10 Wisata Pantai di Manado yang Paling Indah

10 Wisata Pantai di Manado yang Paling Indah

Ingin Liburan di Manado? Periksa List Wisata Pantai Cantik di Manado, Sulawesi Utara. Objek Wisata Bahari Terindah, Terhits dan Eksotis untuk Dijelajahi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Indonesia dianugerahi sebuah negara yang berbentuk kepulauan. Karunia tersebut memunculkan keragaman hayati beserta wisata bahari, yang sudah tersohor hingga ke berbagai negara lainnya. Salah satu wilayah yang dikenal banyak menyimpan surga tersembunyi berupa pantai, ialah Kota Manado.

Manado adalah ibukota dari Sulawesi Utara, yang memiliki wisata pantai paling ramai dikunjungi setelah kota Daeng Makassar. Bagi para traveller, menjelajahi pantai di Manado akan sangat menguntungkan. Pasalnya, Anda akan disuguhkan pesona alam bak surga di dunia. Berikut daftar pantai yang dijamin bikin betah.

1. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps (Paul Tanudjaja)

Terletak di ujung selatan Kota Manado, pantai yang satu ini memiliki banyak hal menarik yang wajib untuk dinikmati. Taman laut yang masih alami dengan beragam jenis koral dan biota laut, menjadi daya tarik utama wisata air ini. Tak hanya pesona bawah laut, wisata bahari ini juga memiliki pesona pemandangan daratan yang tak kalah memukau.

Kondisinya yang bersih dan masih asri semakin menjadi nilai tambah Pantai Malalayang. Untuk bisa sampai ke pantai ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dari pusat Kota Manado. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang beroperasi di sekitar wilayah tersebut. Pantai ini selalu dipenuhi wisatawan lokal maupun asing setiap harinya.

Jika Anda ingin mengunjungi wisata bahari ini, tak perlu menyebrangi pulau dan membutuhkan banyak dana lebih. Letaknya yang mudah dijangkau dan tidak adanya biaya tiket masuk, menjadikan pantai ini primadona bagi masyarakat sekitar. Di sekitar area, Anda juga bisa mencicipi beragam kuliner khas perairan Manado yang dijamin menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

2. Pantai Raja (Apeng Datu)

Pantai Raja Apeng Datu
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Raja Apeng Datu merupakan wisata bahari di Manado yang juga tak kalah menarik dari pantai sebelumnya. Tak hanya keindahan bawah laut saja, Anda juga akan disuguhkan pemandangan unik yang terbentuk secara alami. Air laut yang sangat jernih dan pasir pantai yang putih bersih menjadi daya tarik utama Pantai Raja Apeng Datu ini.

Wisata bahari yang satu ini sering dijadikan sebagai lahan diving dan snorkeling, karena air lautnya yang sangat jernih. Bagi Anda yang berminat mengunjungi Pantai Raja Apeng Datu, bisa menempuh perjalanan sekitar 10 mil dari pusat Kota Manado. Ketika mengunjungi wisata bahari ini, Anda dapat melakukan beragam aktivitas menarik seperti diving, snorkeling, dan berjemur.

Lokasi: Pantai Raja Apeng Datu, Kec. Bunaken Kepulauan, Kota Manado.

3. Pantai Istana Wakil Raja

Pantai Istana Wakil Raja
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata bahari di kota Manado yang tak kalah menakjubkan ialah Pantai Istana Wakil Raja. Sebagai informasi, Pantai Raja Apeng dan Pantai Istana Wakil Raja berada di satu kawasan Manado Tua. Di sana, Anda bisa melihat pemandangan alam dengan kondisi yang masih terjaga begitu asri. Di sekitar bibir pantai, terlihat beberapa perahu yang berlabuh untuk mengangkut wisatawan.

Snorkeling merupakan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Istana Wakil Raja. Selain snorkeling, Anda juga bisa menikmati beragam kuliner yang dijajakan oleh penduduk setempat. Di sekitar area akan terlihat puncak gunung berapi yang terletak di tengah pulau. Ada begitu banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Istana Wakil Raja.

Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan mulai dari, menelusuri eksotisme alam, melakukan trekking ke area dekat pantai, melihat beberapa hewan endemik Sulawesi, hingga berjemur di sekitar bibir pantai. Menjelang sore hari, objek wisata bahari ini akan dipenuhi oleh para wisatawan daerah hingga wisatawan luar daerah untuk menikmati sang surya tenggelam.

Lokasi: Pantai Istana Wakil Raja, Kec. Bunaken Kepulauan, Kota Manado.

4. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken
Image Credit: Instagram.com @kweinacht

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal Taman Nasional Bunaken yang ada di Kota Manado. Wisata bahari ini dianugerahi keindahan bawah laut yang tak ada tandingannya. Bunaken sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di mulut Teluk Manado. Perlu Anda ketahui, Taman Nasional Bunaken memiliki ragam biodiversitas laut tertinggi di dunia.

Dihuni oleh 90 spesies ikan dan 390 vegetasi terumbu karang yang tertanam di dasar laut, menjadi daya tarik utama wisata bahari yang satu ini. Wisata Bunaken umumnya digunakan sebagai kawasan transit untuk melakukan penyelaman. Para wisatawan yang ingin melakukan diving dapat menyewa kostum dan perlengkapan yang sudah disiapkan pihak pengelola.

Selain persewaan alat diving, Anda juga bisa menggunakan berbagai fasilitas memadai yang ada di sekitar are. Beberapa fasilitas tersebut antara lain, toilet, rumah makan, hotel atau penginapan, hingga tempat souvenir untuk berburu oleh oleh khas Bunaken. Bagi Anda yang kurang menyukai kegiatan diving, bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang maupun berjemur.

Untuk bisa mengunjungi Taman Nasional Bunaken, Anda perlu menyewa kapal untuk mengangkut rombongan dari pelabuhan Marina. Sebagai saran, jika Anda ingin lebih berhemat, carilah rombongan lain atau ikut jalur travel karena harga sewanya dihitung per kapal. Jadi, liburan Anda akan tetap berkesan walau memiliki budget yang rendah.

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa

5. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan
Image Credit: Ksmtour.com

Seakan memiliki magnet, wisata bahari yang satu ini berhasil menarik para wisatawan baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Pasalnya, Pantai Pulisan memiliki hamparan padang savana dengan latar belakang laut yang indah. Di sekitar area pantai, Anda juga akan melihat pemandangan bukit bukit kecil yang semakin menambah eksotisme pantai tersebut.

Pantau Pulisan berbeda dari wisata bahari yang lainnya. Sebab, ada tiga spot keindahan alam yang wajib dinikmati. Spot tersebut mulai dari pemandangan laut yang jernih kebiruan, pasir putih dan batu batuan yang menghias di sekitar bibir pantai. Salah satu keunikan pantai ini ialah keberadaan gua yang bersentuhan langsung dengan laut.

Lokasi: Pulisan, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara.

6. Pantai Lihaga

Pantai Lihaga
Image Credit: Instagram.com @yudhiwidias

Wisata pantai Lihaga menjadi primadona masyarakat yang memang diandalkan oleh para pengunjung. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi pantai yang dinamakan Lihaga tersebut, ingin menikmati waktu liburnya dengan bermain pasir putih dan air laut yang jernih. Ombak yang cenderung tenang memberikan rasa aman bagi wisata yang ingin berenang dan menyelam.

Untuk mengunjungi Pulau Lihaga, ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan. Walau demikian, wisata bahari tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Ketika memasuki kawasan pulau, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan yang begitu memukau. Bahkan, pesonanya disandingkan dengan wisata bahari Maldives.

Lokasi: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara.

7. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok
Image Credit: Google Maps (suhandri lariwu)

Ratatotok merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Minahasa. Secara geografis, letak Pantai Ratatotok tak jauh dari Kota Manado. Walau letak administrasinya bukan di Kota Manado, wisata bahari ini juga tak kalah menakjubkan dengan pantai lainnya. Teruntuk Anda yang memiliki hobi fotografi, bisa menyalurkan hobi tersebut dengan mengabadikan setiap titiknya.

Perbukitan yang mengelilingi pantai dengan air laut yang tenang, membuat suasana pantai tersebut sangat menenangkan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata bahari ini ialah di sore hari tatkala mentari kembali ke persembunyiannya. Menjelang sore, suasana eksotis tercipta berkat adanya perpaduan jingga dan keunguan yang menghias angkasa.

Lokasi: Pantai Ratatotok, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara.

8. Pulau Siladen

Pulau Siladen
Image Credit: Instagram.com @daniandwiyan

Disebut sebagai surga tersembunyi, wisata bahari Pulau Siladen menyimpan hamparan pasir putih bersih dengan air lautnya yang begitu jernih. Kegiatan utama yang menjadi daya tarik Pulau Siladen ialah diving dan snorkeling. Ketika melakukan kegiatan tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa biota laut dan berbagai warna serta bentuk terumbu karang.

Ketika mengunjungi wisata bahari Pulau Siladen, Anda akan menemukan banyak fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Bagi Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu di Pulau Siladen, bisa menginap di beberapa hotel atau penginapan sekitar area tersebut. Bahkan, jika Anda ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota pulau ini jawaban terbaik.

Lokasi: Pulau Siladen, Kec. Bunaken, Kota Manado,

9. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh
Image Credit: Instagram.com @pasiarkelembehresort

Pesona pantai dengan 88 spot untuk menyelam bisa Anda temukan dengan mengunjungi Pulau Lembeh. Wisata bahari ini tak kalah bagusnya dengan Taman Nasional Bunaken yang sudah disinggung di penjelasan sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki hobi diving, snorkeling, dan hunting foto, Pulau Lembeh menjadi pilihan yang sangat tepat.

Bagi Anda yang kurang menyukai kegiatan diving, bisa berenang dan bermain pasir di area tersebut. Untuk biaya masuk ke Pulau Lembeh hanya dipatok sekitar Rp. 8 ribuan saja. Lokasi wisata bahari ini memiliki akses perjalanan yang mudah dijangkau. Jadi, tak heran banyak wisatawan dari luar kota yang hanya ingin sekedar menikmati keindahan pulau bak surga ini.

Lokasi: Pulau Lembeh, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.

10. Pulau Mantehage

Pulau Mantehage
Image Credit: Kompas.com

Pemandangan menarik yang ada di wisata bahari ini, ialah keberadaan hutan bakau yang mengelilingi luas pantai. Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Pulau Mantehage, ialah menyusuri ruas perairan dengan menggunakan perahu. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa satwa berupa monyet yang bertempat tinggal di sekitar pantai tersebut.

Untuk menuju wisata ini, Anda perlu menempuh perjalanan laut dengan waktu kurang lebih 1,5 jam dari Kecamatan Kepulauan Bunaken. Meski waktu tempuh terbilang cukup lama, semua rasa lelah akibat perjalanan akan langsung terbayar lunas tatkala melihat keindahan Pulau Mantehage yang memukau.

Lokasi: Pulau Mantehage, Kec. Bunaken Kepulauan, Kota Manado.

Manado tak henti hentinya menawarkan beragam wisata pantai yang menarik perhatian. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Manado menyimpan eksotisme pantai yang terkandung dalam wisata baharinya. Bagi Anda yang sedang berada di Manado, wajib mendatangi salah satu pantai yang ada dalam ulasan tersebut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending