Pantai Panjang Bengkulu – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Panjang Bengkulu

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Panjang salah satu pantai pasir putih terindah dan unik di Bengkulu. Dengan garis pantai sepanjang 7 km menjadikan pantai ini menarik untuk dieksplor keindahan alamnya.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu; Map: Cek Lokasi

Provinsi Bengkulu memiliki bentukan alam yang didominasi oleh pantai yang terhampar di bagian pinggir-pinggirnya. Dengan begitu, daerah tersebut dapat ditemui berbagai objek wisata bahari yang akan membuat wisatawan yang ada di sana menjadi takjub dan terpesona akan keindahan dan keeksotisannya.

Salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di sana adalah Pantai Panjang yang ada di pertengahan provinsi tersebut. Seperti namanya, objek wisata yang satu ini memang mempunyai keunikan tersendiri yakni karena bentuk dan juga luasnya. Pantai itu mempunyai area yang cukup luas dan memanjang hingga berkilo-kilo meter.

Dengan eloknya pasir putih yang menghampar, tempat wisata itu menjadi destinasi yang tidak akan mengecewakan para pengunjungnya. Lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadi alasan tersendiri mengapa ramai orang singgah ke sana. Berbagai hal juga terdapat di sana seperti halnya tumbuh-tumbuhan yang akan membuat suasana semakin nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Panjang

Daya Tarik Pantai Panjang
Image Credit: Twitter.com @beritasatu

1. Bentuk Permukaan Pantai

Objek wisata yang ada di Bengkulu tersebut memiliki bentukan alas yang ramah bagi siapapun yang berwisata ke sana. Destinasi yang sangat apik itu memiliki permukaan yang relatif lantai. Hal ini akan semakin menarik banyak wisatawan lantaran tidak berbahaya ketika menikmatinya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun dapat dengan aman menjelajahi setiap sudutnya.

Bentuk tersebut juga membuatnya selaras dengan lautan yang ada di sekeliling tempat tersebut. Ombak air laut di sana menghampiri pantai tersebut secara merata di seluruh bagiannya. Dengan begitu, turis yang berdatangan bisa bermain-main air sepuasnya. Suhunya cukup dingin tergantung dengan kondisi cuaca yang menghiasi laut lepasnya.

2. Kebersihan Pantai yang Terjaga

Walaupun sebuah tempat sangat indah menampilkan panoramanya, namun jika terlihat kotor maka akan menurunkan minat wisatawan yang hendak hadir. Itulah sebabnya pengelola Pantai Panjang yang ada di Bengkulu tersebut memperhatikan dengan baik kebersihannya. Pengunjung di sana juga dihimbau dengan ketat untuk selalu membuat sampah pada tempatnya dan tidak membuat kotor pantai.

BACA:  15 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Paling Hits

Itulah salah satu alasan mengapa ramai orang berdatangan untuk sekadar menengok pesona alamnya yang mampu menghipnotis orang-orang. Turis yang sedang berwisata tidak akan terganggu dengan sampah ataupun hal-hal lain yang membuat pantai menjadi kotor. Anda dapat berekreasi dengan nyaman tanpa karena kebersihan di sana cukup bagus.

3. Kombinasi Sempurna dengan Vegetasi yang Ada

Mengunjungi Pantai Panjang maka Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan pantai seperti pada umumnya. Dia sana tidak cuma memberikan pengalaman berada di tempat dengan pasir putih yang berpadu apik dengan laut. Namun, terdapat berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup menghiasi penampilan destinasi wisata itu.

Vegetasi yang ada menjadikan pantai tersebut nampak semakin apik dan juga menarik banyak orang untuk datang. Hijaunya tumbuhan di sekitarnya terlihat begitu cocok dengan putihnya pasir pantai dan juga jernihnya air laut. Hal ini membuatnya seolah-olah area tersebut seperti pantai-pantai impian yang ada di cerita dongeng ataupun kisah fiksi lainnya.

Situasi ini tentu sangat memikat berbagai kalangan untuk berwisata sejenak di sana. Dengan begitu, suasana yang dijanjikan lokasi itu semakin terasa asri dan menenangkan jiwa serta raga. Terlebih lagi, ketika angin laut berhembus melewati setiap incinya dapat membuat perasaan menjadi lebih nyaman nan syahdu.

Image Credit: Antarafoto.com

4. Acara Festival Tahunan

Selain karena keindahan alamnya, pantai tersebut juga menawarkan sebuah acara yang secara berkala diadakan di sana setiap tahunnya. Sebuah festival kebudayaan dibuat untuk menyemarakkan suasana di pantai cantik itu. Event itu biasanya diisi dengan bermacam kompetisi seperti fotografi, olahraga, dan lain sebagainya.

Selain itu, sebuah perhelatan yang menampilkan kebudayaan setempat juga diadakan. Panggung hiburan didirikan tepat di atas lembutnya pasir pantai untuk tempat musikus melakukan aksi mereka. Para penari lokal juga ikut serta dalam memeriahkannya. Bermacam penampilan sengaja diberikan untuk para pengunjung.

5. Bermacam Wisata yang Ditawarkan

Memutuskan untuk mengambil liburan di Pantai tersebut, maka pengunjung tidak akan kehabisan cara untuk menikmati setiap detik waktu yang dihabiskan. Tidak hanya berjalan atau berdiam diri menengok eloknya bentangan alamnya saja, tetapi Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru.

Dengan ombak yang cukup tinggi, memungkinkan wisatawan untuk melakukan selancar di lautan sekitarnya. Dapat ditemui pula penyewaan papan selancar sehingga memang destinasi ini juga wajib dikunjungi oleh mereka yang mempunyai hobi berselancar. Selain itu, luasnya pantai juga dapat dipakai untuk melakukan bermacam olahraga seperti berkuda hingga melakukan voli.

Di sana juga terdapat penyewaan sepeda sehingga wisatawan bisa menjelajahi tanpa perlu berjalan kaki. Cukup mengayuh sepeda saja untuk menelusuri seluruh pesisir pantai. Ada juga ATV yang disediakan untuk menemai wisatawan yang tertarik menjajal kendaraan tersebut di medan berpasir dan becek pada pantai.

BACA:  10 Pantai Terindah di Bengkulu yang Wajib Anda Kunjungi

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Panjang

Alamat Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Miss Queen 97)

Karena bentuknya yang panjang, pantai ini berlokasi di lebih dari satu kecamatan. Namun, kebanyakan lokasinya masih berada di Kota Bengkulu. Itulah sebabnya Pantai Panjang memang cukup strategis dan tidak sulit untuk dicapai. Terletak di tiga kecamatan yakni Teluk Segara, Ratu Agung, serta Ratu Samban objek tersebut berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Pantai itu terpaut jarak kurang dari dua kilometer dari jantung Ibukota Provinsi Bengkulu. Dengan begitu, sebenarnya bisa saja pengunjung singgah dengan berjalan kaki ataupun sekadar menggowes sepeda. Hanya perlu menelusuri jalanan Fatmawati dan dilanjutkan ke daerah Ratu Agung. Jika sudah, maka bisa mengambil rute kawasan bernama Samudera atau jalan Pariwisata untuk sampai di sana.

Terdapat taman yang harus dilalui untuk tiba tepat di lokasi yang dituju. Taman tersebut juga bisa menjadi objek wisata bonus bagi para wisatawan. Terdapat beberapa kursi yang bisa dijadikan tempat duduk sambil menikmati asrinya taman serta pemandangan laut luas serta pantai yang mendampinginya.

Harga Tiket Masuk Pantai Panjang Bengkulu

Harga Tiket Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Rohmad Priyanto)

Tidak berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di berbagai penjuru nusantara, untuk mengakses pantai tersebut pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuknya. Setiap orang bisa dengan bebas keluar masuk area wisata itu tanpa harus membayar tarif tertentu. Pantai itupun juga terbuka lebar setiap saat tanpa pernah ada jam tutup.

Tetapi, jika hendak mengendarai sepeda, ATV, ataupun kuda yang ditawarkan oleh penduduk di sekitar sana maka harus mengeluarkan biaya sewa. Ongkos menaiki delman disana cukup murah, yaitu Rp 30.000 untuk setiap unitnya yang bisa diisi oleh empat orang dewasa. Jika hendak memacu adrenalin dengan ATV, maka harus membayar Rp 50.000 dengan waktu sewa selama dua puluh menit.

Pengunjung yang ingin berjelajah dengan sepeda di Pantai Panjang harus membayar sewa sebesar Rp 20.000 untuk setiap jamnya. Ada juga sepeda tandem yang bisa dipakai 2 orang, tetapi ongkosnya lebih mahal Rp 10.000 dari sepeda biasa.

Bagi wisatawan asing maupun lokal yang singgah di pantai yang menakjubkan tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa, maka harus membayar biaya parkir. Sesuai dengan aturan setempat, besarnya retribusi parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 1.000 saja. Sementara untuk mobil sebesar Rp 2.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Panjang

Aktivitas di Pantai Panjang
Image Credit: Facebook.com @vibrie

1. Menelusuri Pantai

Ini merupakan sesuatu yang akan membuat pengunjung takjub dengan keelokan pantai unggulan Bengkulu itu. Tidak hanya dengan berjalan dengan kaki telanjang saja, namun seperti penjelasan sebelumnya wisatawan bisa menggunakan berbagai moda yang dapat dipinjam. Pasir putihnya yang halus akan membuat kaki merasakan sensasi luar biasa disertai dengan pepohonan di sekelilingnya.

BACA:  Pantai Soge Pacitan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Bermain Pasir

Mengunjungi pantai terasa tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas yang satu ini. Terlebih lagi ketika membawa anak kecil, hal tersebut bisa mengasah kreativitas dan daya pikir si kecil. Pasir di sana tidak banyak tercampur benda-benda berbahaya seperti karang yang tajam. Dengan air yang membasahi, maka bisa lebih mudah untuk dibentuk menjadi beragam hal seperti istana kerajaan yang mini.

3. Berburu Foto

Keindahan pantai ini akan sangat disayangkan jika tidak diabadikan dengan jepretan foto melalui kamera atau ponsel pribadi. Terdapat titik foto yang khas, yakni tulisan jumbo Pantai Panjang tepat di sisi tengah pantai. Lokasi tersebut bisa menjadi latar belakang yang sempurna untuk menghiasi foto-foto ketika berkunjung di sana.

4. Berkemah

Walaupun ada beberapa tempat menginap di sekitarnya, namun bermalam tepat di pantai dengan mendirikan tenda sendiri merupakan aktivitas yang sangat seru untuk dilakukan bersama teman-teman atau kerabat dekat.

5. Berselancar

Pantai ini merupakan salah satu tujuan favorit bagi mereka yang menyukai kegiatan surfing menantang ombak lautan. Dengan ombak yang berasal langsung dari salah satu Samudera terbesar di dunia, yakni Hindia, peselancar bisa melakukan kegiatan menyenangkan ini.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Panjang

Penginapan Dekat Pantai Panjang
Image Credit: Traveloka.com

1. Amaris Hotel Bengkulu

Lokasinya hanya terpaut kurang dari satu kilometer dari destinasi tersebut, hotel ini menawarkan harga yang cukup murah yaitu berkisar pada angka Rp 400.000. Dengan biaya sebesar itu, para tamu mendapatkan fasilitas berupa AC, wifi, kolam renang, dan ada pula restoran serta tempat parkir yang memadai.

2. OYO 1335 Anie 71 Residence

Berada di kisaran satu kilometer lebih sedikit dari lokasi pantai, penginapan ini memberikan biaya sewa hanya sekitar Rp 100.000-an saja bagi para tamu. Sarana yang ditawarkan yaitu wifi, AC, dan tempat parkir untuk tempat kendaraan.

3. Grage Hotel Bengkulu

Berdekatan dengan penginapan sebelumnya, tempat ini bisa disewa dengan tarif kurang dari Rp 600.000 setiap kamarnya. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa menikmati Wifi, AC, kolam renang, dan ada juga restoran serta kolam renang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Panjang Bengkulu

Fasilitas di Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Choirul Anwar)

Beberapa sarana seperti lahan parkir dan juga tempat makan tersedia di sekitar pantai tersebut. Selain itu, dibangun beberapa titik yang sengaja untuk tempat berpotret pengunjung. Beberapa penyewaan wahana bermain juga ada di sana. Semua itu membuat pengalaman liburan menjadi semakin sempurna.

Pantai Panjang merupakan destinasi yang wajib dikunjungi ketika singgah ke Provinsi Bengkulu. Tempat eksotik ini memberikan sisi lain dari tanah Andalas dengan segenap bentang alam yang tercipta. Pengunjung dapat membuat momen spesial dan tak terlupakan di hamparan pasir yang memanjang itu.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending