Pantai Malalayang, Spot Bersantai Menikmati Sunset Sembari Kulineran di Manado

Pantai Malalayang, Spot Bersantai Menikmati Sunset Sembari Kulineran di Manado
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Pantai merupakan salah satu tempat wisata paling populer yang hampir ada di seluruh pelosok Indonesia. Salah satu pantai cantik yang bisa anda kunjungi di Pulau Sulawesi adalah Pantai Malalayang di Kota Manado. Pantai populer ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya karena sepanjang bibir pantainya hanya terdapat sedikit pasir saja.

Hal tersebut dikarenakan bibir pantai nan indah ini memiliki banyak sekali bebatuan hitam mulai dari yang kecil hingga besar. Dengan adanya bebatuan tersebut malah membuat Malalayang memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan, dimana wisatawan yang datang sering menggunakan bebatuan hitam tersebut sebagai spot berfoto.

Maka dari itu, tidak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang jarang melakukan kegiatan bermain air di bibir pantai, mereka lebih suka menikmati suasana pantai. Tetapi bukan berarti Pantai Malalayang ini tidak cocok untuk berenang, nyatanya alam bawah lautnya sangat indah dan sering digunakan oleh pecinta diving untuk menyelam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Malalayang

Daya Tarik Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps Paul Tanudjaja

1. Bebatuan Hitam di Bibir Pantai

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Malalayang adalah bebatuan hitam yang menutupi hampir seluruh bibir pantainya. Hal tersebut membuat anda hampir tidak bisa menemukan pasir di sepanjang pantai asal Kota Manado ini. Ahli-ahli membuat pantai ini sepi, justru bebatuan tersebutlah yang menjadikan pantai cantik ini spesial.

Pasalnya bebatuan hitam tersebut bisa digunakan sebagai tempat untuk berfoto. Apalagi ketika anda mengambil foto dengan latar belakang laut yang biru dan jernih maka foto tersebut akan terlihat sangat cantik. Tidak heran jika pihak pengelola kemudian selalu menjaga agar bebatuan yang ada di pantai populer ini selalu terhindar dari sampah.

2. Pemandangan Bawah Laut

Memang tidak banyak wisatawan yang akan bermain air di pinggir pantai asal Kecamatan Malalayang ini. Tetapi jika melakukan aktivitas diving atau penyelaman maka akan ada banyak wisatawan yang mau melakukannya. Hal tersebut dikarenakan arus air laut yang tenang dan dasar laut yang rata membuat tempat ini cocok dijadikan spot diving.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps edward ferry Sitorus

3. Pemandangan Sunset

Sunset atau momen saat Matahari terbenam merupakan salah satu keindahan alam yang akan selalu membuat siapa saja terpana. Pernahkah anda merasakan bagaimana rasanya menikmati sunset dipinggir pantai sambil duduk di atas bebatuan hitam? Hal tersebut bisa anda rasakan di Pantai Malalayang ini.

4. Wisata Kuliner

Memang salah satu destinasi wisata Kota Manado ini bukan merupakan tempat wisata yang mengutamakan makanan sebagai daya tariknya. Namun di pantai nan indah ini anda bisa mencicipi beberapa makanan khas asal Provinsi Sulawesi Utara yang dijual di warung-warung sekitaran pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps ismed saputra

Pantai cantik ini berada di Kecamatan Malalayang, Desa Malalayang Dua, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk rute dari Kota manado ke Pantai Malalayang bisa ditempuh selama 16 menit menggunakan kendaraan pribadi sejauh 8 km dimulai dari Kawasan Megamas di Jl. Laksda John Lie menuju perempatan Jl. Novena lalu belok kanan.

Tidak jauh dari Jl. Novena anda akan menemukan pertigaan Jl. Piere Tendean, disini anda harus belok kiri lalu lurus terus sampai menemukan perempatan Jl. Sam Ratulangi III kemudian belok kanan. Dari jalan tersebut terus lurus sampai mentok dan belok kanan menuju Jl. Sam Ratulangi lalu ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Tugu Pikat.

Dari pertigaan Tugu Pikat anda harus belok kanan menuju Jl. Ahmad Yani dan ikuti jalan ini sampai memasuki pertigaan Jl. Bethesda lalu belok kanan. Ikuti Jl. Bethesda sampai memasuki Jl. Wolter Monginsidi dan ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan kawasan pantai ini yang berada di sebelah kiri jalan.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Malalayang adalah sebesar Rp 5.000 per orangnya. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi), dimana harga parkir kendaraan di pantai hits ini sekitar Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per kendaraan sesuai dengan jenisnya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Malalayang

Aktivitas Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps subhan sabu

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di pantai indah ini adalah menikmati pemandangannya yang cantik. Terdapat bebatuan hitam yang sangat banyak di bibir pantai kemudian di bagian belakangnya anda bisa melihat indahnya lautan biru serta banyak kapal dan perahu yang lewat membuat pantai ini digemari banyak orang.

Tidak hanya itu dari kejauhan anda juga bisa melihat sebuah pulau kecil berwarna hijau dengan gunung tepat berada di tengah-tengahnya. Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, pantai hits ini juga memiliki hawa udara yang sangat nyaman dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

2. Menyaksikan Indahnya Sunset

Selain melihat keindahan pemandangan Pantai Malalayang, wisatawan juga bisa melihat keindahan sunset di sore hari. Dimana dari kejauhan anda bisa melihat bagaimana momen terbenamnya Matahari di ufuk barat yang kemudian mengubah warna langit dari biru menjadi kuning kemerah-merahan lalu perlahan menjadi gelap.

Momen tersebut sangatlah indah dan sangat cocok jika dinikmati bersama orang terdekat terlebih pasangan. Hal ini membuat kebanyakan orang yang datang ke pantai cantik ini selalu membawa pasangan mereka agar bisa lebih romantis ketika menyaksikan sunset di sore hari.

3. Diving

Kegiatan menarik selanjutnya yang wajib anda lakukan di pantai hits ini adalah diving atau menyelam. Pasalnya wisata pantai ini memiliki arus air yang tenang dan dasar laut yang rata membuatnya cocok dijadikan sebagai spot penyelaman. Belum lagi di dasar laut tersebut anda bisa menemukan banyak sekali biota laut seperti terumbu karang dan ikan.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang sengaja datang ke pantai populer asal Kota Manado ini untuk melakukan diving. Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas menyelam tersebut bisa menyewa peralatan diving di pinggir pantai, penyewaan peralatan diving ini sudah satu paket dengan perahu yang akan mengantar anda ke spot penyelaman.

Aktivitas di Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps sugeng bowo

4. Berfoto

Namanya berlibur pasti akan identik dengan kegiatan berfoto, maka akan sangat wajar jika anda akan melihat banyak orang berfoto di Pantai Malalayang. Hal ini karena pantai unik ini memiliki beberapa spot foto bagus seperti bebatuan hitam yang ada sepanjang bibir pantai hingga foto dengan latar belakang pulau kecil di tengah laut.

Tidak hanya itu anda juga bisa berfoto ke arah daratan dengan background gazebo dan warung makan. Terdengar biasa saja tetapi cobalah anda mengambil gambar dengan angel tersebut, dijamin anda tidak akan menyesal.

5. Bermain Air

Meskipun jarang ada orang yang melakukan aktivitas bermain air di bibir pantai cantik ini bukan berarti anda dilarang untuk bermain air. Wisatawan yang datang ke pantai populer ini tetap bisa bermain air sepuasnya, apalagi arus air disini tergolong kecil jadi akan aman. Bagi anda yang bermain air bersama anak sebaiknya selalu perhatikan anak anda tersebut.

6. Wisata Kuliner

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di Pantai Malalayang adalah mencicipi masakan khas Kota Manado dan sekitarnya. Memang wisata kuliner bukan merupakan kegiatan utama yang bisa dilakukan di objek wisata pantai ini, namun berkat adanya warung makan di tepi pantai membuat wisatawan bisa sekaligus melakukan wisata kuliner.

Tidak hanya masakan umum saja yang bisa anda temui di warung makan tersebut, namun makanan khas seperti sambal dabu-dabu juga bisa anda coba. Menikmati makanan khas Kota Manado sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik akan menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi siapa saja yang mencobanya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Malalayang
Image Credit: Google Maps Paul Tanudjaja

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas paling pertama yang akan anda temui ketika menginjakan kaki di Pantai Malalayang adalah tempat parkir kendaraan. Lahan parkir kendaraan di pantai indah ini tidak terlalu besar, namun itu cukup untuk menampung segala jenis kendaraan yang dibawa oleh wisatawan ketika berlibur.

2. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Beralih ke fasilitas berikutnya yaitu kamar mandi dan toilet umum yang dibagi menjadi pria dan wanita. Untuk wisatawan yang mau bermain air atau melakukan diving bisa mengganti pakaian dan mandi di kamar mandi ini. Ada juga toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk membuang air besar atau kecil.

3. Warung Makan

Fasilitas terakhir yang akan anda temui di pantai cantik asal Kota Manado ini adalah warung makan. Terdapat banyak sekali warung makan yang tersebar di tepi pantai, warung-warung tersebut menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Bahkan ada beberapa diantaranya yang menjual oleh-oleh bagi wisatawan.

Demikian review singkat mengenai Pantai Malalayang yang berada di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini disarankan untuk datang di sore hari, karena sore hari merupakan waktu yang paling bagus untuk menikmati suasana pantai cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending