Pantai Ngrawah, Pesona Pantai Pasir Putih & Tebing Karang Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngrawah, Pesona Pantai Pasir Putih & Tebing Karang Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngrawah merupakan destinasi wisata yang baru muncul di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Keberadaan pantai ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, bahkan di hari libur pun sedikit pengunjung yang datang. Oleh sebab itu, tak heran jika pantai berpasir putih ini mendapat julukan sebagai pantai yang masih perawan.

Pantai nan cantik ini diapit oleh dua pantai lainnya yakni Pantai Midodaren dan Pantai Ngrenehan, masing-masing memberikan daya tarik tersendiri. Suasana di pantai yang masih tersembunyi ini sangatlah sepi. Jauh dari hiruk pikuk keramaian aktivitas manusia. Jadi, sangatlah cocok dijadikan tujuan wisata untuk menemukan suasana yang tenang.

Untuk menikmati keindahan di Pantai Ngrawah, wisatawan harus berjuang menaklukan medan yang terjal dan naik turun. Wisatawan harus melewati perbukitan serta persawahan milik warga. Yang bisa ditempuh kurang lebih selama 20 sampai 30 menit berkendara.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawah

Daya Tarik Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Amelia Sari

1. Rute Perjalanan yang Mainstrem

Menuju pantai yang masih belum terjamah ini memang membutuhkan tenaga yang ekstra. Selain dari pusat Kota Jogja yang masih memerlukan waktu 2 jam perjalanan, medan menuju pantai juga terasa sangat ekstrem.

Setelah memarkirkan kendaraan ke Pantai Ngrenahan, wisatawan baru bisa melanjutkan perjalanan menuju Ngrawah dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit. Anda harus melewati area perkebunan milik warga yang cukup menguras tenaga.

2. Hamparan Pasir Putih yang Lembut

Sesampainya di lokasi Pantai Ngrawah, Anda akan langsung disambut oleh hamparan pasir putih nan lembut yang siap menggelitik telapak kaki. Area pasir putih yang berada di pinggir pantai memang tidak begitu luas sehingga Anda bisa menikmatinya dari ujung ke ujung.

3. Jauh dari Keramaian

Salah satu daya tarik pantai yang sedang hits ini adalah memiliki suasana yang masih sunyi, jauh dari keramaian. Jika Anda berkunjung di hari kerja kemungkinan tidak akan menemukan pengunjung satupun. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin mencari suasana pantai yang tenang maka sangat disarankan untuk berkunjung ke pantai ini.

4. Tebing Karang yang Menawan

Di pinggir pantai terlihat pemandangan batuan karang yang rapih. Selain itu, juga terdapat tebing karang yang kokoh dihiasi oleh tanaman pandan laut. Spot ini sering dijadikan sebagai titik foto yang keren di Pantai Ngrawah.

Daya Tarik di Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Gendhis 87

5. Dekat dengan Pantai di Sekitarnya

Jika Anda berkunjung ke pantai yang sedang kekinian ini, Anda bisa sekaligus mengunjungi pantai yang lokasinya berada satu garis. Seperti menikmati keindahan Pantai Ngrenahan dan Widodaren. Bahkan wisatawan cukup membayar satu kali tiket masuk untuk menikmati deretan pantai nan indah ini.

6. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Sebelum memasuki bibir Pantai Ngrawah, wisatawan sudah dapat merasakan nuansa pantai yang menyegarkan. Mulai dari angin pantai yang bertiup sepi-sepoi, suara deburan ombak, hingga pasir-pasir yang mulai menempel di telapak kaki.

Sesampainya di bibir pantai, Anda akan langsung disambut pemandangan pantai yang mempesona. Barisan batu karang, pasir putih yang lembut, tanaman pandan laut, dan jernihnya air yang berwarna kebiruan. Rasa lelah selama perjalanan pun hilang seketika.

7. Biaya Retribusi Murah

Harga tiket masuk ke wisata pantai dapat dikategorikan murah meriah. Wisatawan hanya cukup membayar satu kali, tetapi bisa menikmati keindahan tiga pantai sekaligus. Bahkan tidak ada perbedaan harga untuk weekend dan weekday.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps rikza afa aditya

Pantai Ngrawah terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih detailnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Sapto Sari, Desa Kanigoro. Lokasinya memang tersembunyi karena berada di balik perkebunan dan persawahan milik warga.

Untuk menuju lokasi pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan ini, pengunjung harus menyiapkan fisik yang kuat. Medannya cukup terjal. Bahkan kondisi jalannya juga naik turun. Sehingga perlu menyiapkan stamina yang kuat serta kendaraan yang masih memiliki kualitas mesin yang bagus.

Adapun rute yang ditempuh menuju pantai yang satu ini jika Anda memulainya dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih menempuh jarak 60 kilometer atau 2 jam perjalanan. Adapun rute efektif sebelum menuju ke Ngrawah, terlebih Anda harus melalui Pantai Ngrenahan. Memarkirkan kendaraan di Pantai Ngrenahan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Dari Yogtakarta mengambil arah ke Jalan Wonasari hingga melewati Bukit Bintang (Patuk). Selanjutnya ambil arah ke pertigaan Gading atau lapangan terbang. Ambil arah belok ke kanan menuju Playen hingga melewati pelatihan TNI AD. Masih arah lurus menuju Pasar Trowono kemudian ke Jalan Ngobaran Ngrenahan.

Anda akan sampai ke Pantai Ngrenahan yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Ngrawah. Anda tidak perlu khawatir akan kesasar karena terdapat papan penunjuk arah. Selain itu, warga setempat juga sangat ramah sehingga Anda dapat bertanya. Jika masih ragu, ada baiknya menggunakan google maps yang akan mengarahkan ke lokasi tujuan dengan tepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps M K.R.

Wisatawan yang hendak menikmati pesona Pantai Ngrawah yang menyimpan keindahan tersembunyi ini akan dikenakan retribusi seharga Rp 10.000 per orang. Harga tiket masuk ini sudah termasuk berwisata ke deretan pantai di sekitarnya. Khususnya memasuki Pantai Ngrenehan dan Midodaren yang berada dalam satu garis.

Selain biaya tiket masuk, wisatawan juga perlu menyiapkan uang Rp 3.000 untuk membayar parkir kendaraan pribadi.

Adapun jam operasional untuk wisatawan yang berkunjung yakni setiap hari tanpa batas. Hal ini disebabkan lokasi pantai di buka dalam waktu 24 jam setiap harinya mulai Senin-Minggu.

Aktivitas Seru di Pantai Ngrawah

Aktivitas Seru Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Rown nee

1. Berjalan Menyusuri Pantai

Wilayah Pantai Ngrawah tidak terlalu luas sehingga wisatawan dapat berjalan menyusuri pantai tanpa membutuhkan waktu lama.

Aktivitas berjalan menyusuri pantai ini sangatlah mengasyikan. Anda bisa menikmati lembutnya pasir sembari merasakan hembusan angin yang sejuk. Meskipun terkesan sederhana, tetapi aktivitas ini bisa membuat pikiran kembali fresh.

2. Hunting Foto Keren

Nah, aktivitas ini juga tak kalah serunya. Bahkan setiap wisatawan yang melakukan wisata pasti salah satu tujuannya untuk mendapatkan hasil foto yang keren. Oleh karena itu, berburu pada setiap sudut pantai yang memberikan view menawan sangat dibutuhkan.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pantai akan memilih spot di tebing batu karang yang tinggi. Selain itu, background luasnya lautan biru juga menjadi titik yang tak terlewatkan untuk diabadikan.

3. Olahraga Pantai

Untuk menambah keseruan liburan di Pantai Ngrawah, Anda bisa melakukan kegiatan yang tidak membosankan seperti halnya melakukan olahraga pantai. Anda bersama kerabat bisa bermain voli pantai, sepakbola, bola tangan, lari, dan sebagainya.

Selain menambah keseruan suasana berlibur, olahraga di pantai juga bisa menghilangkan rasa jenuh. Apalagi jika suasana pantai masih tergolong sepi belum ramai dikunjungi wisatawan.

Aktivitas Seru di Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps Restoe Boemi

4. Berjemur

Cuaca di Pantai Ngrawah Gunung Kidul memang cukup panas. Cocok digunakan untuk berjemur. Meskipun kegiatan berjemur di hamparan pasir nan lembut memang kurang diminati oleh wisatawan lokal. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba sensasi ini.

Agar lebih rileks, Anda bisa berjemur sambil menikmati bekal yang dibawa. Misalnya ngemil atau minum minuman dingin. Tentu sensasinya akan lebih menyegarkan.

5. Camping di Pantai Ngrawah

Mengingat lokasi pantai nan cantik ini cukup sepi dan ombaknya juga tidak terlalu besar, maka wisatawan dapat melakukan camping di sekitar bibir pantai. Biasanya kegiatan camping ini sangat diminati oleh pecinta traveller.

Wisatawan yang ingin berkemah bisa mendirikan tendanya di bibir pantai yang tidak terlalu dekat dengan garis pantai. Hal ini disebabkan, di waktu malam biasanya air laut akan lebih tinggi atau mengalami pasang.

Anda juga bisa mengisi suasana camping menjadi lebih seru semisal membuat api unggun atau bakar-bakar ikan. Apabila Anda mengajak banyak teman untuk menikmati suasana malam di Pantai Ngrawah, maka suasananya pun akan terasa semakin seru.

Setelah melakukan bakar-bakar jangan lupa untuk memastikan bara api benar-benar mati ya. Khususnya di lokasi yang berdekatan dengan tenda. Terkadang tanpa disadari kita langsung meninggalkannya begitu saja karena rasa ngantuk yang sudah bergelayut.

6. Menikmati Pemandangan Pantai

Pesona pantai memang selalu memberikan keindahan khas tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Keindahan air laut serta hamparan pasirnya membuat wisatawan tak pernah bosan untuk menghabiskan masa liburan di pantai. Termasuk berwisata ke Pantai nan cantik ini.

Anda dapat menikmati pemandangan berupa barisan pegunungan yang hijau rapi di sisi pantai. Hamparan pasir, lautan luas yang kebiruan seolah tidak berbatas ujungnya. Deburan omak yang sesekali mendekati kaki juga membuat suasana pantai terkesan lebih eksotis.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ngrawah
Image Credit: Google Maps siwi hadiatmadja

1. Tempat Parkir

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai bisa memarkirkan kendaraannya di area yang tersedia. Meskipun area parkir khusus di pantai ini belum tersedia, tetapi wisatawan bisa memarkir kendaraannya di Pantai Ngrenah yang lokasinya tidak begitu jauh dari pantai yang satu ini.

2. Pedagang Makanan

Pada saat Anda berkunjung ke Pantai Ngrawah maka Anda akan serasa sedang berada di pulau terpencil. Suasana pantai sangatlah sepi. Tidak ada manusia yang berlalu lalang. Bahkan sejumlah fasilitas umum pun belum dibangun.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya rasa lapar maka wisatawan diharapkan membawa bekal makanan dari rumah. Boleh bekal masakan seperti nasi ataupun aneka camilan dan minuman kemasan.

Anda tidak akan menemukan warung atau restoran yang berdiri di bibir pantai. Jikalau ada itu hanya sebatas pedagang asongan yang memang menjual dagangannya secara terbatas. Itupun hanya ada di momen-momen tertentu.

3. Area Camping

Fasilitas yang bisa Anda temukan di lokasi pantai adalah area camping. Wisatawan bisa mendirikan tenda-tendanya di lokasi yang tersedia.

Namun, Anda juga harus tetap menjaga barang pribadi maupun keamanan tenda. Jika berdekatan dengan pandan laut yang memiliki duri, maka Anda harus lebih berhati-hati saat keluar masuk tenda. Khususnya di malam hari yang suasananya cukup gelap.

Itulah informasi tentang destinasi Pantai Ngrawah di Gunung Kidul. Meskipun keberadaannya masih tersembunyi, tetapi keindahan yang disuguhkan tak kalah eksotis dari deretan pantai yang sudah populer. Suasananya sangat tenang dapat memberikan rasa damai. Jika Anda penasaran, ayo segera atur jadwal untuk mencoba sensasi pantai yang cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending