Pantai Koka, Pesona Pantai Indah dengan Sejuta Pesona di Flores

Pantai Koka, Pesona Pantai Indah dengan Sejuta Pesona di Flores
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WITA, Alamat: Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Sedang merencanakan liburan ke wilayah Indonesia bagian timur? ternyata keindahan alam disana mampu menarik hati para wisatawan lokal maupun mancanegara juga lho. Wisata alam yang ada punya pesona daya tarik dan keunikan tersendiri. Salah satu pantai yang ketika berkunjung ke Kota Flores tidak boleh ditinggalkan adalah Pantai Koka.

Banyak wisatawan yang menyebut pantai ini dengan julukan pesona pantai tersembunyi di Maumere. Pantai dengan pemandangan yang indah ini masih terjaga kemurnian dan keasliannya karena belum banyak orang yang datang. Untuk wisatawan yang sedang mencari private beach pantai cantik ini bisa jadi pilihannya.

Lokasi pantai yang masih tersembunyi memberikan kesan sunyi dan damai. Semakin penasaran dengan keindahan Pantai Koka, jangan beranjak dulu karena kita akan membahas mengenai daya tarik pantai, alamat & rute, harga tiket masuk, fasilitas dan kegiatan menarik apa yang bisa dilakukan selama berada di pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Koka

Daya Tarik Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Efendi Slamet

1. Diapit oleh Dua Bukit

Pantai Koka disebut sebagai pantai yang masih tersembunyi selain lokasinya yang belum banyak diketahui, secara alami pantai ini memang disembunyikan oleh adanya dua bukit kanan dan kiri yang mengapitnya. Ada dua bukit kecil yang ada di samping kanan kirinya yaitu Bukit Rodja dan Bukit Ndata Sare.

2. Pasir Pantai Berwarna Putih

Pantai cantik ini punya pemandangan yang luar biasa, dipadukan dengan hamparan pasir putih di tepiannya. Birunya air laut dan eksotisnya terumbu karang yang bisa dilihat langsung dari permukaan air menambah kesan WOW untuk pantai ini. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar, suara deburan ombaknya akan menyatu dengan keindahan yang ada.

3. Pantai Melengkung Membentuk Angka 3

Daya tarik selanjutnya dari pantai indah ini adalah bentuknya yang melengkung, bila dilihat dari atas ketinggian atau menggunakan alat drone akan membentuk layaknya angka 3. Bentuk pantai yang melengkung ini memberikanmu pemandangan tidak hanya luasnya pantai tetapi juga area hijau perbukitan.

4. Ombak Pantai Mencapai Ketinggian 1.5 Meter

Bagi wisatawan yang memiliki hobi surfing atau berselancar kegiatan tersebut bisa dilakukan di Pantai Koka, karena ombak di pantai cantik ini cukup besar bahkan bisa mencapai tinggi 1.5 meter. Hembusan ombak ini diperkuat dengan adanya tebing batu di pinggir pantai yang akan membuat wisatawan semakin bersemangat untuk berselancar.

Daya Tarik di Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Jiří Hruška

5. Keindahan Terumbu Karang Bawah Laut yang Mempesona

Air pantainya yang jernih membuat wisatawan bisa secara langsung menyaksikan terumbu karang dan biota laut yang ada di dalamnya hanya dari permukaan air. Untuk bisa mengeksplor keindahan bawah laut yang berwarna-warni secara lebih detail wisatawan bisa melakukan snorkling di pantai eksotis ini.

6. Goa Batu di Bukit Rodja

Tidak hanya bermain air di Pantai Koka, wisatawan juga bisa melakukan petualangan di dalam gua yang ada di dalam Bukit Rodja. Nama goa batu ini adalah Lia Wio yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter. Di dalam goa pada bagian langit-langitnya ada bebatuan yang sangat cantik. Gua ini bisa dijelajah ketika air laut sedang surut.

7. Bangkar Peninggalan Tentara Jepang

Lokasi menarik selanjutnya di wilayah pantai ini adalah adanya bangkar yang ada di kaki Bukit Ndate Sare. Bangkar ini merupakan peninggalan dari Tentara Jepang pada masa Perang Dunia ke II. Bangkar memiliki kedalaman sekitar 50 meter yang di dalamnya tersimpan persenjataan dan tank.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Koka
Image Credit: Google Maps ONE GATE ID

Sesuai dengan namanya Pantai Koka berada di Kota Maumere, Flores. Pantai yang dikenal dengan keindahannya ini menjadi salah satu destinasi wisata alam pantai di Nusa Tenggara Timur. Pada akhir pekan banyak warga lokal dari Kecamatan Paga maupun dari Kabupaten Sikka yang menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburannya.

Lokasi pantai berada kurang lebih 2 kilometer dari jalan raya Trans Flores. Bila pengujung menyusuri jalan Trans Flores arah Maumere menuju ke Ende pada kiri jalan akan menemukan plang penunjuk keberadaan Pantai Koka. Dari Maumere sendiri jarak pantai cantik ini sekitar 35 kilometer atau kurang lebih 1 jam perjalanan dengan naik kendaraan.

Untuk bisa sampai ke pantai eksotis ini pengujung harus menggunakan kendaraan pribadi karena akses transportasi umum ke lokasi belum tersedia. Jika tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa penyewaan mobil atau motor yang disediakan di Kota Maumere.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Markus Wiwit Dadigriyana Lestari

Wisatawan harus membayar dua kali biaya retribusi untuk bisa memasuki Pantai Koka. Dua biaya ini untuk harga tiket masuk dan biaya parkir. Pada gerbang bawah atau disebut juga gerbang selamat datang akan dikenakan biaya masuk Rp.5000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp.10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Setelah sampai di area pantai, wisatawan akan diminta untuk membayar biaya retribusi parkir. Besarnya biaya parkir ini Rp.5000,- untuk roda dua dan Rp.10.000,- untuk roda empat. Ada baiknya wisatawan menyiapkan budget yang lebih untuk bisa berkunjung ke kawasan pantai sebagai budget jaga-jaga.

Biaya tiket masuk yang dikeluarkan masih terjangkau untuk lokasi tempat wisata yang super keren ini. Pihak pengelola terus mengupayakan untuk memberikan kemudahan akses dan pembenahan fasilitas supaya pengujung makin nyaman berada di tempat ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Koka

Aktivitas Seru Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Muhammad ary Arafat

1. Bermain Air Berenang di Pantai

Pada musim liburan banyak warga lokal maupun wisatawan yang memanfaatkan Pantai Koka untuk berlibur bersama keluarga. Di pantai ini anak-anak dan dewasa bisa mandi dengan air laut.

Bermain air sepuasnya tanpa perlu takut akan terbawa ombak karena pantai memiliki ombak di tepian yang tidak terlalu tinggi, untuk anak-anak tetap harus dengan pengawasan orangtua.

2. Menikmati Panorama Pantai Koka

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya dengan bersantai kegiatan duduk diam di tepian pantai sembari menikmati panorama yang ada bisa jadi hal yang mengasyikan. Telah disediakan banyak tempat duduk gratis di tenda-tenda warung. Duduk santai ditemani hangatnya kopi, nikmatnya jagung bakar bisa jadi pilihan.

3. Berselfie Ria

Kegiatan berlibur merupakan peristiwa yang tidak bisa terjadi setiap saat, apalagi untuk bisa mengunjungi pantai yang eksotis ini. Abadikan semua momen selama liburan dipantai dengan foto dan berselfie ria. Jangan biarkan momen berharga terlewat begitu saja. Latar belakang pemandangan pantai yang indah bisa jadi background foto yang cantik.

4. Mendaki Bukit

Suka dengan kegiatan petualangan, mendatangi Pantai Koka pengunjung bisa sekalian untuk merasakan sensasi naik bukit. Ada dua bukit di kanan dan kiri pantai yang bisa pengujung pilih. Bukit Rodja yang menawarkan keindahan alam dan Bukit Ndate Sare yang menawarkan misteri perjalanan sejarah.

5. Berpetualang di Gua

Dua bukit yang mengapit area pantai terdapat gua di dalamnya. Kedua gua ini belum banyak diekspos dahulu ada seorang turis berkewarganegaraan Belanda yang mencoba masuk ke dalam goa yang ada di Bukit Rodja di tahun 1992 namun hanya berhasil sampai di kedalaman 50M saja.

Aktivitas Seru di Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Dwi Sulistyo

6. Berjemur Duduk Manis di Tepian Pantai

Bedanya pantai di flores dengan pantai lain adalah intensitas cahaya mataharinya. Seperti yang kita tahu kegiatan berjemur merupakan kegiatan yang lazim dilakukan di area pantai bagi wisatawan yang menginginkan kulit stunning yang eksotis. Duduk manis berjemur di Pantai ini akan merasa punya private beach lho.

7. Olahraga Pantai

Wisatawan yang datang bersama rombongan bisa memanfaatkan berlibur ke pantai dengan cara olahraga. Ada beragam olahraga di tepian pantai yang bisa dilakukan seperti voli pantai, sepak bola pantai, lari dan lainnya. Tentunya untuk bisa melakukan olahraga di pantai ini pengujung harus membawa peralatan tersendiri.

8. Snorkeling

Melihat keindahan bawah laut menjadi kegiatan yang tidak boleh terlewat ketika mengunjungi Pantai Koka. Terumbu karang, ikan dan biota laut yang berwarna warni bisa ditemukan di dalam laut. Keindahan alam bawah laut dari pantai cantik ini masih sangat terjaga.

9. Berselancar atau Surfing

Wisatawan yang suka kegiatan memacu adrenalin ketika di pantai bisa memilih berselancar atau surfing. Ombak di tengah pantai cukup tinggi sampai 1.5 meter yang cukup kuat untuk diterjang dengan papan selancar tentunya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Koka
Image Credit: Google Maps Usep Usman N

Sejumlah fasilitas yang disediakan seperti area lahan parkir, sejumlah gazebo sederhana, warung makan di pinggir pantai, dan juga homestay pun ada disini. Untuk fasilitas toilet bisa menggunakan fasilitas yang disediakan di area warung warga.

Pantai Koka juga menyediakan fasilitas homestay untuk wisatawan yang ingin menginap di area pantai. Biasanya yang memanfaatkan homestay warga ini adalah wisatawan asing yang ingin berlama-lama tinggal di dekat pantai.

Meskipun warung makan yang tersedia belum memadai layaknya restoran namun pengujung sudah bisa menikmati makanan dan minuman segar dari tempat ini. Ada kelapa muda yang buahnya langsung dipetik dari pohon dan minuman ringan.

Pesona pantai tersembunyi dari Maumere Flores memang tepat diberikan untuk Pantai Koka ini. Keindahan alam serta keasrian yang masih terjaga akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi terpikat.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending