Pantai Minang Rua Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Minang Rua Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Minang Rua salah satu pantai pasir putih yang memukau di Lampung Selatan dengan keindahan alamnya. Wisata pantai yang juga menyuguhkan air terjun unik, goa kecil eksotis dan kawasan konservasi penyu.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kelawi, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Minang Rua digadang-gadang menyembunyikan pesona paket komplet. Pasalnya, aneka spot cantik terbentuk secara alami di sekitar sini. Mulai dari laguna hingga air terjun. Terletak di Desa Kelawi, tak pelak membuatnya jadi salah satu primadona di Lampung Selatan. Wisatawan dari berbagai penjuru silih berganti melakukan eksplorasi.

Ketenarannya memang tak perlu diragukan lagi. Aneka upaya promosi terus dilakukan via media sosial, baik oleh pengunjung maupun pihak pengelola. Apalagi, biaya yang diperlukan untuk menikmati segala keindahan di sini termasuk murah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Minang Rua

Daya Tarik Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Selegram Id)

1. Laut Berwarna Biru Eksotis

Panorama laut kian bertambah karena pancaran warna biru eksotis. Saturasinya tidak terlalu tajam, namun tidak rendah juga. Tepat sesuai porsi, cantik dipandang mata. Ketika memasuki musim kemarau, laut tersebut seolah bercampur dengan bentangan langit. Sinar cahaya memantul di atas permukaan air sehingga tampak berkilauan.

2. Tebing Kokoh Tampak Bagai Relief

Dibandingkan batu karang tajam nan curam, Pantai Minang Rua justru menawarkan kekokohan yang khas. Tekstur batu hampir bisa dikatakan mulus. Kotak-kotak berbentuk abstrak muncul di antara bebatuan. Akibatnya, dari jauh tampak bagai sekumpulan relief.

Di beberapa titik, posisi tebing lumayan landai. Wisatawan kerap memanjat demi mengeksplorasi seluruh panorama dari atas ketinggian. Tidak ada salahnya bila Anda turut berpartisipasi.

3. Air Terjun di Tepi Pantai

Agaknya, inilah alasan paling utama mengapa wisata pantai ini dijuluki destinasi paket komplet. Tidak mudah menemukan air terjun di kawasan pesisir. Namun, objek wisata ini memilikinya. Memadukan air asin dan tawar, terdapat aliran perbatasan yang berguna sebagai penghubung.

Daya Tarik dari Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Gusti Winata)

4. Memiliki Laguna

Laguna merupakan genangan air yang terbentuk akibat adanya penghalang dengan sumber laut utama. Umumnya, bisa berupa gundukan pasir, kumpulan bebatuan, dan lain-lain. Intensitas ombak dalam laguna amat tenang. Anda tidak perlu takut bermain di sini meski kurang pandai berenang. Bahkan, jika Anda datang bersama anak kecil.

5. Gua Kecil di Dekat Tebing

Seolah masih belum cukup komplet, masih ada lagi spot cantik berupa gua di sekitar Pantai Minang Rua. Ukurannya tidak terlalu luas, namun bisa dimasuki orang dewasa. Gua tersebut berada di dasar tebing, menembus bebatuan kokoh. Sedikit menyeramkan untuk dijelajahi, tetapi mampu memicu rasa penasaran.

6. Kawasan Konservasi Penyu

Sekelompok penyu biasanya naik ke pesisir ketika musim bertelur. Calon bayi penyu ditempatkan di dalam kubangan pasir. Masyarakat setempat tergerak untuk membantu proses pembuahan. Akhirnya, dibangunlah kawasan konservasi.

Kelak, penyu yang telah lahir akan dilepaskan kembali ke lautan dalam jangka waktu tertentu. Pastinya, usai semua telur menetas dan dianggap dewasa untuk hidup di perairan bebas.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Minang Rua

Alamat Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Mas Gon)

Terpaut sejauh 90 kilometer dengan pusat Kota Bandar Lampung, butuh waktu setidaknya 1,5 jam untuk tiba di sini. Berada di wilayah administrasi Kabupaten Lampung Selatan, Kecamatan Bakauheni. Akses jalanan cukup bagus sehingga mendukung mobilisasi menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Berangkat dari Bandar Lampung, lewati jalur Jalan Soekarno Hatta menuju Kota Kalianda. Terus bergerak mengikuti arus Jalan Lintas hingga Sumatra Bakauheni. Tidak perlu khawatir, telah tersedia petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Minang Rua. Di samping itu, Anda perlu senantiasa memerhatikan panduan Google Map.

Harga tiket per orang pada hari biasa dipatok sebesar Rp 5.000 dan belum termasuk parkir. Pengunjung yang membawa motor akan dikenai sewa parkir Rp 5.000, sedangkan mobil Rp 10.000. Menariknya, biaya masuk digratiskan saat bertepatan dengan hari raya. Hanya saja, Anda harus tetap membayar parkiran.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Minang Rua

Aktivitas di Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Heri Junna)

1. Menjelajahi Seluruh Spot Hingga Membuat Video Dokumenter

Manfaatkan semua kesempatan yang Anda miliki begitu sampai di Pantai Minang Rua. Jangan lewatkan berbagai spot menarik yang tersebar hampir di seluruh kawasan. Siapkan peralatan fotografi yang memadai demi menyempurnakan momen.

Anda bisa memulai eksplorasi dari spot yang paling dekat dengan pintu kedatangan. Rekam setiap jejak langkah Anda sebagai bukti pernah menginjakkan kaki di sini. Jika termasuk golongan orang kreatif, Anda bahkan bisa mencoba membuat video dokumenter.

Tidak berhenti sampai di situ, alangkah baiknya hasil karya Anda digunakan untuk memperluas promosi. Mungkin saja, pamor objek wisata ini kian meningkat lewat video tersebut. Harapannya, fasilitas pariwisata akan mengalami kemajuan di masa depan. Terlepas dari itu, trafik laman media sosial Anda juga berpotensi meningkat.

2. Berjemur Hingga Relaksasi

Tidak ada salahnya untuk berjemur walau Anda lahir dan besar di negara tropis. Jangan lupa oleskan sunblock pada kulit karena hawa di daerah ini lumayan panas menyengat. Pakai kacamata hitam dan headset untuk melengkapi aktivitas Anda. Pihak pengelola telah menyediakan beranda lebar untuk diberdayakan.

Mainkan lagi-lagu santai santai untuk merelaksasi tubuh dan otak. Akan lebih bagus untuk mengajak teman dekat atau pasangan. Jangan lupa membeli es kelapa mudah apabila memungkinkan. Manfaatkan waktu berlibur Anda sebaik-baiknya.

Aktivitas di Pantai Minang
Image Credit: Google Maps (Agus Sofyan)

3. Panjat Tebing Hingga Meluncur ke Dalam Air

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tebing di sini termasuk landai. Ramai wisatawan berusaha memanjat hingga ke atas. Sejumlah akar pepohonan menjuntai begitu saja, yang mana kerap difungsikan sebagai pegangan. Pastikan Anda tetap berhati-hati demi menghindari kejadian tak diinginkan.

Di samping itu, ada sebuah spot yang dilabeli grand canyon. Airnya hijau bagai batu permata zamrud, mengisi celah-celah tebing. Kedalamannya memungkinkan wisatawan untuk meluncur bebas. Jika Anda termasuk kelompok yang menyukai uji adrenalin, patut kiranya mengikuti jejak orang-orang terdahulu.

4. Bermain Voli atau Sepak Bola

Pantai Minang Rua memiliki garis tepi yang panjang dan hamparan pasir lumayan luas. Siapkan peralatan sendiri karena pihak pengelola belum menyediakan fasilitas olahraga. Sebaiknya, Anda membuat kesepakatan bersama rombongan sejak awal. Jangan sampai begitu tiba di lokasi tujuan, teman-teman Anda justru menolak.

Dalam rangka menambah semangat dan antusiasme, tetapkan sejumlah aturan dan sanksi bagi pihak yang melanggar atau kalah. Permainan cenderung berjalan membosankan jika tidak ada tantangan. Terlepas dari alasan tersebut, tentu Anda sekalian patut beradaptasi dengan arena.

Contohnya saja, hukuman paling standar serupa pihak yang kala mentraktir pemenang. Sementara itu, aturannya mencakup berbagai hal yang lahir dari keputusan bersama. Namun, harus Anda perhatikan, jangan sampai keceriaan tersebut mengusik kenyamanan pengunjung lain.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan tim, tidak ada salahnya mengajak orang asing secara random. Intinya, game dapat terwujud dengan baik walau di tengah keterbatasan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Minang Rua

Penginapan Murah Pantai Minang Rua
Image Credit: Agoda.com

1. Kedas Homestay & Resort

Menawarkan pesona arsitektur bergaya Bali, penginapan ini terbilang cukup unik. Di sisi kiri dan kanan gerbang terdapat patung selamat datang khas Pulau Dewata. Beberapa pepohonan juga berdiri kokoh mengisi halaman depan.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa sarapan, AC, WiFi, kamar tidur dengan kasur single. Sewa per malam berkisar Rp 500.000 – Rp 700.000. Harga tersebut menyesuaikan hari kedatangan Anda. Lokasinya persis di dalam kawasan Pantai Minang Rua.

2. Hotel Kahai Beach

Bentuk bangunannya sangat estetis, terlihat seperti rumah adat Minangkabau. Fasilitas yang tersedia berupa WiFi gratis, televisi, AC, kasur berukuran queen, seperangkat meja, dilengkapi shower dan bathtub. Tarif per malam mencapai nominal Rp 300.000- Rp 400.000 di Agoda.

Hotel ini menyimpan pemandangan menakjubkan. Panorama pepohonan, bebatuan, juga lautan. Anda dapat mendengar sayup-sayup suara deburan ombak. Ada sejumlah kolam renang di bagian belakang. Setidaknya butuh waktu 30 menit untuk tiba di kawasan pantai ini. Lokasinya terpaut sejauh 13 kilometer.

3. Wartawan De Mansion

Penginapan satu ini bisa dibilang sangat sederhana. Direkomendasikan bagi wisatawan dengan budget pas-pasan. Masih cukup worth it untuk sekadar tempat persinggahan sementara. Namun, kurang cocok bila ingin berlama-lama. Lokasinya persis di depan Pantai Wartawan.

Terpaut sekitar 17 kilometer dari Pantai Minang Rua atau setara dengan 45 menit perjalanan. Anda hanya perlu membayar Rp 150.000-an untuk menginap satu malam. Harga yang sepadan atas fasilitas terbatas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Minang Rua Lampung

Fasilitas Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Bambang Bahwono)

Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap. Beberapa ruas jalan menuju pantai diberi paving block. Penunjang kebutuhan dasar seperti toilet, warung makan, musala, ruang ganti, dan sebagainya telah disediakan.

Ada pula fasilitas pelengkap berupa gazebo, beranda berbahan dasar kayu, hingga kursi santai. Menariknya, keberadaan aneka fasilitas tersebut ditata sedemikian rupa. Anda tidak akan menemukan bangunan yang berdiri di atas hamparan pasir. Tentu, akan semakin membuat para wisatawan betah bermain seharian.

Ketika Anda menyambangi Pantai Minang Rua, Lampung Selatan pastikan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Mari akhiri tindakan membuang sampah seenaknya. Sangat disayangkan karena destinasi seindah ini ternodai akibat ulah segelintir manusia.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending