Pantai Kukup Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Kukup Gunung Kidul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Kukup salah satu pantai unik di Gunung Kidul. Disebut sebagai Tanah Lotnya Jogja, pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan memiliki jembatan penghubung ke pulau karang.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 05:00 WIB – 21:00 WIB, Alamat: Jl. Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Baron, tepatnya di sebelah timurnya. Panorama yang disuguhkan tidak kalah indahnya dengan pantai sebelahnya. Garis pantainya tidak begitu panjang karena terhimpit bebatuan karang di sebelah kanan dan kiri. Pepohonan hijau yang mengelilingi pantai membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.

Karakteristik yang dimiliki berbeda dengan pantai sebelahnya, yang mana pantai sebelahnya berpasir hitam, sedangkan pantai ini berpasir putih. Pantai tersebut adalah salah satu dari deretan pantai cantik yang jaraknya dari satu pantai ke pantai lainnya tidak terlalu jauh. Sehingga ketika berkunjung kesana, Anda tidak hanya mengunjungi satu pantai saja, namun juga bisa ke pantai-pantai lainnya.

Gunung Kidul memang tiada duanya perihal pantainya. Maka tidak mengherankan jika kawasan ini dianggap sebagai surga wisata pantai yang menawan. Jarak antara satu pantai ke pantai lainnya berdekatan, tidak seperti Bali yang berjauhan. Anda pun bisa menyambangi pantai lainnya di sekitar Pantai Kukup ini hanya dengan berjalan kaki.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kukup

Daya Tarik Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (I. Widiyatmoko)

Sebagai salah satu surga wisata pantai pasir putih, pantai tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Meskipun Gunung Kidul mempunyai sederetan pantai eksotik yang dapat Anda kunjungi, namun pantai satu ini mempunyai keunikan yang membuat para wisatawan betah berlama-lama berada disana.

1. Disebut sebagai Tanah Lotnya Jogja

Keunikan yang dimiliki Pantai Kukup mirip dengan Tanah Lot yang berada di Bali karena adanya gardu pandang yang terdapat di pulau karang dan dihubungkan dengan jembatan. Gardu pandang tersebut menjadi ciri khas tersendiri karena tidak semua pantai yang berada di Yogyakarta mempunyai gardu pandang seperti yang ada di pantai satu ini.

2. Mempunyai Kolam Renang dan Akuarium Laut Alami

Keunikan tersebut membuat panorama pantai menjadi semakin menarik. Di pantai tersebut terdapat kolam renang dan akuarium laut alami yang terbentuk secara tidak sengaja. Akuarium laut alami terbentuk di antara bebatuan karang yang terdapat di pinggir pantai. Akuarium tersebut berisikan berbagai macam biota laut seperti belut laut, ikan hias, hingga kerang laut.

3. Kental dengan Budaya Jawa

Pantai ini masih sangat kental dengan budaya Jawa yang mana setiap bulan Muharram atau Suro pasti selalu diadakan upacara sedekah laut di pantai tersebut. Upacara sedekah laut digelar setiap tahun. Upacara tersebut biasanya diadakan tidak hanya di pantai ini saja, namun beberapa pantai lainnya di Yogyakarta juga mengadakannya.

Upacara sedekah laut merupakan ritual warga setempat sebagai kepercayaan adat dengan menyerahkan beragam sesajen yang kemudian dilarung ke lautan lepas. Tujuan ritual upacara sedekah laut tersebut bertujuan sebagai bentuk ungkapan atas rasa syukur mengenai rezeki dan hasil laut yang telah diterima oleh warga setempat selama setahun kepada Tuhan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kukup

Alamat & Lokasi Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Sela nuryanti)

Pantai yang mirip dengan Tanah Lot Bali ini berlokasi di Desa Kemadang. Diukur dari pusat Kota Yogyakarta, pantai tersebut berjarak sekitar 62 km. Akses menuju ke lokasi mudah sekali ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, bus besar atau minibus untuk rombongan, maupun menggunakan transportasi umum.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Pantai Kukup adalah sekitar 1,5-2 jam. Namun khusus untuk transportasi umum tidak bisa mengantarkan Anda sampai ke titik lokasi karena lokasinya tidak dilalui oleh transportasi umum. Sehingga lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa bus besar atau minibus saja jika ingin datang rombongan.

Ada dua rute alternatif yang bisa Anda lalui untuk menuju ke pantai yang berada di Kecamatan Tanjungsari ini. Anda bisa mempertimbangkan jauh dekat rute dan kenyamanan dalam perjalanan yang akan Anda tempuh. Perhatikan juga kendaraan apa yang akan Anda gunakan untuk menuju ke lokasi supaya tidak ada hambatan sepanjang perjalanan.

Rute alternatif yang pertama adalah berangkat dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa ambil jalan melalui ringroad selatan dan timur. Ikutilah jalan yang mengarahkan Anda ke Kota Wonosari. Setelah sampai di perempatan kedua yang terletak setelah terminal Giwangan, beloklah ke kiri. Kemudian ikutilah jalan hingga Anda masuk ke dalam wilayah Kota Wonosari.

Setelah itu, sepanjang perjalanan Anda akan menemui jalan bercabang dua arah yang mengarah ke Pantai Ngoaran dan Pantai Baron. Anda bisa memilih jalan ke arah kiri menuju ke Pantai Baron. Sesampainya di wilayah Pantai Baron, Anda akan menemui pos retribusi. Setelah dari pos retribusi Anda akan menemui pertigaan kemudian ambil jalan ke kiri menuju ke pantai tujuan.

Rute alternatif kedua yaitu melalui Jalan Jogja-Solo. Ikutilah jalan hingga menemui Candi Prambanan. Kemudian, dari pertigaan setelah Candi Prambanan beloklah ke arah kanan lalu ikutilah jalan hingga sampai di wilayah Kota Wonosari. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pantai tujuan dengan mengikuti arahan seperti rute alternatif pertama.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Muhammad Hendra Firmadi)

Pantai tersebut dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam. Bagi Anda yang ingin refreshing dan menghilangkan kejenuhan serta kepenatan pikiran, Anda bisa memanfaatkan hari kerja yang pasti suasananya lebih sepi dan tenang dibandingkan dengan mengunjunginya saat weekend atau hari libur. Hal tersebut juga menghindari kemacetan jalanan dan membludaknya pengunjung.

Sebelum menuju ke pantai tujuan, Anda akan menemui pos retribusi dan diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang yang bisa Anda gunakan untuk memasuki pantai tujuan Anda sekaligus beberapa pantai yang berada di satu kawasan yang sama. Pantai lainnya yang bisa Anda sambangi antara lain Pantai Sundak, Baron, Krakal, Drini, Sepanjang, Pok Tunggal, dan lain-lain.

Anda tidak perlu khawatir dengan area parkir di pantai tujuan Anda karena area parkirnya sangat luas. Untuk biaya parkir kendaraan pribadi roda dua adalah Rp 2.000, sedangkan kendaraan pribadi roda empat adalah Rp 5.000. Jika Anda datang bersama rombongan kurang lebih 30 orang menggunakan mini bus atau bus besar, biaya parkirnya adalah Rp 20.000 per bus.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kukup

Aktivitas Menarik di Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Aya Nurlia)

1. Melihat Pemandangan Lautan dari Gardu Pandang

Di gardu pandang yang merupakan ciri khas pantai ini terdapat gazebo kecil yang dapat Anda gunakan untuk melihat pemandangan lautan biru dari atas. Anda diharuskan mendaki beberapa anak tangga dan menyeberang jembatan untuk menuju ke gardu pandang. Jembatan tersebut sedikit licin sehingga Anda harus berhati-hati ketika melewatinya.

Gardu pandang tersebut dibangun di atas bukit karang yang dinamakan Pulau Jumino. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan fenomena alam seperti deburan ombak besar menghantam bebatuan karang yang berada di bawah jembatan. Anda disarankan untuk mengunjungi gardu pandang tersebut saat pagi maupun sore hari ketika matahari tidak sedang terik-teriknya.

2. Duduk Bersantai di Tepi Pantai

Di pinggir Pantai Kukup tersedia beberapa tempat bersantai berupa alas tikar dengan penutup berupa payung berwarna-warni. Anda bisa menggunakannya dengan membayar biaya sewa kepada penyewanya. Sambil bersantai, Anda juga bisa beristirahat dengan memesan es kelapa muda yang sangat menyegarkan.

3. Bermain Air di Pinggir Pantai

Ombak di pantai ini tergolong besar namun masih jinak sehingga sangat aman jika Anda ingin bermain air di pinggir pantai bersama keluarga. Namun, Anda harus tetap mengawasi anak-anak Anda supaya tidak bermain terlalu jauh supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan keamanan anak Anda dengan tetap mengawasinya.

Aktivitas di Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Kusmanto Surya)

4. Berbelanja Oleh-Oleh

Karena pantai satu ini sudah sangat populer di kalangan para wisatawan, maka Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena di sepanjang jalan menuju ke pantai terdapat banyak sekali toko-toko yang menjual souvenir berupa pernak-pernik khas pantai tersebut.

Ada pula pedagang yang menjual ikan hias maupun terumbu karang dengan harga terjangkau. Makanan khas laut seperti cumi goreng, kepiting, kerang, ikan goreng hingga cemilan seperti belut goreng juga tersedia disana. Sehingga setelah puas melakukan berbagai kegiatan di pantai, Anda bisa membawa pulang oleh-oleh sesuai keinginan Anda.

5. Menikmati Sajian Kuliner Khas Laut

Jika merasa lapar, Anda bisa mampir mengisi kekosongan perut di warung-warung yang berada di kawasan pantai. Ada banyak sekali sajian menu kuliner khas laut yang bisa Anda coba, tentunya dengan harga yang terjangkau. Sajian menu kuliner seperti ikan bakar, olahan masakan kepiting, udang, cumi, dan lain sebagainya bisa Anda coba.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kukup

Penginapan Sekitar Pantai Kukup
Image Credit: Traveloka.com

1. Inessya Resort

Resort satu ini menyuguhkan panorama keindahan laut lepas dari atas tebing pantai. Dari resort ini Anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan pantai tujuan Anda saja, namun juga bisa menyaksikan keindahan pantai lainnya seperti pantai Baron dan lainnya. Fasilitas resort nya pun terbilang lengkap sehingga sangat direkomendasikan untuk tempat menginap.

2. Penginapan Kukup Indah

Penginapan ini didominasi dengan warna cerah merah muda di semua dinding bangunan. Fasilitasnya cukup lengkap seperti ruang tamu, AC, TV, dan lain sebagainya. Jumlah kamar yang ada di penginapan ini adalah 30 kamar yang memiliki fasilitas berbeda-beda tergantung dengan harga menginap per malamnya.

3. Kukup Beach Nature Inn

Penginapan ini berada di kawasan pantai tujuan Anda. Dengan harga sewa kamar per malam yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti kipas angin, TV, hingga area parkir kendaraan. Total kamar di penginapan ini berjumlah 17 kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kukup Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Kukup Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Agung Nugroho Putro)

Pantai populer di Gunung Kidul ini mempunyai beragam fasilitas yang bisa Anda manfaatkan seperti area parkir luas, mushola, deretan toko yang menjual beraneka macam oleh-oleh, warung makan, kamar mandi, toilet, hingga penginapan yang dapat Anda sesuaikan dengan budget. Terdapat juga tempat bersantai di pinggir pantai yang bisa Anda sewa untuk beristirahat.

Dengan ciri khas yang menarik serta beragam fasilitas yang memadai, menjadikan Pantai Kukup banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Anda pasti akan betah berkunjung kesana karena panoramanya yang begitu indah bahkan ombaknya masih terbilang jinak sehingga Anda bisa sepuasnya bermain air di pinggir pantai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending