Pantai Pasir Panjang Kupang, Pesona Pantai Indah & Panorama Sunset yang Memukau

Pantai Pasir Panjang Kupang, Pesona Pantai Indah & Panorama Sunset yang Memukau
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Pasir Panjang ialah destinasi wisata yang berada di Kecamatan Kota Lama, Kupang. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu memudahkan para pengunjung untuk menemukannya. Banyak keindahan yang ditawarkan di sana, seperti indahnya pemandangan sunset, indahnya pasir putih dan laut yang biru, suasana indah di siang dan malam hari. Kita juga bisa mengabadikan tiap momen bersama teman-teman sembari menikmati indahnya pemandangan di sana. Ada juga berbagai kegiatan yang dapat dicoba.

Di tempat wisata itu juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan para wisatawan. Seperti pondok wisata, persewaan perahu air, sepeda air dan masih banyak lagi. Tak hanya untuk orang dewasa saja, ada beberapa fasilitas yang ditujukan juga untuk anak-anak. Pantai Pasir Panjang memang pilihan yang cocok untuk dijadikan tempat melepas penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Panjang

Daya Tarik Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Instagram Yudit Tiwery

Jika kalian ke Nusa Tenggara Timur, rugi rasanya jika tidak mampir ke Pantai Pasir Panjang Kupang. Karena pantai ini merupakan salah satu destinasi terbaik di Kupang yang wajib untuk dikunjungi. Indahnya pemandangan sunset, keindahan pantai di pagi dan malam hari menjadi alasan terbesar banyak wisatawan lokal hingga mancanegara berkunjung kesana.

1. Pemandangan Sunset

Waktu senja adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu di pantai ini. Banyak para wisatawan dan muda-mudi kota Kupang yang berkumpul bersama teman-temannya dikala senja. Bagaimana tidak, salah satu daya tarik dari pantai ini ialah pemandangan sunsetnya.

Kita bisa melihat langsung detik-detik matahari terbenam di tepi pantai. Warna langit yang mulai meredup dari kuning bercahaya ke orange tua, memancarkan cahaya ke segala penjuru. Kesan romantisme langsung terasa ketika hangatnya sinar mentari perlahan mulai terbenam dari arah ufuk barat. Mengabadikan momen terbenamnya matahari bersama kawan-kawan tentu tak boleh ketinggalan.

2. Keindahan Pantai

Selain pemandangan sunsetnya, Pantai Pasir Panjang Kupang juga memiliki daya tarik lain yang tidak bisa ditemukan pada pantai-pantai lain. Wisata bahari ini memiliki air laut yang bersih dan jernih. Sehingga sangat mendukung para wisatawan yang ingin melakukan segala aktivitas di dalam air seperti berenang dan menyelam.

Selain itu juga, kawasan bibir pantainya cukup panjang. Hamparan pasir putihnya lembut, memiliki panjang 1 km dari satu sisi ke sisi lain. Bisa digunakan anak-anak dan para wisatawan bermain pasir. Ketika langit sedang cerah, warna biru lautnya akan memancarkan cahaya gemerlap yang sangat indah. Ditambah lagi dengan adanya batu-batu karang di sepanjang pesisir pantai, semakin menambah keeksotisan pantai ini.

Di saat malam tiba, banyak pedagang menjajahkan jualanya di sekitar pantai. Seperti menjual makanan, minuman, tapi kebanyakan mereka menjual ikan bakar hasil tangkapan mereka. Meskipun malam masih banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di sana. Bersantai menikmati keindahan malam di tepi pantai sambil makan ikan bakar ditemani es kelapa muda.

3. Ombak yang ideal

Selain indahnya pemandangan sunset dan keindahan pantai, Pantai Pasir Panjang juga cocok digunakan untuk melakukan segala aktivitas air, seperti menyelam, berenang, berselancar dan memancing ikan. Hal itu dikarenakan ombak yang tenang, walau ada kalanya deras. Meski begitu cukup aman untuk perenang atau peselancar yang masih pemula.

Selain itu, karena kondisi ombak yang seperti itu, banyak ikan-ikan yang memilih pantai ini sebagai kawasan rumah mereka. Tak hanya itu, airnya yang sangat jernih bisa memanjakan mata kita pada saat berenang atau menyelam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Agus aQm

Pantai Pasir Panjang berada di pusat kota Kupang, tepatnya terletak di Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bila kita hendak kesana, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh. Bisa berkendara sendiri, naik ojek ataupun angkot.

Dari pusat kota, kita bisa berkendara ke arah barat Jalan Letjend Sudirman. Setelah itu, lanjut ke Jalan Moh Hatta lalu ambil belok kanan di Jalan Urip Sumoharjo. Lurus terus hingga tiba di Jalan Timor Raya. Pantainya tepat berada di sebelah kiri ruas jalan dan dengan mudah dapat kita lihat dari jalan raya.

Sementara jika kita dari arah Tanjung Perak kota Surabaya, kita bisa langsung menuju Larantuka. Perjalanannya sejauh 1920,3 km dengan waktu tempuh sekitar 64 jam. Walaupun cukup jauh dan memakan waktu lama, namun semua akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan pantai yang ditawarkan di sana.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Ignasius Koli

Pantai wisata ini menawarkan tiket masuk yang cukup terjangkau bagi pengunjungnya. Ditambah dengan biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang dibawa oleh pengunjung pantai. Untuk tiket masuknya sendiri pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000,-.

Sementara untuk biaya parkir bervariasi, tergantung dengan jenis kendaraan. Untuk motor Rp 2.000,- , untuk mobil Rp 3.000,- , untuk kendaraan roda 6 dan roda 8 Rp 6.000,- dan Rp 8.000,-.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Jems Tanu

1. Menikmati Sunset

Ini yang paling ditunggu oleh sebagian besar para wisatawan yang berkunjung kesana. Bagaimana tidak, Pantai Pasir Panjang memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Pemandangan sunsetnya merupakan daya tarik andalan di pantai itu. Matahari mulai menampakkan bulatan yang sempurna, dari kuning bercahaya menjadi orange tua, memancarkan cahaya ke seluruh penjuru.

2. Jogging di Tepi Pantai

Selain menikmati sunset, banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di sana, salah satunya jogging. Apalagi di sana di lengkapi dengan jogging track yang sangat membantu para wisatawan untuk jogging.

Sangat menyenangkan berolahraga pagi sambil menikmati keindahan pantai di sepanjang jalur ditambah mendengarkan kicauan burung, deburan ombak sebagai irama syadu pengiring langkah kaki kita.

3. Bermain di Pantai

Aktivitas di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Agus aQm

Ombak yang tenang di pantai membuat wisatawan bisa berenang dan menyelam dengan aman dan nyaman. Dengan air laut yang jernih dan bersih, bisa memanjakan mata kita saat berenang. Tepian pantai yang dangkal, bisa membuat pengunjung bebas berenang atau sekedar berkejaran dengan ombak. Bermain pasir, mencari keong juga bisa menjadi alternatif menyenangkan yang bisa dilakukan.

4. Bersantai dan Berjemur

Memang, pantai adalah tempat yang tepat untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang sangat mempesona. Baik itu di kala siang hari sambil berjemur di bawa terik matahari, di waktu sore sambil menikmati indahnya sunset, maupun di waktu malam hari sekedar untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps SOTIS HOTEL KUPANG

1. Sotis Hotel Kupang

Banyak penginapan yang lokasinya dekat dengan Pantai Pasir Panjang, salah satunya adalah Sotis hotel Kupang. Hotel ini menawarkan fasilitas yang luar biasa dengan pelayanan istimewa. Ada kolam renang outdoor, bar tepi kolam, restoran, pusat kebugaran, karaoke, bilyar dan klub malam. Ada 47 kamar yang bisa dipilih dengan tipe kamar mulai dari deluxe hingga king dengan pemandangan kebun.

2. Swiss-Bellin Kristal Kupang

Penginapan yang selanjutnya ada swiss-bellin Kristal Kupang. Hotel ini bertaraf hotel bintang 3, dengan bangunan 4 lantai, memiliki 1 restoran dan total kamar 139. Para tamu hotel juga bisa menikmati aktivitas naik perahu memancing dan menyelam yang ditawarkan oleh pengelola hotel. Ada beberapa tipe kamar, mulai dari deluxe hingga suite. Tiap kamar memiliki balkon dan kamar mandi dengan shower.

3. OCD Beach Cafe and Hoste

Tak hanya hotel yang mahal, di sekitar pantai juga terdapat penginapan yang murah. OCD Beach Cafe and Hoste adalah pilihannya. Cukup hanya dengan berjalan kaki kita sudah bisa sampai ke lokasi pantai, itu karena posisinya yang sangat dekat dengan pantai. Setiap kamar memiliki blankon dan kamar mandi dengan shower. Penginapan ini terbuat dari pohon bambu, terlihat unik tapi tetap nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Twitter Una Putri Thamrin

Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di Kupang, tentu saja Pantai Pasir Panjang memiliki berbagai macam fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan para wisatawan di sana. Tak hanya untuk dewasa saja, ada juga fasilitas yang disediakan untuk anak-anak.

Mulai dari fasilitas umum seperti area parkir, jogging track dan toilet. Ada juga fasilitas penunjang lainnya seperti sepeda air, persewaan perahu motor atau kano, pondok wisata, diskotik dan toko souvenir.

Bagi yang ingin berenang tapi tak ingin berenang di pantai, di sana juga menyediakan kolam renang. Jadi, tak perlu khawatir jika ingin berenang tapi masih takut berenang di pantai. Selain itu ada juga area bermain anak-anak bagi wisatawan yang membawa anak.

Itu tadi daya tarik, kegiatan menarik, fasilitas, harga tiket, serta alamat dan rute menuju ke kawasan Pantai Pasir Panjang di Kupang. Ada juga beberapa penginapan yang bisa kita pilih sebagai tempat beristirahat yang dekat dengan lokasi pantai. Jadi tak perlu khawatir jika ingin berlibur ke sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending