10 Wisata Pantai di Kupang yang Paling Hits

Wisata Pantai Kupang

Ingin Liburan di Kupang? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Objek Wisata Bahari Populer dan Paling Hits Dikunjungi Wisatawan Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Geografi Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentunya menjadi salah satu alasan mengapa negara ini dipenuhi dengan pantai yang indah. Tidak terkecuali dengan wilayah timur Indonesia, Nusa tenggara Timur, tepatnya di Kupang. Kota yang berdekatan dengan pulau Alor ini, ternyata menyimpan permata wisata alam yang luar biasa.

Terdapat wisata pantai di Kupang yang memiliki kesan alami dan unik yang menarik Anda jelajahi saat membutuhkan liburan yang berkesan. Berikut ulasannya.

1. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana
Image Credit: Indonesiakaya.com

Kota Kupang yang berada dekat dengan perairan seakan menjadi salah satu alasan para pengunjung datang mengunjungi berbagai macam lokasi pantainya. Dari urutan rekomendasi, Pantai lasiana mendapat peringkat pertama karena kepopuleran dan juga lokasinya yang sangat mudah dijangkau 15 menit saja dari kota Kupang.

Selain itu, pantai ini juga mudah dijangkau karena bisa diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Berlokasikan di Lasiana, kelapa Lima, tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Yang menjadi daya tarik utamanya adalah keindahan pantai pasir putih, air laut yang jernih, dan juga deretan pohon lontar di bibir pantai.

Bersantai di pantai ini pun pastinya tidak akan membuat bosan, lantaran terdapat banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari menikmati fasilitas pantai, berwisata kuliner, menginap, berfoto di keindahan alam yang instagenik, menikmati kesegaran air lautnya, atau menunggu keindahan pemandangan senjanya yang spektakuler.

Lokasi: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Detik.com

Ingin menikmati waktu romantis dengan ditemani suasana matahari terbenam yang eksotis? Cobalah untuk mengunjungi pantai pasir panjang di Jl Timor Raya kupang. Seperti nama yang dianut, wisata alam ini memiliki bibir pantai yang membentang panjang hingga 1 Km dengan diselimuti pasir putih yang halus.

Keelokan pasir tersebut seakan membaur dengan air lautnya yang biru cerah. Sebagai destinasi wisata pantai favorit pengunjung dan warga lokal, jangan kaget dengan banyaknya wisatawan yang hilir mudik ke lokasi ini. Jika mengunjungi lokasi ini, Anda tidak akan kehabisan kegiatan lantaran pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk menikmati segarnya laut biru pantai Pasir panjang. Anda bisa berenang dengan tenang karena ombak lautnya lebih tenang asalkan memperhatikan bebatuan karang yang ada di sepanjang pesisir. Waktu yang tepat untuk ke pantai ini adalah di kala matahari mulai condong ke ufuk barat, yang mana menjadi sunset yang menawan.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang.

3. Pantai Oesapa

Pantai Oesapa
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Terletak di kelurahan Oesapa, pantai yang satu ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kupang. Anda hanya perlu menempuh 10 kilometer jarak dari Kota Kupang untuk menikmati keindahan pantai oesapa ditemani dengan jagung bakar sedap lokal. Seperti halnya pantai di Kupang yang lainnya, Anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putih yang indah.

Tidak hanya itu, pemandangan pantai itu dengan bibir pantai yang sangat luas ini akan membuat Anda terlena dan betah di sini. Sembari berenang dan berjemur, Anda bisa mengunjungi beberapa pendopo atau tenda kecil yang ada di sekitar pantai. Di sanalah Anda akan menemukan banyak penjaja kuliner sederhana yang cocok untuk menemani liburan di pantai.

Mulai dari pisang gepeng, jagung bakar, dan berbagai jenis minuman pun bisa Anda santap di dekat pantai. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga menjadi salah satu spot warga lokal untuk berwisata dan beraktivitas. Anda bisa melihat hiburan musik di sekitar pantai, ikut meramaikan pantai dengan main sepak bola, atau sekedar duduk santai sambil menikmati keindahan sunsetnya.

Lokasi: Jl. Pantai Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang.

4. Pantai Namosain

Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps (Palti Laitera)

Rasanya deretan pantai di Kupang akan selalu menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Hal ini bisa Anda dapatkan saat mengunjungi pantai Namosain yang berlokasikan di jalan Pahlawan kelurahan Namosain. Namun ada satu hal yang membuatnya berbeda, yakni hamparan padang savana di area perbukitan Namosain.

Padang savana ini terletak di area batu karang sekitar pantai. Tidak hanya itu, pemandangan yang diberikan pun memiliki kesan berbeda karena lokasi sekitarnya masih bernuansa alami. Hamparan laut yang luas adalah tampilan indah dari panorama teluk kupang. Di dekat pantai tersebut pula, Anda bisa mendapati hamparan pasir pantainya yang tak kalah menawan.

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, perpaduan dari padang savana, laut biru, pasir putih, dan karang hitam bisa menjadi background foto yang ikonik. Jangan beranjak terlebih dahulu, pastikan Anda sempatkan diri untuk menyaksikan panorama matahari terbenam. Lebih asyik lagi, Anda juga bisa membeli beragam ikan segar dari nelayan setempat.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang.

5. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong
Image Credit: Pantainesia.com

Jika beberapa pantai yang disebut sudah menjadi destinasi wisata favorit, maka pantai Tablolong adalah wisata pantai yang masih perawan. Kesan ini tampak dengan jelas dengan kondisi alam pantai yang masih terjaga kebersihan dan juga lingkungannya. Hamparan pasir putih pantai yang luas masih tampak asri dengan alunan ombak laut biru yang tenang.

Karena ombak yang tenang ini pula, Anda bisa dengan bebas berenang, diving, snorkeling, atau scuba diving. Jika ingin menikmati angin sejuk dan segarnya, Anda bisa bersantai di bibir pantai atau singgah di tenda tradisional sekitar bibir pantai. Berada di Kecamatan kupang barat, pastikan Anda menjaga kebersihan lokasi ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

Lokasi: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang.

6. Pantai Kalbano

Pantai Kalbano
Image Credit: Detik.com

Pantai ini memiliki pasir pantai yang tidak halus karena didominasi dengan serpihan karang. Karena itu pula, pantai ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Yakni putihnya pasir, warna karang abu abu, dan lautan biru yang sangat jernih. Batu batuan karang ini juga memiliki nilai tersendiri, karena pengunjung bisa bermain dan membawanya sebagai oleh oleh.

Selain bermain di bibir pantai, lautan pantai Kalbano juga menjadi lokasi yang tepat bagi mereka yang hobi berenang dan juga menyelam. Bagi Anda yang hobi berfoto pun, pasti tidak akan kehabisan spot indah untuk diabadikan. Mulai dari pantai, tebing tinggi, hamparan batu pantai, hingga batu raksasa yang menyerupai kepala manusia.

Lokasi: Kec. Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan.

7. Pantai Nunsui Atau Batu Nona

Pantai Nunsui Atau Batu Nona
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai nunsui juga disebut batu nona bukan tanpa alasan. Nama ini hadir karena adanya batu karang yang memiliki bentuk menyerupai seorang wanita. Hal unik inilah yang menjadi magnet untuk para pengunjung kota Kupang. Lokasinya yang berada di kelurahan lasiana ternyata dekat dengan bandara, karena itulah cukup banyak pengunjung yang mampir ke pantai ini.

Tidak hanya memiliki batu karang yang unik, namun ternyata pemandangan yang disuguhkan pun tidak kalah menawan. Pasir putih yang terhampar begitu luasnya menjadi panorama menarik di pantai ini. Tak ayal, keeksotisan pantai ini menjadi surga tersendiri bagi para pecinta fotografi yang rela menelusuri pantai dan menanti sunset yang menawan.

Lokasi: Pantai Nunsui, Oesapa, Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang.

8. Pantai Oetune

Pantai Oetune
Image Credit: Instagram.com @reylumantouw

Jika di pantai Namosain Anda akan merasa berada di padang Savana, di pantai Oetune Anda akan dibawa ke belahan dunia yang lain. Begitu memijakkan kaki di pantai ini, Anda akan mendapati hamparan pasir putih halus yang seakan tidak ada habisnya. Berdiri di atas pasir putih tersebut akan memberi kesan mengunjungi padang pasir gurun Sahara.

Pantai yang berada di barat daya pantai Kalbano ini juga menyuguhkan keindahan pantai yang memukau. Setelah berjalan menelusuri hamparan pasir putih, deburan ombak tenang akan menyambut Anda. Di pantai ini juga sudah banyak ditemukan fasilitas yang memadai. Anda bisa menikmati kesegaran udara sambil bersantai di lopo atau rumah khas NTT di pinggir pantai.

Lokasi: Tuafanu, Kec. Kualin, Kab. Timor Tengah Selatan.

9. Pantai Neam

Pantai Neam
Image Credit: Facebook.com @jejakmatabackpackers

Tidak sedikit pelancong yang rela melawan atau menelusuri daerah tertentu untuk mendatangi wisata alam yang masih perawan. Di Kupang nama pantai Neam masih belum banyak didengar dan dikunjungi orang. Karena itulah, pantai yang tersembunyi di balik belantara hutan ini masih memiliki keindahan yang asri.

Meski harus melalui perjalanan jauh selama 3 jam dari kota kupang, pantai Neam akan menyambut Anda dengan pasir putih yang asri. Beberapa batu karang pun bertebaran di bibir pantainya, namun yang membuatnya semakin menarik adalah kehadiran gua misterius yang dikelilingi pepohonan. Keindahan alami inilah yang menjadikannya layak untuk di kunjungi.

Lokasi: Desa Bean, Kec. Buyusari, Kota Kupang.

10. Pantai Manikin

Pantai Manikin
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai di Kupang terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Manikin. Yang menjadi daya tarik utamanya adalah hamparan bibir pantai dengan batu koral yang sangat luas. Bongkahan kecil batu tersebut bahkan bercampur dengan batu akik yang tidak kalah indah. Namun untuk melihat fenomena alam ini, Anda harus rela menunggu sore hari tiba.

Pasalnya, di sore hari tersebut air laut yang surut akan membuat bibir pantai semakin luas. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang tidak terpikir sebelumnya. Yakni aranya air tawar dari sungai yang berbaur dengan air asin laut. Fenomena ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Lokasi: Tarus, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang.

Dengan semakin ramainya wisata di Indonesia, tidak heran jika Indonesia Wilayah timur juga mulai menjadi tujuan wisata favorit. Selain masih memiliki eksotisme alam yang asri, tidak sedikit beberapa lokasi pantai di Kupang yang belum tersentuh manusia. Karena itulah, keindahan pantai di NTT ini tidak boleh begitu saja Anda lewatkan dari agenda berlibur panjang.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending