katembe ini. Sejarah serta asal-usulnya yang menarik dapat wisatawan nikmati dengan harga tiket masuk yang murah. Sehingga tidak ada alasan untuk melewati pantai dari Butong Tengah satu ini.

Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi pantai ini dapat mempersiapkan dana sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuknya. Nominal ini tergolong murah untuk sebuah tiket masuk pantai yang menawarkan daya tariknya yang menarik. Pantas saja pantai ini menjadi destinasi favorit dikalangan pecinta wisata. Wisatawan tidak akan menyesal berkunjung kesini, karena di setiap sisinya menawarkan keindahan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Katembe

Aktivitas Pantai Katembe
Image Credit: Instagram.com @maharaniamaliah

1. Piknik Diatas Pasir Pantainya yang Unik

Warna pasir dari Pantai Katembe memang tergolong unik, dengan perpaduan warna putih dan pink menjadikannya dilirik oleh wisatawan. Pasir pantai ini pun memiliki tekstur yang lembut. Wisatawan bisa piknik ataupun sekedar bermain bersama buah hati diatas pasir pantainya. Wisatawan juga tidak perlu khawatir apabila buah hati terjatuh, karena pasir pantainya yang lembut tidak akan melukai kulit.

2. Snorkeling Bersama Biota Bawah Lautnya yang Cantik

Pantai yang berlokasi di Buton Tengah ini ternyata juga tidak ingin ketinggalan dalam menyajikan kecantikan biota bawah lautnya. Layaknya surga bagi penyuka snorkeling, pantai ini sangat cocok jika dijadikan sebagai area menyelam. Beragam terumbu karang dengan ikan-ikan yang berenang diatasnya menjadi pemandangan yang pasti Anda saksikan saat menyelam di pantai ini. Sangat Menakjubkan!

3. Mencicipi Rasa Air Tawar dari Sumur Legenda

Sumur yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai ini memiliki air yang tawar, hal ini memang terdengar sedikit ganjal mengingat keberadaannya yang berdekatan dengan pantai. Untuk membuktikannya, wisatawan bisa mencicipi sendiri air dari sumur ini. Selain itu, sumur ini layaknya berkah bagi masyarakat setempat terutama pada saat musim kemarau telah tiba, masyarakat bisa memanfaatkan air sumur ini.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Pantai Katembe
Image Credit: Tiket.com

1. Hing Amimah Hotel

Hotel ini tergolong murah sehingga menjadi favorit para pengunjungnya. Walaupun harganya murah, fasilitas yang disediakan di Hing Amimah Hotel tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Beragam fasilitas yang tersedia mampu menunjang beragam kegiatan para pengunjungnya sepeti area parkir, sarapan dan Wi-Fi gratis, ruangan ber-Ac, resepsionis yang melayani 24 jam hingga jemputan bandara.

2. Calista Beach Hotel

Calista Beach Hotel menawarkan penginapan yang bersih dengan dekorasi kamar minimalis. Cocok dijadikan sebagai tempat bermalam para wisatawan yang lelah selepas berlibur di Pantai Katembe. Fasilitas Calista Beach Hotel pun sudah tergolong lengkap dan memadai seperti Wi-Fi gratis, akses langsung ke pantai, ruangannya yang sudah dilengkapi Ac, hingga resepsionis yang melayani 24 jam.

3. Wisma Kahyangan

Penginapan ini memiliki desain eksterior dan interior yang menawarkan suasana layaknya rumah sendiri. Dengan ukuran kasur yang terbilang cukup luas menjadikan penginapan ini cocok dijadikan sebagai tempat istirahat. Fasilitas yang tersedia di penginapan ini sudah lengkap dan memadai dengan akses internet Wi-Fi gratis, ruangan full AC, hingga pelayanan 24 jam penuh. Tertarik untuk menginap disini?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Katembe

Fasilitas di Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps (Xaverius Endro)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Katembe tergolong kurang memadai, mengingat lokasi obyek wisata ini yang berada di pedesaan tepatnya Desa Madongka. Walaupun fasilitasnya yang tergolong kurang memadai, pantai ini berjaya dalam menyuguhkan panorama alam yang akan membuat siapapun terpana melihatnya. Hal ini juga didukung oleh beragam daya tarik yang dimilikinya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini memang kurang lengkap dan memadai. Hanya ada beberapa fasilitas kecil yang akan menunjang liburan para wisatawannya seperti warung kopi dan toilet. Beberapa warung kopi yang sederhana disini menyajikan kopi yang begitu nikmat bila diseruput sembari memandang panorama pantai. Terlebih jika dinikmati pada saat sore hari bersama pesona sunset yang menakjubkan.

Selain kopi, terdapat fasilitas lain yang tersedia di sekitar pantai ini yaitu toilet. Keberadaan toilet disini memang tidaklah banyak, bahkan jumlahnya bisa dihitung oleh satu tangan saja. Wisatawan bisa memanfaatkan toilet ini untuk membersihkan badan sehabis berenang di asinnya air pantai. Namun, terkadang wisatawan harus mengantre untuk menggunakan fasilitas ini karena jumlahnya yang sedikit.

Demikianlah beberapa hal menarik seputar Pantai Katembe di Buton Tengah. Walaupun lokasinya berada sedikit jauh dari keramaian karena letaknya di pedesaan serta fasilitasnya yang kurang lengkap, pantai ini tetap tidak ketinggalan dalam menyajikan panorama alam lengkap dengan keberagaman biota laut dan legenda sumur tuanya. Tarif masuknya yang dikenal murah pun menjadikannya sebagai destinasi favorit.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending